7 Barang Elektronik yang Membuat Kado Pernikahan Lebih Berkesan

Friday, April 29, 2022


Assalamu'alaikum, teman-teman... Saat ini kita sudah berada di penghujung bulan Ramadhan. Rasanya cepat banget, yaa... Kadang suka menyesal, karena ibadah saya belum benar-benar optimal. Hiks... Tapi semoga seluruh amalan kita diterima oleh Allah SWT, dan semoga kita masih bisa dipertemukan lagi dengan Ramadhan yang akan datang. Aamiin aamiin Yaa Rabbal 'Aalamiin. Omong-omong, ada yang sudah dapat undangan pernikahan belum? Hehe, soalnya, biasanya nih, bulan Syawal sering dipilih sebagai salah satu bulan yang baik untuk menggelar acara pernikahan.

Nah, kalau undangan pernikahan sudah datang, biasanya yang langsung muncul di pikiran adalah: Mau pakai gaun seperti apa dan apa kado yang akan dibawa.

Untuk model kebaya, saya sudah tulis di sini, silakan dilihat-lihat, yaa...

1. Referensi Model Gaun dan Kebaya Gamis untuk Bridesmaid

2. Beberapa Referensi Model Kebaya yang Cantik dan Everlasting

Lalu, masalah kado ini, meski mungkin kita sudah sering menghadiri acara pernikahan, tetap saja selalu bikin bingung. Ya ngga?

Sebenarnya saya sudah pernah buat juga tulisan dengan judul Ide Kado Pernikahan untuk Sahabat, tetapi idenya masih belum lengkap. Jadi bisa dibilang, ide-ide kado pernikahan yang ini tu baru kepikiran gitu. Hihi... Saya aja baru ngeh, dan kayak membatin, "Oh, iya juga, yaa... Ini juga seru dijadiin kado."

Nah, apa saja sih barang-barang yang bisa dijadikan kado pernikahan? Coba cek beberapa daftar berikut ini:

1. Hair Dryer

Ide kado pernikahan yang bermanfaat

Hair dryer? Ih, kenapa ngga kepikiran dari dulu ya? Hihi... 

Ssstt, pengantin baru kan biasanya bakal sering keramas, yaa... Nah, benda ini akan sangat berguna untuk pengantin baru, biar ngga pusing karena keramas melulu. Wkwkwk...

Bisa dibayangkan kan, betapa bermanfaatnya benda ini? 😁

2. Diffuser + Essential Oil

Lho, kok essential oil? Begini, essential oil kan ada banyak macamnya, yaa... Coba cari essential oil yang bermanfaat untuk meningkatkan gairah bercinta. Misalnya, essential oil dengan aroma kenanga, melati, kayu manis, atau mawar.

Essential oil untuk pengantin baru
source: freepik.com
 

Omong-omong, biar kadonya ngga terlihat kecil banget, sekalian kasih diffuser juga ide bagus lho... Ya kan? Jangan khawatir dengan harga karena saat ini, di marketplace-marketplace kesayanganmu tersedia banyak sekali pilihan diffuser dengan harga yang affordable. Tinggal pinter-pinternya kamu untuk bandingin harga aja. 😊

3. Robot Vacuum Cleaner

Jangan khawatir harganya di luar budgetmu. Sekarang tuh ada robot vacuum cleaner yang harganya cukup terjangkau. Robot vacuum cleaner yang harganya under 200K udah banyak kok.

Kado pernikahan anak milenial

4. Sandwich Maker

Sandwich maker juga manfaat banget sih, tapi jarang dipilih sebagai kado. Kebanyakan pilih sprei lagi sprei lagi. Atau gelas lagi, gelas lagi. Hihi... Supaya lain dari yang lain, cussss bungkus sandwich maker aja untuk kado.


Barang elektronik untuk kado pernikahan

 

5. Toaster

Toaster juga oke banget dijadikan kado pernikahan lho... Apalagi kalau sahabat kalian yang menikah itu, suami istri yang sama-sama bekerja. Toaster akan sangat bermanfaat untuk membuat sarapan setiap harinya. 😊😊

Terlebih lagi, sekarang ini banyak toaster yang tampil lucu dengan warna-warna yang cantik. Wah, pasti sahabatmu senang sekali mendapatkan kado ini di hari pernikahannya. 

