Jumat, 20 Juni 2014

Cara Membuat Risoles Mayonaise (Mayo)

Pertama kali membuat makanan ini karena saya penasaran ketika suami bercerita bahwa di sebuah Angkringan terkenal di Solo, ada cemilan lezat yang biasa disebut Mayo. Benar saja, setelah saya mencicipi sendiri, saya setuju dengan pendapat suami.

Pertama kali praktek, Alhamdulillah, suami memuji hasil karya saya. Meskipun sebenarnya saya kurang pandai memasak.

Nah, penasaran tidak bagaimana cara membuatnya? Mudah koq... 


Bahan kulitnya:
  • 100 gram tepung terigu (kurang lebih 6 sdm)
  • 1 sdt garam
  • sedikit kaldu bubuk (optional)
  • 3 butir telur
  • 250ml susu cair 
  • 1 sdm mentega, lelehkan
Bahan isi:
  • Daging asap. Karena saya kurang suka daging asap, saya ganti dengan sosis ayam yang saya iris menyerong kemudian saya goreng.
  • Telur rebus yang sudah diiris. Biasanya 1 butir telur saya bagi 8 bagian, supaya tidak terlalu besar dan memudahkan ketika melipat.
  • Mayonaise. Ini akan memperlezat risoles, dan menjadi ciri khas dari Mayo.
Bahan pelapis:
  • 1 butir telur kocok lepas
  • Tepung panir
Cara Membuat:
  1. Campur tepung terigu dengan garam dan kaldu bubuk.
  2. Masukkan telur, aduk searah.
  3. Tambahkan susu cair sedikit demi sedikit hingga adonan menjadi licin dan halus.
  4. Masukkan mentega yang sudah dilelehkan.
  5. Tutup adonan dengan plastik, diamkan kurang lebih 30 menit.
  6. Panaskan wajan, tak perlu minyak atau margarin lagi karena adonan sudah mengandung margarin.
  7. Tuang sesendok sayur adonan, putar-putar hingga membentuk lingkaran tipis. Lakukan hingga adonan selesai.
Penyelesaian:
  1. Bentangkan dadar kulit, isi dengan isian (sosis dan telur).
  2. Beri sesendok makan mayonaise.
  3. Lipat menyerupai amplop.
  4. Masukkan ke dalam kocokan telur lalu gulingkan dalam tepung panir.
  5. Simpan dalam lemari pendingin kira-kira 1 jam.
  6. Goreng dalam api sedang hingga kuning kecoklatan.
  7. Sajikan hangat-hangat dengan saos sambal sebagai pelengkap.
Selamat Mencoba... :)

10 komentar :

  1. Mbakyu coba fotonya dari samping tidak dari atas akan lebih menggiurkan. Food photography hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke sip Mba Nunu... xixixi, belum lihai memfoto.. :D

      Hapus
  2. nyam..nyam..nyam..anak-anakku juga suka amris (mayo) Mba Arin..

    BalasHapus
  3. resep buat berbuka puasa nanti nih mak,wajib dicoba....:)

    BalasHapus
  4. Hmmm....lezato .irit mbak nggak usah ke angkringan

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, betuuulll... Di Angkringan itu harganya lumayan. Gak puas lagi makannya. :)

      Makasih sudah mampir. :)

      Hapus
  5. Saya juga pernah coba ini mak, tapi kok rasanya manis gurih ya, saya kira asin gurih :p saya lebih suka rasa asin gurih soalnya. Tapi waktu itu bukan bikin sendiri sih, beli, hihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. harusnya asin gurih Mak. kalo yang agak manis mungkin namanya sosis solo.

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan. Komentar yang menyertakan link hidup, mohon maaf harus saya hapus. Semoga silaturrahminya membawa manfaat ya...