Beberapa Ide Berbagi Kebaikan di Bulan Ramadan


Bulan Ramadan adalah bulan penuh rahmat dan ampunan. Menurut Wikipedia, Ramadan berasal dari akar kata bahasa Arab yaitu ramida atau ar-ramad, yang berarti panas yang menghanguskan atau kekeringan. Al-Qurthubi menjelaskan dalam Tafsir Al-Qurthubi 2/291, "Dinamakan bulan Ramadhan karena ia menggugurkan/membakar dosa-dosa dengan amal shalih." Maka wajar jika umat muslim berlomba-lomba untuk berbagi kebaikan di bulan yang mulia ini.

Nah, kayusirih punya beberapa ide berbagi baik yang bisa teman-teman lakukan untuk menambah amalan baik di bulan Ramadhan. Ya, selain amalan-amalan wajib yaitu shalat dan puasa, ada hal-hal yang mungkin terlihat kecil bagi kita, namun jika kita ikhlas melakukannya, insya Allah kita akan memperoleh keberkahan.

1. Mendoakan Orang Lain

Berdoa merupakan salah satu ibadah termudah. Dan doa orang yang berpuasa, adalah salah satu dari tiga golongan doa yang tidak tertolak. Maka dari itu, manfaatkanlah momentum ramadan ini untuk berdoa sebanyak-banyaknya. Allah sudah berjanji bahwa Dia pasti akan mengabulkan doa kita, meski kita tak pernah diberi tahu kapan Dia akan mengabulkannya.

Baca juga : Kapan Do'a Dikabulkan?


doa yang mustajabah


Nah, setelah mengetahui keutamaan berdoa di bulan ramadan, jangan pelit untuk mendoakan sesama, ya, teman-teman. Ibarat pepatah, sekali dayung dua tiga pulau terlampaui, mendoakan orang lain tanpa sepengetahuan orang yang didoakan, sesungguhnya memiliki makna yang sama. Tak hanya bemanfaat untuk orang yang didoakan saja, namun doa itu pun akan kembali kepada kita.

Rasulllah SAW bersabda, "Tidak ada seorang hamba Muslim yang berkenan mendoakan saudaranya tanpa sepengetahuan yang didoakan kecuali malaikat mendoakan orang yang berdoa tersebut dengan kalimat 'Kamu juga mendapat sama persis sebagaimana doa yang kamu ucapkan itu'." (HR Muslim: 4094)

2. Memudahkan Urusan Orang Lain

Terkadang, untuk menunjukkan superioritas, seseorang kemudian mempersulit urusan orang lain. Padahal sikap seperti ini merupakan suatu contoh kemudharatan. Ada dua bentuk kemudharatan yang harus kita tahu dan sebisa mungkin harus kita hindari, yaitu;

- Bentuk pertama --> Menghalangi mashlahat yang seharusnya diterima oleh orang lain.
- Bentuk kedua --> Memberi kemudharatan secara langsung kepada orang lain, seperti mengganggu atau menyakiti atau membuat cemas, dll.

Satu nasihat kecil yang berbunyi "jika tidak mampu membuat orang lain bahagia, setidaknya jangan membuatnya sedih" sebaiknya harus kita jadikan gaya hidup. Jika ini sudah menjadi kebiasaan, insya Allah hidup kita akan lebih tenang dan tentram.

Mari kita isi hari-hari kita dengan kebaikan. Tak hanya di bulan ramadan saja, namun di hari-hari setelahnya juga. Mudahkanlah urusan orang lain, niscaya Allah akan memudahkan urusan kita pula.


Mudahkan urusan orang lain, maka Allah akan memudahkan urusanmu


3. Berbagi Kebaikan, Sekecil Apapun Itu

Sudah menjadi rahasia umum bahwa di bulan ramadan, kebaikan sekecil apapun akan dibalas oleh Allah dengan kebaikan yang berlipat-lipat. Maka dari itu, jika ada rezeki lebih, sisihkan sebagian rezeki itu untuk orang lain yang membutuhkan. Bila perlu hitung harta kita, tunaikan zakat maal-nya.

Seperti KEB Chapter Solo yang insya Allah pada hari Sabtu, 25 Mei 2019 akan menyerahkan donasi dari teman-teman untuk Panti Jompo Aisyiyah yang terletak di Jalan Pajajaran Utara III No 7, Sumber, Kec. Banjarsari, Surakarta. Panti Jompo Aisyiyah ini adalah panti yang menampung lansia yang rata-rata sudah tidak memiliki keluarga, "dititipkan" keluarga karena tidak mampu, atau tunawisma. Mereka tidak dipungut biaya sama sekali, dan menurut informasi, biaya operasional panti jompo ini hanya mengandalkan bantuan dari donatur. 



Ada dua area di panti ini. Satu area untuk lansia yang masih bisa beraktivitas dan satu area lainnya yang merupakan area isolasi, diperuntukkan bagi lansia yang sudah sangat renta/bobrok yang segala aktivitasnya dilakukan di tempat tidur.

Tak hanya donasi uang, kami juga menerima bahan pokok, popok dewasa, perlengkapan mandi, dll. Cek instagram @emakbloggersolo untuk info lebih lanjut, yaa..

Misal di sekitar teman-teman belum ada gerakan penggalangan dana seperti ini, tidak perlu bingung kebaikan seperti apa yang akan kita bagi. Berbagi takjil kepada para tetangga, juga merupakan sedekah. Senyum, salam, dan sapa saat bertemu dengan tetangga juga merupakan sedekah. Menyingkirkan batu di jalan juga merupakan sedekah.

Ya, sedekah itu mudah. Berbagi baik itu mudah. Mari berlomba-lomba melakukan kebaikan, semoga apa yang kita lakukan dapat menjadi bekal saat nafas tak lagi mampu kita hembuskan.




Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan. Komentar yang menyertakan link hidup, mohon maaf harus saya hapus. Semoga silaturrahminya membawa manfaat ya...

Community

Designed By OddThemes | Distributed By Blogger Templates