10++ Lagu Terfavorit Kayusirih. Ada yang Samaan?

Friday, April 10, 2020


Ceritanya, saya sedang mengikuti tantangan #NulisBarengStiletto di instagram. Tujuannya supaya feed instagram jadi lebih beragam, karena, ya kita tahu akhir-akhir ini kita sedang mengalami rentetan peristiwa yang menyedihkan. Di challenge Stiletto ini, temanya setiap hari berubah. Kebetulan di hari kedelapan, tema yang diangkat adalah tentang 10 lagu favorit.

Jujur, sampai dengan hari ini, tema ini yang paling saya sukai. Saking sukanya, caption yang saya buat sampai paaanjaang beut. Tempatnya sampai ngga muat, sehingga saya harus menambahkan di kolom komentar. Namun, meski tema ini paling saya suka, saya mengalami kesulitan juga saat harus memilih 10 lagu yang akan saya favoritkan. Maklum, sebenarnya banyak banget lagu yang saya suka.  Hehe...

Omong-omong soal musik, meski musik adalah bahasa universal, nyatanya ada juga yang ngga suka musik, lho. Teman saya salah satunya. Ceritanya, pas kelas 1 SMA dulu, kami ada ujian menyanyi di pelajaran Seni Musik. Ada 2 lagu yang harus dinyanyikan; 1 lagu wajib dan 1 lagu pilihan. Lagu wajibnya saat itu berjudul "Seuntai Manikam" dan lagu pilihannya terserah, yang penting berbahasa Indonesia.

Nah, ketika itu salah satu teman bilang, "Aku mending disuruh ngerjain soal fisika 100 nomor daripada harus nyanyi."

Hehehe, ya kalau saya mending disuruh nyanyi 100 lagu daripada harus ngerjain soal fisika. LoL.


10 Lagu Favorit
Lagu Favorit

Ngga perlu basa-basi lagi, inilah 10++ lagu favorit pilihan saya:

1. Bermimpi - Base Jam

Di tulisan terakhir di label entertainment saya memasukkan lagu ini juga. Kenapa? Karena ini lagu kesukaan ibu saya. Maklum, lagi rindu berat jadi semua hal tentang beliau selalu berkelebat. Lagu lain dari Base Jam yang menjadi favorit saya, dan menjadi alasan mengapa saya membubuhkan tanda ++ pada judul artikel ini, adalah: Bukan Pujangga dan Saat Terapuh.


2. Usah Kau Lara Sendiri - Ruth Sahanaya featuring Katon Bagaskara

Seleranya tua ya? Hahaha ... Ini memang lagu waktu saya masih SD. Dulu sempat ketakutan kalau  lihat video klipnya, karena lagu ini memang dibuat sebagai bentuk dukungan moril pada para penyandang HIV.

Oya, lagu ini pernah saya tulis di sini juga: Duet Fenomenal yang Mungkin Pernah Jadi Teman Tumbuhmu


3. Earth Song - Michael Jackson

Ini juga lagu zaman masih piyik, dan meski saat itu saya belum ngerti Bahasa Inggris, dari video klipnya saya bisa menangkap bahwa lagu ini bercerita tentang bumi yang mengalami kehancuran. Kalau lagu Indonesia sekarang, mungkin "Nyawa dan Harapan" punyanya Raisa punya pesan yang sama.

What about the flowering fields
Is there a time
What about all the dreams
That you said was yours and mine

         Did you ever stop to notice
         All the children dead from war
         Did you ever stop to notice
         This crying earth, these weeping shores

Saat air lebih langka dari air mata
Saat udara harus kau beli
Saat bunga-bunga tinggal cerita
Akankah akhirnya kita sadari?

          Saat kejujuran sudah tak bersisa
          Saat manusia hidup tanpa hati
          Saat membenci terasa nyaman
          Saling menyakiti terlihat wajar


4. Cerita Cinta - Kahitna

Wakakakakaka... Kenapa lagu 90-an semua ya, yang tak tulis? Tapi adakah yang nggak suka lagunya Kahitna? Ngga hanya "Cerita Cinta", "Cantik" juga saya suka.