 

Kado pernikahan barang elektronik

6. Rice Cooker

Waktu menikah dulu, saya mendapatkan rice cooker dari adik ipar. Benda ini bermanfaat banget lho untuk pengantin baru yang belum punya apa-apa dan memulai semuanya dari 0.

 

Barang elektronik yang murah dan bermanfaat untuk kado pernikahan


7. Kipas Angin

Ini juga salah satu kado yang saya dapatkan saat menikah dulu. Sama seperti rice cooker, benda ini amat bermanfaat untuk pasangan yang baru berumah tangga. Jadi, jangan khawatir kadomu ini ngga berguna. 😊

kado pernikahan elektronik


Mencari kado pernikahan, apalagi untuk sahabat atau orang terdekat, memang susah-susah gampang. Selain khawatir jika nanti barangnya kurang disukai si penerima kado, pertimbangan lainnya adalah soal budget. Paham banget kok, karena ngga semua orang punya dana yang longgar.

Semoga tulisan ini bisa jadi ide untuk kalian yang akan membeli kado pernikahan berupa barang elektronik, yaa.. Kalian bisa sesuaikan dengan anggaran yang kalian miliki, karena masing-masing barang memiliki spec dan harga yang variatif. Tentu saja, ada harga rupa. Biasanya, semakin mahal suatu barang, semakin baik pula kualitasnya. 



Read More

5 Attitude Dasar Pemimpin yang Baik

Thursday, April 21, 2022

 

Di kelas 5 ini, Mas Amay dipilih menjadi ketua kelas. Beberapa kali saya melihat bagaimana ia memimpin teman-temannya saat sekolah daring. Pernah, ia "membentak" temannya yang menulis pesan jorok di kolom chat.

"Jangan nulis kata kasar woy! Sing sopan!" Katanya, setelah meng-unmute mic.

Setelah kelas usai dan kami sedang bersantai, saya ajak ia ngobrol tentang kelas tadi. Akhirnya, mengalirlah cerita. Saat itu, wali kelas sedang ada urusan sebentar, sehingga anak-anak diminta mengerjakan soal latihan sambil menunggu beliau kembali. Bukannya ngerjain tugas, beberapa temannya ini malah asik ngobrol di kolom chat. 

"Ya ngobrol sih ngga apa-apa, tapi jangan nulis kasar lah." Keluhnya.

"Emangnya temen Mas Amay nulis apa?" tanya saya.

"Ada anjg, bgsd, kan ngga sopan." jawabnya.

Saya memuji sikapnya. Namun, saya juga menasihatinya untuk pandai memilah dan memilih kata, agar teman-temannya tidak salah paham. Khawatirnya, Amay malah kena bully karena ketegasannya ini. 

Saya sih berusaha memaklumi anak-anak ini, karena di usia menjelang remaja, egonya memang lagi tinggi-tingginya. Di usia tanggung seperti ini, mereka sedang senang-senangnya mencoba hal baru, termasuk mengucapkan kata-kata yang memiliki konotasi tabu. Biar dianggap keren. Apalagi, di era sekarang di mana kita sangat mudah mengakses aneka informasi, konten-konten seperti ini susah sekali difilter. Kata-kata kasar yang bertebaran di internet pun perlahan menjadi sesuatu yang biasa.

Jadi, jika ada anak-anak yang senang mengucapkan kata kasar, kita perlu telisik lagi bagaimana peran orang tua dalam mendidiknya. Saya bersyukur, Mas Amay bisa membedakan mana yang baik dan tidak baik. Semoga Allah senantiasa menjaganya dari pengaruh buruk di lingkungan dan pergaulan.

"Jadi pemimpin itu memang berat ya, Mas? Diam saja, salah. Bersikap tegas, ada aja yang ngga suka. Tapi as long as you know you're right, keep on going. Sekarang ini ibaratnya Mas Amay sedang berlatih, siapa tau di masa depan Mas Amay akan jadi pemimpin, ya kan?" hibur saya. Yang dihibur cuma manggut-manggut. 😁

ciri pemimpin yang baik

Nah, siapa tau kelak Mas Amay jadi pemimpin, Mas Amay bisa baca tulisan Mama ini. 5 Attitude Dasar Pemimpin yang Baik;

1. Jadilah Pemimpin yang Memiliki Empati

Empati adalah kemampuan untuk merasakan pikiran, perasaan, atau keadaan emosional orang lain.

