Tips Menanam untuk Pemula

Friday, July 31, 2020


Dua bulan belakangan, tulisan yang menjadi top search di blog kayusirih adalah ini: Dari Janda Bolong Hingga Sri Rejeki, Tanaman yang Sedang Populer Saat Ini. Saya sampai keheranan, karena jumlah penayangannya mencapai hampir 40% dari keseluruhan. Wah, rupanya hobi menanam sedang kembali menjadi tren saat ini.

Mungkin, salah satu faktor yang membuat hobi menanam kembali digandrungi adalah karena pandemi corona yang mengharuskan kita berkegiatan #DiRumahAja. Jadi sepertinya, karena ada banyak waktu di rumah, sebagian besar orang menggunakannya untuk merapikan rumah, merapikan taman, hingga akhirnya memiliki hobi baru yaitu menanam tanaman. Tentu saja, hobi menanam ini adalah sebuah tren positif, ya kan?

Melihat tren yang sedang berkembang saat ini, KEB tak mau ketinggalan. KEB mengundang Mbak Adawiyah Riwan yang merupakan founder @nanemtaneman untuk berbagi tips menanam di #KEBNgobrol.

Beberapa hari sebelumnya, di WAG Pengurus, Makpon Mira Sahid sempat berpesan kepada seluruh Makmin KEB, bahwa kami semua harus akrab dengan IG Live. Kami harus siap jika sewaktu-waktu harus menjadi host. Nah, melihat bahwa tema obrolan yang direncanakan salah satunya adalah tentang tanam-tanam, saya mengajukan diri. Mengapa?
1. Supaya segera bebas dari kewajiban, hihi...
2. Menanam adalah salah satu hobi saya.

Seperti yang saya tulis di atas, tulisan tentang tanaman yang saya buat bahkan menjadi popular post di blog ini dua bulan belakangan. Dan jauh sebelum ini, tepatnya di tahun 2014, tulisan saya tentang tanam-menanam juga dimuat di majalah Ummi. Xixi, narsis ya? Maafff... 😀





Kembali ke #KEBNgobrol...

Di kesempatan itu saya banyak menimba ilmu dari Mbak Upil, sapaan akrab Mbak Adawiyah Riwan. Salah satunya tentang tips-tips menanam untuk pemula.

1. Pilih tanaman yang murah dan mudah perawatannya


Sebagai pemula, kita latihan merawat tanaman dulu, yaa.. Karena namanya juga latihan, jadi pilih yang murah dan mudah dulu, supaya ngga nyesek banget kalau tanaman yang kita beli gagal tumbuh.

Murah atau mahalnya suatu tanaman memang relatif. Dan kalau sudah hobi, mau harga berapapun asalkan mampu ya ngga masalah. Tapi tetep aja sih, kalau sudah beli mahal-mahal lalu tiba-tiba mati, rasanya pasti sedih dan ngga rela, ya kan?

Nah, ini saya rekomendasikan tanaman yang murah dan mudah perawatannya.

Janda Bolong

Tanaman murah dan mudah perawatan untuk pemula
Janda Bolong

Terus terang saya sendiri masih bingung membedakan Monstera obliqua dengan Monstera adansonii, karena keduanya sangat mirip. Entah yang saya punya ini jenis monstera yang mana. Makanya, paling mudah memang menyebutnya dengan Janda Bolong saja. Hehe...

Perawatan tanaman ini sangat mudah. Bahkan, ditanam di vas dengan media air saja sudah cukup. Lihat, cantik juga untuk dijadikan tanaman indoor, ya kan?

Harganya juga ngga mahal kok. Waktu itu saya beli hanya Rp 20.000,- satu polybag.

Phillodendron

Phillodendron, tanaman hias untuk pemula
Phillodendron


Phillodendron, tanaman hias untuk pemula
Phillodendron

Tanaman ini juga mudah dalam perawatan, cukup disiram dan diberi pupuk saja. Untuk pemupukan, saya tidak punya waktu khusus karena saya sering lupa, hihi... Tapi alhamdulillah, so far tanaman saya baik-baik saja.

Soal harga, Phillodendron juga cukup murah, lho. Waktu itu saya beli hanya Rp 15.000,- saja. Murah kan?

Sebenarnya ada beberapa tanaman lain yang juga tergolong mudah dalam perawatan, seperti sansevieria alias lidah mertua, pisang-pisangan, lidah buaya, sirih gading, dll. Silakan dicoba ya, teman-teman...

2. Kenali Karakteristik Tanaman


Tips selanjutnya dari Mbak Upil adalah kenali karakteristik tanaman. Ada tanaman yang bisa berjamur / mati apabila mendapat air terlalu banyak, ada tanaman yang justru memerlukan banyak air. Ada tanaman yang senang dengan cahaya matahari, ada juga yang lebih suka tempat yang teduh. Jadi, sebelum membeli tanaman, sebaiknya cari tahu dulu bagaimana cara perawatannya.

Nah, itu dia tips menanam untuk pemula yang disampaikan oleh Mbak Upil. Yuk, mulai menanam! Selain bisa memperindah rumah kita, tanaman yang kita tanam juga dapat membantu memperbaiki kualitas udara di sekitar kita dengan kemampuannya menyerap polutan, meski kadar penyerapannya berbeda-beda.

Hobi menanam juga bermanfaat bagi kesehatan mental, lho. Kegiatan menanam dipercaya dapat membantu mengurangi gangguan kecemasan, mencegah depresi, memperbaiki suasana hati, juga membuat pikiran lebih fokus. Wah... Bener ngga sih? Ayo kita buktikan sama-sama! 😊



Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan. Komentar yang menyertakan link hidup, mohon maaf harus saya hapus. Semoga silaturrahminya membawa manfaat ya...