Kamis, 23 Oktober 2014

Do’a-Do’a Nabi Ibrahim (Q.S Ibrahim: 35-41)


Nabi Ibrahim, yang dikenal sebagai bapak para Nabi, berdo’a kepada Allah untuk kebaikan keturunan-keturunannya, juga kedua orang tuanya dan seluruh orang mukmin. Dalam Qur’an Surat Ibrahim, beliau bahkan bersaksi bahwa Allah adalah Maha Mendengar yang memperkenankan do’a. Dalam salah satu ayat, beliau mengucap syukur atas karunia Allah yang berupa keturunan, meskipun beliau tak lagi berusia muda. Dari sinilah kita diajarkan tentang kesabaran dan keistiqomahan dalam meminta. Allah pasti mengabulkan semua permintaan hamba-Nya, cepat atau lambat, sekarang atau nanti.
Berikut adalah arti dari do’a-do’a yang beliau panjatkan, dalam Qur’an Surat Ibrahim ayat 35 sampai 41. 
1.                       “Ya Tuhan, jadikanlah negeri ini (Mekah), negeri yang aman, dan jadikanlah aku beserta anak cucuku agar tidak menyembah berhala.”
2.                       Ya Tuhan, berhala-berhala itu telah menyesatkan banyak dari manusia. Barangsiapa mengikutiku, maka orang itu termasuk golonganku, dan barangsiapa mendurhakaiku, maka Engkau Maha Pengampun, Maha Penyayang.
3.                       Ya Tuhan, sesungguhnya aku telah menempatkan sebagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanaman-tanaman di dekat rumah Engkau (baitullah) yang dihormati, ya Tuhan (yang demikian itu) agar mereka melaksanakan shalat, maka jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan berilah mereka rezeki dari buah-buahan, mudah-mudahan mereka bersyukur.
4.                       Ya Tuhan kami, sesungguhnya Engkau mengetahui apa yang kami sembunyikan dan apa yang kami tampakkan; dan tidak ada sesuatu pun yang tersembunyi bagi Allah, baik yang ada di bumi maupun yang ada di langit.
5.                       Segala puji bagi Allah yang telah menganugerahkan kepadaku di hari tuaku, Isma’il dan Ishaq. Sungguh, Tuhanku benar-benar Maha Mendengar (memperkenankan) do’a.
6.                       Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang yang tetap melaksanakan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah do’aku.

7.                       Ya Tuhan kami, ampunilah aku dan kedua ibu bapakku dan semua orang yang beriman pada hari diadakan perhitungan (hari Kiamat).

2 komentar :

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan. Komentar yang menyertakan link hidup, mohon maaf harus saya hapus. Semoga silaturrahminya membawa manfaat ya...