Dari Janda Bolong Hingga Sri Rezeki, Tanaman yang Sedang Populer Saat Ini


Iseng banget nulis ini karena saya memang sedang memimpikan rumah yang penuh dengan tanaman hias. Saya jadi sering mencari tahu tanaman apa yang sedang populer saat ini. Ya, meskipun impian memiliki taman yang penuh dengan tanaman hias itu belum kesampaian sih. 

Tapi ngga apa-apa, siapa tahu setelah menuliskan di sini, Allah memberikan rezeki berupa taman mini yang indah di depan rumah. Ya kan?

Lalu, apa saja sih tanaman yang sedang populer saat ini? Ini saya simpulkan dari beberapa akun yang menjual tanaman hias di Instagram, yaa ... 

1. Janda Bolong (Monstera)

Monstera alias Janda Bolong
Monstera / Janda Bolong, Sumber : Florauna

Nama Indonesia-nya unik, ya? Janda Bolong, wkwkwk... Tapi memang, tanaman ini dikenal karena bentuk daunnya yang bolong-bolong. Hmm, untung ngga dinamain Sundel Bolong. #Ups

Sebenarnya tanaman Monstera sudah populer sejak tahun-tahun lalu. Ingat ngga, Monstera plastik sempat banyak digunakan sebagai properti foto? Sampai saat ini pun demam Monstera masih berlanjut. Harganya juga masih cukup tinggi di pasaran.


2. Pisang-Pisangan (Heliconia)

Pisang-pisangan / Heliconia
Pisang-pisangan (Heliconia), Sumber : Tokopedia

Suami berkeinginan untuk menjadikan tanaman ini sebagai tanaman pagar. Memang, kami butuh tanaman yang bisa tumbuh dengan rimbun dan tinggi, agar pandangan dari luar tidak langsung tembus ke dalam. Saya, yang saat itu menginginkan bambu air, tentu tidak setuju. Namun, ketika tahu bahwa tanaman ini sedang "naik daun", saya memutuskan untuk seiya sekata dengan suami. Apalagi, tanaman bambu air membutuhkan tempat yang sejuk dan lembab, sedangkan tanah depan rumah sepertinya lebih cocok dengan pisang-pisangan karena langsung menangkap cahaya matahari. Kondisi seperti ini kurang ideal untuk tanaman bambu air.


3. Lidah Mertua (Sansevieria)

Tanaman yang sedang populer saat ini
Sansevieria / Lidah Mertua, Sumber : Wikipedia

Tanaman ini bisa dibilang tak lekang oleh waktu. Sejak dulu sudah populer, meski harganya tidak semahal tanaman-tanaman populer lainnya. Mungkin ini dikarenakan perawatannya yang mudah, bahkan meski kita tidak rutin memupuk atau menyiraminya, tanaman ini akan tetap tumbuh dan berkembang biak. 

Namun, jika mendapatkan perawatan yang baik, lalu ditanam di dalam pot yang cantik, tentu Lidah Mertua ini akan semakin menarik.


4. Kaktus Koboi

Tanaman yang populer saat ini
Kaktus Koboi, Sumber : Pinterest

Tanaman ini harganya gila-gilaan. Semakin tinggi semakin mahal, bisa mencapai belasan juta. Sebenarnya perawatannya tidak sulit, bahkan kita cukup menyiramnya dua minggu sekali, karena jika media tanamnya terlalu lembab, kaktus akan mudah membusuk. Namun, pertumbuhan Kaktus Koboi amat lambat. Inilah yang membuat harganya mahal. 


