9 Tips Hemat Budget Saat Beli Gadget

by - September 13, 2018

Zaman sekarang, teknologi berubah dengan sangat cepat. Kadang saya merasa kesulitan mengejarnya. Soal ini belum betul-betul saya kuasai, eh, ada hal lain yang sudah muncul lagi dan menuntut untuk dipelajari. Begitu juga dengan handphone. Seri ini belum termiliki, eh, sudah lahir seri yang terbaru lagi. Contohnya, iPhone. Saya sama sekali belum pernah memiliki iPhone, tapi tahu-tahu udah ada iPhone X aja.

Sedih yaa... Pengen sih suatu saat nanti bisa memiliki iPhone. Konon, kamera iPhone itu paling jujur dibanding kamera handphone merek lain. Dan benar, setelah saya cari tahu, iPhone X ini kameranya canggih. Dia bisa menghasilkan efek blur atau bokeh, seperti halnya kamera DSLR. Huwaaa, jadi makin mupeng.

Baiklah, mari kita cek harga iPhone X di iPrice dulu. Kebetulan, beberapa waktu lalu saya membaca blog teman-teman, dan dari sana saya mengetahui ada situs iPrice ini. Untuk cek harga, iPrice bisa jadi solusi, karena dia bisa menunjukkan harga terbaik dari semua e-commerce yang ada. Jadi kita bisa lebih menghemat waktu, ngga perlu buka e-commerce satu demi satu.

Seperti ini contohnya:

iPrice

harga iPhone X terbaik


harga iPhone X terbaik


Nah, setelah lihat harga iPhone X yang ternyata uwow banget untuk kantong saya, saya malah jadi terusik untuk mencari cara, bagaimana agar saya bisa mengumpulkan uang sebanyak itu ya? Sementara, saya ini termasuk boros orangnya. Pegang uang dikit aja langsung pengen beli macem-macem, yang jika dipikir ulang, ternyata tidak benar-benar saya perlukan.

Saya yakin ini bukan problem saya saja. Hehe, nyari teman ceritanya. Tapi benar kan, jarang sekali orang yang bisa pegang uang, menyisihkan sedikit demi sedikit untuk mewujudkan keinginannya? Kalau ada jalan pintas seperti berhutang, mungkin itu yang akan dilakukan.

So, tak perlu berlama-lama lagi, here they are, 9 tips hemat budget saat belanja gadget:

1. Belajar disiplin dalam Mengatur Uang
Ini wajib, kalau kita sudah menetapkan sebuah keinginan. Kalau ngga mau disiplin ya wassalam... Belum bisa disiplin? Ayo kita coba pelan-pelan.

2. Cari Teman atau Anggota Keluarga yang Satu Visi
Kalau perlu, bilang sama mereka bahwa kita sedang mempunyai mimpi untuk memiliki benda ini. Tujuannya apa? Supaya saat kita ada uang dan ingin foya-foya, mereka senantiasa mengingatkan, “Inget lho, katanya mau beli ini?” begitu.

3. Hindari Pembelian Mendadak
Jangan membeli sesuatu yang mendadak atau di luar pos pengeluaran bulanan, apalagi jika itu tidak bersifat 'wajib'. Mengeluarkan uang untuk barang yang tak penting karena godaan 'sale atau cuci gudang' adalah bagian dari pemborosan. Jangan sampai mengambil keputusan yang berujung pada penyesalan.

4. Bayar Tunai, Hindari Hutang yang Tidak Perlu
Kehadiran kartu kredit memang membawa kemudahan, contohnya, kita tak perlu membawa uang banyak ketika berbelanja. Akan tetapi, kehadirannya juga membawa efek negatif bagi si pemilik kartu, seperti utang yang menumpuk akibat pemakaian tidak terkendali.

saving money from pixabay

5. Pertimbangkan untuk Membeli Barang Kondisi Bekas Pakai
Nih, biasanya ada orang yang lekas bosan terhadap sesuatu, termasuk pada gadget. Untuk gadget, harga second-nya biasanya jauh lebih miring dari harga beli baru. Kalau kondisinya masih oke, why not, ya kan?

6. Potong Biaya Transportasi untuk Efisiensi
Zaman sekarang, kita bisa berbelanja online kan? Jika dibanding dengan ongkos transport / BBM untuk kendaraan + ongkos parkir + jajan anak-anak, ongkos kirim via ekspedisi bisa dibilang jauh lebih murah, lho...

7. Jangan Membeli apa yang Tidak mampu atau Tidak Dibutuhkan
Iniiii, harus dicatat! Kalau belum mampu, ngga usah memaksakan diri dulu.

8. Selalu Lihat dan Bandingkan sebelum Membeli Barang
Udah tau yaa, kalau mau bandingkan harga cukup via apa? Yes, via iPrice saja.

9. Lawan Kebiasaan Buruk yang Membuat Boros
Semua orang pasti memiliki kebiasaan buruk yang berdampak negatif pada finansial. Coba pahami dan kenali diri, kebiasaan buruk apa yang merugikan keuangan kita? Misalnya, hobi nongkrong di kafe atau doyan beli cemilan. Kalau kita bisa sukses melawan kebiasaan buruk, hidup hemat bukan lagi sekedar omong kosong.

Yuks, sama-sama kita berusaha berhemat, menabung, agar mimpi kita bisa menjadi nyata. : )

You May Also Like

3 comments

  1. Saya sebelum membeli gadget, biasanya selalu membandingkan harga di setiap toko, Mba. Cari yang lebih murah (tentu dengan kualitas yang sama) ��

    ReplyDelete
  2. Kalo aku beli suka beli handphone di offline store. Apalagi pas ada diskon dan kebetulan emang lagi butuh handphone baru. Btw, salam kenal ya kakak.

    ReplyDelete
  3. belum mampu beli iphone, mampunya beli Syamsungsss kwkwkw

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan. Komentar yang menyertakan link hidup, mohon maaf harus saya hapus. Semoga silaturrahminya membawa manfaat ya...

Kumpulan Emak-Emak Blogger