Showing posts with label bisnis. Show all posts
Showing posts with label bisnis. Show all posts

Daftar QRIS, Mudahkan Transaksi Bisnis

Friday, June 9, 2023


Akhir pekan lalu saya dan keluarga berwisata ke Telaga Sarangan yang terletak di Magetan, Jawa Timur. Kami berangkat pagi-pagi dari Solo, karena ingin sarapan nasi pecel sembari menikmati indahnya pemandangan telaga. Tidak lama kami di sana. Menjelang makan siang, kami memutuskan untuk pulang. Tadinya, kami ingin makan siang di Tawangmangu, di salah satu rumah makan yang direkomendasikan banyak orang. Namun sayang, di sana tidak menerima pembayaran digital. Sedikit kecewa sih. Padahal daftar QRIS itu mudah, tetapi kenapa masih banyak yang belum menggunakannya?

Akhirnya, kami yang tidak membawa banyak uang tunai pun mundur teratur dan mencari tempat makan lain yang menyediakan alternatif pembayaran cashless, karena agak sulit mencari ATM di Tawangmangu ini. Huhu, padahal tadinya pengen banget nyobain makanan di tempat itu supaya bisa ikut mendukung berkembangnya UMKM, tapi gimana lagi?

Baca: Lakukan Ini, Maka Kita Telah Mendukung Berkembangnya UMKM

Wisata air di Telaga Sarangan, Magetan, Jawa Timur


Saya yakin, rumah makan itu pernah kehilangan calon konsumen seperti kami, mengingat bahwa saat ini sudah banyak orang yang lebih memilih untuk melakukan pembayaran secara digital atau non tunai. Bahkan di dekat rumah saya saja, warung-warung kelontong dan warung soto sudah menyediakan QRIS sebagai alternatif pembayaran.

Untuk tempat wisata yang jadi tujuan banyak orang, tentu sangat disayangkan jika masih ada pelaku usaha yang gagap dengan pembayaran digital. Apalagi, Tawangmangu ini bisa dibilang tempat healing-nya orang Solo. Ya, mirip dengan Puncak, Bogor lah. Tempatnya sejuk, pemandangannya indah, kulinernya juga variatif. Tapi, sayang sekali, masih ada yang belum menyediakan alternatif pembayaran dengan QRIS.

Dari tadi ngomongin QRIS melulu. Teman-teman sudah kenal dengan QRIS, kan? 

Tentang QRIS; Pengertian, Manfaat, dan Cara Daftar QRIS

Apa itu QRIS?

QRIS adalah kependekan dari Quick Response Code Indonesian Standard. Mudahnya, QRIS adalah standarisasi pembayaran dengan menggunakan QR Code dari Bank Indonesia. Dengan QRIS, semua orang dapat melakukan transaksi menggunakan alat pembayaran apapun, dari dompet digital hingga mobile banking.

Siapa yang Harus Menggunakan QRIS?

Bank Indonesia mewajibkan seluruh penyedia layanan pembayaran nontunai untuk menggunakan sistem QRIS pada 1 Januari 2020. Jadi, setiap penyedia Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) berbasis QR (termasuk PJSP asing) wajib menggunakan QRIS, sesuai dengan ketentuan yang telah diatur dalam PADG No.21/18/2019 tentang Implementasi Standar Internasional QRIS untuk Pembayaran.

Kenapa Harus Menggunakan QRIS?

Kenapa harus menggunakan QRIS? Kenapa tidak? Selain akan membantu proses transaksi menjadi lebih mudah dan efisien, penggunaan QRIS juga sekaligus dapat membantu terwujudnya inklusi keuangan, juga mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia. 

Keuntungan Menggunakan QRIS

Untuk Penjual

Untuk kalian yang memiliki usaha, menyediakan alternatif pembayaran dengan QRIS dapat memberikan banyak manfaat. 

keuntungan menggunakan QRIS untuk pembayaran digital


Manfaat menggunakan QRIS untuk penjual, antara lain:

1. Transaksi lebih cepat dan praktis 

Penjual tidak perlu mencari dan menyiapkan uang kembalian. Penjual pun tidak perlu repot-repot mengelola uang tunai. Hal ini secara tidak langsung akan meminimalisir risiko operasional.

2. Pembayaran jadi lebih efisien

Dengan menyediakan alternatif pembayaran QRIS, pelanggan dapat memilih metode bayar yang diinginkan. Mereka bisa membayar pesanan sesuai dengan aplikasi uang yang dimiliki, asalkan sudah didukung dengan QRIS.

3. Mencegah peredaran uang palsu

Salah satu hal yang bisa membuat penjual mengalami kerugian adalah ketika tanpa disadari, pelanggan melakukan penipuan dengan membayar menggunakan uang palsu. Nah, manfaat menyediakan alternatif pembayaran dengan QRIS adalah dapat menghindarkan penjual dari penipuan yang menggunakan uang palsu seperti ini.

4. Memberikan kemudahan transaksi bagi pelanggan

Harapannya, hal ini bisa memperluas pangsa pasar. Ingat cerita saya di atas? Ketika pembayaran nontunai tidak tersedia, akhirnya saya mundur dan mencari tempat lain yang menyediakan alternatif pembayaran digital. Maka dari itu, penggunaan QRIS sebenarnya bermanfaat untuk memperluas pangsa pasar. 

5. Membangun rekam jejak pelaku usaha di mata bank

Hal ini karena pelaku usaha telah ikut menggunakan fasilitas perbankan. Hubungan yang baik dengan bank tentu akan mempermudah pelaku usaha untuk mengembangkan bisnisnya, misalnya untuk urusan permodalan.

Baca Juga: 5 Strategi Agar Bisnismu bisa Bertahan dalam Persaingan Bisnis di Era Digital

Untuk Pembeli

Tak hanya untuk penjual, penggunaan QRIS juga dapat memberi manfaat untuk pembeli di antaranya:

1. Pembeli tidak perlu menyiapkan uang tunai dan hanya perlu memindai kode QRIS melalui aplikasi yang didukung, memasukkan nominal yang akan dibayarkan, dan menyelesaikan pembayaran.

2. Transaksi lebih mudah dan cepat, asalkan ada koneksi internet.

3. Jika bertransaksi secara tunai akan meningkatkan risiko tercecernya uang kecil atau uang kembalian, maka transaksi nontunai seperti ini membuat uang kecil tetap terasa berharga. Recehan demi recehan, kalau dikumpulin lumayan juga lho, ya…

4. Lebih higienis karena meminimalisir kontak, baik itu dengan uang fisik maupun dengan orang lain (penjual).

5. Histori setiap transaksi tercatat, sehingga kita tahu kemana saja larinya uang yang kita miliki.

6. Terhindar dari risiko menerima uang palsu.

Cara Membuat QRIS

Cara mendaftar QRIS sebenarnya sangat mudah. Merchant (pelaku usaha) hanya perlu membuka rekening atau akun pada salah satu penyelenggara QRIS yang sudah berizin dari BI. Selanjutnya, merchant sudah dapat menerima pembayaran dari para pelanggannya menggunakan QR code dari aplikasi manapun penyelenggaranya.

Ketentuan yang Ada di QRIS

Ketentuan QRIS antara lain:

1. QRIS mengakomodir 2 model penggunaan QR Code Pembayaran yaitu Merchant Presented Mode (MPM) dan Customer Presented Mode (CPM). Namun, dalam implementasinya mengacu pada standar QRIS yang ditetapkan oleh Bank Indonesia sebagai standar nasional.

2. Batas nominal transaksi menggunakan QRIS
Jika sebelumnya batasan nominal transaksi QRIS adalah sebesar Rp 5.000.000,00 per transaksi, per tanggal 1 Maret 2022 disesuaikan menjadi paling banyak sebesar Rp 10.000.000,00

3. Instrumen pembayaran menggunakan QRIS
Transaksi QRIS menggunakan sumber dana berupa simpanan dan/atau instrumen pembayaran berupa kartu debet, kartu kredit, dan/atau uang elektronik yang menggunakan media penyimpanan server based.

Cara Mudah Daftar QRIS di sooltanPay

Untuk teman-teman pelaku usaha yang belum menggunakan QRIS, yuk, beralih ke transaksi digital yang jauh lebih mudah, praktis, dan aman. Teman-teman bisa daftar QRIS melalui aplikasi sooltanPay. 

Kenapa sooltanPay?

Karena cuma di sooltanPay kamu akan mendapatkan beberapa keuntungan sekaligus. Seperti; Alternatif pembayaran dengan QRIS, tambahan penghasilan dengan menyediakan layanan “Top Up dan Tagihan”, juga efisiensi operasional bisnis karena di sooltanPay tersedia pencatatan transaksi penjualan lewat fitur “Kasir”.

Baca Juga : Ide Bisnis Modal Kecil Untung Besar

Cara mendaftar QRIS di sooltanPay

Langkah-langkah membuat akun sooltanPay:

  1. Buka aplikasi Google Playstore, lalu ketik sooltanPay di kolom pencarian
  2. Klik install / get 
  3. Jika sudah terunduh, klik open (buka)
  4. Untuk pengguna iOS, buka aplikasi sooltanPay pada website www.sooltanpay.id
  5. Klik “Add to Home Screen” atau “tambahkan pada halaman utama” untuk mendapatkan tampilan aplikasi
  6. Klik aplikasi, pilih “masuk”, dan lanjutkan proses registrasi akunmu
  7. Pada halaman utama aplikasi sooltanPay, klik “daftar”
  8. Isi nama lengkap, no handphone dan kode referal “ARINTA”, pada halaman daftar
  9. Klik selanjutnya, dan kamu akan mendapatkan kode OTP
  10. Silakan masukkan kode OTP tersebut
  11. Klik selanjutnya, lalu buat password yang akan kamu pasang untuk masuk ke aplikasi sooltanPay
  12. Klik selanjutnya, lalu buat 6 digit angka sebagai PIN untuk keamanan setiap bertransaksi
  13. Klik selanjutnya, lalu bacalah “Syarat dan Ketentuan” pemakaian aplikasi sooltanPay secara teliti
  14. Klik setuju, lalu masukkan nomor handphone yang didaftarkan tadi dan juga passwordnya
  15. Jika ingin login dengan cepat, klik “ingat saya”
  16. Silakan masukkan PIN, lalu klik “konfirmasi”
  17. Kamu pun sudah terdaftar!