5. Kuping Gajah

Tanaman Kuping Gajah
Tanaman Kuping Gajah, Sumber : Tokopedia

Bisa dibilang, Kuping Gajah adalah tanaman kenangan bagi saya, karena setiap melihat tanaman ini, saya jadi teringat almarhumah ibu. Dulu waktu masih kecil, di tahun 90an, ibu punya pot-pot tanaman hias dan salah satunya ada kuping gajah. Tiga dekade berlalu, dan kini tanaman ini kembali populer. Apalagi setelah booming home decoration with plants


6. Tanduk Rusa

Tanaman tanduk rusa
Tanduk Rusa, Sumber : Tokopedia

Sama seperti Kuping Gajah, Tanduk Rusa juga merupakan tanaman kenangan. Tanaman ini biasa ditanam dengan cara digantung. Dulu, oleh almarhumah ibu, tanduk rusa ditaruh di tiang-tiang di teras rumah. Ada juga yang ditempelkan di batang pohon rambutan dan mangga.

Oya, tanduk rusa juga menjadi background acara akad nikah saya 10 tahun yang lalu. Wkwkw, ngga penting ya? :)


7. Sri Rezeki (Aglaonema) 

Aglaonema
Sri Rezeki (Aglaonema), Sumber : tanamancantik.com

Sempat sangat populer di awal 2000-an, Aglaonema kembali moncer belakangan ini. Tanaman yang juga dikenal dengan nama Sri Rezeki ini memiliki berbagai jenis varian. Warna daunnya bermacam-macam. Saya sendiri ngga hafal, hehe... Yang dimiliki ibu, dulu, adalah yang berwarna hijau kekuningan. 

Konon, tanaman ini akan tumbuh dengan baik jika tidak terkena matahari secara langsung. Media tanamnya juga harus selalu dijaga kelembabannya, jadi, kita harus rajin menyiraminya, minimal satu kali sehari.


Baiklah, itu dia 7 tanaman yang sedang populer saat ini, yang cantik juga untuk dijadikan penghias rumah ala-ala plant decoration. Eh, jadi penghias instagram juga oke, lho! Hihi ... Kalian sudah punya yang mana saja nih? :)



22 comments :

  1. terus terang.. aku ngga punya semua di Tangerang. adanya pohon mangga besar, pohon salam, pohon duren dulu ada tapi karena posisinya terlalu dekat dia jadi cebol terus dipotong deh .. seneng yaaa punya tanaman lucu lucu gini, kayaknya teras jadi asri

    ReplyDelete
  2. aku lagi nyoba namen2 nih. mudah2an ga pada mati. karna udah dua kali nata taman, semuanya isdet hahaha.
    etapi skr ga serampangan lagi krna dibantu tetangga yg demen mengkritik kalo akunya malas :D

    ReplyDelete
  3. Kubelum pernah lihat Tanduk Rusa. Unik ya.
    Kalo kaktus gendut2 itu, ada teman yang pelihara. Memang ya, tanaman seperti ini ada trend-nya juga.

    ReplyDelete
  4. Baru punya yang sejenis Sri Rejeki :)
    Bagiku, memandang tanaman atau bunga mendatangkan perasaan damai.

    Jadi, meski halaman depan tak terlalu luas, aku bela-belain tanam beberapa bunga seperti asoka dan sejenis aglaonema

    ReplyDelete
  5. Asyik kalau koleksi tanaman lengkap kap kaaappp
    Lumayan bisa mengurangi panasnya hawa kota Surabaya sih Mak
    Ini di teras rumah ibu mertuaku, juga ada beberapa koleksi tanaman yg Mak Arin sebutkan d artikel

    ReplyDelete
  6. Ya ampun unik-unik mba nama tanaman versi Indonesia. Terutama itu si Monstera jadi Janda Bolong,hihi.. Banyak lho yang jual versi hiasannya buat properti foto flatlay, soalnya bentuk daunnya bagus, artsy banget. Hehe.

    ReplyDelete
  7. Beberapa waktu lalu Lidah Mertua sempau=t agak susah dicari karena instruksi gubernur DKI yang meminta di sekolah ada tanaman ini untuk mengurangi polusi Jakarta. Murid-murid diminta membawa pohon ini.

