Trip to Kota Batu, Jawa Timur (Part 1)

Sunday, December 19, 2021

 
Sebulan lalu, kami sekeluarga bersilaturrahmi ke rumah salah satu sahabatnya suami. Saat sarapan, kami mengobrol bersama di (sebut saja) ruang serbaguna, yang merupakan gabungan antara dapur, ruang makan, ruang main anak-anak, ruang meeting, ruang bersantai, dll. Nah, di situlah, tuan rumah tiba-tiba punya ide, "Bulan depan kita ke Batu, yuk!"

Wah... Kaget dong dengan ajakan serba mendadak ini.

Akhirnya, setelah menimbang dan memperhatikan jadwal PAS-nya anak-anak, kami pun memutuskan untuk berangkat pada 14 Desember dan kembali ke Solo lagi pada 16 Desember. 

Kok cuma sebentar? 

Pertama, sesungguhnya suami dan anak-anak belum ada jadwal libur. Kedua, pekerjaan akhir tahun itu banyak sekali ya, Ciiin... Jadi kami ngga bisa lama-lama jalan-jalannya. 

Sebenarnya, ini adalah kali kedua kami mengunjungi Kota Batu (Jatim Park 2) di akhir tahun. Yang pertama dulu di Desember tahun 2013, sebelum punya Aga. Kami ke Malang (kemudian lanjut ke Batu) hanya bertiga saja, dengan Mas Amay yang masih batita tentunya. Sekarang? Kami ke sana bertiga juga, tapi bukan tiga orang, melainkan tiga keluarga. Hihi, rameee jadinya. Alhamdulillah...

Baca: Jatim Park 2 (Batu Secret Zoo)

Dan di sini saya sangat bersyukur dengan adanya jalan tol, karena perjalanan jadi lebih cepat. Inget banget di perjalanan pertama dulu, kami naik kereta malam menuju Malang, dan baru sampai di sana keesokan paginya. Kini dengan adanya jalan tol, total perjalanan Solo - Batu hanya sekitar 5-6 jam saja. Cepat sekali, bukan? Alhamdulillah. 

Nah, jika dulu kami sengaja mencari penginapan di dekat stasiun supaya tidak perlu buru-buru saat harus "mengejar" kereta pulang, kemarin kami menginap di villa yang berada di Batu, dekat dengan Jatim Park 2. Villanya terletak di dalam perumahan. Uniknya, 1 cluster itu disewakan semua, dan ada pengelolanya sendiri-sendiri.

Villa di depan Jatim Park 2
Villa All New Casa Grande by Masterpiece Villa, depan Jatim Park 2. Sumber foto: Booking.com

Inilah villa yang kami inapi kemarin. Di bagian depan ada 2 kamar dan 1 kamar mandi luar untuk digunakan bersama-sama. Di bagian belakang ada 2 kamar lagi yang masing-masing dilengkapi dengan kamar mandi dalam. Jadi total ada 4 kamar tidur dan 3 kamar mandi. Ngga cuma itu, di sini juga ada fasilitas tambahan yakni TV dan WiFi. Oya, ada lemari pendingin juga, jadi kita bisa menyimpan makanan di dalamnya. Dapur? Ada dong. Letaknya di bagian depan, sejajar dengan ruang tamu. Trus, ada meja dan kursi makannya juga. Komplit pokona mah!

Letak villa yang kami inapi berada di seberang Jatim Park 2. Ngga terlalu jauh kok, jadi kalau mau jalan kaki ke Jatim Park 2 juga ngga akan capek-capek amat.

Nah, tadi saya sudah cerita kalau kami berangkat ke Malang pada tanggal 14 Desember. Karena kami berangkatnya sudah agak siang (Hampir jam 10 pagi, mundur 3 jam dari rencana awal yaitu jam 7. Ini karena Adek Aga habis imunisasi dan Mas Amay harus zoom pelajaran Matematika dulu), kami baru sampai di Malang sekitar jam 16:30. Selain itu, kami memang sempat berhenti beberapa kali. Maklum ya, karena berangkatnya rombongan 3 keluarga, jadi ya ada momen tunggu-tungguan di rest area. 

Sesampainya di Villa, kami pun langsung bersih-bersih, sholat, dan segala macam. Ba'da maghrib, kami berburu Bakso Malang.

