Beberapa Referensi Model Kebaya yang Cantik dan Everlasting


Bulan Syawal biasanya banyak undangan pernikahan. Kenapa banyak yang menikah di bulan Syawal? Karena, menikah di bulan Syawal adalah sunnah Rasulullah SAW. Ya, Rasulullah menganjurkan menikah di bulan Syawal untuk membantah keyakinan orang-orang Arab jahiliah yang menganggap bahwa pernikahan di dua Id (Idulfitri dan Iduladha) dapat mengakibatkan kesialan atau perceraian. Rasulullah SAW sendiri menikahi Aisyah radiyallahu 'anha pada bulan ini.

Makanya, semakin banyak orang yang mengimani Sunnah Rasulullah ini, maka semakin banyak pula orang-orang yang memutuskan menikah di bulan Syawal dan Dzulhijjah. Seperti lagu yang ini nih,

E ujan gerimis aje
Ikan bawal diasinin
E jangan menangis aje
Bulan Syawal mau dikawinin

Hihi..

Nah, karena banyak yang menikah, biasanya kita akan menyiapkan baju untuk dipakai ke pesta pernikahan, ya kan? Apalagi kalau yang menikah adalah saudara atau sahabat kita, biasanya kita dikasih kain untuk dipakai saat jadi bridesmaids, tul nggak?

Trus, pusing deh. Ini kain mau diapaaaiiin, ya? Mau model yang kayak gimana nih?

Well, kayusirih  sudah mengumpulkan beberapa model kebaya dari Instagram, dan mungkin ini bisa jadi referensi untuk kalian yang saat ini sedang kebingungan.


* Kebaya Dipadukan dengan Celana Panjang? Tetap Anggun, Sis!

Beberapa di antara kalian mungkin udah stres duluan kalau disuruh pakai kebaya. Ngebayanginnya aja udah ribet, takut nggak bisa bergerak dengan leluasa, dll. Iya, memang biasanya kebaya dipadukan dengan rok, dan ini cenderung membatasi gerak kita. Tapi ternyata, memadukan kebaya dengan celana panjang pun oke juga, lho!

referensi model kebaya muslimah
Referensi Model Kebaya Muslimah, via Instagram @putrimelatii

Terserah kalian mau pakai celana panjang dengan pipa besar atau kecil. Sesuai selera aja.

referensi model kebaya muslimah
Referensi Stellan Kebaya, via Instagram @amr_the_label

referensi model kebaya muslimah
Referensi Stellan Kebaya Muslimah, via Instagram @ndsfashion_

Tuh, tetap manis kan?

Model seperti ini cocok buat kalian yang tomboi, atau untuk emak-emak yang masih punya anak yang aktif. Jadi meski berkebaya, kita masih bisa kejar-kejaran sama anak-anak, hihi...


*Bereksperimenlah dengan Menambahkan Detail Unik di Area Lengan

Ternyata, penambahan aksen di lengan bisa membuat kebaya yang kita kenakan menjadi lebih menarik, lho! Coba lihat referensi kebaya di bawah ini deh. Cantik ya?

referensi model kebaya muslimah
Referensi Model Kebaya, via Instagram @prilaprissilia

*Kebaya Tidak Harus Membentuk Tubuh. Potongan Longgar juga Oke.

Siapa yang males pakai kebaya karena takut gerah? Selain bisa disiasati dengan memilih kain furing yang adem, kita juga bisa membuat kebaya dengan potongan yang longgar seperti yang dikenakan oleh artis Raya Kohandi ini, supaya saat memakai kebaya kita tetap bisa merasa nyaman. Potongan seperti ini juga cocok untuk anak-anak, lho... Emesh banget nggak sih? ^_^

referensi model kebaya cantik
Referensi Kebaya Potongan Longgar, via Instagram @rayakohandi244

*Jadikan Kain Brokat atau Kain Tile sebagai Outer / Rompi

Serius, ini model yang sangat simpel, tapi anggun banget. Kita hanya perlu memakai dress berbahan polos, lalu kenakan outer yang berbahan kain tile motif atau kain brokat. Kain tile atau kain brokat yang akan dijadikan outer nggak perlu dikasih furing lagi. Pinter-pinter aja pilih motif dan warnanya, sesuaikan dengan dress yang kita pakai. Selesai. ☺

Oya, outer-nya bisa dijahit sekalian di bagian bahu. 

referensi model kebaya muslimah
Referensi Model Kebaya, via Instagram @butik.purwaningsih

*Tambahkan Kain Tile Polos

Model dua kebaya gamis di bawah ini mirip banget, yaa... Di bagian lengan menggunakan aksen lengan terompet dengan kain tile motif, dan bagian lutut ke bawah dihiasi dengan kain tile polos.

Cantiiiik.... ❤❤❤

Kalian suka nggak?

referensi model kebaya muslimah
Referensi Model Kebaya Muslimah, via Instagram @dealova_id

referensi model kebaya muslimah
Referensi Model Kebaya Muslimah, via Instagram @ndsfashion_

Baiklah, itu dia beberapa referensi model kebaya yang cantik dan everlasting, yang bisa kalian pakai untuk ke pesta, atau untuk seragaman saat lebaran. Kalian suka yang mana? Memang yang terangkum di sini adalah model-model yang kayusirih suka, dan ini sangat subyektif. Tapi semoga selera kita nggak jauh beda, yaaa... Hihi... Oke deh, selamat kondangan, ya, teman-teman!





