Dibuang Sayang, Makanan Sisa Diapakan?

Friday, September 2, 2016


Ada satu gaya hidup orang-orang di kampung asal saya, dan mungkin juga menjadi gaya hidup orang-orang di kampung lainnya, yaitu memelihara unggas seperti ayam dan menthog dengan tujuan agar makanan yang tersisa tidak menjadi mubadzir. Seperti yang tertuang dalam Q.S. Al-Isra’ ayat 27; “Sesungguhnya orang-orang yang mubadzir itu adalah saudara setan dan setan itu sangat ingkar kepada Tuhannya.” Maka, memelihara ayam adalah solusi yang memiliki dobel keuntungan. Keuntungannya tentu saja selain makanan sisa jadi jelas akan diapakan, juga materi yang dihasilkan dari memelihara unggas ini. Bisa dijual atau untuk konsumsi pribadi.

Nah, masalahnya sekarang, setelah lahan semakin sempit, ditambah populasi manusia yang semakin banyak, gaya hidup ini jadi sulit untuk dilakukan. Mau pelihara ayam, khawatir baunya akan mengganggu tetangga sekitar. Mau pelihara menthog, khawatir kebiasaan pup-nya yang sembarangan, bisa mengancam keharmonisan dengan tetangga sebelah. Hal ini yang membuat orang-orang sekarang mulai meninggalkan kebiasaan memelihara unggas.

Lalu, apa yang bisa dilakukan untuk meminimalisir kemubadziran?
1.       Sisa nasi, keringkan. Memasak nasi seperlunya saja. Jika sisa, keringkan. Seteah terkumpul banyak, bisa diberikan atau dijual pada tetangga yang memelihara unggas.
2.       Sisa sayur, hangatkan.
3.       Sisa lauk, daur ulang.
4.       Berbagi dengan tetangga. Ini juga sekaligus untuk menciptakan kerukunan antar tetangga. Saya jadi ingat pepatah, "Pagar mangkuk lebih aman dibanding pagar besi." Bukankah tetangga adalah saudara kita yang paling dekat? 

      Akan tetapi, jika kita kurang percaya diri dengan masakan sendiri --ini pengalaman pribadi--, berbagi dengan tetangga terkadang bukan menjadi solusi. Hehe, daripada malu, ya ‘kan? Jadi, solusi selanjutnya adalah menghangatkan atau mendaur ulang.

Saya belum pernah mendaur ulang sayur, karena pada dasarnya saya memang kurang kreatif, hehe.. Tapi kalau lauk atau sambal, sering.

Ini salah satunya. Sisa tempe goreng saya olah menjadi kering tempe.

sisa tempe goreng
Aduh maaf yaaa... Kemarin kelupaan mau fotoin kering tempenya. Pas inget pas udah mau habis. >_<

kering tempe yang tinggal seuprit

Sisa sambal, biasanya saya pakai untuk menumis kangkung, buncis, atau bahkan saya jadikan bumbu nasi goreng untuk sarapan pagi. Nasinya juga biasanya dari nasi sisa kemarin. Hehe, lumayan kan bisa berhemat juga. Cabe kan kadang kalo pas mahal, harganya kebangetan. :D




Tapiii, ngomong-ngomong tentang menghangatkan sayur, kita mesti hati-hati loh yaa.. Kita harus tahu sayur apa yang tidak boleh dipanaskan ulang, seperti bayam misalnya. --selain bayam, apa lagi ya? ada yang tahu?--

Minggu lalu, bapak saya jatuh sakit. Usut punya usut, rupanya ini bermula karena beliau ceroboh dalam hal makanan. Mentang-mentang sayurnya enak dan masaknya banyak, beliau setiap hari makan sayur yang dihangatkan itu. Yaa, maklum, bapak saya tinggal sendirian di Purworejo sana karena ibu sudah tiada. Jadi, beliau memang memasak makanannya sendiri, karena terkadang beliau kurang cocok dengan masakan warung.

