Dancow Explore Your World Bantu Anak Mengeksplorasi Diri

Tuesday, September 12, 2017

Tagline Dancow Explore Your World yang berupa dua kata, yakni "Iya Boleh", menyentil sisi keibuan saya. Dengan dalih waspada takut si kecil kenapa-napa, saya sering mengatakan "jangan" pada mereka.

"Jangan! Nanti jatuh lho... ", saat si Mas mau memanjat dinding pagar depan rumah.

"Jangan panas-panasan, nanti hitam!", waktu Mas dan Adek kompak main bola di siang bolong. Kalau dipikir-pikir, kenapa yang dipusingkan malah warna kulit yang berubah ya? Duh! *tepok jidat*

"Hujan! Ayo masuk, nanti sakit!"

"Aduuuuh, jangan mainan kotor-kotor lah.. Nanti Mama susah nyuci bajunya!" Waduh, ini paling sering saya teriakkan sepertinya. Dan sebenarnya masih banyak "jangan jangan" yang lainnya.

Tapi seiring berjalannya waktu, sedikit demi sedikit saya mulai berubah. Saya mulai membiasakan berkata "Iya, boleh..." asal hati-hati, atau asal tetap menjaga diri. Seperti ketika berada di acara Dancow Explore Your World yang berlangsung di Solo Square hari Sabtu dan Minggu tanggal 9-10 September 2017 kemarin. Saya mengajak Amay dan Aga untuk bermain dan bereksplorasi. 

Saya senang, sekaligus terharu melihat binar mata mereka sewaktu bermain. Kilauan itu jarang saya temukan saat mereka berada di dalam rumah. Hiks... Barangkali binar itu ada karena mereka bermain tanpa ada rasa khawatir akan saya larang-larang. Jadi, mereka bermain, bereksplorasi, sekaligus bersenang-senang secara maksimal. Nggak ada beban.

Di Dancow Explore Your World kemarin, Amay dan Aga bermain di tiga area utama.

1. Play Park

Di area ini, Aga bermain di kolam yang penuh terisi bola warna-warni. Dia hampir tak mau berhenti. Alhamdulillah, saya berhasil membujuknya untuk mencoba permainan lainnya, yaitu wall climbing.

Mandi Bola

Awalnya saya tak yakin Aga, 2y 10m, bisa memanjat dinding itu. Tapi ternyata di luar dugaan, dia bisa melakukannya tanpa bantuan siapapun. Hebaaaattt!!!




Sementara itu, sang kakak, Amay, bersemangat pula bermain gelantungan. Ya, di area ini, kemampuan psikomotorik -motorik kasar- mereka benar-benar terasah. Jujur, saya kini LEBIH PERCAYA DIRI melepas mereka bermain. Ternyata yang saya khawatirkan selama ini, bahwa mereka akan jatuh, tidak terjadi.




2. Art Center

Di Art Center ini si kecil bisa memilih beberapa permainan seperti hand painting, mewarnai atau bermain lego. Lewat berbagai kegiatan di Art Center ini, kemampuan kognitif, kemampuan atensi, kemampuan psikomotorik, dan kemampuan penyelesaian masalah si kecil terasah.

Nah. karena di rumah sudah sering mewarnai dan bermain lego, Amay langsung tertarik untuk mencoba hand painting. Sejujurnya, saya dan Amay terpukau pada Om-Om yang jago melukis. Jadi, di area hand painting ini anak-anak diberi kertas, lalu dibolehkan untuk membubuhkan gambar apapun, dan boleh memilih warna apapun. Entah siapa yang memulai, semua anak membuat cap tangan mereka.

Kertas yang ber-cap tangan itu kemudian diberikan pada Om pelukis. Kebetulan, yang dipilih Amay adalah Kak Blangkon, seniman dan pendongeng dari Semarang. Oleh Kak Blangkon, gambar cap tangan Amay disulap menjadi gambar kuda dan rusa. Luarrrr biasaaaa...


hand painting di Dancow Explore Your World, Solo Square


hand painting


cap tangan Amay sudah berubah menjadi gambar kuda dan rusa

Kegiatan hand painting, selain berguna untuk mengasah sensor dan motorik halus si kecil, juga bisa bunda lakukan untuk melatih anak mengenal warna, menentukan pilihan, melatih daya imajinasi, dan jika dilakukan bersama-sama dengan bunda, bisa juga untuk meningkatkan kemampuan bahasa si kecil.

