Jawa Timur Park 2 (Batu Secret Zoo)

Monday, January 20, 2014


Beberapa waktu lalu, alhamdulillah keluarga kecil kami berkesempatan melakukan perjalanan ke Malang. Awalnya saya dan Amay hanya ingin menemani suami bertemu dengan kliennya, namun kemudian terpikir untuk sekaligus berwisata ke Batu. Mumpung ada waktu :)


Karena budget kami terbatas, kami memilih hotel yang ramah di kantong. Hanya dengan 200 ribu rupiah per malam, kami sudah bisa menikmati kamar yang nyaman, fan, televisi, juga air hangat untuk mandi. Tak perlu kamar ber-AC lah, karena Malang sudah cukup sejuk :). Kami juga memilih hotel yang tak terlalu jauh dengan stasiun, tentunya agar menghemat ongkos transportasi. 

Keesokan harinya, kami mengunjungi Jawa Timur Park. Lagi-lagi, untuk menghemat pengeluaran kami menyewa sepeda motor untuk pergi kesana. Biaya sewa motor rata-rata 50 ribu - 60 ribu, atau 75 ribu untuk layanan antar jemput. Jadi kita tak perlu mengambil dan mengembalikan sendiri sepeda motor sewaan kita. (Sudah bisa disebut backpacker belum? :p) 

Oya, tentang Jatim Park, tentunya sudah banyak yang pernah mendengar bukan? Jawa Timur Park atau biasa disingkat Jatim Park ternyata ada dua, Jatim Park 1 dan Jatim Park 2. Menurut penjelasan suami, Jatim Park 1 tidak cocok untuk Amay yang baru berusia 2 tahun 10 bulan, karena wahananya lebih cocok untuk anak-anak usia sekolah. Karena itu, kami hanya mengunjungi Jatim Park 2 saja.

Ada apa saja di Jatim Park 2?


Begitu memasuki area Jatim Park 2, kami langsung menuju entrance untuk membeli tiket. Harga tiket termasuk murah jika diukur dari wahana-wahana yang bisa kita nikmati.

 
Harga Tiket Jatim Park 2
Harga Tiket Jatim Park 2
 
Ini adalah daftar harga di tahun 2014 yang kebetulan saya abadikan dengan tergesa, hehe, sambil terus dipanggil suami dan Amay yang tak sabar ingin segera melihat ke dalam. Dengan harga ini, kita bisa menikmati seluruh wahana yang disuguhkan dengan bebas. 

1. Museum Satwa


Disini kita bisa mengajak anak-anak untuk belajar tentang keanekaragaman hewani. Desain museumnya unik, menarik, kita pun bisa mempelajari setiap hewan sesuai dengan klasifikasinya. Saya sendiri tidak merasa bosan karena setiap bagiannya penting untuk dipelajari. Bahkan, Amay yang biasanya minta digendong, memilih untuk berjalan sambil mengamati dan menyebut binatang-binatang yang ia ketahui. Tak perlu khawatir akan merasa lelah, karena di dalam museum disediakan tempat duduk untuk beristirahat. Yang lebih asyik lagi, kita diijinkan membawa makanan dan minuman sendiri. 



Tempat Wisata Malang
 
Ini tampak depan Museum Satwa. Besar ya? Iya, karena di dalamnya ada "tulang dinosaurus", meminjam istilahnya Amay. Binatang yang dimuseumkan buanyaaakkk, kompliiit...jadi tempatnya juga harus luas.

Baca Juga: 4 Tempat Wisata Keluarga di Malang

2. Batu Secret Zoo


Nah, ini yang terkenal. Batu Secret Zoo (BSZ) ini adalah kebun binatang modern bertaraf internasional. Tempatnya nyaman, cukup terawat dan bersih. Binatang-binatangnya pun dipelihara dengan baik, terlindungi dari polusi kendaraan bermotor. Meskipun begitu, ada satu hal yang menerbitkan rasa kasihan, yaitu pengamanan untuk para pengunjung yang seolah mengorbankan keselamatan para binatang karena kandang mereka dikelilingi kawat yang dialiri listrik. Hmm...semoga ke depannya ada solusi untuk ini.