Bakso Malang
Bakso Malang Arief, dokumentasi www.kayusirih.com

Ini dia bakso Malang. Bedanya dengan Bakso Solo adalah isiannya boleh kita pilih sendiri. Kalau di Purworejo atau Solo, bakso dilengkapi dengan "tetelan" atau gajih, di sini pakai kikil. Trus, di sini sangat umum mengonsumsi bakso dengan lontong.

Apakah saya pakai lontong juga? Tidak, karena segini aja udah kenyang, Masya Allah.

Puas maem bakso, kami kembali lagi ke villa untuk beristirahat. Kami harus jaga kondisi supaya besok bisa jalan-jalan dengan lancar kan? Alhamdulillah juga, kami bisa beristirahat dengan nyaman. Udara Kota Batu yang sejuk, membuat tidurnya jadi lebih nyenyak.

Kukuruyuuuuk... (boong ding, ngga ada ayam di sini, hehe...)

Pagi pertama di Kota Batu, kami bangun pagi-pagi sekali lalu bersiap untuk jalan-jalan ke Jatim Park 2. Untuk sarapannya, kebetulan ada penjual keliling, jadi kami ngga harus repot kemana-mana. Ada nasi campur, nasi kuning, juga nasi uduk. Porsinya melimpah, tapi sayang rasanya so so... Tapi ya sudahlah, yang penting keisi dulu perutnya biar kuat jalan di Jatim Park 2.

Trip to Batu Day 1: Jalan-jalan ke Jatim Park 2


Harga Tiket Jatim Park 2

Pasti banyak yang ingin tahu kan, harga tiket masuk Jatim Park 2 itu berapa sih? Nah, ini saya fotokan detailnya, yaa... Harga tiket paketan di Jatim Park 2 yang terbaru adalah Rp 130.000. Dengan harga ini, kita sudah bisa masuk ke 4 tempat, yaitu: Batu Secret Zoo, Eco Green Park, Sweet Memories Selfie, dan Museum Satwa.

Mahal atau murah, teman-teman? Muraaah dong, yaaa...

Harga tiket masuk Jatim Park 2
Harga tiket masuk Jatim Park 2, dokumentasi www.kayusirih.com
Sebenarnya kita juga bisa membeli tiket di masing-masing lokasi, tapi kalau dihitung-hitung, jatuhnya malah lebih mahal. Jadi mendingan langsung beli tiket paketan aja, ya kan? Dan untuk tiket ini, kalau teman-teman baca tulisan saya di tahun 2013, kenaikannya ngga terlalu jauh lho... Padahal sudah ada jeda 8 tahun. Coba cek lagi deh di sini: Jawa Timur Park 2 (Batu Secret Zoo)

Ada Apa Saja di Jatim Park 2?

Seperti yang tercantum pada foto di atas, di Jatim Park 2 ini ada 4 zona / lokasi yang menawarkan keseruan yang berbeda-beda.

1. Batu Secret Zoo

Sesuai dengan namanya, Batu Secret Zoo merupakan sebuah area kebun binatang. Beraneka ragam binatang ada di sini, dari reptil hingga mamalia. Di sini, anak-anak bisa melihat secara langsung binatang-binatang yang sebelumnya mungkin hanya mereka lihat melalui buku atau layar kaca. Bahkan, anak-anak juga bisa merasakan pengalaman memberi makan hewan. Seperti yang dilakukan Adek Aga ini.

Memberi makan gajah di Batu Secret Zoo

Oya, untuk memberi makan gajah, kita harus mengeluarkan uang sebesar Rp 10.000,- untuk satu cup wortel. Trus, gimana rasanya ngasih makan gajah di Batu Secret Zoo? Seruuu, walau ada rasa ngeri-ngeri sedap juga. Hihi...

Ngasih makan gajah, udah. Sekarang, mau coba pegang burung seperti kami? Untuk memegang burung seperti ini, kita perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 5.000,- per orang. Cukup terjangkau kan? Sayangnya, adek Aga ngga mau coba. Takut katanya.

Wisata Jawa Timur, Jatim Park 2

Masih banyak lagi yang bisa kita nikmati di sini karena di dalam Batu Secret Zoo juga terdapat Happy Land, yakni arena permainan yang mana bisa kita mainkan semuanya dengan gratis. Gimana? Dengan tiket 130 ribu tadi, sepadan banget kan ya dengan fasilitasnya?

