Bijak Pilah Pilih Sekolah

Monday, June 9, 2014


Tahun ajaran 2013/2014 hampir usai. Beberapa sekolah pun telah membuka pendaftaran penerimaan siswa/siswi baru untuk tahun ajaran berikutnya. Para orang tua yang putra-putrinya duduk di kelas VI dan IX mulai getol mencari informasi sekolah mana yang terbaik setelah mereka dibuat stress dengan UN yang telah berlangsung.
Fenomena seperti ini terjadi tiap tahunnya. Namun satu yang seakan dilupakan oleh orang tua sekarang, anak-anak memiliki kapasitas yang berbeda. Paradigma yang terbentuk bahwa anak yang cerdas adalah ia yang menguasai pelajaran-pelajaran eksak seharusnya mulai ditinggalkan. Ingatlah bahwa setiap anak mempunyai keunikan sendiri-sendiri, dan kemampuan mereka tak bisa dan tak boleh disamaratakan. Jenis kecerdasan juga bermacam-macam, inilah yang disebut dengan multiple intelligences.
Dalam memilih sekolah untuk anak, sebaiknya orang tua telah mengetahui bakat dan minat anaknya. Bahkan akan lebih baik lagi jika sekolah yang dipilih disesuaikan dengan gaya belajar anak karena tidak semua anak cocok dengan gaya pembelajaran yang bersifat konvensional seperti sekolah kebanyakan. Ini juga berlaku ketika kita mencarikan SD untuk anak-anak yang telah lulus TK.
Kenali dulu gaya belajar anak-anak kita, apakah ia merupakan tipe audio, visual, atau kinestetik? Jika ia bergaya kinestetik, maka tidak tepat jika kita memaksanya belajar di sekolah yang mengharuskan ia duduk tenang sambil mencatat dan mendengarkan penjelasan guru di depan kelas. Hasilnya tidak akan optimal.

Orang tua harus paham bahwa sekolah terbaik bukanlah sekolah yang menyediakan sarana dan prasarana yang “wah”. Sekolah yang baik adalah sekolah yang memfasilitasi keingintahuan dan kreativitas siswanya, bagaimanapun gaya belajarnya, sehingga setiap anak mampu melejitkan potensi yang dimilikinya. 

6 comments

  1. Mbak ini postingan jempolan, infomatif, padet, nggak terlalu panjang dan fokus pada pembahasan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serius Mba? wah, jadi melambung saya, hehehe...

      Delete
    2. wah jane dikirim ke media tu mbak arinta hehe

      Delete
    3. Gak laku mba, ini udah aku coba ke JP, hehehe...

      Delete
  2. Mungkin bisa dibiasakan dulu nulis di surat pembaca mb, atau di media lain kayak suara merdeka atau kedaulatan rakyat. Baru ke yang gradenya lebih berat kayak opini dll.
    Diam2 juga bingung mb ntar milihin sekolah buat zahra. sekolah bagus mahal bingits (pengalaman dulu bantu2 di sekolah kek gitu)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ke JP karena arin sudah pernah masuk kesana Mba, jadi pede. Tapi ternyata belum laku, hehehe...

      Semoga nanti bisa dapet yang sesuai dg Mbak Zahra ya Mba.. Kalau saya dan suami, insya Allah sudah mantap utnuk memasukkan Amay ke sebuah sekolah alam. Tapi belum tahun ini. Tahun depan ketika Amay 4 tahun, karena anaknya belum mau diajak sekolah.

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan. Komentar yang menyertakan link hidup, mohon maaf harus saya hapus. Semoga silaturrahminya membawa manfaat ya...