6 Hal yang Kulakukan sebagai Wujud Self Love

Tuesday, February 21, 2023

 
Dulu, saya memaknai self love sebagai sebuah sikap yang egois. Namun, semakin lama saya semakin paham bahwa self love atau mencintai diri sendiri bukan berarti kita lebih mementingkan diri sendiri, karena sejatinya, self love adalah cara kita mengajarkan orang lain bagaimana kita harus dicintai. 

Wah, gimana tuh maksudnya? 

Baiklah, mari kita cermati.

Definisi Self love atau mencintai diri sendiri menurut saya adalah segala perbuatan yang bisa membuat diri kita bahagia, tetapi kebahagiaan yang kita rasakan itu tidak menimbulkan kerugian pada orang lain. Jadi, jika kebahagiaan kita malah mengorbankan kebahagiaan orang lain, artinya itu bukan self love yang benar. Misalnya, meminjam uang teman untuk kebutuhan konsumtif seperti membeli tiket konser atau membeli handphone seri terbaru. Itu bukan self love ya, Sayang. Itu egois. Jadi, sampai di sini bisa membedakan ya, mana self love mana egois?

Nah, untuk mencintai diri sendiri itu sebenarnya tidak rumit, teman-teman. Tidak juga harus mengeluarkan banyak uang. Ngga percaya? Coba tengok beberapa bentuk self love yang saat ini saya lakukan:

1. Mulai mengurangi konsumsi gula

cara mencintai diri tanpa harus keluar uang


Saya dibesarkan di keluarga pecinta teh manis. Sejak saya kecil, saya sudah terbiasa minum teh manis di pagi hari. Sebelum memulai aktivitas, ibu saya biasanya akan membuatkan satu teko teh yang manis, kental, wangi, dan juga ada rasa sepetnya, untuk diminum bersama-sama. 

Hingga saat ini, momen minum teh bersama keluarga adalah salah satu momen paling istimewa bagi saya, karena saat itulah biasanya kami akan mengobrol tentang apa saja. Kenikmatan minum teh ini bisa bertambah jika dilengkapi dengan pisang goreng dan ditemani rintik hujan. Masya Allah, surga.

Namun, belakangan ini saya dan suami memutuskan untuk mulai mengurangi konsumsi gula. Ya, minum teh manis memang nikmat di lidah, tapi di badan, apakah selamanya akan menimbulkan kenikmatan?

Memang kami masih berproses, belum bisa skip gula sama sekali seperti Mbak Wulan Guritno. Namun, saya tetap bangga pada diri sendiri, karena proses ini tidak semudah membalikkan telapak tangan. Oya, jika biasanya saya memerlukan 2 kg gula pasir tiap bulannya, dua bulan belakangan kebutuhan itu berkurang hingga separuhnya. Alhamdulillah. Doakan kami tetap konsisten, ya...

2. Berolahraga

Cara sederhana untuk mencintai diri sendiri

Self love ala saya berikutnya adalah mulai rajin berolahraga. Omong-omong, saya terinspirasi oleh Maketu Elly Nurul dan Makpon Mira Sahid yang rajin sekali berolahraga. Tidak heran kalau beliau berdua tuh langsing-langsing dan sangat energik. 

Nah, awal tahun ini, saya dan suami juga mulai rutin berolahraga, tapi di dalam rumah saja. Kami melakukan gerakan-gerakan ringan sambil menonton YouTube. Memang benar, kadangkala kita butuh teman untuk menjaga semangat tetap menyala. Termasuk, untuk berolahraga.

3. Peduli pada Kebersihan Tubuh

Self love adalah...


Teman-teman pernah lihat satu video di instagram bahwa tanda-tanda mental kita kurang sehat adalah malas mandi? Ada yang tersinggung? Hihi... Tapi kalau dipikir-pikir memang benar lho. Biasanya, orang yang sedang stres itu malas ngapa-ngapain, termasuk mandi.

Nah, supaya kesehatan mental kita tetap baik, sekaligus jadi cara untuk mencintai diri sendiri juga, maka mari kita peduli pada kebersihan tubuh. Rajinlah mandi. Ini juga jadi salah satu cara mensyukuri nikmat-Nya bukan? 

Oya, untuk teman-teman perempuan, jangan lupa jaga juga kebersihan area kewanitaan kita, ya... Karena jika area kewanitaan tidak rutin dibersihkan, dapat menimbulkan berbagai masalah kewanitaan, seperti gatal-gatal, aroma tidak sedap, keputihan, bahkan kanker vagina. Na'udzubillah min dzalik.

Untuk menjaga kebersihan daerah kewanitaan, akhir-akhir ini saya memakai BETADINE Feminine Wash Natural Daun Sirih Blossom. Teman-teman bisa ikut cobain juga.

Betadine Sirih pembersih daerah kewanitaan


Apa saja kelebihan BETADINE Feminine Wash Natural Daun Sirih?

1. Mengandung bahan yang ramah di kulit

BETADINE Feminine Wash Natural Daun Sirih adalah salah satu produk pembersih kewanitaan (feminine hygiene) yang dikeluarkan oleh Betadine untuk membersihkan daerah kewanitaan. Bentuknya cair, dan dibuat dari bahan dasar yang khusus digunakan untuk membersihkan daerah kewanitaan, sehingga tidak menimbulkan iritasi pada kulit.

