Rekomendasi Kuliner Empal Gentong di Cirebon

Hampir 10 tahun bersuamikan orang Majalengka, setidaknya setahun sekali kaki saya menginjakkan kaki di Kota Cirebon. Ya, karena perjalanan dari Solo atau Purworejo menuju Majalengka, selalu melewati kota yang dijuluki Kota Udang ini. Dan kalau sudah sampai di sini, rasanya tak lengkap jika belum mencicipi Empal Gentong.

Empal Gentong memiliki cita rasa yang mirip dengan gulai karena makanan ini kaya rempah dan bersantan. Isiannya pun terdiri dari usus, babat, dan irisan daging sapi. Namun belakangan, di beberapa rumah makan yang menjual Empal Gentong, tersedia juga Empal Asem. Jika Empal Gentong pada umumnya dimasak menggunakan santan, Empal Asem tidak. Kuahnya bening, dan ada irisan tomatnya juga. Inilah yang membuatnya sedikit asam. 


Empal Gentong dan Empal Asem Cirebon
Empal Gentong dan Empal Asem khas Cirebon

Oya, mungkin ada yang bertanya, kenapa sih dinamakan Empal Gentong? Kalau rasanya mirip gulai, kenapa nggak dinamai gulai saja?

Empal sendiri merupakan daging (sapi, kambing, dsb) yang dipotong agak pipih dan digoreng (setelah direbus dan dibumbui). Dinamakan Empal Gentong karena potongan daging ini dimasak menggunakan kayu bakar (sekarang lebih umum menggunakan arang), di dalam gentong (periuk yang terbuat dari tanah liat).

Jadi, kalau dimasaknya menggunakan panci, bukan Empal Gentong lagi namanya, hihi...

Nah, ini beberapa Empal Gentong yang pernah saya coba, barangkali bisa menjadi referensi bagi teman-teman yang ingin mencicipinya juga.


1. Empal Gentong Amarta

Konon, Empal Gentong Amarta merupakan pelopor Empal Asem di Cirebon. Dan memang, dibanding tempat lain, Empal Asem Amarta ini memang paling pas di lidah saya.

Sebenarnya Empal Gentong Amarta ini cukup recommended untuk soal rasa. Namun, untuk tempatnya, Empal Gentong Amarta memiliki kekurangan. Meski berlantai dua, tapi tempatnya sempit, dan lahan parkirnya juga kurang memadai. Jadi kalau mau ke sini harus sabar banget, yaa...


Empal Gentong dan Empal Asem Amarta, Cirebon

Empal Gentong dan Empal Asem Amarta, Cirebon
Empal Gentong dan Empal Asem Amarta, Cirebon


2. Empal Gentong H. Apud

Empal Gentong H. Apud tak kalah moncer jika dibandingkan dengan Empal Gentong Amarta. Mana yang lebih enak, tentu kembali ke selera masing-masing. Yang menjadi nilai tambah bagi Empal Gentong H. Apud adalah tempatnya yang lebih luas dan tersedianya lahan parkir. 

Kebetulan saya tidak punya foto saat makan di Empal Gentong H. Apud, jadi saya pinjam foto dari pergidulu.com, yaa.. 

Empal Gentong H. Apud via https://www.pergidulu.com/empal-gentong-h-apud-cirebon/


3. Empal Gentong Bu Ulfah

Empal Gentong ketiga yang pernah saya coba adalah Empal Gentong di RM. Bu Ulfah. Jika dibandingkan dengan dua tempat sebelumnya, RM. Bu Ulfah relatif lebih sepi. Mungkin karena rumah makan ini masih terbilang baru, yaa.. 

Yang saya suka dari tempat ini adalah lahan parkirnya yang luas, paling luas dibanding Empal Gentong lainnya. Di dalam juga cukup luas dan bersih. Hanya saja, untuk Empal Asem rasa asamnya terlalu kuat. Tapi Empal Gentongnya enak juga kok.  


Empal Gentong Bu Ulfah

Empal Gentong Bu Ulfah



Empal Asem Bu Ulfah

Oya, baik Empal Gentong maupun Empal Asem, keduanya bisa dinikmati dengan nasi atau lontong. Mana yang lebih nikmat? Sekali lagi kembali ke selera masing-masing. Dan biasanya, di warung makan seperti ini, selain tersedia Empal Gentong dan Empal Asem, juga tersedia Sate Kambing. Bahkan ada juga yang menyediakan es krim durian.

Masya Allah, dobel-dobel bahayanya, wkwkwk.. Untuk teman-teman yang punya hipertensi, wajib banget untuk hati-hati. Jangan sampai lupa diri, karena jika lalai, enaknya cuma sebentar --di lidah doang--, tapi sakitnya yang kita nggak akan tahu bakal sampai kapan.