Cara Upgrade Akun sooltanPay

Jika sudah membuat akun sooltanPay, segera upgrade akunmu untuk dapat melakukan transaksi penjualan secara digital dan menikmati fitur-fitur lainnya.

  1. Pada halaman utama aplikasi sooltanPay, silakan klik “Upgrade Akun”
  2. Di situ akan terlihat keuntungan-keuntungan jika meng-upgrade akun sooltanPay.
  3. Klik “Upgrade Akun” untuk melanjutkan
  4. Silakan isi nama lengkapmu sesuai KTP, no identitas sesuai KTP, upload foto KTP, dan upload foto diri dengan memegang KTP-mu. Pastikan pengambilan foto sesuai dengan ketentuan yang berlaku, ya..
  5. Jika sudah, klik “Simpan”
  6. Silakan isi kelengkapan alamat rumah. Pastikan pengisiannya tepat dan sesuai dengan alamat di KTP, yaa..
  7. Jika sudah, klik “Simpan”
  8. Di tahap pengisian rekening, silakan pilih nama Bank Penarikan sesuai dengan daftar yang tersedia, isi juga “No Rekening” yang ingin digunakan untuk penarikan saldo pendapatan atas transaksi digital di aplikasi sooltanPay (Perhatian! No rekening ini tidak dapat diubah, dan jika nama pemilik rekening berbeda dengan nama pemilik usaha, pastikan pemilik usaha sudah mengetahui hal tersebut)
  9. Jika sudah, klik “Simpan”
  10. Lakukan pengecekan ulang dan pastikan semua data sudah benar. Jika ada yang perlu diubah, silakan isi “Ubah”.
  11. Jika sudah, klik “Simpan”
  12. Pada tahap “Data Usaha / Bisnis”, silakan isi kelengkapan usaha / bisnismu, jenis usaha / bisnismu, dan foto diri dengan latar belakang tempat usaha / foto diri dengan produkmu
  13. Jika usahamu berupa toko online, upload screenshot profil toko dari platform online yang kamu gunakan
  14. Jika sudah, klik “Simpan”
  15. Pada tahap “Alamat Usaha” silakan isi alamatnya secara lengkap, ya…
  16. Jika alamat usaha atau bisnismu sama dengan alamat rumah, cukup klik atau centang opsi “Gunakan Alamat Rumah”
  17. Jika sudah, klik “Simpan”
  18. Upgrade akunmu sedang diproses dalam waktu satu hari kerja
  19. Jika sudah, klik “Beranda” kemudian tunggu hingga proses upgrade akunmu selesai
  20. Pastikan kamu mengaktifkan fitur notifikasi aplikasi sooltanPay untuk mendapatkan notifikasi bahwa akunmu sudah selesai di-upgrade

Jika akunmu sudah di-upgrade, kamu bisa menikmati fitur premium dari sooltanPay seperti; Pembayaran Digital QRIS, Transaksi Digital, Input dan Atur Produk Toko Secara Digital, Mengisi Modal Usaha, Menarik Pendapatan, Mendownload Laporan Transaksi, hingga membuka peluang usaha dalam fitur “Top Up dan Tagihan”.

kelebihan sooltanPay


Jadi memang, sooltanPay bukan hanya aplikasi yang menyediakan fitur pembayaran digital berupa QRIS saja, tetapi dengan sooltanPay kita bisa mendapatkan tambahan penghasilan lewat jasa “Top Up dan Tagihan”. Dengan sooltanPay juga kita bisa sekaligus melakukan pencatatan transaksi penjualan melalui fitur “Kasir”. Benar-benar efektif dan efisien kan? Jadi tunggu apa lagi? Untuk para pelaku usaha, yuk download sooltanPay dan nikmati fitur-fitur istimewanya! 




Sumber Referensi:

https://www.bi.go.id/QRIS/

https://faspay.co.id/id/alasan-mengapa-bisnis-online-anda-perlu-menggunakan-qris/

https://www.cimbniaga.co.id/id/inspirasi/gayahidup/qris


Read More

5 Strategi Agar Bisnismu Bisa Bertahan dalam Persaingan Bisnis di Era Digital

Wednesday, May 24, 2023


Setuju ngga kalau di era digital seperti sekarang, orang-orang semakin mudah membangun sebuah usaha? Usaha-usaha baru bermunculan, bak cendawan di musim hujan. Namun, mari kita lihat, berapa banyak usaha yang bisa bertahan dan berkembang sesuai harapan? 

Persaingan bisnis di era digital memang semakin ketat. Maka, jika kamu adalah calon pengusaha, jangan malas untuk mempelajari tips-tips berbisnis di era digital agar usahamu bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama. 

Strategi Agar Bisnis Bisa Bertahan di Era Digital

Supaya bisnis yang kita jalankan bisa tetap bertahan di tengah ketatnya persaingan bisnis di era digital, ada beberapa strategi yang mesti kita terapkan, seperti;

1. Rajin Memantau Trend yang Sedang Berkembang

Beberapa tahun lalu di Solo, angkringan modern menjamur. Angkringan / Wedangan modern ini rata-rata menawarkan menu angkringan, tetapi konsepnya seperti cafe. Jika angkringan biasa menyasar masyarakat Solo pada umumnya, angkringan modern ini menyasar anak-anak muda yang gaul gitu deh.  

Saat itu, di sekitar rumah saya saja, ada setidaknya 3 angkringan modern ini. Tetapi, saat ini, ketiganya sudah tidak bisa kita temukan lagi. Ada yang sudah berganti kepemilikan, ada yang tutup dan dibiarkan terbengkalai, ada yang berganti brand (berganti nama, juga berganti jenis makanan yang dijual).

Pertanyaannya adalah, "Kenapa bisa begitu?"

Sebagai pengunjung yang (pada awalnya) cukup setia, saya menduga ini semua karena konsumen cepat merasa bosan. Jadi memang, para pelaku usaha mesti rajin memantau trend, dan menerapkannya dengan bisnis yang dijalankan.

2. Manfaatkan Social Media

social media
Social Media, sumber: Pexels


Percayalah dengan kekuatan social media. 

Cerita sedikit, ya... Saat ini anak sulung saya duduk di kelas 6 SD. Seperti sekolah-sekolah pada umumnya, di akhir tahun ajaran nanti akan diadakan graduation atau acara kelulusan. Acara ini akan diadakan di hotel.

Kemudian, khusus untuk teman-teman satu kelas, akan diadakan acara tersendiri yang lebih intimate. Nah, sebagai salah satu pengurus komite, saya pun ikut bertugas mencari tempat yang kira-kira bisa dipakai untuk menampung 50-70 orang. 

Apa yang saya lakukan? Ya, mencari informasi lewat social media. Saya scroll up - scroll down, mencari lewat hashtag, hingga berselancar dari akun promosi yang satu ke akun promosi yang lain. 

Selama pencarian itu, saya akhirnya bisa menyimpulkan; Untuk sebuah usaha, rajin posting adalah sesuatu yang penting. Social media adalah tempat untuk memamerkan apa yang bisnismu punya. Ceritakan tentang produkmu lewat postingan-postinganmu, supaya mereka yang mencarimu bisa lebih mengenalmu dan lebih tertarik kepadamu.

Baca Juga: Ide Bisnis Modal Kecil Untung Besar

3. Inovasi Produk dan Layanan

Kembali ke contoh angkringan modern yang sempat menjamur di sekitar tempat tinggal saya. Kenapa mereka hanya bertahan 1-2 tahun saja? Menurut pandangan saya, salah satunya karena owner-nya kurang inovatif. 

Berbeda dengan warung-warung yang menawarkan menu autentik dan sudah memiliki pelanggan sendiri, angkringan modern seperti ini sejak awal sudah menargetkan target pasarnya sendiri yakni generasi millenial hingga gen z. Tipikal generasi ini adalah mudah bosan dan senang mencari hal yang baru atau belum pernah ditemui. 

Jadi, kalau kamu ingin bisnismu bisa bertahan di era digital ini, kamu mesti inovatif. Caranya gimana? Kembali ke poin pertama, pandailah membaca perkembangan tren. Selain itu, berikan layanan yang terbaik untuk konsumen. 

Layanan ini bisa berupa WiFi gratis, atau seperti barbershop di dekat rumah saya yang kid friendly, mereka menyediakan game dan aneka mainan supaya anak-anak tidak takut (karena terkadang ada anak yang ketakutan saat akan dipotong rambutnya) dan tidak bosan ketika harus menunggu. 

strategi agar bisnis bisa bertahan di tengah persaingan era digital


4. Disiplin dalam Pencatatan Keuangan

Mengapa pencatatan keuangan penting untuk kemajuan sebuah bisnis? Pencatatan keuangan penting dilakukan untuk mengetahui berapa jumlah penjualan, berapa pengeluaran dan pemasukan, sehingga dapat digunakan untuk menghitung keuntungan. Dari catatan keuangan tersebut, pemilik usaha jadi punya acuan dalam mengambil keputusan yang menyangkut perkembangan perusahaan.  