Jika Mas Amay menjadi pemimpin nanti, berempatilah pada para karyawan, karena sikap ini akan membuatmu dihormati. Bersikap empati pada karyawan juga akan mempengaruhi produktivitas dan semangat kerja mereka.

2. Jadilah Pendengar yang Baik

Siapa sih yang tidak suka didengarkan? Nah, mendengarkan pendapat atau masukan dari karyawan, akan memperlihatkan pada mereka bahwa kamu menghargai mereka. Ini akan membuat mereka menghargaimu sebagai pemimpin juga.

Oya, kalau ada ide yang menarik dari karyawanmu, katakan dan berikan juga pujian. 

3. Jadilah Pemimpin yang Melayani

Pemimpin yang melayani artinya pemimpin yang membantu karyawannya untuk melakukan pekerjaan mereka dengan baik. Saat team work bekerja dengan baik, maka goals perusahaan pun akan lebih mudah tercapai. Jangan lupa, komunikasi yang baik juga sangat dibutuhkan dalam hal ini. Be a leader, not a boss.

4. Jadilah Pemimpin yang Rendah Hati Sekaligus Percaya Diri

Nah, ini cukup sulit. Kepercayaan diri yang berlebihan akan membuat kita jadi sombong. Namun, terlalu rendah hati juga akan membuat seorang pemimpin tampak kehilangan taji. Jadi, pintar-pintar menjaga takarannya, yaa...

5. Jadilah Teladan Bagi Para Karyawan

Keteladanan ini meliputi banyak hal, termasuk di dalamnya adalah tentang kreativitas, etos kerja, hingga attitude yang baik.

Itulah 5 attitude dasar yang wajib dimiliki untuk menjadi seorang pemimpin yang baik. Memang terlihat simpel, tetapi sesungguhnya ini bukan hal yang mudah. Maka dari itu, tak banyak yang bisa mencapainya. Pemimpin-pemimpin yang baik itu bisa kita temukan di perusahaan-perusahaan yang kian hari kian berkembang, contohnya seperti JNE, yang telah bertahan selama lebih dari 30 tahun, dan telah menjadi perusahaan penyedia jasa pengiriman barang terbesar di Indonesia. 

Kok bisa tau kalau pimpinan JNE adalah pimpinan yang baik?

Buktinya adalah, pada 11 April 2022 lalu, Presiden Direktur JNE , M. Feriadi Soeprapto, mendapatkan penghargaan bergengsi dari The Iconomics Research, sebagai salah satu dari 50 Indonesia Best CEO 2022 Awards "Employee's Choice" Courrier Category.

Penghargaan untuk Pimpinan JNE

Jika Pak M. Feriadi Soeprapto bukan pemimpin yang baik, tentu sulit untuk beliau bisa mendapatkan penghargaan bergengsi ini, karena The Iconomics Research menilai dari sejauh mana karyawan memberikan apresiasi terhadap upaya yang pimpinan lakukan baik dalam situasi umum maupun situasi khusus (seperti pandemi covid-19). 

Penilaiannya sendiri dilakukan secara online melalui survei terhadap ribuan karyawan berbagai industri dan kategori. Survey dimulai pada awal Januari 2022 sampai dengan awal Maret 2022 dengan total responden mendekati 8.000. Ada 4 parameter indikator penilaian kepada para CEO, yang meliputi popularity, competency, crisis leadership dan personality.

Satu hal yang patut kita contoh dari Pak M. Feriadi Soeprapto, dalam menjalankan amanah kepemimpinan, beliau senantiasa memegang teguh sebuah prinsip yaitu berbagi, memberi dan menyantuni. Makna dari prinsip tersebut bukan hanya tentang harta, namun dapat memberikan manfaat bagi kehidupan banyak orang, karyawan, juga masyarakat luas.

Omong-omong tentang berbagi, saya pernah membaca sebuah tulisan seperti ini;

Rezeki itu datang karena 3 hal:

1. Datang karena kita cari

2. Datang karena Allah beri

3. Datang karena kita pernah memberi (berbagi)

Jika melihat tulisan itu, saya tidak heran bagaimana JNE bisa berkembang dari hari ke hari. Salah satunya, tentu karena semangat berbaginya dijaga oleh pemimpin-pemimpinnya. Terus terang, saya jadi makin percaya bahwa berbagi itu tidak hanya bermanfaat bagi orang yang kita beri, tetapi manfaatnya juga akan kita rasakan sendiri.


