Tanya Dokter Seputar Jerawat, Tips Paling Mudah yang Bisa Dilakukan Sendiri Agar Terhindar dari Jerawat

Saturday, April 4, 2020


Memiliki kulit wajah yang halus, bersih dan bebas dari jerawat adalah keinginan semua orang terutama kaum wanita. Nah, agar wajah kita terbebas dari yang namanya jerawat, tentu saja dibutuhkan perawatan yang tepat agar wajah kita bisa tetap bersih dan halus. Perawatan yang dilakukan oleh masing-masing orang bisa saja berbeda, mengingat bahwa jenis kulit wajah yang dimiliki oleh setiap orang juga berbeda-beda. Hal inilah yang menentukan perawatan seperti apa yang harus dilakukan. Oleh sebab itu, kita perlu tanya dokter seputar jerawat agar bisa mendapatkan solusi yang tepat untuk perawatan kulit wajah kita. Ngga mau kan, kulit wajah jadi makin hancur karena perawatan yang asal-asalan?

Merawat kulit wajah agar terhindar dari jerawat memang bisa dilakukan dengan menggunakan sabun pencuci wajah yang banyak dijual di pasaran. Namun, kita harus memperhatikan komposisinya, yaa. Jangan sampai salah pilih produk, yang justru bisa menimbulkan masalah baru.

Alternatif lainnya, kita juga bisa menggunakan cara alami yang tentu saja lebih aman dan bisa memberikan hasil yang lebih baik di kulit wajah. Namun, kekurangan dari cara ini adalah bahwa prosesnya membutuhkan waktu yang relatif lebih lama.

Tanya Dokter Seputar Jerawat
Tips Agar Terhindar dari Jerawat

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Sebelum jerawat memenuhi wajah, kedatangannya harus kita cegah. Ya kan daripada bekasnya bikin susah.

Nah, untuk itu, saya punya beberapa tips agar terhindar dari jerawat yang mudah sekali untuk kalian lakukan di rumah. Tips tersebut antara lain sebagai berikut:

1.    Membersihkan wajah secara teratur. Ini wajib dan harus dilakukan setiap harinya setelah beraktivitas dan sebelum tidur. Kenapa? Kebersihan pangkal kesehatan, gaes. Kalau kulit wajah bersih, wajah juga akan jadi sehat dan terhindar dari jerawat. Selain itu, dengan membersihkan wajah secara teratur, sel kulit mati tidak akan menumpuk di wajah. Penumpukan sel kulit mati bisa membuat wajah kita kering, kasar dan terlihat kusam, lho!

2.    Hindari kebiasaan menyentuh wajah. Kadang memang secara tidak sadar kita kerap menyentuh wajah, yaa.. Padahal tangan kita belum tentu bersih. Nah, mulai sekarang, kurangi kebiasaan ini! Dengan mengurangi kebiasaan menyenuh wajah, tidak hanya covid-19 yang bisa dicegah, jerawat juga. :)

3.   Menggunakan produk make up atau kosmetik yang anti jerawat. Ya, banyak sekali produk kosmetik yang kandungannya justru memicu timbulnya jerawat. Untuk itu, ada baiknya sebelum membeli produk kosmetik kita melakukan konsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu.

Baca: Cantik dan Percaya Diri dengan ERHA Skin Barrier for Dry & Sensitive Skin

4.   Menjaga asupan makanan. You are what you eat, right? Jadi, perhatikan apa yang kita konsumsi ya, gaes, karena memang ada jenis makanan yang diyakini bisa memicu jerawat, seperti fast food, kacang-kacangan, atau produk-produk olahan susu misalnya.

5.   Kendalikan pikiran. Nah, ini. Suami saya termasuk dalam bagian ini. Doi ya, kalau udah stres, jerawatnya akan muncul memenuhi wajah. Makanya harus dijaga banget pikirannya supaya tenang.


Nah temans, melakukan perawatan terhadap kulit wajah, meski dengan langkah-langkah sederhana di atas, bukan hanya baik untuk menghindarkan wajah dari jerawat saja. Lebih dari itu juga bisa membuat kulit wajah terlihat lebih berseri, bersih dan lembut. Bonusnya, rajin merawat kulit wajah bisa membuat kita tampak awet muda. Waaa...

Tanya dokter seputar jerawat melalui aplikasi Halodoc merupakan salah satu cara terbaik yang bisa kita lakukan di mana nantinya kita akan mendapatkan berbagai macam informasi penting mengenai cara merawat wajah yang tepat. Adanya aplikasi Halodoc tentu saja sangat membantu kita, terutama para wanita yang memiliki kulit sensitif. :)



Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan. Komentar yang menyertakan link hidup, mohon maaf harus saya hapus. Semoga silaturrahminya membawa manfaat ya...