5. Sediakan Alternatif Pembayaran

Salah satu faktor yang menyebabkan sebuah usaha sulit berkembang atau bahkan mengalami kemunduran adalah karena pemilik usaha gagap dalam membaca perkembangan trend. Jadi, bagi teman-teman yang berniat membuka usaha, penting sekali lho untuk selalu update dengan perkembangan teknologi. Karena seiring dengan berkembangnya teknologi, perilaku konsumen juga ikut berubah. 

Contohnya nih, berkembangnya metode pembayaran, lambat laun akan mengubah gaya hidup seseorang. Sejak pandemi mengusik kedamaian dunia, orang-orang dilarang pergi kemana-mana, maka berbelanja online adalah salah satu jalan ninja untuk bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Bersamaan dengan itu, jumlah pengguna e-commerce semakin banyak, dan secara tidak langsung juga mempengaruhi kebiasaan konsumen dalam menggunakan alat pembayaran non tunai untuk transaksi sehari-hari.

Inilah kenapa memasukkan "alat pembayaran digital" sebagai salah satu fasilitas yang harus disiapkan saat memulai bisnis adalah sesuatu yang penting. Karena saya sudah menemukan beberapa kali orang mengurungkan niat untuk membeli, ketika penjual tidak menyediakan alternatif pembayaran non tunai. Sayang kan...

Kenapa Generasi Sekarang Lebih Menyukai Transaksi Non Tunai?

Pembayaran digital
Pembayaran non tunai, sumber: Pexels

Saat ini penggunaan alat pembayaran non tunai lebih banyak diminati karena dinilai lebih aman dan praktis. Selain kedua hal tadi, ada beberapa keuntungan lain yang bisa kita dapatkan jika memilih pembayaran cashless lho.. 

Apa saja keuntungan pembayaran non tunai atau cashless?

1. Menghindarkan risiko tercecernya uang kembalian / uang receh

Saat belanja di minimarket, kadang-kadang kita mendapat uang kecil sebagai kembalian. Kadang 500-an, 200-an, atau 1000-an. Uang-uang kecil itu, kadang dianggap tidak berharga. Padahal, kalau dalam seminggu kita berbelanja sebanyak 10x, uang-uang receh itu lumayan juga jika dikumpulkan. Tapi dasar kita ini suka sombong (wkwkwk...), keberadaan uang receh itu malah dianggap kurang penting. Iya atau iya?

Nah, keuntungan menggunakan alat pembayaran non tunai ini, salah satunya adalah menjaga kekayaan kita, sekecil apapun. 700 rupiah, kalau dikali 10 sudah jadi Rp 7.000 lho. Kalau dikalikan 10 lagi, jadi Rp 70.000. Lumayan banget kan? Cukup untuk beli kopi. ๐Ÿ˜

2. Lebih higienis

Sepakat kan kalau uang fisik itu tidak higienis? Kita tidak pernah tau, uang yang ada di dompet kita itu sudah berkeliling ke mana saja dan sudah dipegang oleh siapa saja. Maka tak heran jika saat pandemi kemarin, banyak yang melakukan "pencucian uang" dalam arti yang sebenarnya, karena uang memang jadi sarang kuman. Hal inilah yang semakin mendorong orang-orang untuk memilih pembayaran non tunai saat bertransaksi, karena dinilai lebih higienis.

3. Histori transaksi tercatat

Ini penting buat kita-kita yang suka malas melakukan pencatatan keuangan secara manual. Belanja ngga pake perencanaan, dan baru tersadar ketika uangnya habis. Lalu dengan polosnya bertanya ke diri sendiri, "Uangku pada kemana ya? Kok cepet banget habisnya?" Hihi... Pertanyaan seperti itu ngga akan terjadi lagi ketika kita menggunakan alat pembayaran digital saat bertransaksi, karena histori transaksi kita otomatis akan tercatat. ๐Ÿ˜Š

Baca Juga: Pentingnya Manajemen Keuangan untuk Kesejahteraan di Masa Depan

Nah, melihat banyaknya manfaat dari penggunaan alat pembayaran digital, maka bagi teman-teman yang akan memulai usaha, masukkan "alat pembayaran digital" sebagai salah satu fasilitas yang harus disediakan. Oke? Sekarang sedang marak penggunaan QRIS, jadi boleh tuh mulai daftarkan bisnismu untuk mendapatkan QRIS sebagai salah satu alternatif pembayaran. Daftar QRIS itu mudah kok. Banyak keuntungannya juga. :)


Read More

Tips Sewa Room Space Kantor Minimalis

Saturday, July 16, 2022


Merintis sebuah usaha, selain menguras banyak biaya juga perlu mempertimbangkan banyak hal. Termasuk di dalamnya adalah menemukan tempat yang tepat untuk dijadikan kantor. Menyewa room space kantor bisa jadi salah satu pilihan untuk menghemat biaya operasional.

Sekarang ini, penyewaan kantor sudah mulai banyak. Pilihannya juga bermacam-macam, mulai dari kantor dengan fasilitas lengkap, sampai tempat sewa ruang meeting murah bisa ditemukan. Pilihan yang bijak jika usaha rintisan belum memiliki tempat sendiri untuk dijadikan kantor.

Karena banyaknya pilihan untuk menyewa kantor, di bawah ini adalah tips memilih room space untuk dijadikan kantor agar mendapatkan harga terbaik.

Tips mencari room space untuk kantor

1. Pilih Gedung yang Sederhana

Tips paling mudah untuk mendapatkan room space untuk kantor dengan harga terbaik adalah dengan melihat kondisi gedung. Di kota besar seperti Jakarta, tentu saja banyak tersedia penyewaan kantor dengan gedung megah nan mewah. Namun, banyak juga pilihan dengan gedung yang sederhana dan terjangkau. Sewa ruang meeting Jakarta murah dapat kalian cari. Gedung yang sederhana tentu berpengaruh terhadap harga sewanya.

2. Pertimbangkan Luas dan Kebutuhan

Poin kedua yang perlu dijadikan pertimbangan adalah luas kantor yang akan dipakai. Sesuaikan dengan jumlah karyawan yang akan menempati kantor tersebut. Selain itu, pertimbangkan juga mobilitas yang akan dilakukan di dalam kantor. Apakah kalian akan lebih sering melakukan meeting di kantor atau melakukan meeting di luar kantor. Lalu, apakah kalian akan sering melakukan workshop di dalam kantor atau tidak. Jangan sampai ruangan kantor yang sudah disewa kurang mencukupi kebutuhan, atau justru jarang digunakan karena tidak sesuai kebutuhan.

3. Lakukan Survei Langsung

Tentu saja akan lebih baik jika kita melihat langsung tempat yang akan kita sewa. Karena dengan berada langsung di tempat tersebut, kita dapat mempertimbangkan banyak hal. Seperti jarak kantor dengan tempat tinggal, fasilitas gedung, keadaan di sekitar kantor, akses ke tempat-tempat penting, sampai pemandangan yang didapat. Rasanya pasti akan lebih puas, dibanding hanya dengan melihat foto atau mengira-ngira lokasinya.

4. Sewa Kantor Berdesain Minimalis

Kantor yang didesain minimalis, menandakan bahwa kantor tersebut dirancang secara fungsional. Tidak ada ornamen atau barang-barang yang tidak memiliki fungsi yang jelas. Desain minimalis pun, sedikit banyak dapat mempengaruhi harga sewa. Oiya, desain minimalis bukan berarti minim fasilitas, yaa... Ini adalah dua hal yang berbeda. Desain minimalis lebih banyak mempertimbangkan fungsi praktis dari desainnya. Desain minimalis juga memberikan kesan yang lebih luas terhadap ruangan kantor, sehingga dapat terlihat lebih lega.

5. Tanyakan Agen atau Teman

Kalau kita memiliki teman atau jaringan yang paham tentang properti, ada baiknya menanyakan hal ini kepada mereka. Penyewaan kantor menjadi industri yang menggiurkan, itu berarti ada berbagai macam pilihan untuk kita. Bertanya kepada teman yang paham bisa memperjelas pilihan kita. Atau, kita juga bisa mencari agen yang memang menyediakan informasi tentang penyewaan ruang kantor. Di Jakarta, sebagai pusat ekonomi, sudah banyak tempat sewa ruang meeting murah. Jadi, kita dapat mencari dan bertanya kepada agen.

6. Negosiasi Harga

Jika memungkinkan untuk bernegosiasi dengan penyewa, manfaatkan kesempatan itu. Sebisa mungkin kita meminta harga terbaik atau fasilitas yang cukup. Dengan negosiasi bisa saja kita mendapatkan harga murah dan fasilitas yang memadai.

Itulah beberapa tips untuk mencari room space kantor minimalis. Yang perlu digarisbawahi adalah rata-rata harga mempengaruhi kualitas. Dalam kasus ini bisa berupa fasilitas, tempat, kenyamanan, dan akses. Namun, tidak menutup kemungkinan juga kita dapat menemukan harga yang murah dengan kualitas yang bagus.

