Manfaat Daun Sirih


Suatu hari sewaktu saya masih TK, saat bermain tiba-tiba hidung saya berdarah. Anehnya, saya tidak merasakan sakit sama sekali. Dalam pikiran kecil saya dulu, ketika keluar darah berarti ada yang terluka, dan berarti harus ada yang terasa sakit. Tapi mengapa ini tidak? Saya langsung pulang ke rumah, mengadu pada ibu. Ibu langsung tanggap. Beliau langsung memetik daun sirih yang tumbuh merambati pohon pepaya di samping rumah. Daun sirih itu digulung-gulung, lalu disumpalkan ke hidung saya. Beberapa saat kemudian, darah berhenti. Oh, ternyata yang saya alami ini disebut mimisan, dan daun sirih berguna untuk menghentikan mimisan, batin saya. Lalu, adakah manfaat daun sirih lainnya? 

Daun sirih untuk menghentikan mimisan
Daun Sirih, from Intisari Online

Sejak kecil, saya sudah akrab dengan daun ini. Selain karena ibu menanamnya di rumah, Mbah Biyung (Mbah yang sudah sangat sepuh, tinggal di sebelah rumah kami) juga menggunakan daun sirih untuk "nginang". Mengutip wikipedia, nginang atau menginang (makan pinang) adalah tradisi bersirih warisan budaya Indonesia, yang dilakukan dengan mengunyah bahan-bahan bersirih seperti pinang, sirih, gambir, tembakau, kapur, juga cengkih.

Saya yang ketika itu belum sekolah, sering menemani Mbah Biyung nginang di depan rumahnya. Tangannya yang mengeriput, sangat terampil meracik bahan-bahan untuk menginang. Saya selalu menunggu saat mulut Mbah Biyung mulai berwarna orange. Bibirnya juga berwarna orange alami, tanpa perlu gincu. Ketika beliau meludah, tanah yang terkena cipratan ludahnya juga seketika berwarna orange, seperti warna batu bata.

Tak hanya Mbah Biyung, beberapa simbah-simbah yang sudah sepuh juga melakukannya. Suatu hari saya pernah bertanya pada ibu, kenapa sih Mbah-mbah itu suka nginang? Ibu menjawab bahwa menginang bisa menguatkan gigi.

Dan ternyata, tidak hanya di Indonesia, tradisi menginang juga lazim dilakukan di Malaysia pada zaman dulu. Saya mengetahuinya dari serial Upin Ipin yang sering ditonton anak-anak. Ada satu scene di mana Opah bercerita tentang tepak sirih. Orang dulu menggunakan tepak sirih sebagai "pembuka kata" saat bertamu atau menerima tamu. Jadi, sebelum membahas hal-hal apapun, aktivitas yang dilakukan pertama kali adalah menginang ini. Zaman sekarang, fungsi ini mungkin sudah digantikan oleh rokok, kopi, atau minum teh. 


Namun, selain digunakan dalam tata pergaulan, ternyata menginang juga punya manfaat lain. Daun sirih, bahan utama dalam menginang, diyakini dapat menguatkan gigi, menyembuhkan luka di mulut, menghilangkan bau mulut, menghentikan pendarahan gusi, serta sebagai obat kumur. Maka tak heran, banyak pasta gigi yang menggunakan daun sirih sebagai kandungan utamanya. 

Pasta Gigi Pepsodent Action Herbal
Pasta gigi dengan kandungan daun sirih

Selain untuk menghentikan mimisan dan menjaga kesehatan mulut, ada banyak lagi manfaat daun sirih untuk kesehatan tubuh, antara lain:

1. Mempercepat penyembuhan luka bakar
Seseorang yang mengalami luka bakar akan mengalami stres oksidatif yang cukup tinggi dalam tubuhnya. Stres oksidatif ini bisa menghambat proses penyembuhan luka. Nah, daun sirih adalah antiseptik yang luar biasa, yang mampu memberikan perlindungan ganda dari infeksi kuman karena tinggi kandungan polifenolnya.

2. Menurunkan kolesterol dan tekanan darah
Untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi, rebus 3-4 lebar daun sirih merah dan minum air rebusan daun sirih tersebut 2x sehari. Daun sirih mengandung antioksidan yang tinggi. Dalam tubuh, antioksidan eugenol bekerja melawan radikal bebas pemicu stres oksidatif penyebab berbagai macam penyakit kronis. Salah satu manfaat daun sirih adalah menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol LDL dalam tubuh, yang dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular, hipertensi, stroke, sampai jantung koroner.

3. Membantu menurunkan depresi
Mengunyah daun sirih dipercaya dapat meredakan stres atau depresi karena dapat merangsang pusat saraf untuk memproduksi hormon bahagia atau serotonin. Dengan kata lain, mengunyah daun sirih dapat membantu memulihkan suasana hati menjadi lebih baik. Daun sirih juga membantuk menghasilkan senyawa fenolik aromatik yang mampu merangsang jumlah katekolamin dalam sistem tubuh. Katekolamin adalah istilah yang digunakan untuk merujuk sekelompok hormon yang memiliki gugus katekol yang dikeluarkan oleh kelenjar adrenal dalam menanggapi stres.

4. Menjaga saluran pencernaan
Kabar baik untuk penderita GERD. Fitokimia dalam daun sirih memiliki unsur antioksidan dan anti tukak yang dipercaya efektif dalam mengurangi nyeri lambung, meredakan gejala GERD, dan melindungi usus dari racun. Daun sirih juga dapat menormalkan kembali pH lambung, meredakan maag, refluks asam lambung dan rasa sakit yang timbul karena perut kembung. 

5. Menurunkan kadar gula dalam darah pada penderita diabtes tipe 2
Sebuah penelitian menyebutkan minum air rebusan daun sirih bisa membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Kandungan antioksidannya yang tinggi dapat mengurangi stres oksidatif penyebab kerusakan sel-sel tubuh pemicu ketidakseimbangan hormon insulin.

Wah, ternyata banyak sekali manfaat daun sirih, yaa.. Jadi ingin menanam daun sirih di rumah deh, seperti yang dilakukan almarhumah ibu dulu. Yuk, Bercocok Tanam! 



Sumber referensi lainnya:
- https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/manfaat-daun-sirih-hijau-sirih-merah/
- https://tirto.id/manfaat-daun-sirih-untuk-kesehatan-mulut-hingga-anti-kanker-ec7K



No comments

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan. Komentar yang menyertakan link hidup, mohon maaf harus saya hapus. Semoga silaturrahminya membawa manfaat ya...