Happy Land di Batu Secret Zoo, It's all Free!

 
Main bom bom car di Batu Secret Zoo

Wahana Tsunami di Batu Secret Zoo

Kalau Adek Aga lebih memilih untuk mandi bola, Mas Amay senang banget dengan dua permainan di atas, yaitu bom bom car dan tsunami. Sebenarnya dia masih ingin bermain tsunami sekali lagi, tapi rintik hujan semakin deras dan kami juga harus segera beranjak ke area lainnya.

Hal baru yang kami coba kali ini adalah menaiki kereta yang ditarik oleh traktor untuk memberi makan hewan-hewan seperti rusa, keledai, sampai kuda nil. Seru banget sih wahana yang dinamai Safari Farm ini. Ada kakak-kakak pemandu yang secara informatif menjelaskan tentang fakta hewan-hewan yang kita jumpai. Jadi selain menyenangkan, ada ilmu pengetahuan yang kita dapatkan juga.

Sebelum menaiki kereta Safari Farm, kami mengantri dulu, karena peminat Safari Farm ini cukup banyak. Sambil mengantri, tak lupa kami membeli beberapa cup wortel untuk memberi makan hewan-hewan nanti. Sama seperti wortel untuk gajah tadi, satu cup-nya dikenakan biaya Rp 10.000,-



Safari Farm di Batu Secret Zoo


Safari Farm di Batu Secret Zoo

Sebenarnya masih banyak yang belum kami coba. Anak-anak pun tadinya ingin nyemplung di waterpark, tapi karena hujan, jadi rencana itu urung dilakukan. Selebihnya, kami lebih banyak mengenang-ngenang memori 8 tahun lalu, seperti ini:

Wisata Jawa Timur, Jatim Park 2

Wisata Jawa Timur, Jatim Park 2

Wisata Jawa Timur, Jatim Park 2

Adek Aga sempat iri, karena dia ngga ikut di perjalanan tahun 2013. Tapi gimana, dia kan belum lahir, hihi... Alhamdulillah, setelah diberi pengertian, dia ngga ngambek lagi. 😁

Sesungguhnya masih ada banyak cerita tentang Batu Secret Zoo, tapi ini aja sudah panjang sekali ceritanya, yaa... Jadi, kita ke lokasi lainnya saja dulu yuk!

2. Sweet Memories Selfie

Seolah ingin memenuhi keinginan para netizen pengunjung yang rata-rata pada doyan selfie, Jatim Park 2 sekarang punya wahana baru yaitu Sweet Memories Selfie. Tempat yang berisi spot-spot yang instagramable ini memiliki banyak zona, seperti zona farm, zona cokelat, zona ice cream, zona kinderjoy, zona sweet corn, zona broadway, zona Bruce Lee, zona labirin, dll.

Buat kalian yang hobi foto-foto dan selfie, masuk ke area sini mungkin ibarat tikus nemu lumbung padi. Wkwkwk... #apasih

Sweet Memories Selfie di Jatim Park 2

Gimana? Sudah puas foto-fotonya? Sekarang kita ke lokasi ketiga, yaaa...

3. Eco Green Park

Sebenarnya, Eco Green Park adalah tempat yang pertama kali kami jelajahi. Jadi, sebelum ke Sweet Memories Selfie dan Batu Secret Zoo, kami lebih dulu ke Eco Green Park. Nah, ada apa saja di sini? 

Seperti di Batu Secret Zoo, di sini juga ada banyak binatang. Kita bisa menemukan Llama, kuda poni, domba dan Alpaka di sini, tapi secara umum, Eco Green Park lebih didominasi oleh unggas. Saya paling suka dengan flamingo. Masya Allah, cantik sekali warnanya. 💗

Eco Green Park Malang
Eco Green Park, Jatim Park 2

Nah, sesuai dengan namanya yaitu Eco Green Park, di sini kita akan belajar tentang bagaimana mencintai bumi. Maka dari itu, meski terdapat aneka ragam binatang seperti di Batu Secret Zoo, tetapi yang membedakan Eco Green Park dengan Batu Secret Zoo adalah adanya wahana lain seperti Earthquake Simulator, Pengolahan Limbah / Sampah, panel tentang pembangkit listrik, dll.

Perbedaan Eco Green Park dan Batu Secret Zoo

Eco Green Park Malang

Kurang lebih seperti itu ya, teman-teman, isi dari Eco Green Park. Sekarang, kita ke area keempat.