Saat membangun sebuah bisnis, segalanya memang memerlukan pertimbangan, seperti ketika menyewa room space untuk kantor ini. Lokasi dan kenyamanan kantor adalah hal yang krusial karena terkadang berkembangnya sebuah bisnis bergantung pada kegiatan di dalam kantor. Jadi, kenyamanan kantor untuk karyawan tidak boleh disepelekan. :)

 

 

Read More

ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402), Laptop Ciamik untuk Bisnis yang Makin Naik

Thursday, June 30, 2022

 

Aga anak kedua saya yang berumur 7 tahun, suatu hari bertanya, "Kenapa di rumah kita ngga ada tokonya?" Ia kemudian menyebutkan dua nama temannya yang memiliki toko di rumah.

"Emang Aga pengen punya toko?" tanya saya.

"Iya. Kalau punya toko kan kita bisa punya uang banyak." Jawabnya polos. Oh, rupanya tujuannya tetap satu, yaitu punya banyak uang. Mungkin selama ini ia mengamati, orang-orang yang mempunyai toko sering terlihat memegang uang, karena hampir setiap saat ada transaksi jual beli.

Anak saya yang ini memang berbeda dari kakaknya. Kalau sang kakak seolah tidak butuh uang, anak ini justru di pikirannya hanya uang. Namun, meski kesannya "mata duitan", ia punya cita-cita mulia. Selain ingin membuatkan rumah yang ada tangganya (2 lantai) dan ada kolam renangnya untuk Mama Papa, ia juga ingin berbagi pada orang-orang yang membutuhkan. 

Masya Allah. Begitulah polosnya anak-anak, ya... Tapi dari obrolan itu malah saya jadi punya ide untuk berbisnis secara serius. Siapa tahu, kelak anak-anak bisa melanjutkan, ya kan?

Hobi Menulis Jadi Bisnis

Sementara ini, untuk bisa punya uang jajan sendiri, saya mencari uang dari menulis. Awalnya memang menulis karena hobi, tapi setelah ditekuni, alhamdulillah bisa mendatangkan rezeki.

Nah, sebagai penulis / blogger, saya juga ingin menjadi blogger yang berprogres, baik itu dari segi wawasan maupun kualitas tulisan. Saya paham, practice makes perfect. Ibarat orang yang sedang belajar menyetir, makin sering praktik, insya Allah akan semakin mahir. Begitu juga dengan menulis. Semakin rajin membuat tulisan, kita akan semakin lancar menuangkan apa yang kita pikirkan. Saya pun ingin begitu. Namun, kendalanya, saat ini saya belum memiliki laptop pribadi. Laptop yang saya pakai ini adalah milik suami.

Dulu saya punya PC, lungsuran dari suami. Tapi sudah setahun ini komputer tersebut rusak, tidak bisa dipakai lagi. Mau tidak mau, kami harus menggunakan laptop ini secara bergantian.

Kalau sedang ada pekerjaan, saya bela-belain begadang, supaya kegiatan menulis saya tidak mengganggu pekerjaan suami. Repotnya adalah jika suami harus ke luar kota, seperti beberapa waktu belakangan. Dua minggu lalu beliau ke Lampung selama 3 hari, akhir pekan lalu pun beliau ke Banyuwangi. Otomatis, laptop dibawanya serta. Kalau sudah begini, kegiatan menulis saya jadi terhambat. Menulis pakai hp? Duh, mata saya tidak kuat.

Saya Butuh Laptop, Agar Aliran Cuan Tidak Ter-Stop

Setiap bisnis memerlukan modal, begitu pula dengan seorang blogger, yang notabene berbisnis tulisan.

Memangnya, apa sih modal sebagai seorang blogger? Sebelum membahas modal sebagai seorang blogger, terlebih dahulu saya kutipkan pengertian modal menurut beberapa ahli.

Apa itu modal?

Jika mengambil pengertian dari Drs. Moekijat, modal adalah semua hal yang dimiliki oleh perusahaan, mulai dari uang tunai, kredit, hak dalam membuat paten, mesin untuk operasional, inventaris kantor, aset digital, properti, sarana dan prasarana usaha, brand, sumberdaya, dan semua hal yang berharga namun tidak bisa dibagi. 

Nah, untuk blogger, apa sih hal berharga yang tidak bisa dibagi? Mmm, mungkin wawasan, karakter tulisan, bahkan cara mengeksekusi sebuah ide. Setiap blogger pasti punya ciri khas sendiri-sendiri, ya...

Lalu, jika mengutip pengertian modal menurut KBBI, modal bisa diartikan sebagai sesuatu yang digunakan seseorang atau perusahaan sebagai bekal untuk bekerja, berjuang, dan sebagainya.

Hmmm, teman-teman pasti sudah bisa menebak kan, apa saja yang biasa dipakai oleh blogger untuk bekerja dan berjuang? Yup, Laptop!

Masalahnya, kalau laptop-nya saja masih ganti-gantian, kira-kira perjuangannya bisa optimal atau tidak? Hihi, pengen ngomong begini deh ke suami. ๐Ÿ˜‚

Laptop Idamanku

Suami adalah pengguna laptop ASUS. Mengapa beliau memilih ASUS, salah satu alasannya adalah karena dengan spec yang sama di kelasnya, harganya sangat bersaing dengan merek lain. Nah, karena saat ini saya merasakan juga bagaimana rasanya menggunakan laptop dari ASUS, saya jadi menginginkan laptop dari merek yang sama. 

Ada satu laptop impian saya. Dia adalah ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402). Apa yang membuat saya mengimpikannya? 

1. Sangat Ringan dan Ramping

Perempuan dan laki-laki memang berbeda. Jika pertimbangan pertama para bapak saat mencari laptop adalah segala tentang spesifikasi, maka bagi saya, penampilan adalah hal paling utama. Haha... Teman saya bahkan sampai geleng-geleng ketika tahu pertimbangan saya saat membeli handphone adalah karena warnanya cantik. ๐Ÿ˜‚

Nah, ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) ini tampilannya cantik. Ramping dan Enteng alias ENak ditenTENG. Kebayang dong kalau laptopnya berat, bikin males bawanya kan?

ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402)

 

2. Tangguh

Saya, meski pada dasarnya adalah orang rumahan, tapi ada kalanya saya butuh keluar untuk koordinasi ini itu dengan teman-teman blogger di Solo. Saat berkumpul itu, terkadang kami sambil mengerjakan pekerjaan kami di komunitas. Untuk itu, saya membutuhkan laptop yang tangguh untuk dibawa kemana-mana. 

ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) telah mengantongi sertifikasi uji ketahanan berstandar militer AS (MIL-STD 810H). Jadi, membawa laptop ini, saya tidak akan tertekan seperti saat membawa benda yang rapuh.

Biar yang rapuh hatimu saja, laptopku jangan... ๐Ÿ˜‚

Oya, anak saya dua-duanya laki-laki, dan keduanya kadang-kadang masih suka sembrono. Itu sebabnya kami masih suka cerewet, mengingatkan agar mereka berhati-hati. Bagaimana tidak? Kadang, gorden di rumah bisa lepas karena ulah mereka. Di lain waktu, sabun cair nyaris tak bersisa karena ditumpahkannya (entahlah bagaimana cara mereka pakai sabun itu). Pernah, televisi hampir ketumpahan air karena mereka menaruh gelas di dekatnya.

Kebayang kan, kalau kami punya laptop yang ringkih, mau bertahan berapa lama laptop kami? 

Kabar baiknya, ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) dilengkapi dengan anti - spill pada keyboard, sehingga laptop ini bisa bertahan meski terkena tumpahan air hingga 330 ml.

Keunggulan ASUS ExpertBook B7 Flip

 
3. Flippable

Memang ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) sangat layak disebut laptop bisnis, karena laptop ini memang sangat mendukung pekerjaan kita. Engselnya yang bisa diputar 360°, memungkinkan kita untuk bekerja tanpa adanya batasan.

4. Aman

Sebagai blogger, kita juga punya "rahasia" dan tentu penting untuk memastikan data bisnis kita aman. Nah, memakai ASUS ExpertBook B7 Flip, kita tak perlu kuatir data bisnis kita akan bocor, karena ASUS ExpertBook B7 Flip juga dibekali pelindung fisik yaitu privacy shutter pada webcam, yang berguna untuk menjaga keamanan privasi penggunanya.

5. Konektivitas

Blogger tidak bisa lepas dari koneksi internet, entah itu untuk mengunggah tulisan ke blog, mencari referensi untuk bahan tulisan, ataupun untuk mendesain gambar pendukung agar tulisan kita tidak membosankan.

Apalah kita tanpa koneksi internet, ya kan?

Nah, ASUS ExpertBook B7 Flip sudah dilengkapi dengan fitur yang dapat terkoneksi dengan jaringan 5G, sehingga kita dapat tetap terhubung di manapun dan kapanpun. Tentu saja hal ini sangat mendukung produktivitas kita.

Kelebihan ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402)

6. Performanya Kencang

Adalah sebuah masalah besar, ketika laptop yang kita gunakan sangat lemot. Bikin emosi, ya ngga sih? 

Tapiii, ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) sudah diperkuat oleh prosesor Intel® Core™ generasi ke-11 terbaru dan juga Intel® Iris® Xแต‰ graphics. Artinya, performa laptop ini dijamin kencang. 

Ahh, saya jadi membayangkan jika laptop ini berada dalam genggaman. Akan seproduktif apa Arinta, ya? Masihkah blognya tetap akan diisi 2x dalam sebulan? Wah, harus lebih sering dong, yaaa... Bismillah, semoga laptop ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) akan segera hadir di tengah kami. Aamiin... ๐Ÿ˜



Read More

ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402), Dukung Pekerjaan Suami Agar Tak Boros Kertas

 

Sejak awal pandemi, suami bekerja dari rumah. Seluruh barang kantor seperti kursi, meja, komputer, lemari dan buku-buku, dibawanya ke rumah kami. Suami memutuskan untuk tidak memperpanjang sewa tempat untuk kantornya demi menghemat biaya operasional, karena seperti usaha-usaha yang lainnya, kantor suami pun harus berjuang untuk bertahan di tengah wabah yang melanda. 

