Rekomendasi Tempat untuk Makan Pagi di Bandung


Setiap ada libur panjang, biasanya saya dan keluarga Majalengka menyempatkan untuk jalan-jalan ke Bandung. Kadang kami menginap, jika destinasi wisata yang ingin kami kunjungi lumayan banyak. Namun, sering juga kami langsung pulang di hari yang sama. Jika cara kedua yang kami jalankan, itu artinya kami harus berangkat setelah Shubuh dari Majalengka. Tujuannya tentu saja agar jalanan masih sepi dan kami tidak terjebak macet. Urusan perut, kami biasanya sepakat untuk makan pagi di Bandung saja. Biar tenang.

Untuk teman-teman yang juga berencana ke Bandung, ini dia rekomendasi tempat yang bisa kalian jadikan pilihan untuk makan pagi di Bandung;

1. Nasi Kuning Sumur Bandung

Buka dari jam 05.00-10.00, nasi kuning yang beralamat di Jln. Sumur Bandung, Lb. Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat ini menyediakan aneka lauk, seperti; perkedel, telur dadar, ayam goreng, ati ampela, juga daging cincang. FYI, nasi kuning dengan lauk perkedel dan daging cincang, tahun lalu masih dihargai 12K saja. Cukup terjangkau kan?

Rekomendasi Makan Pagi di Bandung
Nasi Kuning Sumur Bandung, sumber: infobdg.com

2. Lontong Kari Kebon Karet

Selain nasi kuning, lontong kari juga paling enak dimakan waktu pagi. Kok langsung berat gini makannya? Ya, namanya juga orang Indonesia, belum makan kalo belum keisi nasi. Eh, tapi kan ini lontong? Anggap aja sama lah, kan dari beras juga. Hehehe...

Untuk informasi saja, porsi lontong kari Kebon Karet ini cukup besar. Yang punya anak kayak saya sih bisa makan semangkuk berdua, xixixi... Makanya kalau bisa, jangan isi apa-apa dulu perutnya, biar muat. Wkwkwk... 

Untuk harga, cukup mahal kalau dibandingkan dengan harga-harga di Solo, yaa.. Seporsi lontong kari harganya mulai Rp 22.000,-. Tapi kembali lagi, porsinya besar dan untuk saya, bisa dimakan berdua. Oya, Lontong Kari Kebon Karet yang terletak di Jln. Otto Iskandar Dinata Gg. Kebon Karet No 28/5C, Babakan Ciamis, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung ini buka mulai pukul 07.00 pagi.

Rekomendasi tempat makan pagi di Bandung
Lontong Kari Kebon Karet, sumber: jabar.tribunnews.com

3. Bubur Ayam Mang H. Oyo

Konon katanya, ini bubur ayam yang cukup legendaris, karena sudah ada sejak tahun 70-an. Masya Allah, saya belum lahir dia sudah ada. Yang membedakan bubur ayam Mang H. Oyo dengan bubur ayam lainnya adalah teksturnya yang kental. Saking kentalnya, bahkan jika kita balik piringnya, bubur tidak akan tumpah. Hebatnya lagi, rasanya sejak dulu tidak berubah. Pantas saja ya, pelanggannya pada setia. :)

Kalau kalian pengen icip juga, Bubur Ayam Mang H. Oyo terletak di samping Butik Safira, Jln. Sulanjana No 30, Tamansari, Bandung Wetan, Kota Bandung. Bubur Ayam Mang H. Oyo buka mulai jam 06.00 pagi.

Rekomendasi sarapan pagi di Bandung
Bubur Ayam Mang H. Oyo, sumber: jabar.tribunnews.com

4. Batagor Haji Yunus

Sudah ada nasi kuning, lontong kari, juga bubur ayam, ngga afdal kalau belum nyoba batagor. Batagor adalah kependekan dari bakso tahu goreng, yang merupakan jajanan khas Bandung. Batagor yang terkenal di Kota Bandung, salah satunya adalah Batagor Haji Yunus, yang sudah mulai berjualan sejak tahun 1972. Per piece, kalau belum berubah, harganya adalah Rp 4.000,-

Batagor Yunus, Bandung
Batagor Yunus, sumber: detikFood

5. Soto Sedaap Boyolali Hj. Widodo

Saat jalan-jalan ke luar kota, kadang kangen juga dengan masakan dari daerah asal. Ya, walaupun kadang aneh juga, jauh-jauh ke Bandung, masa makannya Soto Boyolali? Di Solo banyak kaliii... Tapi setuju ngga sih, makan soto tuh ngga pernah salah. Mau dimakan saat sarapan, makan siang ataupun malam, enak-enak aja pokoknya. Itu menurut saya, yaa...

Nah, salah satu yang recommended adalah Soto Sedaap Boyolali Hj. Widodo. Letaknya di Jln. Trunojoyo No 25, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung. Untuk harga, meski sedikit lebih tinggi daripada harga di Solo, tapi cukup terjangkau untuk ukuran Bandung. :)

Rekomendasi tempat sarapan di Bandung
Soto Sedaap Boyolali Hj. Widodo, Trunojoyo, Bandung, sumber; PergiKuliner.com

Baiklah, itu dia 5 tempat makan pagi di Bandung yang recommended. Kalian bisa coba mencicipi rasanya saat berkunjung ke sini. Selamat makan dan jalan-jalan. :)



3 comments

  1. Yang paling aku apal bubur mang oyo mb rin, buburnya dibolak balik jare ga tumpah wakaka

    ReplyDelete
  2. Kalau saya sih suka di batagor haji yunus,, kuahnya itu lho,, hmmm gila, enaknya bro!!

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan. Komentar yang menyertakan link hidup, mohon maaf harus saya hapus. Semoga silaturrahminya membawa manfaat ya...