#ArisanIlmu KEB, Belajar tentang Apa Itu Podcast dan Bagaimana Cara Membuatnya?


Serba-serbi Podcast dan Voice Over
#ArisanIlmu tentang Apa Itu Podcast dan Voice Over. Picture by Mak Ranny Afandi.

Di Arisan Ilmu KEB Solo hari Minggu kemarin, Emak Blogger Solo belajar tentang apa itu Podcast dan Voice Over dari Mak Sara Neyrhiza, yang merupakan founder speaking.id. Asli, acaranya seru banget! Selain karena cara Mak Sara dalam menyampaikan materinya sangat asik dan atraktif, di akhir acara, kami juga belajar bagaimana cara memproduksi suara diafragma. Makin gayeng jadinya. Angkat topi dulu untuk orang-orang yang berprofesi sebagai pengisi suara, karena memang, menghasilkan aneka ragam suara sama sekali bukan hal yang mudah.

Oya, sebelum ke mana-mana, kita cari tahu dulu yuk, apa sih Podcast itu?

Sejarah Podcast bermula ketika Steve Jobs berpikir bahwa radio sudah harus disingkirkan. Jadi dia menciptakan Podcast, yang merupakan kepanjangan dari iPod Broadcast.

Sudah bisa menyimpulkan, apa itu Podcast? Ya, Podcast adalah sebuah rekaman yang dibuat dalam bentuk digital dan bisa didengarkan oleh semua orang. Podcast, seperti yang saya tuliskan di atas, dibuat untuk menyingkirkan radio. Jadi, Podcast mirip seperti radio, tapi bukan radio.

Lalu, kenapa sih melakukan Podcasting itu cukup penting untuk para blogger? Ada beberapa alasan sebenarnya.

Yang pertama (ngga usah nyanyi :p), radio saat ini sedang dalam masa yang berat. Kecuali di Jakarta dan kota-kota besar yang banyak macetnya, radio mulai ditinggalkan. Memang, salah satu alasan terbesar mengapa orang masih mendengarkan radio adalah agar tidak bosan saat terjebak dalam kemacetan. Karena alasan inilah, Podcast menjadi alternatif sarana agar suara atau isi kepala kita tetap bisa didengarkan banyak orang. Dan memang, Podcast kebanyakan diisi oleh penyiar radio, seperti Mak Sara.😊

So, buat kamu yang punya cita-cita jadi penyiar radio atau punya hobi cuap-cuap dan ingin didengar oleh banyak orang, sepertinya Podcast adalah hal yang wajib kamu lakukan. 

Mengenal Apa itu Podcast dan Voice Over
Mak Sara Neyrhiza menjelaskan tentang apa itu Podcast dengan sangat atraktif. Picture by Mak Ranny Afandi.

Kedua. Karakter Podcast memudahkan pendengarnya. Di sini, pendengar bisa memilih ingin mendengarkan cerita seperti apa. Selain itu, sama dengan ketika mendengarkan radio, mendengarkan Podcast tidak harus selalu sambil membawa gadget. Lain halnya dengan saat menonton YouTube.

Dan yang ketiga, mengapa Podcast menjadi sesuatu yang patut kita coba adalah karena pemain Podcast di Indonesia masih sedikit. Padahal, di luar negeri, Podcast sudah menjadi sebuah trend. Jadi, jika kita memulainya sekarang, di tahun-tahun mendatang ketika Podcast menjamur di Indonesia, setidaknya kita bukan newbie-newbie amat. 😁

Memang, tidak seperti blog yang saat ini sudah bisa "diduitin", Podcast masih belum bisa menjanjikan apa-apa, selain sebagai sarana untuk menuangkan hobi cuap-cuap dan sarana untuk menuangkan isi kepala. Namun, tidak menutup kemungkinan jika ke depannya Podcast bisa menjadi salah satu sumber penghasilan, bukan? Yah, seperti blog di masa lalu lah. Zaman dulu, blog hanya sebatas sebagai tempat untuk menuangkan ide, tetapi saat ini, blog sudah berkembang menjadi tempat untuk mengais rezeki.

Nah, sekarang, Bagaimana Cara Memulai Podcast?

1. Tentukan topiknya
Pastikan untuk memilih topik yang benar-benar kita kuasai. Ya gimana ya, kalau kita ngomongin sesuatu yang ngga benar-benar kita kuasai, kita malah akan jadi terlihat bodoh. Ya kan?