Pak Yopie, suami saya, bekerja sebagai arsitek, salah satu bidang pekerjaan yang cukup terkena dampak pandemi. Bisa dipahami, karena di masa sulit seperti ini, orang-orang boro-boro berpikir untuk membangun atau merenovasi rumah. Lha wong untuk makan saja susah. Ya kan? 

Sebagai istri, saya mengerti, suami memikul beban berat di punggungnya. Tak hanya harus memikirkan diri sendiri agar tetap sehat dan bisa menafkahi anak istri, beliau juga mesti memastikan anak istrinya sehat baik jasmani maupun rohani. Saya bersyukur, suami cukup kuat dan tabah menghadapi berbagai kemungkinan yang sewaktu-waktu bisa saja terjadi.

Tahun pertama pandemi, entah sudah berapa banyak air mata yang tumpah. Di tengah ketakutan akan tertular covid-19, suami memberitahu bahwa kebijakan kantor sedikit berubah. Kini tak ada bonus per proyek, tak ada uang makan, THR  pun terancam tidak dibayarkan. Belum reda sedih itu, 2 Om saya berpulang dalam jeda waktu dua minggu. Subhanallah. Memikirkan itu, saya tumbang, stres dan sering didera ketakutan secara tiba-tiba. Namun, suami selalu ada untuk menyediakan bahunya, dan berkata bahwa kami akan baik-baik saja.

Tahun kedua, seiring dengan gencarnya program vaksinasi dan dilonggarkannya peraturan, perlahan-lahan kondisi ekonomi kami mulai membaik. Beberapa proyek yang sebelumnya ditunda, mulai ada pergerakan. Suami pun, punya beberapa proyek pribadi yang dikerjakannya di luar jam kantor. Oya, selama bekerja dari rumah itu, suami membuat channel YouTube untuk mengisi kegiatan. Alhamdulillah, ada beberapa klien yang datang setelah menonton video-video di YouTube-nya itu. Masya Allah...

Channel YouTube arsitek
Ini dia YouTube suami saya

Memasuki tahun ketiga, kami sangat bersyukur bisa melewati semua ini. Kehilangan demi kehilangan bisa kami lalui dan saat ini kami masih bisa tegak berdiri. Alhamdulillah tsumma alhamdulillah. Ini bukan hal yang mudah, tentu saja. Untuk bisa bangkit kembali, kami berempat (saya, suami, dan dua anak laki-laki kami) paham, kami harus saling menguatkan. 

Kini, kantor suami tak lagi "numpang" di rumah ini lagi. Awal bulan lalu, barang-barang kantor dibawa ke tempat baru. Saya lega, karena rumah kecil ini kembali lega. Hehehe... Ya, meskipun capek juga bantuin beres-beresnya. Karena meski barang-barang berukuran besar selesai dipindahkan, beres-beresnya ternyata belum selesai di situ saja. Saya mesti merapikan lagi kertas-kertas dan printilan-printilan yang berserakan.

O ouw...

Baru saya sadari, ternyata suami saya boros sekali dengan yang namanya kertas. Paham sih, sebelum mendesain lewat laptop atau PC, suami akan membuat sketsa awal. Kalau ngga sesuai, ganti. Ngga sesuai lagi, ganti lagi. Begitu terus, sampai kertas-kertas itu menumpuk.

Contohnya seperti ini nih...

Sketsa-sketsa desain

Ini belum semuanya, yaa... Yang lainnya sudah saya kemas di kardus tersendiri. Jujur, saya sampai sedih melihat kertas-kertas itu. Apalagi beberapa waktu terakhir saya sedang berusaha mengurangi sampah. Kalau sampah dapur sih sudah saya pisahkan dan saya masukkan ke komposter. Namun, sampah kertas seperti ini, akhirnya saya kumpulkan untuk kemudian saya berikan pada petugas kebersihan.

Baca: Tips Mengompos untuk Pemula

Supaya tidak jadi Eco Anxiety atau ketakutan kronis akan kehancuran lingkungan, saya berusaha untuk tetap tenang menghadapi sampah-sampah kertas itu. Saya paham, kehidupan suami sebagai seorang sketcher dan seorang arsitek memang tidak bisa dipisahkan dari kertas. Meski begitu, saya tetap berusaha mencari jalan keluar, supaya suami saya tidak "seproduktif" itu nyampahnya.

Baru berpikir begitu, saya melihat sebuah postingan di akun instagram @asusid

ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402)


Sekarang ada ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) yang sepertinya sangat cocok untuk suami yang memiliki mobilitas cukup tinggi. ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) ini dilengkapi stylus juga, tentu akan menjadi "alat kerja" yang pas untuk suami saya.

Desain Tangguh, Anti Rapuh

Selain memiliki tampilan elegan, ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) ini juga memiliki ketahanan berstandar militer dan sudah tersertifikasi (MIL STD-810H). Jadi, ketika dibawa bepergian, kita tak perlu kuatir laptop ini akan mudah rusak oleh goncangan. Cocok banget untuk Pak Yopie yang sering mengecek proyek di luar kota, bahkan tak jarang mesti blusukan ke hutan-hutan.

Nah, jika biasanya sesuatu yang tangguh-tangguh itu memiliki bobot yang tak ringan, ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) ini beratnya 1,61 kilogram saja. Cukup nyaman untuk ditenteng kemana-mana.

Kelebihan ASUS ExpertBook B3 Flip
ASUS ExpertBook B3 Flip

Konektivitas yang Komplit

ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) termasuk laptop dengan konektivitas yang sangat lengkap. Laptop ini sudah mendukung Wi-Fi 6 dan 4G LTE untuk konektivitas yang cepat dan portabel. Jangan kaget karena kita bisa menemukan slot SIM-card di laptop ini. Jadi, saat bepergian, kita tidak tergantung pada jaringan WiFi untuk bisa tersambung dengan jaringan internet. Kita tidak perlu repot-repot juga menghubungkan internet dari telepon seluler ke laptop.

Bukan hanya itu saja konektivitas yang tersedia. Di laptop ini juga terdapat port USB type-A, Thunderbolt 4 yang mendukung display / power delivery, juga HDMI dan bluetooth. Komplit pokoknya!

Keunggulan ASUS ExpertBook B3 Flip
Spesifikasi ASUS ExpertBook B3 Flip

Stylus yang Stylish

Nah, ini dia yang bagi saya paling menarik, karena tujuan saya memiliki ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) ini adalah agar suami bisa membuat sketsa tanpa harus menghabiskan banyak kertas.

Stylus pada ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) ini dilengkapi dengan baterai yang dapat diisi ulang secara otomatis saat disimpan di kompartemen yang terletak pada bodinya. Keren kan, yaa.. Jadi ngga ada cerita nyeketsanya berhenti akibat kehabisan baterai, karena saat disimpan di kompartemennya, si stylus ini otomatis akan ter-charge.

Stylus pada ASUS ExpertBook B3 Flip


Melihat spesifikasi ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402), bayangan saya, Pak Yopie akan lebih mudah membuat sketsa di sini. Kelak, sampah kertas bisa dikurangi. Wah... Baru bayangin aja udah bikin saya happy dan senyum-senyum sendiri. ๐Ÿ˜Š

Kalau sudah punya ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402), ngga ada lagi ceritanya nyeketsa di buku kayak gini. (Ini adalah tangkapan layar dari story instagramnya suami, yang beliau unggah saat dalam perjalanan menuju Solo dari Banyuwangi, tanggal 28 Juni lalu)

Alasan memilih ASUS ExpertBook B3 Flip


Kalau ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) sudah termiliki, saat meeting dengan klien, Pak Yopie bisa membuat sketsa di hadapan klien dengan cara yang lebih elegan, ngga pakai kertas lagi. Sketsa-nya juga bisa langsung dipresentasikan ke hadapan klien, karena sesuai namanya, "flip", ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) ini bisa dibolak-balik, diputar-putar hingga 360°.

Ngga hanya itu, ASUS ExpertBook B3 Flip ini dilengkapi fitur Eye Care, yang memungkinkan untuk meredam cahaya biru hingga 70% dan sudah mendapat sertifikasi low blue light dari di TUV Rheinland.

Dan mengingat bahwa area keyboard, touchpad, area sandaran tangan, dan sensor sidik jari merupakan area yang sangat rawan ditumbuhi bakteri, ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) ini pun melengkapi dirinya dengan Antibacterial Guard, yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri hingga lebih dari 99% selama periode 24 jam.

Kelebihan ASUS ExpertBook B3 Flip

Dengan kelebihan-kelebihan di atas, ngga salah kan jika saya mendambakan ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) ini untuk bisa mendukung bisnis dan pekerjaan suami? Terlebih lagi jika mengingat bahwa Laptop Bisnis ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) sudah diperkuat oleh prosesor Intel® Core™ generasi ke-11 terbaru dan juga Intel® Iris® Xแต‰ graphics, yang mana telah dirancang untuk menghasilkan lebih banyak, lebih cepat, dan lebih mudah.

