Langsung ke konten utama

Jawa Timur Park 2 (Batu Secret Zoo)

Beberapa waktu lalu, alhamdulillah keluarga kecil kami berkesempatan melakukan perjalanan ke Malang. Awalnya saya dan Amay hanya ingin menemani suami bertemu dengan kliennya, namun kemudian terpikir untuk sekaligus berwisata ke Batu. Mumpung ada waktu :)

Karena budget kami terbatas, kami memilih hotel yang ramah di kantong. Hanya dengan 200 ribu rupiah per malam, kami sudah bisa menikmati kamar yang nyaman, fan, televisi, juga air hangat untuk mandi. Tak perlu kamar ber-AC lah, karena Malang sudah cukup sejuk :). Kami juga memilih hotel yang tak terlalu jauh dengan stasiun, tentunya agar menghemat ongkos transportasi. 

Keesokan harinya, kami mengunjungi Jawa Timur Park. Lagi-lagi, untuk menghemat pengeluaran kami menyewa sepeda motor untuk pergi kesana. Biaya sewa motor rata-rata 50 ribu - 60 ribu, atau 75 ribu untuk layanan antar jemput. Jadi kita tak perlu mengambil dan mengembalikan sendiri sepeda motor sewaan kita. (Sudah bisa disebut backpacker belum? :p) 

Oya, tentang Jatim Park, tentunya sudah banyak yang pernah mendengar bukan? Jawa Timur Park atau biasa disingkat Jatim Park ternyata ada dua, Jatim Park 1 dan Jatim Park 2. Menurut penjelasan suami, Jatim Park 1 tidak cocok untuk Amay yang baru berusia 2 tahun 10 bulan, karena wahananya lebih cocok untuk anak-anak usia sekolah. Karena itu, kami hanya mengunjungi Jatim Park 2 saja.


Ada apa saja di Jatim Park 2?

Begitu memasuki area Jatim Park 2, kami langsung menuju entrance untuk membeli tiket. Harga tiket termasuk murah jika diukur dari wahana-wahana yang bisa kita nikmati.
Ini adalah daftar harga di tahun 2014 yang kebetulan saya abadikan dengan tergesa, hehe, sambil terus dipanggil suami dan Amay yang tak sabar ingin segera melihat ke dalam. 
Dengan harga ini, kita bisa menikmati seluruh wahana yang disuguhkan dengan bebas. 

1. Museum Satwa
Disini kita bisa mengajak anak-anak untuk belajar tentang keanekaragaman hewani. Desain museumnya unik, menarik, kita pun bisa mempelajari setiap hewan sesuai dengan klasifikasinya. Saya sendiri tidak merasa bosan karena setiap bagiannya penting untuk dipelajari. Bahkan, Amay yang biasanya minta digendong, memilih untuk berjalan sambil mengamati dan menyebut binatang-binatang yang ia ketahui. Tak perlu khawatir akan merasa lelah, karena di dalam museum disediakan tempat duduk untuk beristirahat. Yang lebih asyik lagi, kita diijinkan membawa makanan dan minuman sendiri. 


Ini tampak depan Museum Satwa. Besar ya? Iya, karena di dalamnya ada "tulang dinosaurus", meminjam istilahnya Amay. Binatang yang dimuseumkan buanyaaakkk, kompliiit...jadi tempatnya juga harus luas.






2. Batu Secret Zoo
Nah, ini yang terkenal. Batu Secret Zoo (BSZ) ini adalah kebun binatang modern bertaraf internasional. Tempatnya nyaman, cukup terawat dan bersih. Binatang-binatangnya pun dipelihara dengan baik, terlindungi dari polusi kendaraan bermotor. Meskipun begitu, ada satu hal yang menerbitkan rasa kasihan, yaitu pengamanan untuk para pengunjung yang seolah mengorbankan keselamatan para binatang karena kandang mereka dikelilingi kawat yang dialiri listrik. Hmm...semoga ke depannya ada solusi untuk ini.

BSZ ini memiliki luas sekitar 15 hektare, karenanya butuh waktu yang lama untuk menjelajahi seluruh kawasannya. Namun bila kita lelah, ada e-bike yang bisa disewa dengan harga 100 ribu rupiah untuk 3 jam. Kita tak perlu khawatir pula bila perut mulai keroncongan, karena di beberapa titik ada food court untuk memadamkan kelaparan. :)



Ini adalah zona favorit saya. Zona Savana di kawasan Afrika. 
Disini, kita berjalan di lorong yang di kanan-kirinya terdapat aneka "Savannah Animal". 
Dengan ruang terbuka yang hanya dibatasi kaca, pengunjung seakan merasa sedang berada di kawasan "liar" Afrika.




