#FlashFiction : Korban Mitos Tentang Jodoh

Saturday, August 19, 2017

Related image


Sebut saja dia Bunga, perempuan lajang berusia tiga lima. Dia sulung dari tiga bersaudara. Dia sedang frustrasi karena dua adiknya mau melangkahi. 

"Tahun lalu kami disuruh menunggu. Oke, kami tunggu. Nyatanya, setahun ini kakak belum dapat pendamping juga. Sampai kapan kami harus menunda?" Protes sang adik, tak mau menanti yang tak pasti.

Bunga pun meminta bantuan pada para sahabatnya untuk mencarikan jodoh yang sesuai dengan kriterianya. Nggak harus mapan, tapi dia harus smart, dan yang paling penting harus berzodiak Scorpio, atau Pisces, atau Taurus. 

"Kenapa harus Scorpio? Atau Pisces? Atau Taurus?" tanya salah seorang temannya. 

"Soalnya, dari yang aku baca di Primbon, cuma Scorpio, Pisces dan Taurus yang cocok dengan kepribadian aku. Aku suka cowok yang perhatian, teduh, dan juga romantis." jawab Bunga.

"Yakali kita harus nanya satu-satu, siapa yang zodiaknya Scorpio, Pisces atau Taurus dan mau sama kamu?" Hindun, sobat baik sejak SMA yang juga jadi rekan kerjanya, tapi sudah beranak lima, ikut menanggapi. Bunga melirik tajam ke arahnya.

"Aku nggak mau tahu. Pokoknya bawa laki-laki yang sesuai dengan kriteriaku itu. Satu lagi, rajin shalat dan tidak merokok!" Cerocos Bunga.

"Itu sih bukan satu, tapi dua!" timpal Jaelani, laki-laki tambun yang hobinya nongkrong sama emak-emak. "Lagian kenapa sih, kamu nggak nyari di Biro Jodoh aja?" tanyanya lagi.

"Ssssttt!" Hindun meletakkan telunjuk ke bibirnya. Hindun lupa menceritakan sesuatu pada Jaelani. Bunga, sohib mereka ini, sudah berkali-kali mencari pendamping lewat Biro Jodoh, namun entah karena syarat zodiak itu atau karena hal lain, sampai kini ia belum berhasil.


Dan suatu hari... 

"Mbakyu, mau aku kenalin sama seseorang? Zodiaknya Scorpio, rajin shalat, dan bukan perokok. Impian kamu banget deh..." Jaelani memberikan sebuah informasi.

"Wah, menarik nih..." Senyum terkembang di bibir Bunga. Ia langsung membayangkan dirinya mengenakan gaun pernikahan, membina rumah tangga dengan orang yang selama ini ia cari. Fisik dan materi, baginya memang sudah tak penting lagi.

"Jadi kapan mau ketemuan? Orangnya sih, ingin secepatnya menikah juga, karena sama dengan kamu, adik-adiknya juga sudah menunggu." ujar Jaelani.

Hindun menambahi dengan semangat, "Tuh, buruaaaan!"

Tapi demi mendengar penjelasan terakhir dari Jaelani, Bunga mengerutkan dahi. "Wait! Tadi apa kamu bilang? Adik-adiknya sudah menunggu? Berarti dia sulung juga dong kayak aku?"

"Yoiiiih..." jawab Jaelani.

"Hadeuh, menurut orang Jawa, anak sulung nggak boleh menikah sama anak sulung juga, karena katanya bisa berantem melulu. Gimana dong?" 

"Terserah lo deh!" Hindun dan Jaelani kesal. Mereka pergi meninggalkan Bunga sendiri.




---------------------------------------------------------------


Arin tumben ngefiksi, haha... Iya, ini challenge dari Mbak Ran buat ngisi postingan kolaborasi bulanan kita. Dimaklumin aja ya kalau masih banyak kurangnya. Nulis fiksi itu nggak mudah lho... Oya, intip Ceret Merah Kekinian punya Mbak Widut, dan Ibu Hajah nya Mbak Ran. Kasih nilai yaa, wkwkwk... *tutup muka


10 comments

  1. Hwhahah, semua gara gara primbon endinge

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya Judulnya kuganti "gara-gara primbon" ya? Kayaknya lebih bagus.. Hihi..

      Delete
  2. Good, tp ending e perlu diolsh lg mungkin

    ReplyDelete
  3. menurutku ini bukan flash fict mbak-e. Alure masih lurus.

    ReplyDelete
  4. Suamiku dan aku sama-sama anak sulung lho, dulu pernah diingetin Pak Yai kalau dalam pernikahan kami harus berhati-hati karena kami akan sama-sama egois, begitu katanya.. tapi nyatanya Pak Yai belum tahu kalau dalam diriku ini ada bungsu yang sedang bersembunyi dalam tubuh si sulung. Iki opo sih?!!

    ReplyDelete
  5. mbak endingnya kurang greget... tapi aq suka kok

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi iya nih masih harus belajar lagi.. susah juga ternyata..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan. Komentar yang menyertakan link hidup, mohon maaf harus saya hapus. Semoga silaturrahminya membawa manfaat ya...