Yurmawita, Blogger Jagoan Matematika

Saturday, December 3, 2016

Matematika dianggap sebagai pelajaran paling sulit dan rumit. Dengan dasar itu, seorang anak yang pandai di pelajaran ini dianggap memiliki kecerdasan dibanding yang lainnya. Tapi syukurlah, sekarang banyak orang tua yang mulai paham, bahwa pada dasarnya, kecerdasan itu macam-macam. Setiap anak memilikinya, dengan keunikannya masing-masing.

8 kecerdasan majemuk, sumber: http://kgvaluecard.com/news/read/8-jenis-kecerdasan-yang-bisa-dimiliki-manusia


Macam-macam kecerdasan itu biasa disebut Multiple Intelligences. Menurut Howard Gardner, ada 8 macam kecerdasan manusia, yang antara lain:

1. Kecerdasan Linguistik (Word Smart)
Kecerdasan Linguistik adalah kemampuan untuk menggunakan kata-kata secara efektif, baik secara lisan maupun tulisan.
Ciri-cirinya antara lain: Senang berdiskusi dan menulis, suka membaca, menyukai permainan scrable atau puzzle, dll. Jika seseorang memiliki kecerdasan linguistik, ia akan cocok untuk menjadi jurnalis, news presenter, penyair, penulis, juga pengacara.

2. Kecerdasan Matematis atau Logika (Number Smart)
Kecerdasan Logik Matematik adalah kemampuan seseorang dalam memecahkan masalah. Bisa juga diartikan sebagai kemampuan membuat konsep hubungan logis antara tindakan atau simbol-simbol.
Ciri-cirinya adalah: Senang bekerja dengan angka dan dapat melakukan perhitungan mental, senang bermain catur, dll.
Pekerjaan yang cocok bagi orang dengan kecerdasan logis matematis misalnya; ilmuwan, akuntan, atau programmer.

3. Kecerdasan Spasial (Picture Smart)
Kecerdasan Visual Spasial adalah kemampuan untuk melihat dan mengamati dunia visual dan spasial secara akurat (cermat). Kecerdasan ini ditandai dengan kemampuan untuk membuat konsep dan memanipulasi array spasial skala besar (misalnya; pilot atau pelaut), atau bentuk-bentuk yang lebih lokal dari ruang (misalnya; arsitek, fotografer atau desainer).
Ciri-cirinya antara lain; Menyukai seni, menikmati lukisan dan patung, memiliki cita rasa yang baik akan warna, cenderung menyukai pencatatan secara visual dengan menggunakan kamera atau handycam. - Ini Pak Yopie banget, hahaha...-

4. Kecerdasan Kinestetik (Body Smart)
Kecerdasan Kinestetik adalah kemampuan dalam menggunakan tubuh kita secara terampil untuk mengungkapkan ide, pemikiran, dan perasaan. Orang tipe ini mampu mengekspresikan gagasan dan perasaan. 
Ciri-cirinya antara lain: Gemar olahraga atau melakukan kegiatan fisik, cakap dalam melakukan sesuatu seorang diri, senang memikirkan persoalan sambil aktif dalam kegiatan fisik seperti berjalan atau berlari. Pekerjaan yang cocok untuk orang dengan kecerdasan ini misalnya; atlet, pengrajin, montir, penari, atau penjahit. 

5. Kecerdasan Musikal (Music Smart)
Kecerdasan Musikal adalah kemampuan untuk menikmati, mengamati, membedakan, mengarang, membentuk dan mengekspresikan bentuk-bentuk musik. Orang dengan kecerdasan musikal memiliki kepekaan terhadap irama, pitch, ketukan, nada, melodi dan warna nada. Bisa menghasilkan kemampuan untuk menyanyi, memainkan alat musik, dan menulis musik. Misalnya; penyanyi, arranger/komposer musik, konduktor, atau pemain band.

6. Kecerdasan Interpersonal (People Smart)
Kecerdasan Interpersonal adalah kemampuan untuk mengamati dan mengerti maksud, motivasi dan perasaan orang lain. Orang seperti ini biasanya mengerti dan peka terhadap perasaan, intensi, motivasi, watak, dan temperamen orang lain. Orang dengan kecerdasan interpersonal biasanya senang bekerja sama dengan orang lain dalam suatu kelompok. Pekerjaan yang cocok dengannya misalnya; networker, psikolog, negosiator, motivator atau guru.

7. Kecerdasan Intrapersonal (Self Smart)
Kecerdasan Intrapersonal adalah kemampuan yang berhubungan dengan kesadaran dan pengetahuan tentang diri sendiri. Kecerdasan ini bukan untuk menunjang karir tertentu, namun ini lebih ke bagaimana seseorang bersikap atau terhubung dalam masyarakat yang kompleks, dimana kita harus siap untuk mengambil keputusan penting bagi diri sendiri. 

