Ini Makanan Favoritku. Samakah dengan Seleramu?

- Salah satu contoh kesuksesan dalam hidup adalah bisa makan apapun yang kau inginkan - 
Punya uang tapi nggak bisa makan makanan kesukaan kita (sakit), apa enaknya? Bisa makan segalanya (sehat), tapi tak punya uang untuk mendapatkannya, bikin sedih juga. Jadi benar ya, salah dua syarat bahagia adalah sehat dan punya uang. Hihi.. 

Lalu, bicara tentang makanan favorit, teman-teman suka menu apa? Kalau saya, ini dia;

Mie Ayam

Mie ayam adalah the most favorite food of mine. Nggak hanya saya, adik kakak saya juga suka. Bahkan tak jarang kami hunting mie ayam sama-sama. Hihi...

Di Bogor, Mie Ayam Bojo Loro di Cilendek (dekat RS Marzoeki Mahdi), telah saya nobatkan sebagai mie ayam terenak sedunia. Entah sekarang masih ada atau tidak mie ayam itu. 

Dulu, saat saya masih mengajar di Ciomas, saya dan teman-teman sering ke sana. Harganya masih lumayan murah. Mie Ayam Bojo Loro juga dulu menggunakan Saus Dua Belibis, dan ini membuatnya semakin sedap. Biasanya kan, mie ayam kaki lima menggunakan saus curah yang membuat kita takut mengonsumsinya yaa...

Di Solo, saya merekomendasikan mie ayam di Bakso Alex dan di Bakso Tengkleng Mas Bambang. Oya, ada Mie Ayam Goreng Har Solo yang enak juga. Lokasinya di Gempol, Ngadirejo, Kartasura (depan toko roti "Kampoeng Roti").

Yuk ke sana! Jangan lupa ajak saya juga. Hahaha...

Masakan Sunda

Dulu sebenarnya saya tidak terlalu suka Masakan Sunda. Tapi ternyata, setelah hampir 10 tahun menjadi menantu orang Sunda, lidah saya terpengaruh juga.

Salah satu yang saya suka adalah sayur asemnya. Rasanya segar, enak, nggak seperti sayur asem di Jawa. 


Sayur Asem

Masakan Sunda juga identik dengan lalapan dan sambalnya. Lalapannya juga berasal dari aneka ragam sayuran, ada daun tespong, pohpohan, terong lalap yang bentuknya bulat-bulat kecil, dll. Di Purworejo atau Solo, lalapan hanya seputar timun, kemangi dan daun kol. Hihi... 

Sambal di Masakan Sunda juga berbeda. Sambalnya ini biasanya dikucuri jeruk sambel. Susah sekali menemukan jeruk ini di Purworejo dan Solo.

Masakan Sunda

Oh ya, yang tak kalah sedap dari Masakan Sunda adalah tumis leuncanya, aneka pepesnya, ayam dan ikan yang digoreng atau dibakar, juga gepuk daging yang nikmatnya ulala...

Duh, semoga saat mudik lebaran ke Majalengka nanti bisa makan di restoran Sunda lagi.

Masakan Sunda

Es Teh

Nah, sudah kenyang makan, saatnya kita minum. Paling enak sih es teh manis yaa... Apapun makanannya, minumnya es teh saja. 

Es teh di Solo, macam-macam tambahannya. Ada es teh kampul yang diberi potongan jeruk nipis. Ada juga es teh sereh seperti gambar di bawah ini. Semuanya enak dan segar.

es teh di segala suasana


Es Tape Singkong

Meski es teh adalah minuma favorit, tapi jika ada yang menyediakan es tape singkong seperti ini, dia yang akan jadi pilihan utama. Ya, sekalian bernostalgia. Waktu kecil dulu, saya sering jajan es tape singkong dengan kuah santan seperti ini. Ada tetangga yang menjualnya, sebagai pelengkap lotek di warungnya. 

Ah, kapan-kapan nyoba bikin sendiri aja deh. Semoga bisa selezat es singkong dalam kenangan. :)
Es Tape Singkong by Kedai Ibu, Solo

Baiklah, sudah makan dan minum, artinya sudah kenyang semua yaa... Alhamdulillah. Ceritain dong, makanan dan minuman favorit teman-teman. Mbak Rani R Tyas, suka soto dengan daging kerbau lho. Baca di Makanan Favorit Sepanjang Masa, yaa... :)

8 comments :

  1. Mie ayam as always, mbak. Kalau di Solo, saya paling seneng e Mie Ayam Senix yang deket UNS. Itu mantep dan lumayan terkenal dikalangan adek-adek mahasiwa uns. Hehe.

    Kalau kuliner Solo, saya paling seneng sama Timlo & Selat. Seger.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, harus ke UNS dong.. Jauuuh..

      Aku suka selat. Kalau timlo kurang begitu suka. Hehe..

      Delete
  2. Makanan beginian, siapa nolak???...;)

    ReplyDelete
  3. Sekeluarga saya juga paling favorit mie ayam. Kalau sudah nemu satu yg enak balik2 lagi ke sana pasti. Tapi mie ayam yg rasanya enak memang kalau yang mie-nya agak2 gepeng gitu... (menurut saya sih).

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener, kalau bulat dan besar tu kurang sip ya?

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan. Komentar yang menyertakan link hidup, mohon maaf harus saya hapus. Semoga silaturrahminya membawa manfaat ya...

Community

Designed By OddThemes | Distributed By Blogger Templates