7 Alasan Mengapa Cewek-Cewek Perlu Service Motor Secara Rutin

Friday, July 28, 2023


“Wanita tuh makhluk mulia. Saking mulianya, sampe ga ditakdirin untuk ngerawat motor.” Tulis Bintang Emon di unggahan Instagram-nya beberapa bulan lalu.

Di postingan yang juga berisi video itu, Bintang Emon me-roasting kaum perempuan yang menurutnya ngga pintar merawat motor. Katanya, “Cewe itu rawat apa aja bagus. Kecuali satu, rawat motor.” 

Bintang Emon roasting cewek-cewek pemotor


“Ban-nya nih, biar kata udah botak, selama belum sisa ban dalem doang, ngga bakal diganti! No problemo dia mah dengan itu.”
Lanjutnya.

Sebentar, roasting-nya belum selesai. Bintang melanjutkan, “Dia pada kalau ke bengkel tuh bukan ganti oli. Ngisi oli! Ini udah kering!” Asli, yang ini sedih (karena emang faktanya begitu), tapi bikin ngakak.

Wahai kaum cewek, gimana rasanya di-roasting sama Bintang Emon? 

Sebagai seorang wanita, saya tersindir dong. Jujur saja, apa yang diomongin Bintang Emon tuh seratus persen bener-bener menggambarkan diri saya sebagai wanita pemilik dan pemakai motor.

Memang saya akui, jangankan ganti oli, ngelap motor dari debu aja hampir ngga pernah saya lakukan. Yang saya tahu cuma isi bensin aja, haha... Secuek itu saya sama motor yang sudah berjasa mengantar jemput anak-anak sekolah. 

Hingga suatu hari, saya kena tulah. Hari itu, setelah bepergian, saya lupa nyabut kunci motor karena entah lagi mikirin apa. Parahnya, kunci masih dalam keadaan on. Kejadian itu baru ketahuan keesokan hari saat saya bingung mencari kunci motor, kok kunci motor ngga ada di cantolan kunci biasanya. Setelah dicari ke sana kemari, ternyata kunci itu masih tergantung di motor. 

Bisa ditebak, setelah itu apa yang tekor? Ya, aki atau accu-nya. Selain itu, kantong saya juga ikut jebol, karena setelah dibawa ke bengkel, ternyata banyak sekali sparepart yang juga harus diganti. 

Ya Allah, inikah karma cewek yang ngga bisa ngerawat motor? 

Memangnya, Seberapa Pentingkah Service Motor Itu?

Service motor adalah rangkaian tindakan perawatan dan pengecekan kondisi motor yang dilakukan secara rutin (biasanya dilakukan ketika motor sudah mencapai jarak tempuh tertentu). 

Service motor sangat penting dilakukan untuk menjaga kinerja, keamanan, dan umur pakai motor, karena pada saat service tersebut, semua komponen kendaraan diperiksa dan diidentifikasi apakah masih dalam kondisi optimal ataukah sudah perlu diganti.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa service motor menjadi hal yang sangat penting:

1. Kinerja Optimal

Melalui service rutin, komponen-komponen motor akan diperiksa dan disesuaikan untuk memastikan kinerjanya tetap optimal. Penggantian oli, filter, busi, dan penyetelan komponen lainnya akan membantu motor beroperasi dengan baik.

2. Keamanan

Service motor juga berhubungan dengan keamanan, karena rem, lampu, klakson, dan sistem lainnya akan dicek apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak. 

3. Memperpanjang Umur Pakai

Dengan perawatan yang baik, komponen motor akan lebih awet dan tahan lama. 

4. Efisiensi Bahan Bakar

Motor yang dirawat dengan baik cenderung lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar. Hal ini dapat menghemat biaya bahan bakar dan juga mengurangi polusi.

5. Deteksi Dini Masalah

Melalui service berkala, mekanik dapat mendeteksi masalah kecil sebelum mereka berkembang menjadi masalah besar. Dengan kata lain, rutin melakukan service motor juga bermanfaat untuk menghindari kerusakan yang lebih serius dan biaya perbaikan yang mahal.

6. Menjaga Nilai Kendaraan

Kendaraan yang terawat dengan baik akan memiliki nilai jual yang tinggi dan membuatnya lebih menarik bagi calon pembeli.

7. Biar Nggak Disindir Bintang Emon Lagi!

Wkwkwk, ini alasan sentimentil. Tapi masa kita kaum cewek mau terus-terusan kayak gitu? Sudah dikasih tahu yang bener, mari berbenah. Toh rutin service motor adalah hal yang baik. Ya kan? 

Bagian Mana Saja yang Perlu Diperiksa Saat Service Motor?

Pada saat service motor, bagian yang perlu dicek antara lain saluran bahan bakar, kondisi mesin, rem, gas tangan, oli mesin, oli gardan, ban dan lain sebagainya. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Oli Mesin

Oli mesin berfungsi sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung mesin. Itu sebabnya, kita mesti rajin mengganti oli secara rutin. Biasanya, penggantian disarankan setiap kali kendaraan mencapai 2500 Km. 

Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km / 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli.