Untuk kawasan bermain, BSZ menyediakan zona Happy Land, fantasy land, dan river adventure. Semuanya free. Gratis. 
Ayo dihitung-hitung lagi, tadi tiket masuknya berapa dan permainan-permainan di dalam ada berapa? Ada Octopus, flying dumbo, tsunami, kidzone, boat, horor house, dan masih banyak lagi. Kalau dibandingkan dengan Taman Bermain, tentu harga tiket masuk kesini muraaahhhh banget kan? 
Oya, karena untuk menjelajah semua tempat butuh waktu lama, sayangnya kami tidak sempat mencoba wahana river adventure. Padahal disitu kita bisa menaiki perahu dan melihat dengan dekat "kapal nabi nuh" yang berisi binatang-binatang.

Yak, dan waktu 6 jam untuk menjelajah semua isi Jatim Park 2 rasanya tak cukup. Start dari jam 9 (niat banget, baru dibuka boookk!!) sampai jam 3, itu pun karena kami terpaksa menyegerakan langkah kaki untuk menghindari hujan yang mulai turun rintik-rintik. Puas rasanya, karena tempat ini sangat menyenangkan, recommended banget deh. Amay pun tak sekalipun minta digendong, padahal jauh dan panjang sekali perjalanan ini. 

Well, satu yang terlewatkan dan saya sesali, zona river adventure yang dengan terpaksa kami tinggalkan, hiks hiks.... Semoga lain waktu bisa kembali lagi kesini. Aamiin..:)

Beberapa foto koleksi kami
















Komentar

  1. Asyik banget wisatanya, wahanya juga keren. Wisata di Jatim Park itu berwisata sambil belajar ya. Semoga suatu hari bisa kesana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mak, insya Allah gak rugi koq..

      Makasih sudah sudi mampir.. :)

      Hapus
  2. Seru banget yaa.. tempatnya keren..
    kalau deket Al-Kautsar mah kayaknya piknik tahunan bakal kesono dah.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi..kejauhan bu... dari ujung barat ke ujung timur, hehehe.. kasihan anak-anak nanti.. kecuali field trip nya pakai pesawat..hehehe

      Hapus
  3. maak makasih u reviewnya..rencananya saya sama anak2 mau kesini. lengkap liputannya.>.:)

    BalasHapus
  4. wahhh bisa jadi referensi nih bagi yang mau ke sana..terima kasih mak atas ulasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 Mak... terima kasih sudah mampir.. :)

      Hapus
  5. Yuuukk...kapan-kapan kesana lagi, harus meluangkan waktu sama anak-anak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, iya Mak.. kalo bisa janjian pasti seru yaa?
      apaaaa...kopdar KEB nya disana saja? wkwkwk, ngarep.. :)

      Hapus
  6. Salam kenal mak, kmrn taun baru saya juga kesana tapi pas hujan sedang lebat2nya jadi banyak atraksi yg saya lewatkan. Semoga ada kesempatan mengunjunginya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga Mak... :)

      iya, kendalanya cuaca ya Mak? Alhamdulillah waktu kami kesana cuaca cerah pagi sampai siang.. mulai turun rintik-rintik sekitar jam 3 an..hehehe

      Hapus
  7. waah patut jadi wish list nih mb sekalian tilik pak dhe di Malang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi iya Mba Mae, sekalian silaturrahmi ya? :)

      Hapus
  8. kalau informasi detil begini, asyik lho Rin. mana tahu ada rejeki bisa ke sana suatu waktu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini tulisan terpanjang yang pernah arin bikin Mba..hihihi... pertama kali bikin reportase. :)

      Hapus
  9. ...makasih sis,,infonya,,insyaAllah bsk mau berangkat...cuma Q agak bingung harga tiket masukx yg pasti,kira" 100rb an gto khan,,,??? makasih infonya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu sudah saya foto harga tiket masuk tahun ini Sis.. Insya Allah segitu.

      Makasih udah mampir.. :)

      Hapus
  10. itu cma harus beli tiket terusan?gk bisa milih salah 1 cma masuk secret zoo aja gk bisa ?