Read More

Fluimucil: Manfaat, Aturan Pakai, dan Efek Samping

Monday, April 11, 2022

 

Fluimucil adalah salah satu merek dagang dari acetylcysteine selain Acetin 600, Ahep, Nalitik, L-Acys, Memucil 600, dan Benutrion Ve. Obat ini berguna untuk mengatasi dahak pada pasien penderita asma, PPOK, atau cystic fibrosis.

Fluimucil termasuk dalam golongan obat keras yang harus diminum sesuai resep dari dokter. Oleh karena itu, sebelum menggunakan Fluimucil, berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter terkait riwayat penyakit dan konsumsi obat-obatan lainnya. Konsultasi online dengan mudah bisa kita lakukan melalui aplikasi KlikDokter, download di sini.

Karena merupakan obat keras, lalu apakah Fluimucil aman diberikan pada anak-anak, ibu hamil, dan menyusui? Simak informasi mengenai manfaat hingga efek samping Fluimucil di bawah ini.

Pengertian dan Manfaat Fluimucil

Fluimucil adalah obat yang bekerja sebagai agen mukolitik atau pengencer dahak. Obat ini berfungsi membantu mengeluarkan dahak yang menumpuk di sepanjang dinding saluran pernapasan.

Dahak diproduksi oleh paru-paru dan tenggorokan. Lendir lengket ini sebetulnya bermanfaat untuk melembabkan dan melindungi saluran pernapasan dari infeksi atau benda asing. Namun, apabila produksi dahak berlebihan justru akan menggumpal dan menyumbat saluran pernapasan.

Dahak yang terlalu banyak akan menyebabkan rasa tidak nyaman. Pemberian Fluimucil dengan kandungan N-acetylcysteine (NAC) akan bereaksi dengan bahan kimia dahak untuk membuat tekstur dahak menjadi cair sehingga mudah dikeluarkan saat batuk.

Obat pengencer dahak bentuk kapsul

Fluimucil untuk meredakan dahak biasanya diresepkan oleh dokter kepada pasien yang menderita penyakit berikut ini, yaitu;

  • Bronkitis akut dan berulang
  • Radang tenggorokan
  • Infeksi tenggorokan seperti trakeitis
  • Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK)
  • Tonsilitis
  • Asma bronkial
  • Dapat digunakan untuk terapi emfisema

Selain penyakit di atas, Fluimucil sediaan injeksi juga bisa digunakan untuk mengatasi overdosis Paracetamol dengan melindungi hati dari kerusakan yang disebabkan oleh kadar tinggi Paracetamol di dalam tubuh. Fluimucil bekerja sebagai penawar racun dan meningkatkan produksi glutathione atau zat kimia yang menghilangkan zat beracun.

Peringatan Sebelum Mengonsumsi Fluimucil

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengonsumsi Fluimucil, yaitu;

  • Beritahukan kepada dokter apabila tubuh Anda memiliki reaksi alergi terhadap bahan aktif Fluimucil yaitu N-acetylcysteine.
  • Beritahukan kepada dokter tentang penggunaan obat-obatan lainnya, juga riwayat penyakit, termasuk hipersensitivitas dan diabetes.
  • Beritahukan kepada dokter apabila Anda sedang merencanakan kehamilan, sedang hamil atau menyusui, atau sedang menjalani diet rendah kalori. Kemungkinan besar, dokter akan memberikan resep dengan obat lain.

Dosis dan Aturan Pakai Fluimucil

Fluimucil masuk dalam kategori obat keras. Karena itu, sebelum mengonsumsinya, sebaiknya komunikasikan terlebih dahulu dengan dokter, untuk mendapatkan resep yang tepat.