5. A New Day Has Come - Celine Dion

Ngga usah dijelasin lah ya... Pokoknya saya suka aja karena lagunya emang easy listening. Tentu saja ngga hanya "A New Day Has Come", lagu Celine Dion yang saya suka. Ada Surrender, Be The Man, If Walls Could Talk, dan masih banyak lagi.


6. Yesterday Once More - The Carpenters

Suka dan tahu The Carpenters karena suami sering mendengarkan duo vokal instrumental ini. Lagu jadul, yang bahkan ketika Karen meninggal, kami berdua belum dilahirkan. Lihat liriknya, maka lagu itu sangat mewakili saya.

Lagu Favorit
The Carpenters - Yesterday Once More

When I was young I'd listen to the radio
Waiting for my favorite songs
When they played I'd sing along, it made me smile

Those were such happy times and not so long ago
How I wondered where they'd gone
But they're back again just like a long lost friend
All the songs I loved so well 

Di sini, saya menafsirkan "songs" sebagai memori bersama orang-orang terkasih. Ya, saya merasakan kehilangan "sumber kebahagiaan", setelah satu per satu orang-orang penting dalam hidup saya tiada. Dari Mbah, Pak Anas, Uti, lalu Ibu.


7. Rehat - Kunto Aji

Baiklah, masa 1-6 lagu jadul semua? Kita ke lagu masa kini, ya... Ngga cuma "Rehat", lagu-lagunya Kunto Aji di "Mantra Mantra" menurut saya bagus semua. Bagus dalam artian, punya pesan yang amat dalam. Dengarkan coba, dan perhatikan setiap kata dalam liriknya.

Selain "Rehat", "Sulung" juga sempat membuat saya menangis.

Cukupkanlah, ikatanmu
Relakanlah yang tak seharusnya untukmu

Yang sebaiknya kau jaga
Adalah
Dirimu sendiri


8. Kembali - Raisa

Saya suka hampir semua lagu Raisa dan kembali adalah the most favorite. Makanya ngga perlu heran kalau di setiap tulisan saya tentang playlist, lagu-lagu Raisa menjadi salah satu di antaranya.

Mau bukti? Baca ini:

- Pejuang LDR, Resapi Rindu yang Kalian Rasakan dengan 11 Lagu Ini
- Dari 11 Lagu tentang Ibu Ini, Mana yang Paling Kamu Sukai?


9. Berlari Tanpa Kaki - The Overtunes featuring GAC

Berlari Tanpa Kaki, GAC feat The Overtunes
GAC feat The Overtunes, Berlari Tanpa Kaki

Sebenarnya ada versi The Overtunes sendiri tapi versi GAC lebih touching menurut saya. By the way, lagu ini adalah salah satu soundtrack yang terdapat di film "Cek Toko Sebelah karya Ernest Prakasa.


10. Lexicon - Isyana

Saya bahagia, musisi-musisi muda bertalenta macam Gamaliel, The Overtunes, RAN, Raisa, Isyana, Rendy Pandugo, Yura Yunita, dll, semakin memberikan warna pada musik Indonesia. Dan Isyana, semakin menunjukkan karakternya di album terbarunya ini. Asli! Keren abis!

Alhamdulillah ya, semakin ke sini musik-musik kita juga semakin berkualitas. Panggung musik kita udah ngga lagi dikuasai penyanyi menye-menye yang cuma jual tampang doang. Hehehe... Udah, udah, stop nggosipnya! 😆

Baiklah, itu dia 10 lagu favorit versi saya. Masih ada banyak lagi sebenarnya, tapi karena disuruh pilih 10, ya sudah deh. Habis bingung juga, hehe... Padahal, lagu-lagu dari band DEWA, PADI, Sheila on 7, Boyzone, Westlife, The Corrs, dan lain sebagainya juga banyak yang saya suka. Kapan-kapan bikin list lagu terfavorit season 2 kali ya? Hihi... Kalau kalian, suka lagu apa aja?



2 comments

  1. Beberapa ada yang sama, tapi ada yang baru tau, penasaran juga, nanti coba searching ah.
    Lagu-lagunya enak diputar pas lagi nulis blog ya, Teh..he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener.. Tapi jadi agak lama nulisnya karena sambil nyanyi, wkwkw.. Kalau Andi sukanya lagu apa nih?

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan. Komentar yang menyertakan link hidup, mohon maaf harus saya hapus. Semoga silaturrahminya membawa manfaat ya...