Manfaat Baking Soda untuk Tanaman

Saturday, September 18, 2021


Kalau teman-teman mengikuti saya di Instagram, mungkin teman-teman akan mengetahui kalau hobi saya adalah bercocok tanam. Beberapa YouTuber yang menginspirasi saya antara lain Liziqi dari Tiongkok, juga Kimi dari Korea Selatan. Selain menampilkan proses menanam, keduanya juga membuat aneka masakan dari hasil bumi yang mereka tanam. Sungguh sangat menenangkan dan menyenangkan. Nah, baru-baru ini, saya juga menonton channel YouTube Kebun Indra Tarigan.

Baca juga: Manfaat Berkebun untuk Kesehatan Mental Menurut Ben dan Rara Sekar

Di channel YouTube Kebun Indra Tarigan, kita bisa belajar aneka tips yang berkaitan dengan berkebun atau bercocok tanam. Belum banyak yang saya tonton, tapi video-videonya berkisar tentang bagaimana agar tanaman buah yang kita tanam bisa berbuah lebat dan lezat. Menarik banget pokoknya, dan tentu saja sangat bermanfaat untuk saya yang masih newbie. Saya langsung ingin menerapkan tips-tipsnya untuk aneka tanaman yang ada di "kebun cilik menthik" depan rumah.

Manfaat Baking Soda untuk Tanaman

 

Baca juga: Tips Menanam untuk Pemula

Dari channel YouTube beliau juga saya akhirnya tau, baking soda memiliki banyak manfaat untuk tanaman. Saya tuliskan di sini, yaa... Kalau masih belum jelas, teman-teman bisa meluncur ke YouTube beliau.

Jadi, untuk teman-teman yang suka tanam-tanam, inilah manfaat baking soda yang perlu kita ketahui:

1. Sebagai pestisida organik yang kuat.

Cara membuat pestisida organik dengan baking soda: Campurkan 1 liter air + 1 sdm neem oil + 1 sdm baking soda + 1/4 sdm minyak cengkeh + 3 tetes sabun cuci piring

Saya belum pernah coba, tapi penggunaan sabun cuci piring konon memang bagus untuk mengusir hama. Resep dari bapak saya pun menggunakan sabun cuci piring + tembakau. Hanya saja untuk takarannya, saya kurang tau persis.

Dari resep dokter Indra Tarigan, kalau sekiranya teman-teman tidak memiliki minyak cengkeh, teman-teman bisa menggunakan beberapa butir biji cengkeh yang ditumbuk halus, kemudian langsung campurkan ke air 1 liter tadi.

2. Membunuh ulat yang menyerang tanaman sayur

Tentu sebel ya kalau sayuran yang kita tanam diserang ulat. Mau masak pun harus teliti banget bersihinnya supaya ulatnya ngga ikut kemakan. Nah, dokter Indra Tarigan membagi tips untuk menyingkirkan ulat pada tanaman dengan menggunakan baking soda.

Cara membuatnya: Campurkan 1 sdm baking soda + 1 sdm tepung terigu. Taburkan di sekitar tanaman yang terkena ulat. Insya Allah, ulat-ulat akan segera enyah dari tanaman kita.

3. Pembersih daun dari kotoran dan debu.

Ini cocok banget untuk tanaman hias ya, teman-teman. Tanaman bisa lebih sehat, daunnya juga lebih kinclong dan akan lebih mudah berfotosintesis.

Caranya gampang banget: Campurkan 1/2 sdm baking soda + 1 liter air. Semprotkan larutan ini ke daun-daun.

Baca juga: Dari Janda Bolong Hingga Sri Rezeki, Tanaman yang Sedang Populer Saat Ini

4. Sebagai penghilang bau pada kompos

Waaa, sayang sekali saya baru tahu tips ini. Beberapa waktu lalu saya sempat "ngambek" ngga mau ngompos lagi karena banyak yang mengeluhkan baunya. Saya memang mengompos dengan metode basah, dan air lindinya memang bau banget karena komposter baru saya ngga ada lubang udaranya, berbeda dengan komposter saya yang lama.

Menghilangkan bau pada kompos dengan baking soda


Saya tidak ngambek terlalu lama. Karena sudah terbiasa mengompos, rasanya aneh ketika saya bolos dari kegiatan ini. Ada rasa bersalah, gitu. Akhirnya, sekarang saya mengompos pakai metode kering. Cuma memang, metode ini sangat boros tempat, pun boros tanah, karena setiap 1 bakul sampah masuk, saya harus menyiapkan 2 bakul tanah / unsur coklat. 

Sebenarnya unsur coklat ini ngga harus tanah sih. Bisa diganti dengan serbuk gergaji, kardus tanpa tinta, sekam, atau daun kering. Tapi karena saya ngga punya serbuk gergaji atau sekam atau daun kering, jadi saya pakai tanah saja. Efeknya, komposter jadi cepat penuh.

Setelah tau manfaat baking soda ternyata bisa mengurangi bau pada kompos, saya mau pakai cara ini besok. Caranya gampang pun, cuma ditaburkan saja pada komposter, niscaya bau kompos pun akan berkurang.

5. Memperindah tanaman bunga

Dokter Indra Tarigan menunjukkan tanaman mawarnya yang subur dan memiliki kelopak yang besar-besar. Ternyata rahasianya adalah di pemberian garam Inggris dan baking soda. Buat teman-teman yang hobi tanam aneka bunga, tips ini bisa dicoba

Caranya juga gampang: Cukup campurkan 1/2 sdm baking soda dengan 1 liter air, lalu semprotkan pada tanaman.

Manfaatnya selain bisa menyuburkan bunga, juga bisa sebagai anti jamur.

Manfaat baking soda untuk tanaman bunga
Ini adalah tanaman anggrek peninggalan almarhumah ibu

6. Sebagai pembunuh rumput-rumput liar

Keberadaan rumput liar memang mengganggu, yaa.. Untuk menyingkirkannya, kita bisa menggunakan baking soda. Cukup taburkan baking soda ke rumput yang mengganggu, insya Allah rumput pun akan mati. Namun, teman-teman harus berhati-hati saat menaburkannya, jangan sampai langsung terkena pada tanaman kesayangan, supaya tanaman kesayangan tidak ikut mati.

7. Sebagai pembersih alat-alat kebun yang sudah berkarat

Caranya: Campurkan 2 sdm baking soda + 1 liter air + 2 sdm deterjen / sabun cuci piring

Cara ini tidak hanya untuk alat-alat kebun saja, ya, teman-teman... Untuk perkakas dapur juga bisa.

8. Merupakan zat yang tidak disukai siput atau bekicot

Baking soda juga merupakan zat yang tidak disukai siput atau bekicot. Untuk menghindarkan tanaman dari siput atau bekicot, cukup taburkan baking soda di sekitar tanaman. Niscaya siput tidak akan mendekat.

9. Sebagai penyegar bunga potong dalam vas

Nah, kalau teman-teman suka banget menggunakan bunga sebagai pewangi alami, teman-teman bisa pakai baking soda untuk menjaga kesegaran bunga di dalam vas.

Caranya: Campurkan 1/2 sdm baking soda + 1 liter air. Masukkan larutan ini ke dalam vas bunga yang akan dipakai. Teman-teman bisa langsung tambahkan bunga-bunga yang teman-teman sukai baunya. Selesai. Vas bisa langsung dipajang di meja. 😊


Nah, itu dia beberapa manfaat baking soda untuk tanaman. Yuk dicoba! 




Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan. Komentar yang menyertakan link hidup, mohon maaf harus saya hapus. Semoga silaturrahminya membawa manfaat ya...