8. Kecerdasan Naturalis (Nature Smart)
Kecerdasan Naturalis adalah kemampuan untuk mengenali, membedakan, mengungkapkan dan membuat kategori terhadap apa yang dijumpai di alam maupun lingkungan sekitar. 
Ciri-cirinya adalah; Mencintai lingkungan, mampu mengenali sifat dan tingkah laku binatang, senang melakukan kegiatan di luar atau alam. Kegiatan ini bisa mengantarkan seseorang menjadi travel blogger, hehe.. Pekerjaan yang cocok lainnya adalah nelayan, pemburu, pendaki, atau menjadi mahout. Bicara soal mahout, saya jadi ingat Novel Rahasia Pelangi. 


Oya, di atas saya tulis bahwa setiap individu memiliki keunikan atau kecerdasannya masing-masing. Lalu, bisakah seseorang memiliki lebih dari 1 macam kecerdasan? 

Jawabnya adalah, BISA. 

Pasti teman-teman kenal dengan musisi Erwin Gutawa 'kan? Beliau ini lulusan Teknik Arsitektur Universitas Indonesia loh.. Berarti bisa disimpulkan, selain memiliki Music Smart sebagai musisi, beliau juga memiliki Picture Smart alias Kecerdasan Spasial sebagai seorang arsitek.

Erwin Gutawa, by http://musik.kapanlagi.com/


Teman saya, Mbak Yurmawita Adismal, yang akrab dipanggil Mbak Yurma, juga memiliki setidaknya tiga kecerdasan lho. Apa saja?
1. Kecerdasan Linguistik
Jelas lah yaa..blogger gitu loh, xixixxi... Kelihatan dari tulisannya.

2. Kecerdasan Interpersonal
Ini bisa disimpulkan dari pekerjaan beliau selain sebagai seorang blogger, yaitu sebagai pengajar di salah satu Madrasah di Kota Bengkulu. 

3. Kecerdasan Logik Matematik
Nah, ini karena beliau mengajar matematika. Dan kini beliau sedang melanjutkan pendidikan di program Pascasarjana Universitas Bengkulu, jurusan Pendidikan Matematika. Keren ya? Untuk menunjang profesinya itu, beliau membuat blog selain www.yurmawita.com yaitu www.pahalaguru.wordpress.com

Ini keren sekali, bukan? Kekaguman saya semakin bertambah manakala membaca cerpennya di Yurmawita's Blog. Cerita fiksi yang dibuatnya masih ada unsur number, alias pelajaran Matematika, yang bagi sebagian orang (termasuk saya), merupakan pelajaran yang bikin lelah.

Nah, kalau teman-teman pengen belajar tentang Matematika, atau pengen curhat kenapa putra-putrinya koq kesulitan belajar Matematika, curhatlah sama beliau, xixixixxi... Semoga beliau bersedia menampung yaa, wkwkwk...

Yurmawita Adismal, blogger jago Matematika

Kunjungi saja sosmednya yang beralamat disini: 

Facebook: https://www.facebook.com/yurmawitaadismal
Twitter: https://twitter.com/yurmawita
Instagram: https://www.instagram.com/yurmawita/
Blog: www.yurmawita.com




sumber bacaan:
1. http://jeckprodeswijaya.blogspot.co.id/2014/03/8-macam-kecerdasan-manusia-menurut.html
2. http://kgvaluecard.com/news/read/8-jenis-kecerdasan-yang-bisa-dimiliki-manusia


10 comments

  1. Waini....saya cerdas apa ya...hihi, bingung sendiri

    ReplyDelete
  2. kalau saya kira kira termasuk yang mana ya mak arinta?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih tau nggak yaaa?? :v
      pak Dosen mah udah pasti punya kecerdasan interpersonal lah, kecerdasan linguistik juga. :)

      Delete
  3. Wah saya cerdas bagian apa yak? Linguistik mungkin ya mbak? Eh tapi nggak ding, ngeblog nulisnya masih acak adut gitu hihihi... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Kisah Foto punya Picture Smart juga lah..hehe.. Kan hobi fotografi. Dan bisa hapal seri2 HP untuk Tuxlin, kayaknya punya Number Smart juga. Wooowww.. (y)

      Delete
  4. Hebat berarti. Soalnya aku sering ketemunya..klo orang seneng angka, biasanya nggak bisa nulis panjang.
    Btw..sama mbak rin..bagiku nggak hanya bikin lelah, mtk juga bikin takut

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mba, jarang ya orang dengan Number Smart juga pinter nulis, apalagi pinter ngomong juga. :D

      Delete
    2. sepertinya aku kenal dengan orang yg number smart sekaligus pinter nulis juga. Mention nggak ya..

      Delete
    3. Mbak Widut ya? doi belum komen, haha..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan. Komentar yang menyertakan link hidup, mohon maaf harus saya hapus. Semoga silaturrahminya membawa manfaat ya...