4. Museum Satwa

Sayangnya, karena waktunya terbatas (atau karena saking luasnya area Jatim Park 2 ya?), kemarin kami ngga sempat mampir ke Museum Satwa. Padahal di sini bagus banget sebenarnya. Dulu sih ada rangka dinosaurus, yaa, dan tentunya masih buanyak lagi kerangka-kerangka binatang lainnya. Mas Amay yang dulu belum genap 3 tahun saja senang banget berada di sana, pasti adek Aga juga bakal suka.

Apakah ini berarti kita harus balik lagi ke sini? Hihi, insya Allah, yaa... Next time kita jelajahi tempat-tempat yang belum terjamah. Memang sepertinya butuh waktu 2 hari untuk mengelilingi tempat ini, hehehe...

Nah, ini adalah dokumentasi tahun 2013. Sebesar inilah Museum Satwa yang ada di Jatim Park 2. (Saya hanya setinggi dinosaurus di sisi kiri bawah)

Museum Satwa Jatim Park 2

Ada Apa Saja di Jatim Park 2?

Oya, selain kerangka binatang, di dalam Museum Satwa juga terdapat banyak sekali binatang-binatang yang telah diawetkan. Tenang, binatang-binatang ini diawetkan setelah ditemukan dalam keadaan mati, jadi bukan sengaja ditangkap untuk diawetkan ya, teman-teman...
 
Melihat foto ini, saya jadi berpikir memang Museum Satwa harus besar, karena ukuran binatang yang dipajang saja sebesar ini. Ini baru buaya, belum dinosaurusnya. Mohon maaf, foto tulang dinosaurusnya tidak ada. Huhu....

~~~

Nah, itulah sedikit cerita saya tentang Jatim Park 2. Selain Jatim Park 2, ada beberapa tempat wisata recommended di Kota Malang, lho... Siapa tau kalian butuh infonya, baca artikel saya di bawah ini, yaa...

 
Ah, seru sekali menuliskan perjalanan ke Batu kali ini. Baru tentang Jatim Park 2 saja sudah sepanjang ini. Itupun sebenarnya ada banyak yang saya skip juga, hehe... Insya Allah besok saya akan menuliskan bagian 2-nya. Di bagian 2 nanti insya Allah saya akan bercerita tentang Museum Angkut. Ada apa saja di Museum Angkut? Siapa YouTuber terkenal yang saya lihat di Broadway Museum Angkut? Tungguin ceritanya yaa... 😊




5 comments

  1. Wah ..makin lengkap wahana di Batu ya. Samaan kita, tahun 2003 aku juga ke sini, pas anak-anak masih SD dan balita. Duh dah tembah keren wahananya. Dan itu tinggal di villa gitu jauh lebih hemat ya...bisa 3 keluarga, seru jadinya

    ReplyDelete
  2. Tempatnya memang indah banget ya. Saya juga pernah ke sini tahun 2018. Ga heran kalau orang2 pengen balik lagi meskipun sudah pernah berwisata ke sini.

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah saya juga sudah berkesempatan mengunjungi kota Batu di tahun 2018 lalu mbak. Kami ke Jatim Park 3, Musium angkut, taman buah Mekarsari ya kalau gak salah namanya (hehe jadi lupa karena dah 3 th yang lalu ). Memang bagus banget ya destinasinya kota Batu ini, sehari menjelajah masih kurang kayaknya.

    ReplyDelete
  4. Aku pingin banget ke Jatim Park ini, setiap kali mudik ke Jember, aku selalu bilang ke suami kalau bisa mampir ke Batu dan mengunjungi Jatim Park, tapi namanya mudik susah banget nyari waktu yang pas buat mengunjungi tempat wisata soalnya kudu silaturahmi ke keluarga besar suami, habis deh waktunya. BTW, villanya enak tuh, cocok buat liburan bersama keluarga.

    ReplyDelete
  5. Welcome to Batu dan Malang kaaak..
    Aku jg meskipun setiap setahun hampiiiir selalu mampir ke jatim Park 2 atau 3 tetep ga bosen wkwkwk. Cobain jg ke taman safari kak. Ga kalah seruuuu

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan. Komentar yang menyertakan link hidup, mohon maaf harus saya hapus. Semoga silaturrahminya membawa manfaat ya...