Oli motor matic


Untuk biaya penggantiannya, biasanya meliputi biaya pembelian oli (harga tergantung merek) dan biaya jasa ganti olinya.

Oiya, awas jangan salah, ya... Jika motormu adalah motor matic, maka oli yang dipakai harus oli motor matic. Karena memang ada perbedaan antara oli motor matic dengan oli untuk motor manual. Perbedaannya ada pada kekentalannya dan juga fungsinya.

2. Oli Gardan

Fungsi oli garden adalah untuk melumasi gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT). Itu sebabnya, pengguna motor matic wajib rutin mengganti oli gardan. Untuk waktu penggantiannya menggunakan rumus 2x ganti oli mesin, kemudian baru dibarengi dengan 1x ganti oli gardan.

3. Busi

Busi motor


Busi adalah part atau bagian motor yang berfungsi untuk mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin dapat menyala. Jika busi tidak berfungsi dengan baik, motor akan sulit dinyalakan.

4. Kampas Rem

Keamanan dan keselamatan berkendara menjadi faktor penting yang perlu diperhatikan. Salah satu komponen pada motor yang berpengaruh besar pada keselamatan adalah sistem pengereman. Jika kampas rem sudah tipis, rem pun akan menjadi kurang pakem, dan bisa menyebabkan kecelakaan. Inilah mengapa kampas rem harus selalu dicek saat melakukan service motor.

5. Filter Udara

Fungsi filter udara adalah untuk menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran agar jangan sampai ada kotoran yang masuk dan menyumbat sistem injeksi dan karburator. Biasanya, mekanik akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu sebelum memutuskan apakah filter udara masih bisa dibersihkan atau harus diganti.

6. Aki atau Accu

Tegangan pada aki idealnya berada di 12,3-12,6 Volt dalam kondisi mesin mati. Sementara jika mesin menyala, maka tegangan aki berada pada 13,7 - 14,2 Volt. Nah, kalau tegangan aki tak sesuai ketentuan tersebut, ditemukan ada kebocoran, atau kondisi terminal berkarat, mau tidak mau mekanik harus melakukan pemeriksaan detail. Kondisi aki yang sudah tidak layak harus segera diganti agar kita tetap bisa menggunakan motor dengan nyaman.

7. Ban

Pemeriksaan ban juga penting dan perlu dilakukan secara berkala, lho! Bahkan, sebelum menggunakan motor, kita juga sebaiknya memeriksa kondisi ban terlebih dahulu. Apalagi setelah disindir sama Bintang Emon nih, wkwkwk… Jangan sampai, bannya sudah botak, tapi masih dipaksakan untuk jalan. 

Nah, pada saat service motor, biasanya mekanik akan memeriksa tekanan udara di dalam ban, kondisi ban secara keseluruhan (bannya gundul atau tidak), dan sebagainya.

8. Tune up Motor Rutin

Service motor tune up adalah servis rutin yang meliputi pemeriksaan semua komponen, terutama komponen-komponen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan. Pemeriksaan biasanya fokus pada tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator (saringan udara), memeriksa tegangan rantai, rem, dan klakson. 

Terkadang, pada saat tune up, kita pun perlu mengganti oli mesin, ganti oli gardan, atau penggantian sparepart. Namun, bengkel yang baik pasti akan menginformasikannya terlebih dahulu kepada kita. Jika kita menyetujui penggantian itu, mekanik baru akan melakukan perbaikan.

Planet Ban, Bengkel Servis Motor Terbaik

Bengkel motor terbaik

Untuk mendapatkan servis yang bagus, tentu kita harus memilih bengkel servis motor yang bagus juga. Salah satu bengkel yang recommended dan bisa diandalkan adalah Planet Ban. Di bengkel ini, kita bahkan bisa mendapatkan service motor rasa mesin baru . Hmm… apa itu servis rasa mesin baru?

Servis rasa mesin baru merupakan sistem servis terpadu yang bertujuan untuk meng-upgrade atau meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara yang cepat dan biaya lebih hemat. Fokus pemeriksaan dan perbaikan pada servis rasa mesin baru adalah di bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis. Karena letaknya tersembunyi, bagian ini biasanya jarang dicek dan disetel rutin.

Apa Sih Manfaat Melakukan Servis di Planet Ban? 

Berikut ini keuntungan melakukan service motor di Planet Ban.

  • Planet Ban menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi, yang dapat meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin. Dengan begitu, mesin jadi lebih awet dan jarang rusak.
  • Jika dipadukan dengan penggunaan sparepart asli, maka pemakaian menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan enteng.
  • Biaya servis lebih hemat, karena di Planet Ban, kita cukup melakukan ganti oli setiap mencapai jarak tempuh 5000 km saja.
  • Dengan melakukan service motor di Planet Ban, kita bisa ikut memelihara dan menjaga lingkungan, karena emisi dan polusi dari motor berkurang.

Perbedaan Service Motor di Planet Ban dengan Bengkel Lain

Ada beberapa hal yang menjadi nilai plus bagi Planet Ban jika dibandingkan dengan bengkel motor biasa.

