Hati-Hati Hydroplaning pada Ban, Ini Tips Mengatasinya

Tuesday, September 14, 2021

 
Setiap musim penghujan tiba, semua pengendara harus lebih waspada, termasuk jika teman-teman mengemudikan mobil. Banjir, jalanan licin, ditambah lagi hujan deras bisa meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan. Tentu kita tak ingin hal itu terjadi, bukan?

Untuk teman-teman yang memiliki mobil, salah satu kondisi yang juga perlu diwaspadai adalah hydroplaning. Kondisi ini adalah fenomena ketika mobil mengambang atau tidak benar-benar menapak / menyentuh permukaan jalan.

Hydroplaning adalah kondisi yang wajib diketahui dan harus dikendalikan oleh pengemudi. Teman-teman yang masih pemula harus paham dengan kondisi ini, yaa...

Tips Mengatasi Ban yang Mengalami Hydroplaning

Untuk teman-teman pengguna mobil Suzuki, melakukan service dan pengecekan kondisi ban secara rutin di bengkel resmi Suzuki Sejahtera Buana Trada adalah hal wajib. Meski begitu, keamanan berkendara juga berkaitan dengan cara mengemudi kita. Termasuk saat ban mengalami hydroplaning.

Cara Mengatasi Hydroplaning

Hydroplaning atau sering juga disebut Aquaplaning bisa terjadi ketika ban mobil tidak bisa lagi menepis genangan air. Jadi, ketika ban kehilangan traksi penuh di aspal, hal ini akan membuat mobil mudah tergelincir. Sebagian besar pemula yang berkendara dengan cara yang salah saat banjir, bisa mengalami hal ini.

Jangan panik jika nanti teman-teman mengalaminy, karena saya punya tips yang bisa teman-teman terapkan:

1. Setir Harus tetap Lurus

Hal pertama yang harus teman-teman lakukan adalah tidak panik dan tidak perlu takut, karena hydroplaning bisa diatasi bahkan oleh pemula sekalipun. Selanjutnya, posisikan setir tetap dalam keadaan lurus.

Setir yang lurus akan membuat ban juga lurus meskipun sebelumnya sudah kehilangan traksi. Ban perlahan-lahan tidak lagi terasa seperti mengambang. Berjalanlah perlahan, supaya setir lurus bisa dilakukan dengan mudah. Jangan mengebut, karena ini akan membuat setir susah dikendalikan, selain itu juga bisa menciptakan kondisi understeer. Jika hal ini terjadi, maka mobil akan sulit dihentikan, khususnya mobil yang belum ABS (Anti-lock Brake System).

2. Mengerem secara Perlahan

Langkah kedua yang harus dilakukan adalah mengerem, tapi rem mobil dengan perlahan untuk menjaga agar posisinya tetap stabil. Saat rem diinjak terlalu dalam apalagi secara mendadak, mobil akan langsung tergelincir. Ban akan mengalami oleng, diikuti dengan body mobil. Ini tentu sangat membahayakan.

3. Turunkan Pedal Gas secara Perlahan

Selain harus bisa mengendalikan rem dengan benar, pedal gas juga harus diturunkan secara perlahan supaya kecepatan berkurang. Semakin dalam gas diinjak, untuk menguranginya pun perlu waktu sehingga penurunan kecepatan dapat terjadi dengan lembut.

Untuk diketahui, kecepatan mobil yang tinggi justru akan membuat tekanan air pada ban juga semakin kuat. Apalagi jika mobil teman-teman adalah jenis mobil yang ringan, tekanan air akan membuat mobil semakin mudah terangkat.

4. Tak Perlu Menggunakan Mode Cruise Control

Jika mobil kalian memiliki fitur Cruise Control, kalian memang akan lebih mudah menggunakan kendaraan karena pengaturannya sudah standar. Namun, hal ini tidak berlaku saat terjadi hydroplaning.

Matikan fitur tersebut kemudian atur sesuai dengan ketiga hal di atas secara manual. Dengan begitu, kalian akan bisa mengembalikan posisi stabil pada ban mobil. Pengaturan standar dari fitur Cruise Control ini justru akan membuat mobil sulit dikendalikan. 

5. Menyalakan Wiper ketika Hujan Deras

Kita tentu akan kesulitan mengendalikan mobil ketika tidak dapat melihat jalan di depan. Oleh karena itu penting untuk menyalakan wiper ketika hujan deras dan terjadi hydroplaning. Saat pandangan jelas, kita akan lebih mudah mengetahui kapan harus mengerem dan mengurangi pedal gas. Kita juga bisa mengendalikan stir di posisi yang lurus.

Selama musim hujan, demi menghindari kondisi hydroplaning, teman-teman harus melakukan pengecekan ban mobil secara rutin. Jadi, kita bisa tahu apakah kondisi ban mobil layak untuk melewati genangan air. Teman-teman cukup datang ke bengkel resmi berikut ini supaya pengecekan lebih lanjut bisa dilakukan dengan benar.

  1. https://suzukidealerkalimalang.id/, Bengkel Resmi Suzuki Sejahtera Sumberbaru Trada
  2. https://suzukimargondadepok.co.id/, Bengkel Resmi Suzuki Sejahtera Armada Trada
  3. https://suzukisbam.co.id/, Bengkel Suzuki SBAM Jakarta
  4. https://suzukidutacendana.co.id/, Bengkel Resmi Suzuki Duta Cendana Adimandiri
  5. https://suzukidwiperkasa.co.id/, Bengkel Resmi Suzuki Dwiperkasa Mobiltama
  6. https://suzukiarmada.co.id/, Bengkel Resmi Suzuki Armada Perkasa Mobilindo
  7. https://suzukigunungsahari.co.id/, Bengkel Resmi Suzuki Handijaya Buana Trada
  8. https://suzukitrada.co.id/, Bengkel Resmi Suzuki Sejahtera Buana Trada
  9. https://indomobilsuzukidealer.co.id/, Bengkel Resmi Suzuki Indomobil Multi Trada

Agar lebih aman, lakukan pengecekan sesegera mungkin. Teman-teman bisa booking service terlebih dahulu, dengan klik ke website yang teman-teman ingini.  Selamat berkendara. 😊



Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan. Komentar yang menyertakan link hidup, mohon maaf harus saya hapus. Semoga silaturrahminya membawa manfaat ya...