Balita Diajak Nonton Bioskop? Boleh, Asal...

Monday, March 25, 2019

Setelah menjadi orang tua, biasanya prioritas utama kita otomatis langsung berubah. Apa-apa yang penting anak dulu. Mau ngapain aja, mikirin anak-anak dulu. Mau nonton bioskop? Eits, tunggu dulu! Nonton bioskop sambil membawa anak-anak memang boleh-boleh saja. Tetapi, tentu ada hal-hal yang perlu diperhatikan.

Saya dan suami, terus terang, sudah lama sekali tidak menginjakkan kaki ke bioskop. Maklum, di Solo, saya dan suami sama-sama perantau. Jadi kami tidak punya keluarga yang bisa dititipi saat kami ingin jalan-jalan berdua saja.

Terakhir kali kami ke bioskop adalah di penghujung tahun 2013, saat si sulung berusia 2 tahun 9 bulan. Saat itu pun, film yang kami tonton adalah "Walking with Dinosaurs", bukan film romance, karena kami membawa anak. Kami belum ke bioskop lagi setelahnya, karena tak lama kemudian, si bungsu lahir ke dunia. Nah, karena saat ini si bungsu sudah berumur 4 tahun lebih, kami berencana mengajaknya menonton ke bioskop.

Wow, this is gonna be his first experience. Kami belum bisa membayangkan bagaimana perasaan Aga saat berada di dalam bioskop nanti. 

Poster Walking with Dinosaurs the Movie

Aga sih sudah sering menonton film, meski hanya lewat komputer. Tapi, kondisi di dalam bioskop kan sangat berbeda dengan di rumah.

Makanya, sebelum menonton film, saya mencoba menerapkan beberapa tips membawa anak ke bioskop berikut ini:

1. Pastikan Anak Benar-benar Siap

Ya, meski sudah sering menonton film di rumah, tetapi menonton film di bioskop adalah hal yang berbeda. Beritahu anak bahwa di bioskop, ketika film mulai diputar, maka lampu akan dimatikan. Suaranya pun akan sangat menggelegar, dan lagi, udara di dalamnya mungkin akan sangat dingin. Jadi, kita harus bersiap-siap dengan kondisi tersebut.

Oya, jika di rumah ia bisa bertingkah semaunya, di bioskop tidak demikian, karena di sana ada banyak orang. Jadi, beritahu anak-anak untuk berlaku sopan dan tidak berteriak-teriak karena bisa mengganggu orang lain.

2. Pilih Film yang Tepat

Ini wajib sih yaa.. Jangan sampai, demi memuaskan keinginan kita untuk menonton film di bioskop, kita mengabaikan hak anak untuk mendapatkan tontonan yang baik.

Cari film yang sesuai dengan usianya. Ya seperti kisah saya di atas, saya dulu memilihkan "Walking with Dinosaurs" untuk Amay, karena kebetulan dia sangat suka dengan dinosaurus. Padahal saat itu saya ingin menonton "99 Cahaya di Langit Eropa" dan suami ingin menonton film "Soekarno".

3. Pilih Tempat Duduk yang Dekat dengan Pintu Keluar

Ya, kita tidak tahu apa yang akan terjadi nanti kan? Bisa saja, karena anak tidak suka dengan film-nya, ia akan bosan lalu mengajak kita keluar. Atau, di tengah-tengah film ia mendadak ingin buang air. Bisa jadi kan? Karena udara di dalam bioskop yang dingin, biasanya membuat kita mudah beser.

Duduk di dekat pintu keluar, akan memudahkan kita membawa si kecil keluar, tanpa mengganggu pengunjung yang lain.

4. Sediakan Cemilan yang Cukup

Nah ini penting sekali. Untuk Aga, cemilan adalah salah satu hal yang bisa mengembalikan good mood. Hehe...

5. Ajak Si Kecil untuk Buang Air 

Sebelum masuk ke ruang teater, ajak si kecil untuk buang air terlebih dahulu.

6. Masuk Belakangan

Tidak perlu buru-buru masuk ke ruang teater, karena biasanya yang diputar adalah iklan dan trailer, yang mungkin akan membuat anak-anak bosan.

Yak, itu dia tips membawa anak ke bioskop.

Jadi, mau nonton apa besok?

Rencananya saya mau ngajak Mas Amay dan Dek Aga nonton Captain Marvel di CGV, sebagai hadiah ulang tahunnya yang ke 8. Pesen tiketnya via traveloka.com saja, yang mudah, nggak perlu antri juga. Wah, can't wait. Kira-kira, anak-anak bakal suka nggak ya? :)

20 comments

  1. kalau bayi boleh ngga ya diajak ke bioskop?

    tapi..ngga lah enakan di rumah nontonnya kalau punya bayi..duuh kapan ya bisa nonton di bioskop bareng anak2..

    Ini anak2 akhirnya nontonnya sama temennya karena ibuna ga bisa nemeni harus jaga bayi, padahal kan pengen jg nonton ibunya :D

    ReplyDelete
  2. Bener banget, memilih tempat duduk deket pintu memungkinkan untuk segera out dulu klau anak mulai rewel. Gak enak juga ngeberisikin para penonton lain ya.