2. Formula double protection dari ekstrak daun sirih + prebiotik

Betadine Feminine Wash Natural Daun Sirih


Sesuai dengan namanya, Betadine Feminine Wash Natural Daun Sirih ini mengandung double protection yaitu dari ekstrak daun sirih dan prebiotik. Seperti yang kita tahu, sejak dulu, ekstrak daun sirih dipercaya sebagai tanaman obat yang memiliki kemampuan sebagai antiseptik alami. Sedangkan prebiotik berfungsi untuk menstimulasi pertumbuhan bakteri baik, sehingga secara tidak langsung mencegah bakteri jahat untuk berkembang.

3. pH balanced

Pembersih area kewanitaan yang aman


Aspek paling penting dalam merawat organ intim yaitu menjaga keseimbangan pH. pH balanced berfungsi untuk menstabilkan kelembaban bagian intim dan menghilangkan bau tidak sedap secara alami di area intim.

Nah, teman-teman, yuk pakai Betadine Feminine Wash Natural Daun Sirih juga! Kebetulan, saat ini sedang ada Self Love Photo Competition lho. Hadiahnya banyak, ada handphone, TV, juga air fryer. Haaa, penasaran kan caranya gimana? Cusss ke instagramnya @betadineforher dan ikuti petunjuknya di sana. 😊

4. Menabung

Mengapa menabung adalah salah satu bentuk self love juga?


Kenapa menabung bisa jadi salah satu cara untuk self love? Karena saat menabung, kita sedang berikhtiar agar tidak terlalu stres saat menghadapi banyaknya kebutuhan. Orang yang punya tabungan, insya Allah akan bisa menjalankan kehidupan dengan lebih tenang. 

Memang, saat memutuskan untuk menabung, kita harus mau berhemat dan harus kuat melawan nafsu belanja dll. Teman-teman pilih yang mana, bersusah-susah cari utangan, atau bersusah-susah memperbanyak tabungan?

Baca: Dongeng tentang Semut yang Pandai Berhemat

Tuntunan Islam dalam mengatur keuangan

Baca juga: Simpan, Jangan Kau Habiskan! Berikut Ini Tuntunan Islam dalam Mengatur Keuangan


5. Meningkatkan Kualitas Ibadah

Self love yang mudah dan tanpa perlu keluar uang

Ini klise, tapi teman-teman harus coba. Ya, cara saya mencintai diri sendiri yang berikutnya adalah dengan meningkatkan kualitas ibadah. Percayalah, semakin kita mendekatkan diri dengan Yang Maha Kuasa, kita akan semakin tenang. Ujian demi ujian mungkin akan datang bergantian, tetapi ketika hati tenang, kita tahu di mana tempat bergantung dan pada siapa kita harus mencari solusi atas segala permasalahan.

6. Berusaha untuk Berpikir Positif

Cara sederhana untuk mencintai diri sendiri


Nah ini. Ketika kita senantiasa berpikir positif, maka meski ujian datang, kita akan optimis dalam menemukan jalan keluar. Berpikir positif juga akan menjauhkan kita dari berbagai penyakit hati seperti suka menyalahkan diri sendiri, suka membanding-bandingkan diri dengan orang lain, suka berprasangka buruk, hobi mengeluh, atau pesimis. Ya kalau pikirannya sudah negatif terus begitu, gimana kita bisa mencintai diri sendiri, ya kan?

Baca: Menjadi Diri yang Merdeka

Nah, itulah 6 cara yang saya lakukan untuk self love atau mencintai diri sendiri. Insya Allah cara-cara itu bisa membahagiakan diri, tanpa harus merugikan orang lain. Yang harus kita ingat adalah, bagaimana perlakuan orang lain pada kita, tergantung dari cara kita memperlakukan diri sendiri. Selamat berjuang untuk mencintai diri sendiri! Omong-omong, apa aja yang sudah kamu lakukan untuk menunjukkan cintamu pada diri sendiri?



20 comments

  1. Dulu kita mikirnya self love is seperti narcism ya. Padahal self love yg dimaksud bukan seperti itu. Self love padahal lbh utk menjaga diri sendiri secara mental dan fisik, agar hidup kita bisa lebih menyenangkan .

    ReplyDelete
  2. Masya Allah, salah satu selflove itu dengan ibadah yang lebih baik, ya, Mak. Tiada kata terlambat kalau mau lebih rajin sekarang, di usia kita yang sudah segini. Namanya juga mau mencintai diri sendiri, ya, kita lakukan yang bisa dilakukan. Aku juga sedang berusaha untuk giat olahraga, nih.

    ReplyDelete
  3. Intinya self love itu menurut aku merawat berkah yang sudah Allah berikan gak sih? Menjaga diri kita sendiri agar sehat baik fisik maupun batin.

    Karena setidaknya kalau kembali pada Nya, kita gak malu karena kita sudah maksimal menjaga tubuh yang sudah Allah kasih ini.