Secara umum, dosis dan aturan pakai Fluimucil sesuai sediaan bentuk dan umur adalah sebagai berikut:

• Sediaan granul untuk larutan oral

Dosis pemberian Fluimucil bentuk granul untuk larutan oral, yaitu:

  • Dewasa: 1 sachet, diberikan 2-3 kali sehari
  • Anak-anak dengan infeksi saluran pernapasan: 10-20 mg/kg BB per hari

• Sediaan Pediatrik untuk larutan oral

Dosis pemberian Fluimucil bentuk pediatrik untuk larutan oral, yaitu:

  • Anak-anak: 1 sachet, diberikan 2-4 kali sehari

• Sediaan sirup kering

Dosis pemberian Fluimucil bentuk sirup kering, yaitu:

  • Dewasa: 2 sendok takar (10 ml), diberikan 2-3 kali sehari
  • Anak-anak: 1 sendok takar (5 ml), diberikan 2-4 kali sehari
  • Anak-anak usia > 4 tahun: 300mg setiap hari
  • Anak-anak usia 2-4 tahun: 200mg setiap hari
  • Anak-anak < 2 tahun: 100mg setiap hari

• Sediaan tablet effervescent

Untuk dosis Fluimucil bentuk tablet effervescent adalah 1 tablet setiap hari, dilarutkan dengan segelas air.

• Sediaan kapsul

Dosis Fluimucil bentuk kapsul, yaitu:

  • Dewasa dan anak usia > 14 tahun: 1 kapsul, 2-3 kali sehari
  • Anak-anak usia 6 - 14 tahun: 1 kapsul, 2 kali sehari
  • Kondisi cystic fibrosis pada anak 6 tahun: 1 kapsul, 3x sehari

• Sediaan cairan inhalasi

Untuk dosis Fluimucil bentuk cairan inhalasi adalah 1 ampul diminum 1-2 kali sehari

Cara Penggunaan Fluimucil

Habiskan dosis Fluimucil sesuai resep dokter. Jangan menambah atau mengurangi dosis yang telah diberikan karena bisa mengurangi efektivitas kerja obat bahkan membahayakan kesehatan. Adapun beberapa cara penggunaan Fluimucil sesuai bentuk sediaan, yaitu: 

Sediaan granul: Larutkan Fluimucil sediaan granul ke dalam air putih sesuai takaran yang diresepkan, lalu aduk sampai rata.

Sediaan tablet: Fluimucil bentuk tablet dapat dilarutkan ke dalam segelas air sebelum dikonsumsi. Sebaiknya larutan tersebut segera dihabiskan tidak lebih dari 2 jam.

Sediaan sirup kering: Kocok dahulu Fluimucil sediaan sirup kering, lalu larutkan dengan air putih sesuai petunjuk pada kemasan. 

Sediaan cairan inhalasi: Untuk Fluimucil sediaan cairan inhalasi, hirup lewat mulut dengan alat bantu nebulizer.

Penggunaan Fluimucil sebaiknya diberikan pada jarak waktu yang sama. Apabila terlewat dan sudah hampir mencapai waktu dosis berikutnya, lewatkan dosis sebelumnya dan kembali pada jadwal dosis semula.

Obat pengencer dahak

Efek Samping Fluimucil

Beberapa efek samping berikut mungkin akan timbul selama teman-teman mengonsumsi Fluimucil, yaitu:

  • Mual
  • Muntah
  • Pusing
  • Stomatitis
  • Tinnitus
  • Bronkospasme
  • Urtikaria

Segera hentikan penggunaan Fluimucil dan hubungi dokter apabila mengalami gejala overdosis, seperti diare dan reaksi anafilaktoid.

Makanan yang Harus Dihindari Selama Menggunakan Fluimucil

Selama menjalani pengobatan dengan Fluimucil, hindari makanan tinggi histamin seperti tomat, anggur, dan makanan olahan karena bisa menyebabkan intoleransi histamin. Selalu diskusikan dengan dokter sebelum mengonsumsi Fluimucil.

Interaksi dengan Obat Lain

Pemakaian Fluimucil tidak boleh bersamaan dengan antibiotik seperti tetrasiklin, amoksisilin, amikacin, dan gentamisin karena bisa mengurangi efektivitas antibiotik. Untuk itu, selalu komunikasikan dengan dokter untuk penggunaan Fluimucil ini apabila teman-teman juga mengonsumsi obat-obatan lainnya. 



Read More

Kumpulan Do’a-Do’a Nabi Ibrahim yang Tercantum di Al-Qur'an

Thursday, April 7, 2022


Nabi Ibrahim disebut sebagai bapak para nabi (Abul Anbiya). Gelar ini diberikan kepada beliau karena sebagian besar para nabi dan rasul-rasul Allah adalah keturunan Nabi Ibrahim.