Oiya, sebagai informasi tambahan, ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) baru diluncurkan dan bisa kita dapatkan dengan harga mulai dari Rp 17.542.000. Bismillah, semoga impian memiliki ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) bisa terwujud, yaa... Aamiin.๐Ÿ˜Š

Spesifikasi ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) yang lebih lengkap, bisa teman-teman lihat di gambar di bawah ini:

Spesifikasi ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402)



Read More

Ide Bisnis Modal Kecil Untung Besar

Friday, June 10, 2022

 

Libur kenaikan kelas sudah di depan mata. Kebanyakan dari kita biasanya sudah menyusun rencana, hendak liburan ke mana. Termasuk suami saya, beliau sudah bertanya, mau ngapain aja kita di liburan nanti. Sebagai menteri keuangan keluarga, tentu saya langsung berhitung, ada berapa tabungan yang tersisa? Maklum, lebaran kemarin kami menghabiskan cukup banyak anggaran. Jadi, untuk liburan kali ini, budget-nya sudah mepet banget. Hihi...

Tapi kan ngga mungkin juga, ya, 3 minggu libur tapi anak-anak ngga kemana-mana. Sudah 2 tahun dikurung, bosen juga rasanya.

Nah, gimana nih biar liburan nanti ngga mengganggu uang belanja? Emak harus putar otak kan... Saya pun mulai cari tau, bisnis apa yang modalnya kecil, tapi hasilnya besar dan cepat? Hahaha... Maruk, yaa... Hihi... Tapi ada lho, bisnis seperti itu.

Apa saja tuh, bisnis modal kecil tapi untungnya besar?

1. Jasa Penitipan Binatang Peliharaan

Membuka jasa penitipan binatang peliharaan ternyata cukup menguntungkan lho... Modalnya cuma tempat, kandang, dan tenaga plus kemauan untuk bersihin pup. Hihi... Bisnis ini biasanya akan sangat ramai saat libur hari raya, atau libur sekolah seperti saat ini.

Tentu saja bisnis ini kurang cocok untuk saya, yaa... Kan saya yang mau liburan. Hehe...

Btw, saya biasa menitipkan kucing juga saat menjelang mudik begini. Di Solo, tarif per harinya rata-rata antara 25.000 - 35.000, bahkan ada yang lebih mahal. Hmm, ada yang tertarik?

Penitipan Kucing

2. Jasa Pengetikan

Ah, ini saya mau deh! Ada yang butuh jasa ketik? Hubungi saya, yaa.. Hihi...

Jasa pengetikan modalnya cuma laptop, listrik, dan waktu luang. Saya ngga terlalu paham tarifnya sih, tapi biasanya dihitung per halaman. 

Kalau kalian tinggal di daerah yang dekat dengan kampus, kalian bisa coba usaha ini. Meski komputer atau laptop sudah seperti kebutuhan primer bagi para mahasiswa, tapi tidak semua mahasiswa beruntung memilikinya. Nah, dengan membuka jasa pengetikan seperti ini, kalian sekaligus bisa membantu mereka. ๐Ÿ˜Š

jasa ketik
Jasa Pengetikan, source: pixabay.com

3. Bisnis Jastip atau Jasa Titip

Ternyata bisnis ini potensial, gaes, apalagi untuk produk-produk yang banyak peminatnya. Saya pernah melihat seorang teman membuka jastip buku BBW (Big Bad Wolf). Buku-buku BBW ini punya segmen pasar sendiri. Biasanya, mama-mama muda yang anaknya masih batita, balita, atau di bawah 10 tahun, suka banget dengan buku-buku BBW yang memang berkualitas ini.

Pameran Buku BBW
BBW Books, source: Bisnis Tempo.co

Tentu kita harus melihat circle kita juga, yaa, untuk buka jastip ini. Kalau teman-teman kita rata-rata suka home decor, kita bisa buka jasa titip produk IKEA, Informa, dan semacamnya.

Buka jastip seperti ini insya Allah untung terus, karena barang yang kita beli bukan menjadi stok, melainkan sudah memiliki "tuan".

Oya, supaya dobel untungnya, teman-teman bisa mendaftar JNE Loyalty Card (JLC). Ini merupakan program keanggotaan yang ditujukan kepada pelanggan setia JNE, dan telah memiliki lebih dari 450.000 member.

Jika kita telah terdaftar sebagai member JLC setiap transaksi yang kita lakukan di sales counter JNE akan langsung dikonversi menjadi point JLC. Point ini nantinya dapat ditukarkan dengan berbagai pilihan hadiah berupa produk dan voucher, mulai dari gadget, perlengkapan rumah tangga, E-voucher, voucher ongkos kirim, serta produk menarik lainnya.

Voucher ongkir, untuk kita-kita yang berjualan online, tentu bisa mendukung bisnis kita. Para pelanggan pasti akan senang berbelanja di tempat kita, karena biaya kirimnya bisa kita tekan.

Oiya, dengan poin JLC ini kita juga bisa beramal lho.. Jadi, selain bisa ditukar dengan voucher dan produk, kita juga bisa melakukan donasi dengan point yang kita miliki. Wah, seru yaa...

Ngga cuma itu, setiap akhir tahun juga diadakan program JLC Lucky Draw yaitu program untuk member di mana member berkesempatan untuk menukarkan point JLC dengan nomor undian. Gimana? Tertarik untuk daftar JNE Loyalty Card? Caranya gampang kok. Cukup kunjungi website https://jlc.jne.co.id/ lalu lengkapi syarat-syaratnya. 

JNE Loyalty Card (JLC)

Nah, kalau sudah terdaftar, kita bisa mengintegrasikan JLC pada aplikasi My JNE. Setelah itu, kita bisa menggunakannya untuk cek tarif kiriman, cek JNE Nearby (JNE terdekat di sekitar kita berada), membeli pulsa atau kuota internet, membeli token listrik, hingga dompet digital dan pembayaran lainnya. Kompliiit pokoknya, semua ada dalam satu genggaman.

Tunggu apa lagi? Segera buka bisnismu, daftarkan juga dirimu di JNE Loyalty Card.๐Ÿ˜Š


Read More

Partner Cari Cuan

Saturday, May 21, 2022

 

Saya mulai senang berjualan sejak kuliah. Waktu itu, karena uang jajan sangat mepet, mau ngga mau saya harus cari cara agar bisa survive. Apa aja deh saya jual, mulai dari kertas folio bergaris sampai buku pelajaran bekas. Kertas folio bergaris biasanya dibutuhkan saat ujian. Saya memanfaatkan momentum itu untuk berjualan. Nah, mengapa bisa berjualan buku bekas juga, sebenarnya ini tidak disengaja. 

Ceritanya, saat kuliah dulu, saya merupakan pengguna KRL Jakarta - Bogor. Saat itu, di beberapa stasiun terdapat kios-kios buku bekas (sebelum ditertibkan seperti sekarang). Nah, saya yang saat itu suka berburu buku pelajaran bekas di stasiun (karena ngga mampu beli buku baru), akhirnya jadi sasaran teman-teman untuk titip buku serupa. 

Saya kenal beberapa penjual buku bekas di stasiun Bogor dan Pondok Cina. Mereka ini adalah partner-partner saya dalam berjualan buku. Saat menginjak semester baru, biasanya saya akan menghubungi partner-partner saya itu untuk mencarikan buku pelajaran, sejumlah teman-teman yang memesan. Jadi, saat istilah PO alias Pre Order belum sepopuler sekarang, saya sudah mempraktikkan sistem itu. 

Wuah, saya jadi merasa keren. ๐Ÿ˜‚

Omong-omong, apa kabar bapak-bapak itu ya? Masihkah mereka berjualan buku bekas? Kalau masih, di mana mereka berjualan kini? Hmm, mulai overthinking...

Partner Cari Cuan Berikutnya...

Setelah menikah di tahun 2009, saya tidak lagi jadi penghuni Jakarta - Bogor. Saya ikut suami dan tinggal di Kota Bengawan, alias Kota Solo. Di sini, saya ngga punya siapa-siapa selain suami. Saya juga tidak punya kesibukan lain selain jadi istri.

Perubahan kebiasaan ini sempat membuat saya bingung. Mau ngapain ya? 

Baru setelah adik saya kuliah di Solo dan tinggal bersama kami, saya punya gairah untuk jualan lagi. Kenapa? Karena kepepet cari uang untuk biaya kuliah adik saya itu.

Ide jualan

Dulu saya sempat jadi reseller dua produk ini; Cilok Ping Pong dan Silky Dessert. Adik saya jadi kurirnya. Jadi, sambil berangkat kuliah, dia sekalian COD cilok atau siomay atau silky dessert. So, bisa dibilang, adik saya adalah partner cari cuan yang pertama.

Beberapa kali saya mendapat pesanan dari luar kota juga, karena penggemar cilok ini memang luar biasa banyaknya. Padahal, cilok dan siomay frozen ini hanya bisa bertahan maksimal 3 hari di suhu ruang. Supaya produk bisa diterima dengan baik, saya harus memperhitungkan waktu pengiriman. 

Pilihan ekspedisi sangat menentukan dalam hal ini. Jadi, saya harus mencari ekspedisi yang sudah besar, punya cabang sampai ke pelosok negeri, dan menyediakan layanan express, karena saya ngga mau dagangan saya basi di jalan. 

Adik saya sih udah paham mau saya. Maka, ketika ada pesanan yang harus dikirim ke luar kota, sambil berangkat kuliah dia akan mampir ke JNE untuk mengirimkan dagangan. Kenapa JNE? Karena JNE-lah yang memenuhi syarat ekspedisi yang saya butuhkan. Jadi, JNE juga termasuk partner cari cuan berikutnya

Sayangnya, kini saya tak lagi bisa berjualan cilok karena produsennya sudah berhenti berproduksi. Sedih banget sih... Padahal penggemarnya sudah banyak sekali.