    BalasHapus
  11. Kabarnya, Batu Secret Zoo adalah satu2nya Kebun Binatang di Indonesia yang masuk 9 besar Kebun Binatang Terbaik di Asia.

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan. Komentar yang menyertakan link hidup, mohon maaf harus saya hapus. Semoga silaturrahminya membawa manfaat ya...

Pos populer dari blog ini

Heavenly Blush, Cara Enak Konsumsi Yogurt

Apa yang kamu ketahui tentang yogurt? Minuman asem manis yang terbuat dari susu? Yes, nggak salah. Seperti dikutip dari Wikipedia;

Yoghurt atau Yogurt, adalah susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri. Yogurt dapat dibuat dari susu apa saja, termasuk sari kacang kedelai. Produksi modern saat ini didominasi susu sapi. Fermentasi gula susu atau laktosa, menghasilkan asam laktat yang berperan dalam protein susu untuk menghasilkan tekstur seperti gel dan aroma unik pada yogurt.
Jadi, sudah tahu kan, kenapa tekstur yogurt itu lebih kental dari susu? Yups, itu karena fermentasi gula susu atau laktosa itu tadi. Sekarang ini, yogurt bisa kita temui dalam berbagai rasa. Mau rasa cokelat, vanilla, plain, atau rasa buah-buahan, di pasaran sudah banyak diperjualbelikan.
Oke, itu kalau yogurt dalam bentuk minuman. Ini ada yang beda loh! Yogurt-nya bisa dimakan, karena bentuknya berupa snack atau cemilan. Hmmm, penasaran kan? Yuk, kenalan dulu sama Heavenly Blush Tummy Yogurt Bar. 
Ada dua rasa H…

Gara-Gara Upin dan Ipin

Siapa tak kenal Upin Ipin? Serial animasi yang diimpor dari negeri tetangga ini setiap hari menghiasi layar kaca. Meskipun tak sedikit yang mengkritik acara ini, terutama karena adanya tokoh Bang Sally yang sedikit melambai, tapi jujur saja saya tetap suka dan tetap menyuguhkannya untuk anak-anak.
Memangnya, nggak khawatir anak-anak akan jadi gagap bahasa? Hehe, terus terang, tidak. Malah, anak-anak (Amay khususnya, karena Aga belum bisa bicara), jadi makin bertambah kosa-katanya. Amay jadi tahu bahwa di Malaysia, sepatu disebut kasut, dan sepeda disebut basikal. 
Tentu, sebelumnya saya jelaskan juga bahwa bahasa Melayu sedikit berbeda dengan bahasa Indonesia. Misalnya pada kata seronok, jika di Indonesia kata ini berkonotasi negatif (meskipun di KBBI, seronok memiliki arti; menyenangkan hati, sedap dilihat), maka di Malaysia sana, kata seronok berarti bahagia. 
Lalu, apa saja sih, pengaruh positif yang saya (dan anak-anak) dapat setelah (ikut) menonton Upin Ipin?
1. Gara-gara Upin Ipin, …

Mengelola Air Limbah Rumah Tangga, Untuk Indonesia yang lebih Sehat

"Kita bisa hidup tanpa emas dan minyak, namun tidak tanpa air bersih."
Air merupakan kebutuhan manusia yang paling utama. Berdasarkan laporan WHO, ada sekitar 748 juta masyarakat dunia masih kekurangan air bersih. "Sebanyak 90 persen di antaranya tinggal di daerah sub-sahara Afrika dan Asia. Masih banyak dari mereka yang belum menggunakan air minum yang baik dan bersih," kata WHO dan UNICEF dalam laporannya, seperti diberitakan oleh Mashable, Mei 2014. (1)
Juga berdasarkan perkiraan WHO dan UNICEF, sekitar 60 persen penduduk di kawasan pedesaan di Indonesia kekurangan akses terhadap sarana sanitasi yang pantas. Kegiatan mandi dan mencuci pakaian di sungai serta buang air besar di tempat terbuka membuat orang mudah terpapar penyakit, mengontaminasi air tanah dan permukaan, dan menurunkan kualitas tanah dan tempat tinggal. Sedangkan berdasarkan peringkatnya,Indonesia merupakan negara dengan sistem sanitasi ( pengelolaan air limbah domestic ) terburuk ketiga di Asia …