Nah, melihat begitu banyak manfaat dari hand painting ini, akankah bunda-bunda di rumah melarang si kecil bermain kotor lagi? Hand painting tak harus menggunakan cat air lho, bunda.. Dengan bubur tanah pun bisa. *ups*. Atau jika bunda ingin menggunakan benda berwarna-warni selain cat air, bunda bisa menggunakan bubur tepung kanji yang sudah diberi pewarna makanan. Nah, silakan bunda berkreasi di rumah.


3. Central Park

Central Park ini merupakan sebuah taman bunga buatan. Cakeeep.. Ada layar raksasa, di situ ditayangkan video tentang perubahan cuaca, mulai dari awan yang bergulung-gulung ditiup angin lalu menjadi gumpalan mendung, turun hujan, lalu muncul pelangi dan kupu-kupu beterbangan, indah sekali.

Yang seru lagi, anak-anak diminta untuk memakai jas hujan. Ada apakah gerangan? Ternyata ketika layarnya menggelap dan di video sedang tergambar saat cuaca sedang hujan, nanti akan muncul air hujan buatan di titik tertentu. Amay terlihat sangat senang disana. Dia ingin merasakan hujan-hujanan itu lagi tapi sayang hujannya keburu berhenti. Xixixixi.. Rasanya senang sekali melihat dia melompat-lompat menanti hujan, tapi kasihan juga saat melihatnya kecewa saat hujan sudah reda, wkwkwk..




Oya, selain itu, di Central Park kita juga bisa belajar mengenal hewan. Di sini ada informasi yang dipasang dan bisa dibaca anak-anak juga. Ada tentang kelinci, kupu-kupu dan lainnya.

Di sini, si kecil akan terlatih untuk mengasah kemampuan atensi, kemampuan bahasa, dan kemampuan menyimpan memorinya.

Amay membaca informasi tentang kupu-kupu di Central Park


Central Park, salah satu area di Dancow Explore Your World 


Kelincinya lucu yaa.. Di Central Park, Dancow Explore Your World

Nah bunda, melihat cerianya si kecil saat hujan turun, nanti kalau musim hujan sudah datang, kira-kira kalau si kecil minta main hujan, bunda mau berkata "IYA BOLEH" apa ngga nih? 😀😀😂😂

APAAA? MASIH KHAWATIR?

Maaf capslock jebol, xixixixi..

Bunda tahu tidak? Ada tiga elemen yang mempengaruhi tumbuh kembang anak, yaitu: Nutrisi, Stimulasi, dan Cinta Bunda dan Ayah.

1. Nutrisi

Untuk Nutrisi, salah satunya bisa didapatkan dengan memberikan susu pertumbuhan pada si kecil. Nah, bunda, ada kabar baik dari Dancow. Nestle Dancow meluncurkan inovasi terbarunya yaitu Nestle DANCOW Advanced Excelnutri+ yang memiliki kandungan bakteri baik bernama "Lactobacillus rhamnosus". Bahkan kandungan bakterinya tiga kali lipat lebih tinggi dari sebelumnya lho. 

Bakteri "Lactobacillus rhamnosus" dipercaya dapat membantu menjaga saluran pernapasan dan saluran cerna si kecil. Dokter Spesialis tumbuh kembang anak, dr. Bernie Medise, SpA (K) menuturkan, "Menjaga asupan bakteri baik seperti ini sangat penting karena tubuh yang terlindungi dapat menjadi fondasi fundamental untuk mendukung proses belajar dan pertumbuhan fisik si kecil, yang tentunya sangat penting dalam tahap tumbuh kembangnya."

2. Stimulasi

Stimulasi adalah rangsangan dari luar, yang bisa meningkatkan kemampuan si kecil. Anak yang mendapat cukup stimulasi, akan tumbuh dan berkembang dengan mengagumkan. 

