Review Drama Lovers of the Red Sky

Wednesday, October 6, 2021

Ketika bulan lalu saya menonton drama berjudul Touch Your Heart yang diperankan oleh Lee Dong-wook dan Yoo In-na, tanpa sengaja saya melihat poster drama yang akan segera tayang berjudul Lovers of the Red Sky. Melihat posternya saja saya langsung tertarik, karena saya memang menyukai drama sageuk, yaitu drama yang mengisahkan tentang sejarah kerajaan di Korea Selatan. Drama sageuk terakhir yang saya tonton adalah The Tale of Nokdu, yang selain bikin takut, geram, dan deg-degan, juga bikin ketawa karena tingkah aktor Jang Dong-yoon yang di cerita tersebut menyamar menjadi janda muda.

Baca: Cantiknya Jang Dong-yoon di KDrama The Tale of Nokdu

Kembali ke Lovers of the Red Sky...

Lovers of the Red Sky
Lovers of the Red Sky, from viu.com

Episode pertama dibuka dengan sebuah prolog yang memperkenalkan tentang Samsin, yaitu tiga dewa yang bersemayam dalam satu tubuh. Samsin yang tertua bertanggung jawab atas kelahiran, yang kedua bertanggung jawab atas kematian, dan yang ketiga bertanggung jawab menjaga keseimbangan keduanya. 

Namun, suatu hari, Dewa Kematian menginginkan banyak darah. Ia memakan dewa yang menjaga keseimbangan, hingga menyebabkan kacaunya keseimbangan antara hidup dan mati. Dunia pun diliputi ketakutan dan kegelisahan. Saat itu, Iblis keluar dari tubuh Samsin dan hidup dari keserakahan manusia jahat.

Masa Dinasti Dan, Tahun Pertama Raja Seongjo

Raja Yeongjong memerintah dengan Iblis berada di dalam tubuhnya. Ia menyadarinya, dan tak ingin pertumpahan darah akibat Iblis semakin tidak terkendali. Ia pun mewariskan tahtanya kepada Sang Putra, Seongjo, dan memutuskan untuk melakukan pengurungan Iblis ke dalam potretnya sendiri.

Adalah Hong Eun O, pelukis yang dipercaya untuk melukis Sang Raja, dan dukun Jokyeokjeon bernama Ha Sung Jin yang bertugas melakukan ritual pengurungan Iblis. Setelah melalui ritual yang panjang, Iblis berhasil dikurung di dalam potret Raja Yeongjong. Namun, karena tidak terima, Iblis pun mengutuk negeri itu akan mengalami kekeringan panjang dan masa paceklik.

Secara kebetulan, pada saat proses ritual terjadi, istri Hong Eun O melahirkan seorang anak perempuan yang oleh Nenek Samsin diberi nama Cheon Gi. Istri dukun Ha Sung Jin pun melahirkan seorang anak lelaki, yang dinamai Ha Ram. Tapi sedih, Cheon Gi, anak pelukis itu, harus menderita kebutaan akibat kutukan Iblis.

Banyak banget hal tak terduga di episode awal ini. Dukun Ha Sung Jin yang telah berhasil mengurung Iblis malah difitnah dan mengalami percobaan pembunuhan. Apakah ia akan mati?

Sembilan tahun kemudian...

Sembilan tahun dari kejadian pengurungan Iblis itu, kutukan benar-benar terjadi. Negeri itu mengalami kekeringan, hingga rakyat pun menderita. 

Secara tidak sengaja, dukun yang dulu menfitnah Ha Sung Jin, menemukan Ha Ram (anak Ha Sung Jin) yang memiliki energi air. Intinya, Ha Ram akan ditumbalkan dalam ritual pemanggil hujan. Dan ternyata Ha Sung Jin masih hidup setelah percobaan pembunuhan sembilan tahun lalu.

Sungguh malang nasib Ha Sung Jin. Dulu difitnah dan hampir mati padahal Ia berhasil mengurung Iblis, kini Ia pun harus merelakan anaknya dalam ritual pemanggil hujan. Air susu dibalas dengan air tuba, sakit sekali pastinya. Tapi siapalah Ha Sung Jin? Ia harus tunduk dengan perintah kerajaan.