Baca: Lika-liku Bisnisku

Karena sudah biasa jualan apa saja, saya jadi merasa aneh ketika cuma diam saja. Saya pun mencari barang dagangan lainnya untuk dijual, dengan bergabung ke beberapa grup reseller buku dan baju.

Saya menjadi reseller baju anak, juga baju dewasa. Nah, kali ini berbalik. Kini, adik sayalah yang jadi "bos". Ceritanya, ia dan temannya punya kenalan beberapa supplier pakaian. Mereka pun mengambil barang dari supplier-supplier itu, dan saya pun menjadi salah satu dari puluhan resellernya.

Baca: Tips Sukses Menjadi Reseller Pemula

Sibling
Ini dia, adik saya yang jadi partner saya dalam mencari cuan

Rasanya seneng sih bisa cari duit bareng-bareng. Saya sama sekali ngga ada masalah meski posisi saya mungkin hanya sebagai reseller-nya. Yang penting buat saya mah, cuan. Wkwkwk...

Saya mengamini pesan Mbak Linda Yuli Yani, owner ELYECRAFT, dalam JNE Goll...Aborasi Bisnis Online bersama UMKM Cilegon beberapa waktu lalu. Dalam kesempatan itu beliau berkata, "Jangan anggap kompetitor sebagai lawan, tetapi jadikan motivasi, bahkan teman untuk berkolaborasi."

Nah, di sini saya menganggap adik saya tidak hanya sebagai adik, tapi juga sebagai partner cari duit. Ngga ada persaingan di sini, yang ada adalah saling mendukung satu sama lain. ๐Ÿ˜

Omong-omong, ada banyak pelajaran yang bisa diambil dari JNE Goll...Aborasi Bisnis Online bersama UMKM Cilegon beberapa waktu lalu. Selain Mbak Linda, acara tersebut juga menghadirkan Farah Kartika Sari, owner IKM Permata (sandal hotel Cilegon). Dari beliau, saya belajar untuk pantang menyerah menghadapi rintangan di depan mata.

Kita tahu, masa pandemi, banyak usaha terpuruk. Termasuk dunia pariwisata, perhotelan, dan hal-hal yang berkaitan dengan bisnis tersebut pun terkena dampaknya. Nah, dalam hal ini, bisnis yang Mbak Farah jalankan selama ini tak luput dari kesulitan itu. Tapi, seperti kata pepatah, nahkoda yang tangguh tidak terlahir dari laut yang tenang, pelaku bisnis yang tangguh lahir dari berbagai tantangan dan kesulitan. Pandemi tak membuatnya patah semangat, tetapi justru memacu untuk memikirkan berbagai strategi.

"Adanya pandemi ini menghambat produksi kita, sehingga adanya covid-19 membuat kita menjadi lebih putar otak bagaimana supaya UMKM kita tetap berjalan. Melalui sosial media, e-commerce, lalu ekspedisi seperti JNE, kami sebagai UMKM manfaatkan sebagai sarana untuk mengembangkan bisnis. Selain itu, kita juga berkolaborasi di sana. Usaha kita yang di masa pandemi (mengalami) krisis, (kini) menjadi stabil lagi." Ujar Mbak Farah Kartika Sari.

Anyway, dalam kesuksesan yang diraih para pelaku bisnis online, sedikit banyak memang ada peran JNE juga lho, teman-teman. Seperti yang kita tahu, JNE adalah perusahaan yang didirikan oleh anak bangsa, dan mengusung tagline connecting happiness. Namun, tidak hanya mengantar paket-paket saja, JNE juga mengantarkan kebahagiaan lain, salah satunya dengan memberikan kesempatan kolaborasi bagi UMKM setempat.

Tak berhenti di situ, kebaikan JNE Cilegon juga diantarkan melalui program-program CSR seperti pembangunan rumah wakaf Alquran, bantuan bagi korban bencana, juga yayasan asrama. Selain itu, JNE Cilegon juga terus berupaya untuk membantu meningkatkan penjualan para pelaku UMKM.

Pak Herry Herbowo selaku Branch Manager JNE Cilegon mengatakan, akan ada kegiatan yang dilakukan setelah Goll...Aborasi ini, di antaranya yaitu trading house, digital marketing, serta kegiatan lainnya yang akan berkolaborasi dengan para seller

Sebagai informasi, JNE Goll...Aborasi Bisnis Online Kota Cilegon merupakan kota ke-9 dari gelaran webinar JNE Ngajak Online 2002. Goll...Aborasi Bisnis Online tahun 2022 ini akan dilakukan di 60 kota di seluruh Indonesia. Setelah kota Cilegon, gelaran roadshow ini akan hadir di kota Pasuruan pada tanggal 19 Mei 2022. Temen-temen yang punya usaha online, jangan lewatkan kesempatan ini, yaa... It's all free!!! Ilmunya dapat, cuannya insya Allah juga dapet. ๐Ÿ˜Š


Read More

Lakukan Ini, Maka Kita Telah Mendukung Berkembangnya UMKM

Saturday, April 2, 2022

 

Kita tahu bahwa pandemi adalah hal yang berat bagi banyak orang, termasuk bagi orang-orang yang punya usaha. Mungkin bedanya dengan kita, jika kita hanya memikirkan perut sendiri dan keluarga, para pemilik usaha itu juga harus memikirkan perut para karyawannya. Apabila satu usaha tutup, maka yang harus menanggung akibatnya tidak hanya si pemilik usaha, akan tetapi juga seluruh orang yang terlibat di dalamnya. 

Sedih sekali jika membayangkan kita ada di posisi mereka. Maka dari itu, yuk, selagi kita bisa, kita bantu usaha mereka agar bisa berkembang. Dengan melakukan beberapa hal ini, secara tidak langsung, kita sudah ikut mendukung berkembangnya UMKM, lho. Caranya adalah dengan;

1. Sesekali Jajan, Ngga Salah Kok!

Paham kok, kalau pandemi yang datangnya tak terduga seperti ini membuat kita was-was. Kita harus tetap berhemat juga cermat dalam mengatur pengeluaran, agar saldo tabungan tidak cepat terkuras. Saya pun begitu, memilih untuk memasak setiap hari agar pengeluaran dapat ditekan. Namun, demi berputarnya roda perekonomian, sesekali libur memasak juga ngga apa-apa lho. Apalagi jika jajannya lewat aplikasi pemesanan, lalu driver ojolnya kita beri tips. Wah, makin sip! Ini namanya jajan sambil beramal. ๐Ÿ˜Š

2. Belanja di Warung Tetangga

Teman-teman mungkin pernah dengar, beberapa waktu lalu sempat gencar gerakan #BelanjaDiWarungTetangga

Menurut saya, ini adalah cara paling simpel, mudah, dan bijaksana untuk mengembangkan perekonomian di sekitar kita. Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan melalui gerakan ini. Di antaranya:

  1. Menghidupkan ekonomi di lingkungan sekitar kita
  2. Meningkatkan kesejahteraan tetangga
  3. Mempererat silaturahmi antar tetangga
  4. Harga relatif lebih murah
  5. Tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk biaya parkir
  6. Beberapa bahkan bisa dijangkau dengan berjalan kaki. Hemat bahan bakar, plus menyehatkan badan.

Wah, banyak sekali kan manfaat #BelanjaDiWarungTetangga? Namun, semua tujuan itu tak akan tercapai apabila kita: suka ngutang

Jangan, yaaa...

Manfaat Belanja di Warung Tetangga

3. Jadi Reseller Produk-produk UKM

Menurut Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM), Teten Masduki, reseller serupa middle-man atau pemain tengah yang bisa membantu pangsa produk UMKM lebih luas. So, dengan menjadi reseller produk-produk UKM, kita dapat menambah penghasilan sekaligus menjadi pahlawan bagi para UKM ini. 

Baca: Tips Sukses Menjadi Reseller Pemula

Saya percaya, setiap kita melakukan sesuatu dengan niat baik pada orang lain, dampaknya juga akan sampai ke kita lagi. Seperti yang sudah saya tulis di atas, ketika kita berbelanja di warung tetangga dengan niat baik untuk menjaga perputaran ekonomi di lingkungan sekitar, manfaatnya juga akan kembali ke diri kita sendiri. Kita jadi lebih hemat energi, waktu, dan bonusnya, hubungan dengan tetangga menjadi lebih harmonis.

Pun dengan kita menjadi reseller. Tujuannya memang untuk menambah penghasilan atau tambah-tambah uang jajan, tapi efeknya bisa luar biasa. Ketika UMKM berkembang, secara otomatis, perekonomian nasional pun akan ikut berkembang.

Manfaat Gerakan #BelanjaDiWarungTetangga


Anyway, tentang menjadi reseller, saya salut lho dengan anak-anak muda zaman sekarang. Kelihatannya aja mereka "hedon" di social media, tapi di balik itu, banyak juga di antara mereka yang kreatif dan pekerja keras. Ngga percaya? Coba buka Twitter deh. Setiap kali ada yang trending, banyak sekali reply-an yang isinya mempromosikan produk-produk yang mereka jual di e-commerce.

Meskipun bagi sebagian orang hal ini merupakan spamming, tapi mari kita lihat dari sisi yang lain. Mereka ini hanya memanfaatkan kesempatan. Sama seperti penjual mainan yang mendekati area sekolah dengan harapan dibeli, mereka pun begitu. Mereka memanfaatkan "keramaian" di sebuah postingan untuk membuka lapak. Ya, siapa tau ada yang notice kan... ๐Ÿ˜

Ya, anak-anak muda yang melek digital ini adalah para reseller yang tanpa disadari, telah ikut mengambil peran dalam meramaikan ekosistem UMKM go digital.

