9 Destinasi Wisata Air di Sumatera Utara Selain Danau Toba

by - July 16, 2018


Awal tahun 2015, suami saya mendapat tugas ke sebuah wilayah di Sumatera Utara. Dalam tugasnya itu, beliau sempat mengunjungi Danau Toba, bahkan sempat menyeberanginya juga. Saya, karena iri dengan pengalaman yang telah suami saya rasakan, ingin juga pergi ke sana. Bagaimanapun, kaki ini harus bisa menginjakkan kaki mengelilingi seluruh negeri. Aminkan dong teman-teman.

Ternyata eh ternyata, di sana tak hanya ada Danau Toba yang menawan, tapi wisata air yang lainnya pun tak kalah mempesona. Ini contohnya:

1. Danau Linting

Kata anakkompleks*, danau ini dinamakan Danau Linting karena tempatnya yang sunyi, sehingga sering digunakan untuk melinting ganja. Tapi kalau teman-teman kayusirih mengunjungi danau yang terletak di Desa Sibunga-Bunga Hilir, Kecamatan STM Hulu Kabupaten Deli Serdang ini, sebaiknya jangan melakukan hal tersebut yaa..


Danau Linting

2. Danau Taman Cadika Pramuka

Danau ini memang tidak seluas Danau Toba, bahkan mungkin lebih kecil dari Waduk Darma di Kuningan, Jawa Barat yang saya kunjungi beberapa waktu lalu.


Tetapi, boleh lah ajak anak-anak ke sini, karena di danau ini, terdapat taman bermain yang pasti akan membuat anak-anak betah. Ada musholla juga, sehingga tidak repot jika ingin menunaikan ibadah sholat lima waktu.

Sssttt, yang juga membuat penasaran adalah cerita mistis dari tempat ini. Hmmm...benarkah kalau kita memancing, lalu mendapat ikan yang berukuran besar, kita harus mengembalikannya?


Danau Taman Cadika Pramuka

3. Danau Siombak

Konon katanya, danau yang terletak di Kelurahan Paya Pasir, Medan Marelan, Medan, Sumatera Utara ini, merupakan bekas galian tanah untuk pengerjaan proyek pembangunan jalan tol Belawan – Medan – Tanjung Morawa (Belmera).  Danau ini memiliki luas sekitar 40 ha, dengan diameter sekitar 1000 meter.

Meski namanya mengandung kata “ombak”, tapi danau ini sangat tenang, lho...


Danau Siombak

4. Pantai Cermin

Pantai ini terkenal sekali lho, di Medan Pariaman. Ketika mencari tahu tentang pantai ini, duh, rasanya pantai ini harus ada di agenda wajib ketika ke Medan.


Tak hanya keindahan pantainya yang bikin pingin ke sana, tapi kelengkapan area bermainnya juga. Namanya juga emak-emak, pasti mikirin anak-anak juga kan... Dan di sini komplit banget deh, ada waterboom atau waterpark bernama Pantai Cermin Theme Park & Resort Hotel, ada Kebun Binatang Mini juga. Komplit ya? Jadi tempat ini merupakan perpaduan antara rekreasi buatan dan rekreasi alam. 

Pantai Cermin

5. Air Terjun Aek Sijorni

Air Terjun Aek Sijorni terletak di desa Aek Libung, Kecamatan Sayurmatingi, Kabupaten Tapanuli Selatan. Nama Aek Sijorni diambil dari Bahasa suku Batak. Aek berarti Air dan Sijorni yang berarti bersih/jernih. Jadi, Aek Sijorni dapat diartikan menjadi air yang jernih.

Sesuai dengan namanya, Air Terjun Aek Sijorni memang memiliki aliran air yang jernih, dan diperindah dengan pasir yang berwarna putih. Konon katanya, mandi di sini bisa bikin awet muda. Percaya?

