Gemar Nonton Film Horor? Yuk, Ketahui Manfaatnya Bagi Kesehatanmu!

Thursday, February 11, 2021

 

Ternyata, Film Horor Bermanfaat Bagi Kesehatan
Sumber: pinterest.com

Setelah disibukkan dengan pekerjaan dan rutinitas padat saat hari kerja, nonton film bisa jadi kegiatan menyenangkan untuk mengisi waktu weekend. Ada berbagai genre film yang bisa kita pilih untuk menemani waktu santai. Nonton film horror mungkin bisa dijadikan pilihan. 

Film horor selalu identik dengan sesuatu hal yang menyeramkan, menakutkan dan menegangkan. Sehingga, tidak sedikit orang yang suka mengajak teman atau keluarganya untuk ikut menonton film horor bersama. Meski begitu, film horor tak pernah sepi peminat, bahkan semakin banyak yang penasaran dengan cerita di film horor.

Namun, kalian tahu ngga sih guys, kalau film horor bukan cuma memberikan suasana yang menegangkan saja, tetapi ada segudang manfaat baik dari menonton film horor untuk kesehatan tubuh. Penasaran apa saja manfaatnya? Yuk, cek di bawah ini!

Menurunkan Stres

Manfaat Menonton Film Horor untuk Kesehatan

Kalau kamu sedang merasa stres di waktu-waktu belakangan ini, coba deh nonton film horor. Selain menyenangkan, nonton film horor saat sedang stres juga bisa meningkatkan adrenalin pada tubuh, yang bermanfaat untuk mengurangi stres yang sedang kita alami. Kalau kamu nonton via gadget, coba deh pakai earphone Hippo. Dijamin bakal makin seru!

Baik untuk Kesehatan Otak

Manfaat Menonton Film Horor

Ini dapat terjadi karena film horor bisa memicu otak untuk melepaskan senyawa kimia seperti glutamat, serotonin dan dopamin. Tak hanya itu, saat menonton film horor ada adrenalin yang dilepaskan dan punya efek anestesi seperti obat yang sangat baik untuk kesehatan mentalmu, sebab bisa mengurangi tingkat stres yang kita rasakan.

So, kalau kamu sedang merasa tertekan atau sedang bersedih, coba pilih film horor untuk membantumu melepaskan segala emosi. Nyalakan laptopmu, dan jangan lupa siapkan headset Samsung andalanmu.

Membakar Kalori dalam Tubuh

Manfaat Menonton Film Horor Bagi Kesehatan

Selain dengan berolahraga, kita juga bisa membakar kalori dalam tubuh dengan menonton film horor, lho! Ini tentu bisa jadi solusi yang tepat buat kamu yang mager-an. 

Kok bisa? Jadi, ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa menonton film dalam waktu 90 menit, dapat membakar 113 kalori dalam tubuh. Ini setara dengan berjalan kaki selama 30 menit. Wow! Semakin seram dan menegangkannya film horor yang ditonton, maka semakin banyak pula kalori yang terbakar. 

So, untukmu yang ingin menghibur diri sekaligus menurunkan berat badan, kamu bisa mendapatkan keduanya hanya dengan menonton film horor.

Mengurangi Rasa Cemas dan Takut

Manfaat Menonton Film Horor Bagi Kesehatan

Film horor identik dengan sesuatu yang menyeramkan dan kerap membuat kita ketakutan. Namun, sebuah penelitian menunjukkan bahwa menonton film horor bisa mengurangi rasa cemas dan takut itu sendiri. Menurut Dr. Matthias Clasen, yang dilansir oleh Media Careful di sebuah wawancara Broadly, film horor membantu seseorang mengatasi kekhawatiran yang dialami. Hal ini membuat otak kita memiliki kesempatan untuk mengatasi kecemasan.

Tak hanya itu, ada juga studi yang mengungkapkan bahwa dengan menonton film horor, kita akan  lebih mampu mengendalikan rasa takut dan membangun rasa percaya diri.

Oya, aku punya channel horor favorit di YouTube, lho... Coba baca ini: 3 Channel Horor di YouTube Favorit Kayusirih

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat Menonton Film Horor Bagi Kesehatan

Menonton film horor bisa meningkatkan kekebalan tubuh? Yup, seperti yang dikatakan oleh ahli imunologi dari University College London, Natalie Riddell, yang mengatakan bahwa hormon adrenalin yang didapatkan sebagai sebuah respon fight or flight ketika sedang menonton film horor, dapat merangsang kekebalan tubuh seseorang menjadi lebih kuat.

Saat menonton film seram, sel darah putih dan sirkulasi darah pun jadi lebih lancar, sehingga secara tidak langsung, hal ini dapat meningkatkan imunitas.

Jadi gimana, siap untuk nonton film horor?

Nah, tapi, meski memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, bukan berarti kamu harus sering-sering menonton film horor, yaa. Ingat, sesuatu yang berlebihan pun dapat memberikan efek buruk nantinya. Kamu harus tetap berolahraga dan mengonsumsi makanan yang sehat juga, okay? 😉



Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan. Komentar yang menyertakan link hidup, mohon maaf harus saya hapus. Semoga silaturrahminya membawa manfaat ya...