Pada saat ritual pemanggilan hujan terjadi, anak kedua Raja Seongjo yang terobsesi menjadi raja, malah membuka potret raja tempat dikurungnya Iblis. Potret raja terbakar oleh api yang dibawa anak kedua Raja Seongjo itu, hingga membuat Iblis berhasil bebas. Hujan pun turun setelah sembilan tahun. Ha Ram selamat (Belakangan diketahui bahwa ternyata Iblis bersemayam di dalam tubuh Ha Ram), tetapi ia kehilangan penglihatannya.

Di lain tempat, Cheon Gi yang tadinya buta, sekarang malah jadi bisa melihat. Rupanya, mata Ha Ram ditukar dengan mata Cheon Gi.

Lovers of the Red Sky

Sejujurnya, awalnya saya tidak paham kenapa mata mereka harus ditukar. Apalagi katanya, kelak mata mereka akan kembali pada pemiliknya. Nah, setelah episode demi episode saya tonton, kini saya paham. Cheon Gi memiliki bakat turunan dari sang ayah, yakni melukis. Ia bahkan mendapat predikat sebagai Pelukis Ilahi, karena lukisannya punya kekuatan yang tidak bisa dijelaskan. Karena kelebihannya ini, oleh Raja, ia diberi tanggung jawab yang berat, sama seperti sang ayah, yakni membuat potret Raja Yeongjong untuk mengurung Iblis.

Secara garis besar, Lovers of The Red Sky berkisah tentang pertarungan manusia melawan Iblis. Karena Iblis tidak bisa mati, maka untuk mengembalikan keseimbangan dunia, Iblis harus dilumpuhkan dengan mengurungnya di dalam lukisan. Lukisan bukan sembarang lukisan, ia harus dibuat oleh pelukis yang mempunyai energi mistis.

 

Kim Yoo-jung melukis di Lovers of the Red Sky


Kim Yoo-jung melukis di Lovers of the Red Sky

 
Tentu saja, ngga asik kalau sebuah cerita ngga dibumbui dengan kisah percintaan. Di Lovers of the Red Sky pun, diceritakan bahwa Pangeran Yangmyeong berusaha untuk merebut hati Cheon Gi, meski Ia tahu bahwa Cheon Gi dan Ha Ram sama-sama saling menyukai. 

Apakah perjalanan cinta Cheon Gi dan Ha Ram akan mulus, mengingat bahwa Pangeran Yangmyeong pun menginginkan Cheon Gi? Akankah Cheon Gi berhasil membuat lukisan yang dapat mengurung Iblis? Bagaimana perasaan Ha Ram ketika mengetahui bahwa di dalam tubuhnya terdapat Iblis yang sedang dicari-cari? Akan sesulit apa perjuangan Ha Ram untuk membalaskan dendam sang ayah? 

Penasaran banget deh... Teman-teman yang tertarik untuk menonton juga, Lovers of the Red Sky bisa ditonton lewat aplikasi Viu, yaa..

Lovers of the Red Sky diperankan oleh;

  • Kim Yoo-jung sebagai Hong Cheon-gi
  • Ahn Hyo-seop sebagai Ha Ram
  • Gong Myung sebagai Pangeran Yangmyeong
  • Kwak Si-yang sebagai Pangeran Joohyang

 


4 comments

  1. Banyak misteri yang kayanya masih bikin penonton bertanya-tanya yaa..
    Tapi setelah terus diikuti, perlahan terbuka satu demi satu. Seru nonton sageuk.
    Lanjuuttt dongengnya, kak Ariin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Kak.. Pas nonton episode pertama tu masih puyeng aku. Tapi makin nonton makin paham. Makin seru juga ya, Kak.. :D

      Delete
  2. Aku belum nonton Lovers of the Red Sky ini. Drama sageuk tuh menurutku berat. Jadi pilih-pilih dan kudu siap. Padahal penasaran juga sama Ucup dan You Jung. Secara mereka pernah gagal jadi pasangan di drama lain

    ReplyDelete
  3. Cieeeh sekarang ngereview cieh.. Mbak Arin mungkin bisa ditambahkan poin plus minus drama ini dari kacamata Mba Arin

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan. Komentar yang menyertakan link hidup, mohon maaf harus saya hapus. Semoga silaturrahminya membawa manfaat ya...