Air Terjun Aek Sijorni

6. Air Terjun Sipiso-piso

Dinamakan Sipiso-Piso, karena air ini jatuh dari puncak yang tinggi, sehingga jatuhnya menyerupai bilah pisau yang tajam. Jika mengenai tubuh, akan terasa sakit. Bagaimana tidak, tingginya saja sekitar 120 meter.

Jika ingin ke sini, jangan pas musim hujan ya teman-teman, karena medannya akan menjadi sangat licin. Terus terang, melihat air terjun ini, saya jadi teringat Curug Muncar di Bruno, Purworejo, Jawa Tengah.

Baca: Curug-Curug yang ada di Purworejo, Jawa Tengah


Air Terjun Sipiso-Piso


7. Arung Jeram Sungai Bingei

Untuk yang menyukai tantangan, sepertinya tempat ini sangat cocok untuk ditaklukkan. Terdapat kurang lebih 8 jeram yang bisa membuat teman-teman menjerit, hingga lepas semua beban. Rafting Sungai Bingei, di Camp Site Bingei Rafting Alam Jaya Baru kawasan Namusira-sira, Kabupaten Langkat ini, merupakan salah satu icon wisata di Sumatera Utara, lho.

Tenang, meski ada 8 jeram yang menantang, tapi tempat ini insya Allah aman untuk pemula. Duh, jadi ingin mencoba juga.


Arung Jeram Sungai Bingei

8. Air Terjun Dwi Warna

Terletak di dalam hutan Sibolangit, air terjun ini berjarak kurang lebih 2 jam perjalanan dari kota Medan dengan menaiki bus. Akan tetapi, jika teman-teman berangkat dari taman wisata Sibolangit, teman-teman membutuhkan waktu sekitar 3 jam berjalan kaki.

Mengapa dinamakan Air Terjun Dwi Warna? Karena air terjun ini memiliki dua gradasi warna yang berbeda. Indah ya? Dan lagi, air terjun yang airnya berasal dari Gunung Sibayak ini, mempunyai dua perbedaan suhu air.  Di telaga berwarna biru, airnya terasa dingin, dan tidak jauh dari situ, ada air terjun yang hangat dan berwarna putih.

Huwaaaa, pengen ke sana jugaaaa...

Air Terjun Dwi Warna

9. Danau Lau Kawar

Membaca cerita tentang Danau Lau Kawar dari berbagai sumber, saya jadi ngeri sendiri, karena hampir semuanya bercerita tentang hal-hal yang berbau mistis dari tempat ini. Memang, ada banyak versi tentang bagaimana danau yang berada di kaki Gunung Sinabung ini terbentuk. Tetapi, jika diambil kesimpulan dari cerita-cerita misteri tersebut, danau ini tercipta dari kesedihan dan kemarahan. Entahlah...

Dan karena melihat medannya yang sulit, juga fasilitas yang masih sangat minim, saya jadi belum ingin ke sini. Tapi jika teman-teman penasaran, silakan datang ke tempat ini. Datanglah beramai-ramai, hormati adat istiadat setempat, dan rasakan kemewahan dari keindahan alam yang Danau Lau Kawar tawarkan. Kenapa saya bilang “kemewahan”? Karena tak semua orang bisa merasakannya juga. Contohnya saya, yang tak mampu menaklukkan rasa takut ini.

Danau Lau Kawar, foto dari Fina Ginting
Danau Lau Kawar. Indah banget sih yaaa.. Mungkin cerita mistisnya itu benar, untuk menjaga alam ini. 

Oke, kalau tempat wisata sudah dikantongi, mari kita menghitung biaya yang harus dipersiapkan untuk menuju ke sana. Jangan sampai ketika di sana kehabisan bekal uang, ya kan? Hihi...

Saya, kemana-mana pasti minimal berempat, dengan suami dan anak-anak. Makanya, pesan tiket juga untuk empat orang. Saya coba menghitung-hitung pengeluaran jika memesan tiket via traveloka.