Selanjutnya, tentukan formatnya. Apakah ingin Podcasting secara solo, kolaborasi (misalnya dengan mengundang bintang tamu di setiap episode) atau ingin bertiga, berempat, dan sebagainya. Setelah menentukan topik dan format, jangan lupa untuk menentukan target audience. Remaja kah, ibu-ibu kah, anak muda gaul kah dan sebagainya. 

2. Buat nama
Menentukan sebuah nama memang bukan merupakan hal yang sederhana. Samalah seperti ketika kita mencari nama untuk blog. Nama yang kita pilih sebaiknya berkaitan dengan isi konten kita, karena pemilihan nama juga menjadi salah satu strategi branding. 

3. Membuat script / naskah
Sebuah naskah menentukan bagaimana isi Podcast kita. Apakah scripted, ataukah improvisasi?

Sudah menentukan topik, format dan nama Podcast? Selanjutnya, perlengkapan apa saja sih yang dibutuhkan untuk memulai podcast?

1. Suara
Ini tentu merupakan modal yang paling penting. Bukan berarti suaranya harus merdu, tapi sebaiknya suara kita harus jelas artikulasinya, agar pendengar tidak kesulitan untuk mencerna kata-kata kita. 

2. Gadget / smartphone
Kalau belum punya peralatan yang mumpuni, kita juga bisa kok menggunakan smartphone. Memang mungkin hasil suaranya tidak akan sejernih ketika menggunakan peralatan recording di studio, tapi jangan sampai keterbatasan alat lantas membunuh mimpi kita. #aseeek.

Jika suara yang dihasilkan dari merekam via smartphone masih kurang enak didengar, kita bisa melakukan editing untuk memperbaiki kualitas suaranya. Untuk smartphone, kita bisa mendownload aplikasi audio editing di playstore. Ada juga software untuk audio editing yang bisa kita gunakan, seperti:
- Audacity (Mac & PC) --> gratis
- GarageBand (Mac) --> gratis
- Adobe Audition (Mac & PC) --> berbayar (bulanan) 

3. Mikrofon
Ada beragam jenis microphone yang bisa kita gunakan. Pilih saja sesuai kebutuhan.

4. Yang terakhir, publikasikan podcast kita ke beberapa Directory Podcasting, seperti: iTunes (Apple Podcast), Spotify, Google Play Music, Stitcher, TuneIn, Spreaker, Blubrry, atau SoundCloud. Atau, kalau ingin lebih simpel, kita bisa submit ke anchor.fm, karena dari Anchor, Podcast kita bisa langsung terdistribusi ke berbagai Directory Podcast di atas.
 
Arisan Ilmu Emak Blogger Solo
#ArisanIlmu KEB, Mengenal Podcast dan Voice Over.

Baiklah, itu dia sedikit yang bisa saya tangkap dari hasil belajar di Arisan Ilmu KEB kemarin. Sudah ada gambaran kan, apa itu Podcast, lalu bagaimana cara membuat Podcast, apa saja yang diperlukan ketika ingin membuat Podcast, dan di mana saja kita bisa mendistribusikan Podcast? Jika ada kekurangan, saya mohon maaf, yaa.. Untuk yang mau tanya-tanya tentang Podcast, bisa langsung hubungi Mak Sara Neyrhiza di website beliau: http://www.saraneyrhiza.com/ atau di IG beliau: @neyrhiza



Sumber referensi lainnya:

- http://submitclimb.com/apa-itu-podcast-dan-bagaimana-cara-membuat-podcats

 

4 comments :

  1. Mantab. Diulas lengkap oleh Mak Arin..
    Semoga bisa tertarik ngepodcast juga ya Mak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah, Mak.. Tapi bingung mau bahas apa. Hihi..

      Delete
  2. Saya termasuk suka dengerin podcast, sambil beberes, sambil masak, sambil olahraga jogging. Emang asyik karena kita bisa milih topik yang kita dengarkan. Sering jadi melihat perspektif baru dari pandangan orang-orang terhadap sesuatu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum terbiasa, Mbak.. Tapi memang, semakin banyak mendengarkan, kita jadi kaya akan wawasan dan bisa menilai sesuatu dari berbagai sudut pandang yaa..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan. Komentar yang menyertakan link hidup, mohon maaf harus saya hapus. Semoga silaturrahminya membawa manfaat ya...

Community

Designed By OddThemes | Distributed By Blogger Templates