    ReplyDelete
  3. si bungsu waktu tk takut ke bioskop. jadi di luar udh ada bapaknya, aku anter dia trus masuk lagi nonton bareng kakak2nya. tapi skr udh ga takut lagi. ditanya takut kenapa, katanya takut sama suara kerasnya :D

    ReplyDelete
  4. Ah iya kebetulan bulan April ini aku juga nunggu release film dr Avengers Mbak buat nonton di bioskop,😆
    Kayaknya ada nih mbak film anak yg baru2 ini tayang di bioskop kalau nggak salah yg tentang binatang Gajah itu. Apa sih lupa jjrr
    Kali aja bisa jadi referensi ajak Adek ke bioskop heheee

    ReplyDelete
  5. Mood booster buat Aga ternyata gampil ya? wkwkkk.. Ah tapi aku kayaknya nggak deh buat ngajak anak-anak ke bioskop. Diajak main ke rumah orang aja bilang "mantuk (pulang)" 😂😂😂

    ReplyDelete
  6. Catet! Yang pasti milih film yang sesuai umur anak tuh penting banget. Jangan kesenengan sendiri nonton padahal anak enggak suka. Kan berabe banget

    ReplyDelete
  7. Dulu saya ajakin anak masih balita nonton kalau memang tontonannya diperbolehkan untuk anak

    ReplyDelete
  8. Nainii....kalau masuk belakangan, akutu suka bingung arah gitu loo...
    Takut malah bikin gak nyaman yang lain.
    Jadi kami akali dengan beli makanan dan minuman secukupnya. Waktu 2 jam nonton, mereka mesti di briefing dulu. Kalo mo pips dari awal masuk bioskop, jangan pas pertengahan film.

    heheheh~

    ReplyDelete
  9. Aku sudah pernah nonton sama anakku mom.. Hehehe beli tempat duduk sendiri alhamdulilah anteng

    ReplyDelete
  10. Karena dulu gak pernah bawa si kecil ke bioskop jadi gak kepikiran bahwa ternyata menonton bioskop bareng buah hati mesti disiasati juga ya.

    Gak sabar nih menunggu lanjutan kisah Dek Aga pertama kali nonton di bioskop...

    ReplyDelete
  11. Iya sih yg paling penting untuk diperhatikan adalah kesesuaian film ini dengan usia bocah. Ada lho ortu yg saking ngebetnya pengin nonton film kesukaannya sampe ga peduli bahwa anak yg dibawanya belum waktunya ikut menyaksikan tontonan tersebut.

    Wah klo bawa bekal dari rumah apa boleh tuh masuk bioskop? ;)

    ReplyDelete
  12. Boleh ya mba bawa bebe? Aku sih bawa anakku nonton waktu usia SD.. dan harus pastikan usianya sudah sesuai

    ReplyDelete
  13. Emang nggak ada batasan usia ya Mbak bawa anak ke bioskop? Pingin juga ngajakin anak ke sana. Tapi pernah denger katanya anak di bawah 3 tahun gak dibolehin masuk.

    ReplyDelete
  14. Dulu seingat saya ngajak anak ke bioskop umur 3 tahunan nonton film kartun apa gitu ya lupa hehe. Pilih-pilih juga yang penting aman untukanak.

    ReplyDelete
  15. Setuju semua sama tipsnya. Asal kita bisa bersiasat, insyaallah acara nonton nyaman yaa, anak & ortu happy, pengunjung lain juga gak terganggu :)

    ReplyDelete
  16. Belum nemu film yang lagi hits sekarang dan bisa ditonton Salfa.
    Aku care banget kalau salah film...

    ReplyDelete
  17. Boleh aja sih bawa anak ke bioskop tapi pastikan dulu film apa yang akan di tonton dan jangan lupa jam nontonnya juga mesti sesuai. Kadang aku suka kesel ada orang tua yang bawa anaknya nonton terus filmnya bukan untuk anak-anak dan jamnya kadang suka yang malam.

    Adalagi nanti anaknya nangis ganggu orang lain nonton, harusnya orang tua tau hal ini ya. Kadang dibiarkan menangis, ini ngeselin sih.

    ReplyDelete
  18. Pas banget saya rencanya mau ajak Zril nonton bioskop. Usianya baru 1.5 tahunan kurang. Agak cemas sih. Takut jejeritan nanngis di dalam. Kalau dulu ajak sepupunya usia 3 tahun, aman2 ajah. Anaknya udah ngerti

    Salam manis,
    Artha

    ReplyDelete
  19. Sejak punya anak, saya masuk ke bioskop baru sekali. Saat itu pertama kalinya ajak bocah ke bioskop dan nonton film dokumenter Negeri Dongeng, cerita tentang pendakian ke 7 titik tertinggi di Indonesia. Bocah baru berusia 2,5 tahun kalau nggak salah. Dan dia sangat happy, karena emang dasarnya suka jalan-jalan ke alam bebas. Sejak saat itu belum pernah lagi ajak ke bioskop, cukup nonton dari komputer aja.

    ReplyDelete
  20. Tantangan tersendiri ya Mba bawa anak nonton bioskop
    tipsnya bikin ngerti sekarang, hehehe buat bekel kalo punya anak nanti
    soalnya aku juga suka nonton

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan. Komentar yang menyertakan link hidup, mohon maaf harus saya hapus. Semoga silaturrahminya membawa manfaat ya...