Selain bergelar Abul Anbiya, Nabi Ibrahim juga diberi gelar Khalilullah (Kesayangan Allah). Beliau memang sangat layak mendapatkan gelar tersebut, karena beliau merupakan Nabi yang dikenal dengan ketabahannya dalam menerima ujian-ujian dari Allah. Tentu teman-teman sudah tahu, bagaimana kisah penyembelihan kurban bermula. Ini merupakan salah satu bukti bahwa Nabi Ibrahim memang senantiasa taat dan patuh pada perintah Allah SWT. Bagaimana tidak? Beliau menantikan kehadiran seorang anak hingga usia senja, akan tetapi ketika putranya yaitu Nabi Ismail baru menginjak usia remaja, beliau sudah diperintahkan untuk menyembelih sang putra. Setaat dan sepatuh itu, apa namanya jika bukan iman?

Oya... Ada satu kisah di dalam Al-Qur'an, yang juga mengisahkan betapa kokohnya iman Nabi Ibrahim alaihi salam. 

Beliau yang lahir di tengah para penyembah berhala, tak gentar meski diancam kepungan api yang berkobar. Imannya sedikit pun tak goyah, karena ia tahu Tuhannyalah yang paling layak disembah.

Allah, Tuhan yang ia temukan setelah pencarian panjang. Omong-omong tentang pencarian Tuhan, saya jadi teringat lirik lagu dari grup nasyid Snada N Snada Kids. Seperti ini:

Ibrahim kecil mencari Tuhan
Ditemukannya bintang-bintang
Namun ketika pagi menjelang
Tak mungkin Tuhan menghilang

Ibrahim kecil mencari Tuhan
Ditemukannya matahari
Namun ketika senja telah datang
Tak mungkin Tuhan menghilang

Bicara tentang nama Ibrahim, Ibrahim sendiri berasal dari dua suku kata, yaitu ib/ab yang berarti ayah, dan rahim yang berarti penyayang. Jadi, jika disatukan, nama Ibrahim memiliki arti ayah yang penyayang.

Dan sebagai bukti bahwa beliau sangat menyayangi anak keturunannya, di dalam Al-Qur'an terdapat beberapa ayat yang merupakan do'a-do'a Nabi Ibrahim untuk anak-anaknya.

1. Do'a agar dianugerahi keturunan yang salih


Do'a Nabi Ibrahim


Disebutkan bahwa hingga usia senja, Nabi Ibrahim dan Siti Sarah, istrinya, belum juga dikaruniai keturunan. Nabi Ibrahim pun berdo'a, seperti yang tertulis dalam Q.S. As-Saffat ayat 100, yang artinya;
 "Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang yang salih."

Allah pun mengabulkan do'a tersebut. Allah menyampaikan bahwa kelak akan lahir Ishak, yang kemudian Ya'qub akan hadir sebagai penerusnya.

Namun begitu, sebelum kehadiran Ishak, Siti Sarah sang istri telah menyarankan agar Nabi Ibrahim menikahi Hajar demi memperoleh keturunan. Dari Hajar, lahirlah Nabi Ismail, yang dari garis keturunannya terlahir Nabi Muhammad SAW.

2. Do'a agar keturunannya rajin melaksanakan salat

Do'a Nabi Ibrahim dalam Al-Qur'an


Nabi Ibrahim adalah adalah ayah yang baik. Beliau tidak hanya berdoa untuk diri sendiri, akan tetapi juga senantiasa mendoakan keturunannya agar tidak menjadi hamba yang lalai. 

Dalam Q.S. Ibrahim ayat 40, beliau berdoa yang artinya,
"Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang yang tetap melaksanakan salat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku."

3. Do'a agar mendapat ampunan di hari perhitungan

Doa - doa Nabi Ibrahim


Nabi Ibrahim adalah seorang yang lembut hatinya dan juga penyantun. Hal ini tertuang dalam Q.S. At-taubah ayat 114.

Meski sang ayah tidak mau diajak beriman kepada Allah SWT, Nabi Ibrahim tetap mendoakan beliau, memohonkan ampunan untuk beliau.