    ReplyDelete
  4. 6 cara untuk self love atau mencintai diri sendiri yang tampaknya sederhana ya tp sebetulnya kalau sudah jadi kebiasaan akan terasa banget ke kesehatan fisik n mental kita secara keseluruhan, hmm kesehaan spiritual juga bahkan. Lets love our selves...

    ReplyDelete
  5. Mb Arin.. aku tertohok loh bagian yang males mandi. Emang sejak musim hujan deras ini aku males banget mandi 😆😆 tapi bagian yg membersihkan daerah kewanitaan tetep dong jalan terus

    ReplyDelete
  6. Bertambahnya usia mengajarkan saya untuk Selflove pada diri sendiri. Karena kalau bukan kita siapa lagi ya. Salah satu yang saya lakukan positif thingking & kalaupun ada yang toxic relationship, lebih baik menarik diri

    ReplyDelete
  7. Ya ampun Mak, aku baca ini habis ngopi dengan gula plus (siang-siang) belum mandi. Jadi merasa tertohok aku tuuu...hihihi. Jujur aku jg masih mengonsumsi gula meski sudah berkurang sih. Semoga berkurangnya semakin banyak.

    Btw, foto2 betadinenya cantik2 maak... Menjaga kebersihan area intim pastinya penting buat semua perempuan.

    ReplyDelete
  8. aku pernah baca di Tiktok yg berseliweran, nikmatnya beribah kita itu akan terasa lezat kalau kondisi batiniah kita juga sehat. Self love itu sangatlah penting yaa, terutama organ intim nih dengan Betadine Feminine wash

    ReplyDelete
  9. Sepakat dengan semua tips self lovenya Mbak. Dan, saya terkesan dengan qoutsnya Mbka Arinta nih, "lebih baik bersusah-susah menyimpan, daripada harus susah-susah cari utangan." eh, tiba-tiba ingat seseorang yang punya utang sama saya tapi seakan tidak kenal lagi, hahaha.

    ReplyDelete
  10. Setuju semua poin nya mba. Akupun sedang mengurangi gula dan mulai olahraga ringan lagi dirumah. Perawatan diri juga sesimple perawatan yang bisa dilakukan dirumah jangan kelewat pake sunsceen hehe

    ReplyDelete
  11. Aku tuh malahan sudah gak konsumsi minuman gula lama juga. Es kopi susu saja aku selalu request no sugar. Eh tapi aku kemarin habis minum Coca Cola, hahahaa... Tapi ini bisa dihitung jari sih setiap tahunnya. Ternyata produk perawatan kewanitaan kita sama nih mak Arin.

    ReplyDelete
  12. kalau menurutku salah satu wujud dari kita mencintai diri sendiri itu ya kita tidak melakukan hal yang bisa merusak tubuh kita kayak menjaga makanan gitu. tapi memang kalau soal makanan ini agak susah ya menahan godaannya karena aku juga masih berusaha banget mengkonsumsi makanan yang sehat untuk tubuh

    ReplyDelete
  13. Setuju sekali Arinta. Self-love itu melakukan sesuatu yang bikin kita bahagia, dan baik sekali jika dampaknya bikin orang lain juga jadi bahagia. Banyak yang bisa dilakukan untuk itu ya, bahkan dari hal paling sederhana seperti self-care organ kewanitaan, yang hasilnya justru tidak sederhana, karena selain "punya kita" jadi sehat, suami juga jadi senang dan jadi bahagia 😁 *ups

    ReplyDelete
  14. Menyoal gula, sama kita. Apalagi kedua ortuku pengidap diabetes, jadi beberapa tahun terakhir aku beneran ngurangin gula dan makanan yang banyak mengandungnya. Ingin selalu sehat termasuk cara mencintai diri sendiri bukan?

    ReplyDelete
  15. self love memang penting mbaaa dan ada banyak cara untuk melakukannya termasuk menjaga dan merawat diri kita dengan baik yaaa mba

    ReplyDelete
  16. Self love berarti lebih peduli terhadap diri, mau menerima kekurangan dan memperbaiki diri. Olahraga saya juga mulai coba rutinkan. Berpikir positif dan memperbaiki kualitas ibadah juga penting

    ReplyDelete
  17. Mengurangi gula ini tuh PR banget Mak, aku tiap pagi suka ngopi 😭😭😭 plus harus rajin olahraga juga nih, aku olahraga cuma sesuka hati.

    ReplyDelete
  18. saya juga baru tahu self love belakangan ini aja.. lebih baik telat deh daripada nggak... self love saya yoga dan skinker an... sama ngopi deng hhihih.. kalo bukan kita yang merhatiin diri sendiri ya siapa lagi

    ReplyDelete
  19. Wah boleh juga ni ditiru 6 cara mencintai diri sendiri, agar hidup lebih menyenangkan ,seimbang lahir dan batinnya.

    ReplyDelete
  20. kadang yang sering diabaikan itu self love dengan meningkatkan kualitas ibadah. padahal ini self love paling terasa manfaatnya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan. Komentar yang menyertakan link hidup, mohon maaf harus saya hapus. Semoga silaturrahminya membawa manfaat ya...