Nah, kebetulan beliau ini penyuka sayur gori. Gori atau nangka mudanya bisa petik di samping rumah. Bisa dibayangkan kan, sebutir nangka muda itu kalau disayur akan jadi sebanyak apa. Ditambah beliau tinggal sendirian, jadi yang makan sayur itu ya hanya bapak saja seorang. Jadilah sayur gori itu tak habis-habis dan harus dihangatkan sampai berhari-hari. Inilah yang bapak konsumsi sebelum sakitnya itu.

Kemarin waktu saya pulang untuk menjenguk bapak, saya pun mencereweti beliau. “Pokoknya kalau masak sedikit-sedikit aja. Kalau lagi malas masak, beli sayur mateng. Jangan lupa makan buah juga. Makannya harus teratur, oke?” begitu pesan yang terus menerus saya ulangi.

Kalau ingat bapak rasanya kasihan ditinggal sendiri. Tapi saya juga punya kewajiban di Solo sebagai seorang istri. Bapak siii, ngga mau disuruh nikah lagi. Ah, kenapa jadi curcol begini? >_<

Jadi, saya setuju dan sebenernya terinspirasi dengan tulisan Mak Maya Siswadi yang berjudul "Makanan Sisa, Diolah Lagi atau Dibuang?". Karena selain berhemat, mendaur ulang makanan juga menghindarkan kita dari berkawan dengan setan --serem yak?--. Selain itu, tidak membuang-buang makanan juga sebagai bentuk dari rasa syukur, bukan? 




22 comments

  1. Betul itu, sebagai ibu kita dituntut untuk kreatif ya (padahal yang ngomong sendiri kurang kreatif) >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha..Mbak Ran bisa masak po? :p

      *padahal aku aja ngga bisa masak. Koq ngece orang. :v

      Delete
  2. wah , makanya setelah anak2 gaka da di rumah aku mah jarang masak beli di luar jadi gak ada sisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo sendirian memang lebih murah dan lebih praktis beli ya Mba..

      Delete
  3. Mba Arin Uti sepaham dengan mmba Arin. Kalau sambal fleksible biasa buat numis, nasi goreng atau oseng apa lah yang membutuhkan rasa pedas sedikit. Kalau si tempe bisa untuk sambel tumpang atau dioseng campur buncis atau kacang panjang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah iya.. Tumpang yaa.. Blm pernah masak, dan belum bisa tii.. Kapan2 ajari yaa..hihi

      Delete
  4. Kalau sambel biasanya sy bikin bumbu nasi goreng

    ReplyDelete
  5. Azaz hemat dan bermanfaat berlaku di sini.
    Sama aja ternyata ya. Tapi biasanya makanan sisa yg setelah diolah yag makan saya dan suami. Buat anak-anak selalu makanan baru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba.. Kebetulan Amay Aga ngga bisa pedes juga sih.. Hehe..

      Delete
  6. Aku juga gitu. Tapi berhubung ada ayam..seringnya masuk kandang ato kolam. Suamiku tipe yang nggak suka sayuran daur ulang...apalagi anak2..nggak mau blas. Jadinya klo mbuat masakan daur ulang..kok yang makan aku sendiri...

    ReplyDelete
  7. Wah ide bangus mba, hahahha aku baru kepikiran lo setlah baca ini, biasanya paling diangetin doang atau kalau males ya dibuang gitu aja >.<

    ReplyDelete
  8. kalau masih bisa dimanfaatkan diolah lagi ya mak, sayang dibuang hehe

    ReplyDelete
  9. podo plek, tempe goreng udah lama, takjadiin kering hihi
    klo yang berkuah ini yang angel mb rin *tante mbul nda sanggup

    ReplyDelete
  10. Kalo di daerahku, nasi yang dikeringkan itu bisa dijadikan camilan loh Mba Arin, tinggal diolah dan dicampur gula merah jadi deh camilan lezat :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan. Komentar yang menyertakan link hidup, mohon maaf harus saya hapus. Semoga silaturrahminya membawa manfaat ya...