Dalam Q.S. Ibrahim ayat 41, beliau berdoa yang artinya,
"Ya Tuhan kami, ampunilah aku dan kedua ibu bapakku dan semua orang yang beriman pada hari diadakan perhitungan (hari Kiamat)."

4. Do'a agar dikumpulkan dengan orang-orang salih

Doa Nabi Ibrahim yang Tercantum di dalam Al-Qur'an


Luar biasanya Nabi Ibrahim, meski dikenal dengan kekuatan iman dan kesalihannya, beliau tetap berdoa agar dikumpulkan dengan orang-orang salih. Seperti yang tertulis dalam Q.S. Asy-Syu'ara' ayat 83,
"Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku ilmu dan masukkanlah aku ke dalam golongan orang-orang yang salih."

5. Do'a agar setiap amalan baiknya diterima oleh Allah SWT

Doa agar amal baiknya diterima oleh Allah SWT


Nabi Ibrahim berjasa dalam pembangunan Ka'bah. Pada saat itu, beliau berdoa seperti yang ada pada Q.S. Al Baqarah ayat 127.
"Ya Tuhan kami, terimalah daripada kami (amalan kami), sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."

Nah, mari kita meneladani sikap Nabi Ibrahim yang senantiasa rendah hati dengan tetap berdoa pada Allah SWT, meski telah melakukan banyak amal kebajikan. Mari kita amalkan doa-doa Nabi Ibrahim ini setiap selesai salat. Semoga Allah memperkenankan doa kita. Aamiin YRA.



Read More

Lakukan Ini, Maka Kita Telah Mendukung Berkembangnya UMKM

Saturday, April 2, 2022

 

Kita tahu bahwa pandemi adalah hal yang berat bagi banyak orang, termasuk bagi orang-orang yang punya usaha. Mungkin bedanya dengan kita, jika kita hanya memikirkan perut sendiri dan keluarga, para pemilik usaha itu juga harus memikirkan perut para karyawannya. Apabila satu usaha tutup, maka yang harus menanggung akibatnya tidak hanya si pemilik usaha, akan tetapi juga seluruh orang yang terlibat di dalamnya. 

Sedih sekali jika membayangkan kita ada di posisi mereka. Maka dari itu, yuk, selagi kita bisa, kita bantu usaha mereka agar bisa berkembang. Dengan melakukan beberapa hal ini, secara tidak langsung, kita sudah ikut mendukung berkembangnya UMKM, lho. Caranya adalah dengan;

1. Sesekali Jajan, Ngga Salah Kok!

Paham kok, kalau pandemi yang datangnya tak terduga seperti ini membuat kita was-was. Kita harus tetap berhemat juga cermat dalam mengatur pengeluaran, agar saldo tabungan tidak cepat terkuras. Saya pun begitu, memilih untuk memasak setiap hari agar pengeluaran dapat ditekan. Namun, demi berputarnya roda perekonomian, sesekali libur memasak juga ngga apa-apa lho. Apalagi jika jajannya lewat aplikasi pemesanan, lalu driver ojolnya kita beri tips. Wah, makin sip! Ini namanya jajan sambil beramal. 😊

2. Belanja di Warung Tetangga

Teman-teman mungkin pernah dengar, beberapa waktu lalu sempat gencar gerakan #BelanjaDiWarungTetangga

Menurut saya, ini adalah cara paling simpel, mudah, dan bijaksana untuk mengembangkan perekonomian di sekitar kita. Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan melalui gerakan ini. Di antaranya:

  1. Menghidupkan ekonomi di lingkungan sekitar kita
  2. Meningkatkan kesejahteraan tetangga
  3. Mempererat silaturahmi antar tetangga
  4. Harga relatif lebih murah
  5. Tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk biaya parkir
  6. Beberapa bahkan bisa dijangkau dengan berjalan kaki. Hemat bahan bakar, plus menyehatkan badan.

Wah, banyak sekali kan manfaat #BelanjaDiWarungTetangga? Namun, semua tujuan itu tak akan tercapai apabila kita: suka ngutang

Jangan, yaaa...

Manfaat Belanja di Warung Tetangga

3. Jadi Reseller Produk-produk UKM

Menurut Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM), Teten Masduki, reseller serupa middle-man atau pemain tengah yang bisa membantu pangsa produk UMKM lebih luas. So, dengan menjadi reseller produk-produk UKM, kita dapat menambah penghasilan sekaligus menjadi pahlawan bagi para UKM ini. 