  • Service motor di Planet Ban, motor bersih, terlihat seperti baru.
    Jika servis di tempat lain, biasanya masih tersisa banyak kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang tertinggal, di Planet Ban seluruh bagian akan dibersihkan. Bahkan kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya akan dibersihkan dari debu dan sisa-sisa pembakaran.
  • Service motor di Planet Ban, selain motor dibikin seperti baru, tarikannya juga jadi lebih enteng. Emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM, dan mesin jadi bersih total.
  • Biaya service motor di Planet Ban sangat terjangkau.
    Untuk service motor injeksi, biayanya cuma Rp 20.000,-. Service CVT sekaligus rantainya, cuma Rp 19.500,-. Bahkan, untuk service throttle body, kita cuma perlu merogoh kocek Rp 20.000,- saja. Gimana? Murah banget kan?

Nah, sekarang, setelah tahu manfaat melakukan service motor secara rutin dan bagian mana saja yang perlu diperiksa secara rutin, masih mau cuek sama motor? Jangan, yaa… Kalau perlu service motor, ke Planet Ban saja, supaya bisa mendapatkan layanan terbaik untuk servis motor rasa baru, tentunya dengan biaya yang terjangkau. Okay? 😊



12 comments

  1. Wah mau juga cobain servis motor di Planet Ban. Harganya sangat terjangkau sih ya. Apalagi hasilnya sangat memuaskan.
    Aku termasuk rewel soal perawatan motor soalnya. Nggak nyaman dikit, berasa banget tarikannya pas dipakai tu nggak nyaman. Jadi selalu cari bengkel yang trusted deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mak.. Kadang yang bikin takut servis motor tu kuatir uangnya kurang karena digetok, kayak yang viral beberapa waktu lalu itu. Tapi kalo di Planet Ban, harganya reasonable.

      Delete
  2. Asli ngakak deh walaupun kena roasting. Soalnya emang gitu. Suami sampai pijet kening kalau liat kendaraan istrinya. Kalau service motor di Planet Ban jadi tenang ya pelayanannya optimal dengan harga terjangkau juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kan, Mak.. Diroasting tapi ngakak, karena hampir semuanya bener, wkwkwk...

      Delete
  3. Kok aku juga gak pernah servis motor ya??? Apa kabar motor kuu 🙈

    ReplyDelete
  4. Hehehehe.... saya banget ini Mak, ngelap motor aja nggak pernah, apalagi nyuci apalagi mesti bawa ke bengkel buat di service. Saya tahunya makai aja.

    Servis motor rasa mesin baru, ini menarik nih. Apalagi biayanya juga terhitung murah. Ntar saya kasih tahu suami ah, lain kali servicenya di Planet ban aja.
    *Tetap yang bawa ke bengkel pak Suami, saya bagian terima beres dan siap pakai aja hehehe....

    ReplyDelete
  5. Ya ampuuun Ariiin! Antara mau ngakak ama sedih nih tante bacanya
    Apa iya setelah aki habis, lalu spare part lainnya rusak? Jangan-jangan justru hikmah di balik habisnya aki itu!

    Jangan-jangan kalau aki gak habis, si spare part itu gak ketahuan rusak? hayolooo..sering-sering ke Planet Ban gih!

    ReplyDelete
  6. Bang Emon jangan gitu dong, saya udah insaf kok, hahaha. Tapi sekarang sejak banyak bengkel yang nyaman, aku rajin kok ke bengkel

    ReplyDelete
  7. Aku juga ngakak lihat roastingan Bintang yang ini. Beuhhh valid, Tangg! Aku juga udha mentok isi bensin aja huhuu. Padahal kan service motor tuh penting banget agar kinerja motor bisa optimal. Untungnya nih deket rumah ada Planet ban, dan recommended banget buat service rutin.

    ReplyDelete
  8. Ahaha, aku juga nonton tuh yang Bintang Emon. Tapi bener sih, perempuan cenderung lebih cuek terhadap kendaraannya, apalagi motor. Emang kadang2 udah gak ada waktunya gitu untuk ngurusin kendaraan lagi karena udah dipusingkan oleh banyak banget urusan lainnya.

    Apalagi ibu-ibu ya kan, yang udah ngurusin rumah, ngurusin anak-anak, dan banyak lagi yang diurusin. Makanya suka ke-skip buat ngurus kendaraan, hee.
    *komen yang mengandung pembelaan diri xp

    ReplyDelete
  9. aku juga asal make biasanya wkwkw soalnya entahlah suka ga mikir kalo motor gt yang penting bisa jalan terus ngeeeeeeeeng. planet ban ini enak bisa nyervis banyak ya bisa oli, ban dll juga one stop shopping dulu kirain jual ban aja

    ReplyDelete
  10. Mtrku yg udah kuberdayakan ini udah uzur, umure 16thn... Blm lama ini turun mesin... 😭😭
    Tp yawes gpp, jenenge ae mtr tua. Skrg gk brani lg kelupaan ganti oli..

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan. Komentar yang menyertakan link hidup, mohon maaf harus saya hapus. Semoga silaturrahminya membawa manfaat ya...