BSZ ini memiliki luas sekitar 15 hektare, karenanya butuh waktu yang lama untuk menjelajahi seluruh kawasannya. Namun bila kita lelah, ada e-bike yang bisa disewa dengan harga 100 ribu rupiah untuk 3 jam. Kita tak perlu khawatir pula bila perut mulai keroncongan, karena di beberapa titik ada food court untuk memadamkan kelaparan. :)


Rekomendasi Wisata Malang, Jawa Timur

Ini adalah zona favorit saya. Zona Savana di kawasan Afrika. Disini, kita berjalan di lorong yang di kanan-kirinya terdapat aneka "Savannah Animal". Dengan ruang terbuka yang hanya dibatasi kaca, pengunjung seakan merasa sedang berada di kawasan "liar" Afrika.


Rekomendasi Wisata Malang, Jawa Timur
 
Untuk kawasan bermain, BSZ menyediakan zona Happy Land, fantasy land, dan river adventure. Semuanya free. Gratis. 
 
Ayo dihitung-hitung lagi, tadi tiket masuknya berapa dan permainan-permainan di dalam ada berapa? Ada Octopus, flying dumbo, tsunami, kidzone, boat, horor house, dan masih banyak lagi. Kalau dibandingkan dengan Taman Bermain, tentu harga tiket masuk kesini muraaahhhh banget kan? 
 
Oya, karena untuk menjelajah semua tempat butuh waktu lama, sayangnya kami tidak sempat mencoba wahana river adventure. Padahal disitu kita bisa menaiki perahu dan melihat dengan dekat "Kapal Nabi Nuh" yang berisi binatang-binatang.

Yak, dan waktu 6 jam untuk menjelajah semua isi Jatim Park 2 rasanya tak cukup. Start dari jam 9 (niat banget, baru dibuka boookk!!) sampai jam 3, itu pun karena kami terpaksa menyegerakan langkah kaki untuk menghindari hujan yang mulai turun rintik-rintik. Puas rasanya, karena tempat ini sangat menyenangkan, recommended banget deh. Amay pun tak sekalipun minta digendong, padahal jauh dan panjang sekali perjalanan ini. 

Well, satu yang terlewatkan dan saya sesali, zona river adventure yang dengan terpaksa kami tinggalkan, hiks hiks.... Semoga lain waktu bisa kembali lagi kesini. Aamiin..:)

Dan inilah beberapa foto koleksi kami

Jatim Park 2, Malang


Jatim Park 2
 
 
Ada Apa di Jatim Park 2?


14 comments

  1. Asyik banget wisatanya, wahanya juga keren. Wisata di Jatim Park itu berwisata sambil belajar ya. Semoga suatu hari bisa kesana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak, insya Allah gak rugi koq..

      Makasih sudah sudi mampir.. :)

      Delete
  2. Seru banget yaa.. tempatnya keren..
    kalau deket Al-Kautsar mah kayaknya piknik tahunan bakal kesono dah.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi..kejauhan bu... dari ujung barat ke ujung timur, hehehe.. kasihan anak-anak nanti.. kecuali field trip nya pakai pesawat..hehehe

      Delete
  3. maak makasih u reviewnya..rencananya saya sama anak2 mau kesini. lengkap liputannya.>.:)

    ReplyDelete
  4. Salam kenal mak, kmrn taun baru saya juga kesana tapi pas hujan sedang lebat2nya jadi banyak atraksi yg saya lewatkan. Semoga ada kesempatan mengunjunginya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga Mak... :)

      iya, kendalanya cuaca ya Mak? Alhamdulillah waktu kami kesana cuaca cerah pagi sampai siang.. mulai turun rintik-rintik sekitar jam 3 an..hehehe

      Delete
  5. waah patut jadi wish list nih mb sekalian tilik pak dhe di Malang :)

    ReplyDelete
  6. kalau informasi detil begini, asyik lho Rin. mana tahu ada rejeki bisa ke sana suatu waktu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini tulisan terpanjang yang pernah arin bikin Mba..hihihi... pertama kali bikin reportase. :)

      Delete
  7. ...makasih sis,,infonya,,insyaAllah bsk mau berangkat...cuma Q agak bingung harga tiket masukx yg pasti,kira" 100rb an gto khan,,,??? makasih infonya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu sudah saya foto harga tiket masuk tahun ini Sis.. Insya Allah segitu.

      Makasih udah mampir.. :)

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan. Komentar yang menyertakan link hidup, mohon maaf harus saya hapus. Semoga silaturrahminya membawa manfaat ya...