Untuk tiket berempat, yang kami perlukan adalah sekitar Rp 3,6 juta. Selanjutnya, mari kita cari hotel untuk menginap yaa... Kami pilih Grand Mercure Maha Cipta.



Sebenarnya bisa saja kami berempat tidur sekamar seperti biasanya. Tapi tak apa lah ya jika pura-puranya pesan 2 kamar. Dan untuk 2 kamar hotel, kira-kira kami membutuhkan Rp 1,4 juta semalam.
Jadi jika ditotal, tiket pesawat 3,6 juta + tiket hotel 1,4 juta (2 kamar, 1 malam), kami harus menyiapkan sekitar Rp 5 juta.

Iya, tadinya saya mencoba memesan tiket pesawat dan tiket hotel secara terpisah, sampai saya diberi tau bahwa jika memesan paket pesawat hotel Traveloka, yang berarti memesan tiket pesawat dan hotel sekaligus, kita bisa mendapatkan harga yang lebih murah.

Dengar kata “lebih murah”, insting emak-emak langsung jalan dong yaa, hihi... Sekarang, mari kita cek kebenarannya.






Weeiiissss.. Jadi, kalau pesan tiket pesawat dan hotelnya terpisah, saya membutuhkan Rp 5 juta, dengan memesan paket wisata bisa hemat sampai 20% yaa.. Hampir Rp 1.000.000,- lho, kan lumayan... Ngga pakai kode promo apapun lagi. Uang sejuta bisa buat makan beberapa hari kan yaa... Hehehe...

Beneran ternyata, selain lebih mudah dan saving time, pesan produk paket tiket + hotel Traveloka ini jauh lebih murah daripada pesan secara terpisah. So, bagi teman-teman kayusirih yang punya rencana jalan-jalan dalam waktu dekat, pesan paket wisata traveloka saja. Lumayan kan, lebihan uangnya bisa buat makan, ditabung, atau beli oleh-oleh untuk handai taulan.


Sumber bacaan: 
. https://anakkompleks.wordpress.com/2013/02/27/danau-linting-danau-hijau-berair-hangat/
. https://www.medanwisata.com/2015/11/senja-di-taman-cadika-pramuka-medan.html
. http://iradiofm.com/berwisata-di-danau-siombak/
. https://www.jejakpiknik.com/pantai-cermin/
. https://sportourism.id/explore/merasakan-segarnya-pemandian-air-terjun-berundak-di-tapanuli-selatan
. https://www.pardisinaga.com/2016/11/Air-Terjun-Sipisopiso-Sumatra-Utara.html?m=0
. http://medan.tribunnews.com/2015/06/26/rafting-di-sungai-bingei-dijamin-anda-menjerit
. https://www.nusapedia.com/2014/12/air-terjun-dwi-warna-menjelajahi.html







You May Also Like

9 comments

  1. Pantai cermin cantik sekali... Diskon 20% untuk order flight dan hotel mah nggak bisa dilewatkan yah mbak, apalagi gak pake repot dg code booking

    ReplyDelete
  2. biaya yang dikeluarkan juga relatif nih,bisa hemat uang...

    ReplyDelete
  3. pemandangan nya keren-keren banget...

    ReplyDelete
  4. jadi hemat biaya nih kalau pake traveloka

    ReplyDelete
  5. baru tau,ada tempat sekeren ini...

    ReplyDelete
  6. air terjun dwi warna cantik banget..

    ReplyDelete
  7. Wah ternyata banyak juga ya wisata yang berkaitan dengan air, saya kira danau toba aja..hehe
    Sepertinya kalau saya kesana harus di list dulu wisata mana dulu yang mau dikunjungi..he

    ReplyDelete
  8. Ternyata selain danau toba masih banyak danau2 lainnya...

    Toss mba...aku juga klo kemana-mana, minimal ber4

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan. Komentar yang menyertakan link hidup, mohon maaf harus saya hapus. Semoga silaturrahminya membawa manfaat ya...

Kumpulan Emak-Emak Blogger