Baca: Tips Sukses Menjadi Reseller Pemula

Saya percaya, setiap kita melakukan sesuatu dengan niat baik pada orang lain, dampaknya juga akan sampai ke kita lagi. Seperti yang sudah saya tulis di atas, ketika kita berbelanja di warung tetangga dengan niat baik untuk menjaga perputaran ekonomi di lingkungan sekitar, manfaatnya juga akan kembali ke diri kita sendiri. Kita jadi lebih hemat energi, waktu, dan bonusnya, hubungan dengan tetangga menjadi lebih harmonis.

Pun dengan kita menjadi reseller. Tujuannya memang untuk menambah penghasilan atau tambah-tambah uang jajan, tapi efeknya bisa luar biasa. Ketika UMKM berkembang, secara otomatis, perekonomian nasional pun akan ikut berkembang.

Manfaat Gerakan #BelanjaDiWarungTetangga


Anyway, tentang menjadi reseller, saya salut lho dengan anak-anak muda zaman sekarang. Kelihatannya aja mereka "hedon" di social media, tapi di balik itu, banyak juga di antara mereka yang kreatif dan pekerja keras. Ngga percaya? Coba buka Twitter deh. Setiap kali ada yang trending, banyak sekali reply-an yang isinya mempromosikan produk-produk yang mereka jual di e-commerce.

Meskipun bagi sebagian orang hal ini merupakan spamming, tapi mari kita lihat dari sisi yang lain. Mereka ini hanya memanfaatkan kesempatan. Sama seperti penjual mainan yang mendekati area sekolah dengan harapan dibeli, mereka pun begitu. Mereka memanfaatkan "keramaian" di sebuah postingan untuk membuka lapak. Ya, siapa tau ada yang notice kan... 😁

Ya, anak-anak muda yang melek digital ini adalah para reseller yang tanpa disadari, telah ikut mengambil peran dalam meramaikan ekosistem UMKM go digital.

JNE Goll..Aborasi Bisnis Online 2022


Peran JNE dalam Mendukung Perkembangan UKM

Omong-omong soal membantu perkembangan UKM, perusahaan penyedia jasa pengiriman barang terbesar di Indonesia yaitu JNE, kembali menghadirkan JNE Goll..Aborasi Bisnis Online 2022. Perhelatan ini dilakukan secara virtual dengan mengumpulkan UKM lokal di 59 kota di Indonesia. Tujuannya adalah untuk meningkatkan daya saing serta mengembangkan kapasitas UKM baik dalam skala nasional maupun global. Nah, kota pertama yang dituju adalah kota Cilacap. 

Marsudi selaku Head Regional Jateng-DIY, membuka gelaran ini dengan menyatakan bahwa melalui acara ini, semoga laju pertumbuhan UKM bisa bersama-sama tumbuh menuju perkembangan bisnis 5.0 yang akan bertransformasi secara cepat, dan mudah-mudahan JNE bisa memberikan terobosan tidak hanya melayani pengiriman, namun memberikan solusi bagi para pengusaha.

Nah, sebagai bentuk dukungan bagi UKM di Cilacap, JNE juga secara aktif mengadakan berbagai pelatihan digital marketing, seperti Instagram Ads, Facebook Ads atau pelatihan membuat konten yang menarik. 

Tidak hanya itu, para pelaku UKM pun mengaku, dalam proses pengiriman produk yang tidak sedikit, JNE juga membantu memudahkan aktivitas bisnis mereka, salah satunya dengan adanya fasilitas JNE trucking atau JTR.

"Saya sering menggunakan fasilitas JNE trucking atau JTR. Dengan (berat barang) minimal 10 kg, biaya / ongkos kirimnya hanya separuh, tentunya lebih murah. Bisa juga menggunakan layanan pick up." Kata Sugeng, salah satu pemilik UKM di Cilacap.

Luar biasa, ya, bentuk dukungan dari JNE untuk para pelaku UKM. Semoga di tahun ini dan di tahun-tahun mendatang, semakin banyak pengusaha UKM yang berkembang dan mendapatkan manfaat dari JNE Goll..Aborasi Bisnis Online ini. Aamiin.



Read More