JNE Goll..Aborasi Bisnis Online 2022


Peran JNE dalam Mendukung Perkembangan UKM

Omong-omong soal membantu perkembangan UKM, perusahaan penyedia jasa pengiriman barang terbesar di Indonesia yaitu JNE, kembali menghadirkan JNE Goll..Aborasi Bisnis Online 2022. Perhelatan ini dilakukan secara virtual dengan mengumpulkan UKM lokal di 59 kota di Indonesia. Tujuannya adalah untuk meningkatkan daya saing serta mengembangkan kapasitas UKM baik dalam skala nasional maupun global. Nah, kota pertama yang dituju adalah kota Cilacap. 

Marsudi selaku Head Regional Jateng-DIY, membuka gelaran ini dengan menyatakan bahwa melalui acara ini, semoga laju pertumbuhan UKM bisa bersama-sama tumbuh menuju perkembangan bisnis 5.0 yang akan bertransformasi secara cepat, dan mudah-mudahan JNE bisa memberikan terobosan tidak hanya melayani pengiriman, namun memberikan solusi bagi para pengusaha.

Nah, sebagai bentuk dukungan bagi UKM di Cilacap, JNE juga secara aktif mengadakan berbagai pelatihan digital marketing, seperti Instagram Ads, Facebook Ads atau pelatihan membuat konten yang menarik. 

Tidak hanya itu, para pelaku UKM pun mengaku, dalam proses pengiriman produk yang tidak sedikit, JNE juga membantu memudahkan aktivitas bisnis mereka, salah satunya dengan adanya fasilitas JNE trucking atau JTR.

"Saya sering menggunakan fasilitas JNE trucking atau JTR. Dengan (berat barang) minimal 10 kg, biaya / ongkos kirimnya hanya separuh, tentunya lebih murah. Bisa juga menggunakan layanan pick up." Kata Sugeng, salah satu pemilik UKM di Cilacap.

Luar biasa, ya, bentuk dukungan dari JNE untuk para pelaku UKM. Semoga di tahun ini dan di tahun-tahun mendatang, semakin banyak pengusaha UKM yang berkembang dan mendapatkan manfaat dari JNE Goll..Aborasi Bisnis Online ini. Aamiin.



Read More

Tips Sukses Menjadi Reseller Pemula

Friday, March 4, 2022

 

Waktu masih sekolah dulu, saya pernah punya keinginan untuk mencari uang sendiri. Keadaan ekonomi orang tualah yang menjadi motivasi untuk bisa cari uang. Namun, saat itu saya tidak punya ide, mau cari uang dengan cara apa? Mau bekerja, pasti ngga diizinkan oleh bapak dan ibu. Mau jualan, tidak ada modal. Ditambah lagi, saya hanya orang desa, ngga punya banyak teman, sehingga bingung juga mau jualan apa. 

Ya, zaman dulu memang segalanya serba terbatas. Bersyukur sekali karena sekarang semua serba mudah. Mau jualan pun, asal punya kemauan dan kuota internet, setiap orang bisa melakukannya. Tak harus sewa tempat atau buka toko di kota, di rumah pun bisa. 

Makanya, saya salut sama anak-anak muda yang ngga gengsian, mau memanfaatkan peluang. Saya sering banget lihat di twitter, anak-anak muda ini nge-share foto dagangan dan link toko online mereka. Ya, kebanyakan dari mereka adalah reseller-reseller online, dan mereka mendapatkan uang dari situ.

Omong-omong, kalian pengen jadi reseller juga? Saya punya beberapa tips untuk kalian yang ingin sukses menjadi reseller online shop.

Tips menjadi reseller yang sukses

1. Tentukan Produk yang Akan Dijual

Ini adalah langkah awal untuk menjadi reseller, yakni menentukan produk yang akan dijual. Setelah itu, pelajari produk yang ingin kamu jual. Akan lebih mudah jika kamu menjual sesuatu yang berkaitan dengan sesuatu yang kamu senangi. Misalnya, jika kamu senang berdandan, maka cobalah untuk menjadi reseller kosmetik dan skincare. Begitu juga jika kamu menyukai dunia fashion, cobalah untuk menjadi reseller pakaian. Dan lain sebagainya.

2. Cari Supplier / Produsen yang Dapat Dipercaya dan Memiliki Produk yang Berkualitas

Setelah menentukan produk apa yang akan kamu jual, mulailah mencari supplier / produsen. Pilih supplier / produsen yang terpercaya, yang juga menghasilkan produk yang berkualitas. Oya, usahakan untuk mencari lebih dari 1 supplier / produsen yaa, supaya kamu tidak kebingungan saat terjadi sesuatu pada supplier utamamu.

3. Kenali Kompetitor

Di era serba online seperti sekarang, di mana akses internet sudah bisa diakses siapa saja, tentu persaingan dalam bisnis online juga semakin ketat. Untuk itu, kenali kompetitormu. Setelahnya, tentukan strategimu sendiri, agar kamu bisa memiliki pelanggan tetap. Misalnya, selain bersaing dalam harga dan kualitas produk, berikan juga pelayanan terbaik untuk pelanggan setiamu.

4. Gunakan Teknik Pemasaran yang Sesuai dengan Target Pasarmu

Kalau target pasarmu adalah anak-anak muda yang hobi main sosmed, maka optimalkan promosi di akun-akun sosmed yang kamu punyai.

5. Lakukan Evaluasi secara Berkala

Evaluasi diperlukan untuk mengukur sejauh mana perkembangan bisnismu. Jadi, jangan malas untuk melakukannya, yaa... Evaluasi ini tidak hanya memeriksa kenaikan atau penurunan penjualan, tetapi juga meliputi hal lain, seperti; review kualitas produk yang kita jual, review tingkat kepuasan pelanggan, dll.

- Tentang kualitas produk, ini juga berhubungan dengan supplier / produsen. Apakah supplier / produsen berhasil mempertahankan kualitasnya? Jika ada penurunan kualitas, langkah apa yang selanjutnya akan kamu lakukan? Nah, inilah gunanya evaluasi.

- Tentang kepuasan pelanggan, kita bisa rinci lagi. Apakah ada yang salah dari pengemasan? Apakah barang diterima oleh pelanggan tepat pada waktunya? Jika ada barang yang terlambat sampai ke tangan pelanggan, apakah ada hubungannya dengan ekspedisi yang dipilih? Jika iya, apa langkah selanjutnya.

Sebagai pelaku bisnis online, kita akan sering bersinggungan dengan ekspedisi ya, teman-teman. Untuk itu, kita mesti selektif juga dalam memilih jasa pengiriman. Salah satu yang bisa dijadikan pertimbangan adalah usia perusahaan dan kredibilitasnya selama ini.

JNE adalah perusahaan jasa pengiriman yang memenuhi kedua syarat itu.

Di tahun ini, JNE memasuki usia 31 tahun. Untuk sebuah perusahaan, bisa bertahan hingga 31 tahun tentu bukanlah hal yang mudah. Maka bisa dibayangkan bukan, bagaimana JNE mengelola perusahaan ini hingga dapat bertahan hingga saat ini?

Tak hanya menang usia, JNE juga unggul dalam prestasi. FYI, tahun ini, untuk ketiga kalinya, JNE dianugerahi penghargaan bergengsi yaitu Indonesia Top Digital Public Relations Award 2022 untuk kategori Jasa Pengiriman. Indonesia Top Digital Public Relations Award adalah sebuah penghargaan yang didedikasikan khusus untuk perusahaan-perusahaan yang pintar dalam memanfaatkan digital public relations mereka dalam berkomunikasi dan menjalin engagement dengan konsumennya, untuk menciptakan persepsi dan citra positif terhadap produk dan perusahaan.

Jasa Pengiriman terbaik di Indonesia

 

Dalam Indonesia Top Digital PR awards 2022, JNE meraih TOP Digital PR indeks dengan total skor sebesar 12,58% atau lebih besar dibanding perusahaan sejenis lainnya. Poin tersebut didapat setelah Tras n Co Indonesia dan Infobrand ID melakukan riset terhadap lebih dari 1000 brand dari 140 kategori brand triset di Indonesia. Riset tersebut menggunakan 3 parameter penilaian digital, yaitu:

  1. Digital Media Aspect
  2. Social Engagement
  3. Digital Mention Aspect

Jika dilihat dari aspek penilaiannya, bisa disimpulkan bahwa selama ini JNE sudah menjadi jasa pengiriman yang paling dipercaya, yaa.. Ngga heran sih, karena JNE memang selama ini selalu meningkatkan kualitas pelayanannya, sehingga dapat selalu bermanfaat bagi seluruh stakeholder, pelanggan, maupun para mitra. Sesuai banget dengan tagline-nya yaitu "Connecting Happiness", JNE memang selalu membawa kebahagiaan.

JNE mendapat Indonesia Top Digital PR Award

 

Siapa yang juga suka bahagia kalau Babang JNE datang bawa paket? Hihi... Saya tunjuk tangan paling tinggi deh. ๐Ÿ˜

Jadilah Reseller yang Bijaksana

Nah, teman-teman, menjadi reseller memang terlihat mudah, yaa.. Tak butuh modal besar juga untuk memulainya. Namun, meski terlihat mudah, sesungguhnya menjadi reseller juga punya tantangan tersendiri.  Untuk itu, kamu juga harus selalu upgrade ilmu dan update terhadap perkembangan yang ada. Niscaya, bisnismu akan bertahan lama.



Read More