DANCOW paham akan hal ini, maka dibuatlah acara Nestle Dancow Explore Your World. Sebelum diadakan di Solo, Nestle Dancow Explore Your World telah diselenggarakan di Medan, Surabaya, Jakarta dan Semarang. Dan bulan depan, tepatnya di tanggal 7-8 Oktober, Nestle Dancow Explore Your World akan hadir di kota Makassar.

Tak hanya tiga area utama yang telah saya tulis di atas saja, di Nestle Dancow Explore Your World kita juga bisa berkonsultasi dengan pakar mengenai tumbuh kembang si kecil. Dan untuk mengabadikan momen seru dengan keluarga, kita bisa mengambil foto di photo booth yang telah disediakan.

Untuk tiketnya bisa kita dapatkan di hypermarket atau supermarket, setelah membeli produknya.

•2 x 800 gr (min 160.000)  Picnic Set + 1  Tiket EXPLORE YOUR WORLD
•3 X 800 gr (min 250.000)  Shopping Bag + 1  Tiket EXPLORE YOUR WORLD
•6 x 800 gr (min 500.000)   Jaket Anak + 1 Tiket EXPLORE YOUR WORLD
•8 x 800 (min 680.000)  Grill pan + 1 Tiket  EXPLORE YOUR WORLD

Beli DANCOW-nya, dapatkan tiket dan hadiahnya, juga pengalaman bermainnya.

3. Cinta Bunda dan Ayah

Karena kita cinta, kita tidak ingin si kecil sakit. Karena kita cinta, kita ingin si kecil terlindungi. Karena kita cinta, kita ingin si kecil bahagia. Karena kita cinta, maka kita akan memberikan yang terbaik untuk putra-putri kita, betul kan bunda? 

Tapi jika kekhawatiran kita akan kesehatan si kecil kemudian malah membuatnya tak bebas bermain, terkekang, takut melakukan sesuatu, hingga ia tak mendapatkan stimulasi dan tak bisa bebas bereksplorasi, kan kasihan...

Bunda dan Ayah tak perlu khawatir lagi. Untuk perlindungan, ada Nestle Dancow Advanced Excelnutri+ yang lindungi si petualang kecil dalam proses belajarnya. Mari berikan stimulasi, dan dukung masa eksplorasinya secara maksimal, sebagai wujud cinta kasih bunda dan ayah pada mereka. Beri mereka kesempatan untuk belajar hal-hal baru untuk mengembangkan dirinya. 

Semangat ya, Bunda dan Ayah, jangan ragu lagi untuk berkata "IYA, BOLEH" pada putra-putri kita. 



9 comments

  1. Kadang kita terlalu takut akan ini itu sampai nggak izinin anak untuk eksplore dunianya. Yep, emang mesti sering-sering bilang iya boleh :D
    Athar kemarin senang banget main di play park hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mak, sekarang udah nggak terlalu khawatir lagi. :D

      Delete
  2. Membiarkan anak mengexplore dunianya itu penting, tapi namanya emak kadang parno sendiri... Anak saya juga suka yang gelantungan gt, walau saya liatnya deg deg seeer tapi ya... Karena dia udah fasih biar lag hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi iya Mba.. setelah lihat kalau mereka ngga apa-apa, khawatirnya jadi berkurang yaa..hihi

      Delete
  3. Mulai sekarang pengen deh memgurangi kata jangan fan mengubahnya dengan iya boleh, semoga tidak sesusah yg dibayangkan heheh

    ReplyDelete
  4. Aku juga termasuk mak yang suka was was mbak, parno terus, agak susah membiasakan , tapi seiring anak besar saya mulai mempercayai dan sering bilang iya boleh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mba, awalnya memang susah yaa, tapi lama-lama nanti terbiasa juga. Tapi saya sih tetep kasih pesan, "hati-hati", hihi..

      Delete
  5. Yang cap tangan itu, wow banget ya.
    Ups.. Komentar galfok.

    Iya, dulu waktu anak2 kecil aku juga sering bilang jangan. Belum belajar berkomunikasi dengan anak. Padahal, di permainan kotor itu, anak banyak belajar.

    Alhamdulillah sekarang sudah bisa. Tapi sudah telat. Anak2.sudah besar.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan. Komentar yang menyertakan link hidup, mohon maaf harus saya hapus. Semoga silaturrahminya membawa manfaat ya...