JavaID, Buatmu yang Ingin Mempercantik Dinding Rumah

javaid


Saya merasa perlu mengenalkan JavaID pada teman-teman pembaca setia blog ini. Karenanya, baca hingga tulisan ini berakhir yaa..

JavaID adalah produk bikinan Afif Taftayani, atau yang akrab dipanggil dengan nama Apip. Dia adalah salah satu karyawan di Akanoma, rekan kerja suami saya di Solo. Orangnya biasa aja (lalu ditoyor sama Apip), tapi idenya boleh juga (kayak nggak ikhlas sebenarnya nulis ini, :p). 

Berawal dari iseng karena melihat banyak sekali residu kayu di desa tempatnya tinggal, ia kemudian mempunyai ide untuk mengubah sisa-sisa kayu itu menjadi barang yang bernilai ekonomi. Ia kemudian membuat sebuah merek dagang bernama JavaID. Bisa dibilang, JavaID adalah produk eco-preneurship yaitu usaha "hijau" yang berbasis kepedulian terhadap lingkungan.

wooden clock, salah satu contoh produk javaid

Kenapa Apip memberi nama JavaID? Simply karena dia adalah orang jawa, dan ia berharap JavaID kelak bisa menjadi salah satu oleh-oleh Solo.

Produk JavaID yang saat ini tersedia memang baru berupa wooden clock, tapi jika teman-teman membutuhkan produk furniture, JavaID siap memproduksinya. Doakan semoga sukses yaa...

Oya, mungkin teman-teman sudah pernah melihat produk yang sama seperti ini, tapi, JavaID memiliki beberapa kelebihan.

1. Handmade

JavaID bukan produk pabrikan, karena ia dikerjakan oleh tangan-tangan pengrajin mebel dan furniture dari Boyolali, Jawa Tengah.


2. Menggunakan kayu asli

Seperti yang saya tulis di awal, Apip mendirikan JavaID dengan maksud agar kayu-kayu sisa produksi mebel bisa dipakai kembali. Ia ingin meminimalisir kata "mubadzir". Jadi sudah pasti produk JavaID ini menggunakan kayu asli untuk produknya bukan MDF atau Medium Density Fibreboard. Kayu yang digunakan sementara ini adalah kayu Jati dan Jati Belanda dari keluarga pine.

wooden clock, salah satu produk javaid


3. Bisa Custom Design 

Kalau misalnya teman-teman punya bayangan ingin memiliki jam kayu dengan bentuk seperti apa, atau ingin ditempeli foto siluet misalnya, hubungi saja JavaID. Insya Allah Apip dan bapak tukang akan mengusahakannya.

wooden clock produksi javaid, bisa custom design

4. Hand Painting

Ini tak kalah istimewa. Karena produk JavaID bukan produk pabrikan, semua dikerjakan secara manual, bahkan hingga menulis angka jam-nya. Oya, teman-teman juga bisa request JavaID untuk menuliskan quote yang diinginkan. Asik kan?

Kalau teman-teman penasaran dengan produknya, silakan kepoin account instagram JavaID di @javaid.indonesia ya... 

5 comments:

  1. Replies
    1. Standar Mak Wied.. kalau ngga salah 120rb harganya.

      Delete
  2. Cocok jadi hiasan ruang kerja biar ngga stress pas liat jamnya udah mepet gara-gara dikejar deadline.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan. Komentar yang menyertakan link hidup, mohon maaf harus saya hapus. Semoga silaturrahminya membawa manfaat ya...

Heart Field; Usaha Saya Mengganti Kecewa dengan Rasa Bahagia.

Mau curcol... Bulan lalu, saya mendapat hadiah voucher sebesar Rp 200.000,-. Salah saya, saya tidak segera menggunakannya. Tiap ada ke...