19 comments :

  1. Uwuwuwuuu.... Cantiik banget kebayanyaaa. Walopun berhijab, siapapun tetap bisa tampil anggun, kece dan memesona.
    Makasiii udah ngasih ide cihuy ini ya Mak

    ReplyDelete
  2. ya ampun iya ya, bagus sekarang kebaya, malah ky long dress gtu ya. hahaha bener banget syawal banyak yg nikah 😂

    ReplyDelete
  3. Hm...sangat mengkoreksi pengertianku akan model kebaya..hehe.. Kebaya modern jadinya tak beda modelnya dengan jenis atasan lain bahkan longdress ya.. apakah pembedanya hanya pada bahan Lace saja??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mak.. Istilah kebaya sekarang mengalami pergeseran, yaa.. Kalau dulu, yang dinamakan kebaya adalah blus tradisional yang terbuat dari bahan tipis yang dikenakan dengan sarung, batik, atau pakaian rajutan tradisional lainnya seperti songket dengan motif warna-warni. Sementara zaman sekarang, desainnya sudah berkembang. Asal ada bahan lace, sudah bisa dinamakan kebaya.

      Ya mungkin karena cara berbusana kita juga sudah banyak mengalami perubahan ya, Mak?

      Delete
  4. Sekarang, model2 kebaya itu keren2 banget. Bisa bergaya seperti gaun yang modern dan classy banget ya. Buat muslimah juga desainnya cantik dan syar'i. Bangga deh dengan ebaya Indonesia.

    ReplyDelete
  5. Yap pas banget aku lagi nyari model kebaya buat nikahan keponakanku bulan depan. Makasih referensinya ya mba. Aku naksir kebaya muslimahnya bagus

    ReplyDelete
  6. warna kebayanya warna adem semua. Kalau disuruh milih mana yang suka, suka semua sepertinya *emak2 maruk* :D .
    Kebaya sudah ga harus dengan kemben di dada lagi, modifikasi cantik sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan pemakainya.

    ReplyDelete
  7. Kebaya memang bikin gerah makanya butuh d alaman yang bisa menyerap keringat agar kala dipakai kondangan kita tetap tampil PD. Saya suka semua model kebaya di atas, tetapi yang paling saya suka adalah yang warnanya tidak mencolok. Warna abu-abu kesannya adem.
    Kalau kebaya dipadupadankan dengan celana panjang model apa saja bagi saya itu lebih menyenangkan karena memberi keleluasaan bagi pemakai.

    ReplyDelete
  8. Wah gamis kebaya yg terakhir fotonya langsung ta simpen. Lumayan buat referensi ke tukang jahit. Suka sama modelnya

    ReplyDelete
  9. Sekarang ini, kebaya udah banyak modifikasinya yaa, gak melulu yang ketat dan terbuka lagi. Sekarang sudah banyak kebaya yang longgar tapi tetap cantik dan anggun 😍👍

    ReplyDelete
  10. Model kebaya nya cakep-cakep mbak....cocok dipakai acara nikahan. Kalau dulu asumsi kita tentang kebaya selalu dipadukan dg bawahan berupa kemben atau jarik yang dikasih stagen, sprti pakaiannya RA Kartini ya....tp jaman skrg kain kebaya bisa dibentuk aneka model dan dipadukan dg celana. Manis bgt dipakai.

    ReplyDelete
  11. Kebaya sekarang jd macam2 bentuknya ya jd lbh kreatif nih orang2 zaman skrg. Hihi

    ReplyDelete
  12. Kak Arinta jago banget deeh...soal fashion.
    Aku dulu suka banget pakai kebaya...karena selain kebaya sebagai identitas, dengan make kebaya juga menjadi makin classy-elegan gitu..
    Hehehee...jahitnya di tetangga sendiri juga..

    ReplyDelete
  13. Ga tau kenapa suka banget liat orang pakai kebaya tapi semenjang menggemuk aku ga pede pakai kebaya huhu.

    ReplyDelete
  14. Wah kak makin ke sini kebaya makin cakep cakep bener yah. Modelnya beragam dan bisa dipadu-padankan dengan bawahan lain kaya celana dan rok gitu. Bisa deh nih comot satu idenya buat kebaya lamaran *eh wkwk

    ReplyDelete
  15. itu brokat cuma dibikin outer udah secakep itu ya marimar, hihiii jadi kepingin jga minta dibeliin brokat tapi yang corak bordirnya tuh minimalis gitiu, cakep ya. Pernah dikasih sama ibu brokat tapi coraknya besar gitu dan jadi kesannya aku tuh bukan anak kecil, heheee. Referensi banget buat khitanan keponakan.

    ReplyDelete
  16. Masih punya kain kebaya yang belum dijahit karena sempat bingung, soalnya saya sehari-hari pake gamis sementara kebaya kan identik dengan atasan dan bawahan. Etapi setelah liat postingan ini dapat inspirasih deh model kebaya yang saya inginkan. Btw thanks referensinya ya Mbak..., mencerahkan sekali nih😄

    ReplyDelete
  17. Seleraku soal kebaya nggak jauh beda mba dengan seleramu. Satu aja yang jadi masalah, itu kenapa model kebayanya orangnya langsing2 semuaaa... Mereka mah dipakein model apa aja pasti kelihatan cantik :)) *curcol akut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakakakaka, samaan sih kita, Mbak.. Pakai yang longgar aja, biar nggak nyembul lemaknya. Wkwk..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan. Komentar yang menyertakan link hidup, mohon maaf harus saya hapus. Semoga silaturrahminya membawa manfaat ya...

Community

Designed By OddThemes | Distributed By Blogger Templates