Nostalgia Penyanyi dan Lagu Anak Tahun '90-an

Sunday, April 10, 2016

Waktu kelas 5 SD, saya mengalami kesulitan menghapal keunikan/keistimewaan negara-negara, yang keluar di mata pelajaran IPS. Misalnya, tentang negara Australia yang suku aslinya adalah Aborigin, atau Belanda yang disebut negeri kincir. Tapi, beruntung, kesulitan itu tak berlangsung lama. Trio Kwek-Kwek, yang personilnya terdiri dari; Alfandy, Dhea Ananda, dan Leony, mengeluarkan single yang berjudul "Katanya Katanya". Saya terbantu banget karena liriknya mengandung pengetahuan yang saya butuhkan. Lewat lagu, saya dapat ilmu.

Nostalgia Penyanyi Cilik, Trio Kwek-Kwek

Tau tidak liriknya bagaimana? Ini dia;

Australia negeri wool (katanya, katanya)
Aborigin sukunya (katanya, katanya)
Boomerang senjatanya (wow wow)
Kanguru binatangnya 

Amrik Negeri Paman Sam (katanya, katanya)
Super power namanya (katanya, katanya)
Challenger pesawatnya (wow wow) 
Nih, Rambo jagoannya

Belanda negeri kincir (katanya, katanya)
Keju penghasilannya (katanya, katanya)
Tulip nama bunganya (wow wow)
Dam nama bendungannya

Gituuuu... Lanjutannya masih ada lagi sih, tapi ntar kepanjangan, hehehe... Daaan...terbukti ya, lagu ini sangat membantu saya (dan teman-teman lainnya tentu) untuk menghapal pelajaran kelas 5 waktu itu. Hehehe...

Ngomongin soal lagu anak di tahun '90an, sepertinya seru yah, kalau kita bernostalgia sama lagu-lagu dan penyanyi-penyanyinya? Nah, kemarin, saya tanya teman-teman di facebook, tentang lagu apa yang disukai dan masih diingat hingga kini. Ternyata banyak yang lupa judul, tapi ingat dengan penyanyinya. Kita bahas penyanyinya dulu saja yaa... Selain Trio Kwek-Kwek, siapa saja kah mereka?

1. Sherina

Iya, Sherina memang paling sering disebut oleh teman-teman. Memang nggak perlu diragukan lagi kualitas suara dan musiknya sih ya... Saya pun, termasuk mengidolakan dia loh. Dan sampai sekarang, saya sering menyanyikan lagu "Andai Aku Besar Nanti". Lagu-lagu Sherina yang lain, yang lekat dalam ingatan adalah: Pelangiku, Balon Udara, juga Jagoan dan Lihat Lebih Dekat yang keduanya merupakan soundtrack film Petualangan Sherina.


Nostalgia Penyanyi Cilik, Sherina

2. Maissy

Dulu Maissy punya acara sendiri loh, judulnya Ci Luk Ba. Kalau yang lain seperti Trio Kwek-Kwek, Saskia dan Geofanny, Kiki, (dan yang lainnya lupa), punya acara berjudul Dunia Anak-Anak.
Maissy ini terkenal centil di jamannya, hehehe... Bisa dibilang, dia ini Syahrini-nya anak-anak. :D
Tapi ngga nyangka ya, sekarang dia jadi Dokter.

Nostalgia Penyanyi Cilik, Maissy

3. Chiquita Meidy

Siapa yang ingat suara menggemaskan yang menyanyikan lagu Kukuku? Nah, dialah Chiquita Meidy. Lagunya yang lain yang juga disebut oleh teman-teman adalah "Kampuang Nan Jauh Di Mato". Ingat nggak sama muka imutnya?

Nostalgia Penyanyi Cilik, Chiquita Meidy

4. Enno Lerian

Enno Lerian ini suaranya lembuuut sekali. Favorit saya adalah lagunya yang berjudul Du Di Dam. Tapi ada juga lagu lain, yang juga disukai Amay, anak saya. Lagu itu berjudul Nyamuk Nakal. Soalnya, dia suka sama badut nyamuk dan lalat di video klipnya. Boleh juga loh, kalau lagu ini dijadikan senjata ketika anak malas bersih-bersih. :D

Oya, masih ada lagi lagunya yang saya suka, judulnya Dakocan dan Semua Ada Disini. :)

Nostalgia Penyanyi Cilik, Enno Lerian

5. Bondan Prakoso

Bondan lebih dikenal dengan sebutan Si Lumba-Lumba, karena ia dikenal setelah menyanyikan lagu dengan judul yang sama. Waktu kecil dulu, saat menonton video clipnya, saya sempat berpikir begini, "Ni anak nyanyi apa marah ya?" Haha, habis ekspresinya kan begitu... :p

Tapi ngomong-ngomong, sepertinya dia dan Sherina adalah salah dua penyanyi cilik yang masih berkarya hingga kini. Eh, ada Puput Melati juga ding, meski tak sering tampil sebagai penyanyi.

Nostalgia Penyanyi Cilik, Bondan Prakoso

6. Tasya

Si Anak Gembala ini memang selalu riang serta gembira, makanya nggak heran kalau dia jadi awet muda, hehe... Lihat aja, wajah sekarang dan masa kecilnya ngga jauh beda. Dan selain lagu Anak Gembala, yang paling banyak diingat dan disuka adalah lagu "Jangan Takut Gelap", yang dinyanyikan duet bareng Duta Sheila on Seven.

