Kumpulan Do’a-Do’a Nabi Ibrahim yang Tercantum di Al-Qur'an

Thursday, April 7, 2022


Nabi Ibrahim disebut sebagai bapak para nabi (Abul Anbiya). Gelar ini diberikan kepada beliau karena sebagian besar para nabi dan rasul-rasul Allah adalah keturunan Nabi Ibrahim.

Selain bergelar Abul Anbiya, Nabi Ibrahim juga diberi gelar Khalilullah (Kesayangan Allah). Beliau memang sangat layak mendapatkan gelar tersebut, karena beliau merupakan Nabi yang dikenal dengan ketabahannya dalam menerima ujian-ujian dari Allah. Tentu teman-teman sudah tahu, bagaimana kisah penyembelihan kurban bermula. Ini merupakan salah satu bukti bahwa Nabi Ibrahim memang senantiasa taat dan patuh pada perintah Allah SWT. Bagaimana tidak? Beliau menantikan kehadiran seorang anak hingga usia senja, akan tetapi ketika putranya yaitu Nabi Ismail baru menginjak usia remaja, beliau sudah diperintahkan untuk menyembelih sang putra. Setaat dan sepatuh itu, apa namanya jika bukan iman?

Oya... Ada satu kisah di dalam Al-Qur'an, yang juga mengisahkan betapa kokohnya iman Nabi Ibrahim alaihi salam. 

Beliau yang lahir di tengah para penyembah berhala, tak gentar meski diancam kepungan api yang berkobar. Imannya sedikit pun tak goyah, karena ia tahu Tuhannyalah yang paling layak disembah.

Allah, Tuhan yang ia temukan setelah pencarian panjang. Omong-omong tentang pencarian Tuhan, saya jadi teringat lirik lagu dari grup nasyid Snada N Snada Kids. Seperti ini:

Ibrahim kecil mencari Tuhan
Ditemukannya bintang-bintang
Namun ketika pagi menjelang
Tak mungkin Tuhan menghilang

Ibrahim kecil mencari Tuhan
Ditemukannya matahari
Namun ketika senja telah datang
Tak mungkin Tuhan menghilang

Bicara tentang nama Ibrahim, Ibrahim sendiri berasal dari dua suku kata, yaitu ib/ab yang berarti ayah, dan rahim yang berarti penyayang. Jadi, jika disatukan, nama Ibrahim memiliki arti ayah yang penyayang.

Dan sebagai bukti bahwa beliau sangat menyayangi anak keturunannya, di dalam Al-Qur'an terdapat beberapa ayat yang merupakan do'a-do'a Nabi Ibrahim untuk anak-anaknya.

1. Do'a agar dianugerahi keturunan yang salih


Do'a Nabi Ibrahim


Disebutkan bahwa hingga usia senja, Nabi Ibrahim dan Siti Sarah, istrinya, belum juga dikaruniai keturunan. Nabi Ibrahim pun berdo'a, seperti yang tertulis dalam Q.S. As-Saffat ayat 100, yang artinya;
 "Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang yang salih."

Allah pun mengabulkan do'a tersebut. Allah menyampaikan bahwa kelak akan lahir Ishak, yang kemudian Ya'qub akan hadir sebagai penerusnya.

Namun begitu, sebelum kehadiran Ishak, Siti Sarah sang istri telah menyarankan agar Nabi Ibrahim menikahi Hajar demi memperoleh keturunan. Dari Hajar, lahirlah Nabi Ismail, yang dari garis keturunannya terlahir Nabi Muhammad SAW.

2. Do'a agar keturunannya rajin melaksanakan salat

Do'a Nabi Ibrahim dalam Al-Qur'an


Nabi Ibrahim adalah adalah ayah yang baik. Beliau tidak hanya berdoa untuk diri sendiri, akan tetapi juga senantiasa mendoakan keturunannya agar tidak menjadi hamba yang lalai. 

Dalam Q.S. Ibrahim ayat 40, beliau berdoa yang artinya,
"Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang yang tetap melaksanakan salat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku."

3. Do'a agar mendapat ampunan di hari perhitungan

Doa - doa Nabi Ibrahim


Nabi Ibrahim adalah seorang yang lembut hatinya dan juga penyantun. Hal ini tertuang dalam Q.S. At-taubah ayat 114.

Meski sang ayah tidak mau diajak beriman kepada Allah SWT, Nabi Ibrahim tetap mendoakan beliau, memohonkan ampunan untuk beliau.

Dalam Q.S. Ibrahim ayat 41, beliau berdoa yang artinya,
"Ya Tuhan kami, ampunilah aku dan kedua ibu bapakku dan semua orang yang beriman pada hari diadakan perhitungan (hari Kiamat)."

4. Do'a agar dikumpulkan dengan orang-orang salih

Doa Nabi Ibrahim yang Tercantum di dalam Al-Qur'an


Luar biasanya Nabi Ibrahim, meski dikenal dengan kekuatan iman dan kesalihannya, beliau tetap berdoa agar dikumpulkan dengan orang-orang salih. Seperti yang tertulis dalam Q.S. Asy-Syu'ara' ayat 83,
"Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku ilmu dan masukkanlah aku ke dalam golongan orang-orang yang salih."

5. Do'a agar setiap amalan baiknya diterima oleh Allah SWT

Doa agar amal baiknya diterima oleh Allah SWT


Nabi Ibrahim berjasa dalam pembangunan Ka'bah. Pada saat itu, beliau berdoa seperti yang ada pada Q.S. Al Baqarah ayat 127.
"Ya Tuhan kami, terimalah daripada kami (amalan kami), sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."

Nah, mari kita meneladani sikap Nabi Ibrahim yang senantiasa rendah hati dengan tetap berdoa pada Allah SWT, meski telah melakukan banyak amal kebajikan. Mari kita amalkan doa-doa Nabi Ibrahim ini setiap selesai salat. Semoga Allah memperkenankan doa kita. Aamiin YRA.



2 comments

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan. Komentar yang menyertakan link hidup, mohon maaf harus saya hapus. Semoga silaturrahminya membawa manfaat ya...