Setup Pisang Kepok

Tuesday, August 27, 2013


Hari ini tiba-tiba saya ingin membuat kudapan. Setelah melihat isi kulkas, hanya ada sesisir pisang kepok yang memungkinkan untuk dijadikan makanan, hehehe... Lantas saya bertanya pada diri sendiri, enaknya, pisang kepok ini dimasak dengan cara apa ya?

Kolak? Yah, masa santan lagi?
Pisang goreng? Bosan ah...
Pisang rebus? Tadi pagi sudah merebus ubi untuk sarapan.

Aha!! Ting! Mendadak muncul ide untuk membuat setup pisang kepok. Saya pun langsung bertanya pada kakak saya, bagaimana cara membuat setup pisang kepok favorit saya ini. Ternyata cukup mudah kok. Jadi, meski baru pertama kali membuatnya, saya langsung berhasil membuat setup pisang kepok yang saya inginkan.

Yang saya perlukan hanya air, gula pasir, sedikit garam, dan kayu manis. Sebenarnya, bila ditambah dengan beberapa butir cengkih, rasanya akan lebih nikmat. Tapi, kebetulan di dapur saya tidak ditemukan sebutir cengkih pun. 

Caranya pun gampang. Pertama, rebus kurang lebih 2 liter air dengan gula pasir sesuai selera. Tambahkan 1 sdt garam. Masukkan 2 batang kayu manis, tunggu sampai mendidih. Sembari menunggu air mendidih, potong serong pisang kepok. Setelah air rebusan kayu manis dan gula pasir tadi mendidih, masukkan potongan pisang, masak hingga matang. Selesai.

Setup pisang bisa dinikmati kapan saja, baik hangat maupun dingin.


Resep Setup Pisang Kepok
setup pisang kepok

Oya, selain lezat, setup pisang ini juga bermanfaat untuk kesehatan loh. Kita tentu tahu bahwa pisang mengandung gizi yang komplit. Ada Karbohidrat, Vitamin A, Vitamin C, Kalium, Magnesium, Fosfor, Besi, Kalsium, Protein, dll. Nah, kayu manis pun mempunyai manfaat dalam menjaga kesehatan tubuh.

Mengonsumsi kayu manis secara rutin, dipercaya dapat menurunkan kadar gula dalam darah dan kolesterol. Jadi, kayu manis ini bermanfaat untuk mencegah diabetes dan menjaga kesehatan jantung. Dan ternyata, untuk kaum wanita yang sering mengalami dismenorea atau sakit perut saat haid, mengonsumsi kayu manis secara rutin bisa mengurangi rasa sakit karena datang bulan.

Waa, banyak sekali manfaatnya, yaa... 

Hmmm....setelah menikmati setup pisang ini, saya jadi merasa sehat dan segar nih, hehe... Sluurrrppp... Yuk, kita bikin setup pisang kepok juga. Setup pisang kepok hangat, cocok banget dinikmati di musim hujan seperti sekarang. :)



Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan. Komentar yang menyertakan link hidup, mohon maaf harus saya hapus. Semoga silaturrahminya membawa manfaat ya...