Nostalgia Penyanyi Cilik, Tasya

7. Joshua

Arek Suroboyo ini dikenal luas lewat lagu "Diobok-Obok"nya. Sebenarnya judul aslinya adalah Air, tapi publik lebih sering menggunakan kata diobok-obok. Oya, sebelum Air, Joshua juga punya lagu berjudul Cit Cit Cuit. Karyanya yang lain masih banyak, seperti; Kapal Terbang (Cita-Citaku) dan Donat.

Nostalgia Penyanyi Cilik, Joshua
photo diambil dari youtube


8. Melisa

Dari survey yang saya lakukan kemarin, ternyata ada yang menyebutkan Melisa sebagai penyanyi yang mereka ingat. Tau nggak? Semut Kecil dan Si Komo, sempat nge-hits di jamannya loh. :)
Sekarang, dia dimana ya?

Nostalgia Penyanyi Cilik, Melisa


Eh tapi, tidak adakah yang ingat dengan lirik "bing beng bang yok, kita ke bank. bang bing bung yok, kita nabung" milik Saskia dan Geofanny? Tidak ada yang ingat juga dengan 4 MC Cilik? Hihihi, rupanya mereka tak cukup lekat di ingatan teman-teman. Setidaknya, ini fakta dari survey yang saya lakukan di facebook kemarin. Dan Agnes Monica, dia juga sempat duet dengan Eza Yayang loh.

Baca: Duet Fenomenal yang Mungkin Pernah Jadi Teman Tumbuhmu

Dan selain penyanyi-penyanyi di atas, teman-teman facebook saya rupanya sangat ingat dengan lagu-lagu berikut ini:
1. Ambilkan Bulan, Bu
2. Abang Tukang Bakso
3. Satu ditambah Satu
4. Desaku, dll

Sayangnya, kita tidak tahu persis siapa penyanyi aslinya ya... Dan bersyukur sekali, meskipun lagu-lagu anak tidak terlalu menarik lagi bagi dunia industri, tapi ada yang memutarnya setiap hari dan mempopulerkannya di telinga anak-anak masa kini. Siapakah pahlawan itu? Yup, dialah Tukang Odong-Odong. :D

Semoga, tren lagu anak-anak kembali mengudara. Saya sebagai orang tua, rindu dengan lirik lagu anak-anak yang bernas dan mengandung nasehat. Dan bersyukur sekali, penyanyi cilik yang lucu bernama Romaria telah memulainya. :)

 

 

23 comments

  1. Kalo penyanyi cilik pada jamanku dulu itu seperti Chicha Koeswoyo, Adi Bing Slamet, Diana Papilaya.. Ehh ketahuan tuwirnya ya daku..haha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha... Saya taunya Adi Bing Slamet doang. Itu pun dia udah main sinetron. >_<

      Delete
  2. Sayang ya, sekarang udah jarang penyanyi cilik. Sekalinya ada kontes penyanyi cilik, lagunya dewasa smua -__-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba.. Yah, meskipun liriknya kadang diganti. Tapi itu bener2 mengurangi esensi dari lomba yg dikhususkan untuk anak kecil itu. :(

      Delete
  3. kemarin di ABC yang notabene acara khusus bayi dan balita, eh diisi sama lagu cinta-cintaan.. hehehe sepertinya kita memang harus sering2 memperkenalkan lagu-lagu pada anak-anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba.. Saya sampai download albumnya sherina segala..hihi.. *ini sih karena emaknya suka, haha

      Delete
  4. Sekarang anak-anak gak punya lagu anak-anak

    ReplyDelete
  5. Dulu pertama kali denger suaranya sherina langsung suka, langsung ngefans. tapi skrg gak begitu krna lagunya kurang easy listening. Justru skrg yg msh penasaran sm maisy yg memilih keluar dr dunia keartisan.

    ReplyDelete
  6. aku suka chikita meidi mbak. yang kampuang nan jauh di mato itu ...(halah aku banyak banget suka lagu anak-anak sie)

    ReplyDelete
  7. Eeee ini ga sengaja ahaaa
    Kok bisa samaan yak tema kitah hiuhihihi

    ReplyDelete
  8. Aku suka maissy...dulu yang lagunpenutup dan openingnya ci luk baa ampe apal bengett..hihihi, video klipnya juga gokil

    ReplyDelete
  9. Melissa malah pernah digosipin meninggal dulu ya mbak.. Eh, pa kabar melissa sekaran ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, dulu dia sempat digosipin meninggal. ga tau ya sekarang dia gimana.. :(

      Delete
  10. yang mau ciptain lirik lagu anak-anak juga udah jarang ya u.u
    yang aku tahu dari tv, banyak yang buat lagu dewasa supaya profitnya naik. Makanya, sedangkan lagu anak-anak, lagu dewasa pun liriknya nggak berkualitas lagi :')

    yang penting, bisa ngganggu psikologis anak-anak u.u

    ReplyDelete
  11. Itu semua lagu2 yg mbak tulis di atas, skr lg heboh2nya diputer anakku tiap hari lewat youtube :D.. aku jd nostalgia juga dgrin lagu2 mereka ;D.. fav ku dulu lagu sherina.. krn suara dia yg paling bgs di antara yg lain ... Sayangnya lagu2 dia pas dewasa aku kurang sreg dengernya

    ReplyDelete
    Replies
    1. toss mbaaa..hehe.. iya, Sherina kecil lebih bagus lagu-lagunya yaa..

      Delete
  12. Suka Puput Melati yg lagu Satu ditambah Satu, kasian anak2 sekarang nggak ada lagu khusus buat mereka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. He eh mba.. Saya bela-belain download semua lagu itu buat anak2 saya..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan. Komentar yang menyertakan link hidup, mohon maaf harus saya hapus. Semoga silaturrahminya membawa manfaat ya...