Bingung Mau Masak Apa? Nih, Bu, Daftar Menu untuk Seminggu

Saturday, December 12, 2020

 

Daftar Menu untuk Seminggu ini dibuat agar saya tak pusing lagi memikirkan menu masakan setiap harinya. Tentunya, menu yang saya buat di sini saya sesuaikan dengan isi kantong saya. Semoga contoh menu mingguan yang saya buat ini bisa bermanfaat, yaa.. ðŸ˜Š

~

Sebagai seorang ibu rumah tangga, PR harian yang tidak bisa saya skip adalah menyiapkan makanan untuk seluruh anggota keluarga. Mencuci atau bersih-bersih rumah masih bisa lah ditunda, tetapi urusan perut yang meronta-ronta? Tentu tidak bisa. Ya masa mau bilang 'hei perut, hari ini kita ngga makan dulu, yaa...', haha...

Meski sesekali terpaksa harus jajan, saya tetap menjadi orang yang bertanggung jawab mengakomodasi keinginan seluruh anggota keluarga, dari suami sampai anak-anak. Tanggung jawab itu sesederhana bertanya, "Papa pengen makan apa? Mas Amay? Adek?"

Ya, seperti itu. Gampang ya kelihatannya? Iya, kalau pas jajan. Tapi kan jajannya ngga setiap hari. Hari-hari lainnya, saya harus memasak agar gaji suami bisa cukup buat sebulan. Jajan melulu tuh boros, cyiiin...

Nah, yang bikin pening adalah ketika harus memikirkan menu setiap harinya. Makin pusing ketika pertanyaan 'pengen dimasakin apa?' dijawab dengan kata 'terserah'. Aaarrghhh... (Tuh ya, netizen yang suka menganggap jawaban 'terserah' itu andalan kaum perempuan, ternyata kata ini lebih sering diucapkan bapak-bapak ketika ditanya mau dimasakin apa. Wwkwkwk...)

Beberapa waktu lalu, saking udah ngga ngerti mau masak apa, akhirnya saya bertanya ke teman-teman arisan link (fyi, grup arisan link terbentuk saat Blogger Perempuan membuat satu kegiatan berupa arisan link untuk member, dengan tujuan untuk membangun backlink). Alhamdulillah, beberapa teman memberi sumbangan ide, walau Mbak Tia menyarankan untuk masak mie. Hahaha... Duh, Mbak Tia...

Mbak Rahayu Pawitri, yang akrab dipanggil Mbak Wiwit, memberikan contoh menu mingguan yang telah ia buat. Akhirnya, siang itu saya memasak menu yang Mbak Wiwit contohkan, dan sorenya, bersama Amay saya menyusun menu seminggu untuk keluarga juga.

Baca Juga: Ide Menu Masakan Sehari-hari untuk Keluarga Selama Seminggu, Bagian 2

Rencana menu untuk satu minggu itu saya tulis dengan tangan, supaya tangan ini kembali terbiasa memegang pulpen. Setelah itu, Mas Amay menghiasnya dengan gambar-gambar. Seperti apa Daftar Menu untuk Seminggu yang saya beri tajuk Menu of Love itu? Ini dia.

Ide Menu untuk Seminggu
Daftar Menu untuk Seminggu

Maaf kalau tulisannya terlalu kecil. Supaya jelas, saya tulis Daftar Menu untuk Seminggu-nya di sini saja, yaa..

Senin

- Pancake

- Lele goreng

- Tahu crispy

- Jamur crispy

- Lalap : timun, kemangi, tomat, atau brokoli rebus

- Sambel terasi


Selasa

- Sayur lodeh

- Tempe goreng

- Dadar telur

- Sambel terasi

- Puding

Btw, rencananya minggu ini saya mau bikin Silky Chocolate Pudding by @sofia_cakery. Kenapa? Karena bahan-bahannya lebih mudah didapatkan dibandingkan resep-resep puding cokelat lainnya. 
 

Silky Chocolate Pudding
Silky Chocolate Pudding by @sofia_cakery

Bahannya: 1 liter susu UHT rasa cokelat, 2 sdm penuh cocoa powder (larutkan dengan sedikit air panas), 1 bungkus nutrijell / agar-agar plain, gula pasir sesuai selera. 

Cara membuatnya sama saja dengan yang lain. Masukkan semua bahan, aduk-aduk sampai rata, lalu masak dengan api kecil. Setelah mendidih, tuang ke cetakan. Setelah panasnya hilang, masukkan saja ke lemari es, karena puding lebih enak dinikmati dingin-dingin. Mau disajikan dengan vla, boleh. Tidak juga tidak apa-apa. 


Rabu

- Bening bayam

- Ayam kecap

- Bakwan Jagung

- Sambel bawang

- Kentang goreng / Risoles mayonaise 

* Ayam kecap sesekali bisa diganti dengan semur daging atau telur balado 

* Bening bayam bisa diganti dengan cah brokoli

Baca; Cara Membuat Risoles Mayonaise (Mayo)


Cara Membuat Risoles Mayonaise
Risoles Mayonaise

Kamis

- Tumis kacang panjang (buncis, labu siam, kangkung)

- Jamur crispy

- Nugget / otak-otak / ayam katsu juga okey

- Pisang goreng / ubi goreng / setup pisang kepok / kolak


Jumat

- Pie susu

- Sayur asem

- Ikan goreng

- Tempe goreng

- Sambel terasi

Pie susu teflon
Pie susu teflon


Sabtu

- Donat

- Sop iga

- Tempe goreng

- Kerupuk udang

- Sambel

- Jeruk anget


Minggu

- Soto ayam

- Perkedel kentang

- Tempe goreng

- Kerupuk udang

- Sambel

- Es tape

Baca; Resep Soto Mie Bogor


Selain memasak nasi, sayur, dan lauk pauk, saya juga biasa membuat aneka cemilan karena keluarga saya memang doyan makan. Variasi cemilan yang biasa saya buat, misalnya: Cilok, cheese stick kentang, pizza, roti bakar, cireng, pisang geprek, dll. Untuk resep cemilan, saya biasa memantau di instagram Yackikuka. 

Baca juga: Ide Menu untuk Buka Puasa dan Sahur

Baiklah, itu dia ide menu untuk seminggu ala saya. Semoga bermanfaat untuk teman-teman, yaa... Oya, saya juga sudah membuat daftar menu masakan sehari-hari untuk keluarga part 2 agar tidak bosan. Daftar menu masakan harian itu bisa teman-teman baca di sini: Ide Menu Masakan Sehari-hari untuk Keluarga Selama Seminggu, Bagian 2.


1 comment

  1. Bun ini sekali masak utk 3 kali makan atau 3 kali masak dlm sehari?

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan. Komentar yang menyertakan link hidup, mohon maaf harus saya hapus. Semoga silaturrahminya membawa manfaat ya...