Nah, kalau teman-teman ada yang ingin mencoba kuliner Empal Gentong khas Cirebon di atas, pergilah ke Jalan Ir. H. Djuanda, Plered, Cirebon. Di sini ada banyak sekali warung makan yang menawarkan Empal Gentong sebagai menu andalan. Selamat mencoba, yaa... :)




18 comments :

  1. makasih rekomennya yaa, duh empal gentong enak banget sih, susah move on banget dari empal gentong, lovee bangeett pokoknya

    ReplyDelete
  2. Wah..enaaaak nih empal gentong..kalau empal asem blom pernah nyobain hehe.. TFS mba. Kusimpan ah..

    ReplyDelete
  3. Euleuh, ternyata suaminya urang Sunda juga? Hehehe...
    Maja nya dari daerah mana suaminya, Mbak?
    Saya sering ngebolang ke Maja.
    Setiap mau naik Ciremai selalu lewat Maja atau Kuningan

    ReplyDelete
  4. Empal gentong ini menurut aku kaya setengah gulai, setengah rawon, hehe.
    Aku belum pernah cobain empal asem

    ReplyDelete
  5. Kuliner Cirebon enaaak2 buangeett. Aku bakal nambah2 deh kalo makan empal getong ini
    Dan ya ampyuuun kalo setelah makan, dilanjut es krim duren, rasanyaaaa... SURGAAAA
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  6. Kalau suami saya sukanya Empal Gentong Mang Darma. Tetapi, kuliner Cirebon memang banyak yang enak

    ReplyDelete
  7. Wah kemarin saat ikut ziarah Wali 9, mampir ke Cirebon, ke Sunan Gunung Jati (CMIW), lihat juga kuliner empal gentong ini.

    Sayangnya ga bisa mampir icip-icip, padahal saya udah ngira pasti kuliner ini enak dan sedap.

    Semoga lain kali bisa makan empal gentong hehe

    ReplyDelete
  8. Huaa jadi kangen Cirebon nih, waktu itu pernah kesana cuma semalam doank dan Alhamdulillah sempat makan empal gentong di depan hotel.

    ReplyDelete
  9. Empal gentong itu selalu jadi menu favorit yang aku cari kalo datang ke acara kondangan hehehe. Nikmat banget rasanya. Sebenarnya aku juga darah Cirebon dari ayah, cuma karena semua keluarga ayah udah tinggal di Jakarta semua, jadi enggak pernah ke Cirebon deh :(

    ReplyDelete
  10. Enyaak~
    Pas tinggal di Cirebon juga hobinya beli Empal Gentong.
    Aku pikir namanya Gentong karena daging gede-gede.
    Hehehe..

    Nyatanya malah tipis dan empuk.

    ReplyDelete
  11. aduuuh kamu buat aku ngiler tingkat dewaaa. Aku suka banget empal gentong, walaupun makannya ngga boleh sering -sering hehehehe. Yang pasti Cirebon itu kampung halaman kakekku dari pihak papah

    ReplyDelete
  12. Aku belom pernah makan empal gentong mbaa apalagi empal asem. Baru cobain empal gepuk aja. Tapi, kalo ada kesempatan icipin kayaknya aku bakal doyan bgt sih haha

    ReplyDelete
  13. favorit ku empal asem h. apud, masyaallah itu seger banget, belimbing wuluhnya asem, pake sambal cabe kering, makin nikmat deh. apalagi ya cirebon itu kan cuacanya panas jadi makin heboh makan empalnya.

    ReplyDelete
  14. Masakan kesukaan kami banget ini.. segala jenis empal pokoknya, tapi empal gentong memang enaak banget karena seger. Kalau pas lewat cirebon wajib kunjung banget nih, makasih referensi ya mba :)

    ReplyDelete
  15. Kakakku nikah dengan orang cirebon jadi kakak suka cerita tentang aneka kuliner cirebon

    ReplyDelete
  16. Aku suka empal gentong krn dagingnya empuk dan bumbuny meresap sampai ke dalam

    ReplyDelete
  17. Huwaaa akhirnya aku nggak pernasaran lagi, itu toh bentuknya empal gentong
    semacam berkuah gitu ya Mba hahaha .... semoga kapan-kapan bisa main ke Cirebon entah dalam rangka apa, pengen cobain makanan khasnya sana juga.

    ReplyDelete
  18. Aku blaasss belum pernah makan Empal Gentong. Kapan ya bisa ke arah Cirebonan biar kesampaian untuk nyobain kuliner yang satu ini. Mbokya di Semarang ada yang buka gerainya gitu ya biar bisa nyobain :))

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan. Komentar yang menyertakan link hidup, mohon maaf harus saya hapus. Semoga silaturrahminya membawa manfaat ya...

Community

Designed By OddThemes | Distributed By Blogger Templates