    Sempat ramai di WAG karena jadinya agak susah mencarinya saking banyak yang cari. Kalaupun ada di tukang pohon harganya jadi agak naik. Untung di rumah ada beberapa pot. Jadi tinggal angkut aja buat dibawa ke sekolah :D

    ReplyDelete
  8. Nama tanaman emang unik2 ya.. bentuk tanamannya juga unik.. Aku punya bbrp nih diantara 7 tanaman ini.

    dianesuryaman dot com

    ReplyDelete
  9. Kok pas banget aku lagi nyari tanaman di rumah tapi masih binggung kayak gimana ya. Duh janda bolong aku kira apaan teryata. Hehhe

    ReplyDelete
  10. Lho kamu ngikutin akun IG apa Mbak yang ada tanaman hiasnya? Aku kurang telaten sih merawat tanaman itu. Suka nanam tapi jarang disiram. Akhirnya pada mati. Duh mesakke! (tanamannya yang mesakke)

    ReplyDelete
  11. Aku punya lidah mertua di rumah tapi tanam di teras. Kalo di taroh di pot dan dalam ruangan bagus juga ternyata ya. Apa harus sering bawa keluar kena sinar matahari ya?

    ReplyDelete
  12. Kirain janda bolong tuh apa, ternyata monstera ya, hihihi...
    Saya enggak punya apa-apa, malas ngerawatnya, hehe...

    ReplyDelete
  13. Alhamdulillah sudah beberapa jenis yang diaebutin di atas ada di halaman termasuk Lidah mertua wkakak lucu ya namanya, sama sansevieria.

    ReplyDelete
  14. Enggak punya satupun mbak..duh
    Dulu seneng banget nanam tanaman hias, karena rumah dinas itu halamannya luaaaas.
    Pas di rumah sendiri, areanya lu lagi lu lagi hihi
    Jadilah nanam di luar pagar (pinghir jalan) pohon buat penghijauan dan seger"segeran, ada mangga dan jambu biji.
    Terus di halaman, pohon mangga, pohon daun jeruk, pohon daun salam dan beberapa kembang.

    ReplyDelete
  15. Wah itu tanaman aku tau semua bentuknya tapi baru kali ini tau namanya haha. Soalnya di rumah ibuku ada beberapa tanaman itu. Kalau aku gak terlalu telaten rawatnya, palingan aku nanem belimbing wuluh aja di rumah hehe

    ReplyDelete
  16. Aku gak punya semua mba. Dan kepengen banet bawa kaktus koboi dan sri rezeki dari kampung nene..komplit sekali tanaman disana..

    ReplyDelete
  17. Yg paling booming sih jnda bolong buat foto mba... Dan aku Blum punya ... Mau nanam tanah sudah penuh euy sama pohonan mau d pot ceitanya

    ReplyDelete
  18. Kukira baca dr judulnya janda bolong mau bahas soal film, gak taunya tanaman :D
    Dan aku taunya Monstera, ternyata nama bahasa Indonesianya Janda Bolong ya :D

    ReplyDelete
  19. Namanya aneh & unik ya tanaman. Hati-hati sam alidah mertua katanya hahaha padahla sih nama tanaman ya. Duh rumahku gak ada tanaman kaya gini nih

    ReplyDelete
  20. lidah mertua punya saya sudah tua. saya potong dan rendam air. selama seminggu, akarnya keluar. tanam deh...jadi banyak kan

    ReplyDelete
  21. Ketujuh tanaman di atas memang paling pas untuk dijadikan hiasan di rumah yah terutama yang bunga kaktus koboi aku paling suka. Btw unik ih nama tanaman yang pertama, hahaha

    ReplyDelete
  22. Saya paling suka sama di janda bolong hehehe, di rumah ada tuh tanaman ini.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan. Komentar yang menyertakan link hidup, mohon maaf harus saya hapus. Semoga silaturrahminya membawa manfaat ya...

Community

Designed By OddThemes | Distributed By Blogger Templates