Strategi Masuk PTN Idaman Lewat Jalur SNMPTN

Thursday, July 15, 2021

 

Di suatu siang, tiba-tiba Mas Amay bertanya, "Mama, profesional itu apa?"

Saya berpikir sejenak, kemudian berusaha menjawab dengan bahasa sederhana agar ia bisa memahaminya, "Profesional itu ketika seseorang bekerja dengan baik sesuai dengan keahliannya."

"Berarti nggak gampang, yaa.." Responnya.

"Iya.. Untuk beberapa profesi bahkan seseorang harus kuliah dulu. Misalnya kayak Papa, untuk jadi arsitek ya harus kuliah arsitektur dulu. Guru-guru di sekolah, untuk bisa mengajar harus kuliah keguruan dulu. Kayak gitu."

Amay manggut-manggut.

"Kenapa kok tiba-tiba Mas Amay tanya kayak gitu?" tanya saya.

"Itu lho.. Kok di game ada yang pro player ada yang noob. Pro itu kan profesional." jawabnya polos.

Lhadalah, ternyata lagi bahas game, Mamanya udah kadung serius padahal. 💆💆💆

Ya sudah, karena terlanjur serius, saya mau bagi-bagi tips buat adik-adik yang masih sekolah, terutama yang baru masuk SMA. Mumpung tahun ajaran baru baru aja dimulai nih. Tips ini juga boleh banget dibaca oleh ibu-ibu atau bapak-bapak, yaa, siapa tau bisa jadi bekal untuk memotivasi putra-putrinya. 😊

Strategi Masuk PTN Idaman Lewat Jalur Undangan

Gimana Supaya Bisa Lolos SNMPTN di PTN Idaman?

Memang, kalian baru kelas X (acting ngomong ke adik-adik kelas X). Perjuangan untuk masuk ke PTN impian mungkin baru akan dimulai kurang lebih 2,5 tahun mendatang. 

Eh, iyakah? Yakin? Mmm, nggak juga sih, apalagi jika kamu mengincar jalur SNMPTN.

SNMPTN itu apa? 

SNMPTN merupakan kependekan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. SNMPTN merupakan salah satu cara masuk Perguruan Tinggi Negeri, selain SBMPTN dan UM (Ujian Mandiri). Mungkin kalian pernah dengar istilah "jalur undangan"? Nah, jalur undangan adalah istilah lain dari SNMPTN ini.

Lalu, apa saja yang harus dipersiapkan agar bisa lolos SNMPTN?

1. Nilai Rapor

Kelihatan sepele, ya? Tapiii, usahakan agar nilai rapormu stabil dari semester 1 kelas X, sampai semester 1 di kelas XII nanti. Nah, ini yang mungkin agak berat. Tiap jurusan pun punya beberapa mata pelajaran yang dianggap sangat penting, jadi kalian harus perhatikan nilai kalian di mata pelajaran ini. Mata pelajaran itu antara lain:

  • Jurusan IPA: Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Biologi, Fisika, dan Kimia
  • Jurusan IPS: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi
  • Jurusan Bahasa: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Antropologi, Sastra Indonesia, dan Bahasa Asing lain.

2. Perhatikan Prestasi Non Akademik

Kalau kamu punya pernah ikut kejuaraan atau perlombaan, kumpulkan sertifikatnya. Siapa tau bisa jadi nilai plus, meski tiap universitas punya ketentuannya masing-masing.

3. Perhatikan Pilihan Universitas dan Jurusan

Untuk ini, kalian harus sering-sering ngobrol dengan guru BK. Cari tau mengenai jumlah riwayat alumni sekolah yang berhasil lolos SNMPTN, juga riwayat alumni per jurusan dan universitas. Tentu saja kalian harus siap-siap ketika memilih jurusan favorit, karena persaingannya pasti akan semakin sengit.
Oya, satu lagi, usahakan untuk memilih jurusan yang sesuai dengan minat kalian, yaa. Jangan sampai ketika sudah diterima, ee malah ngga jadi diambil karena kalian nggak benar-benar berminat dengan jurusan itu. Kalau sudah begini, kasihan adik-adik kelasmu nanti.

~~~

Oke, tadi sudah saya jelaskan ya, betapa nilai rapor akan sangat berharga jika kamu ingin masuk PTN lewat jalur undangan. Untuk itu, kamu perlu siapkan dari sekarang, bukan 2,5 tahun lagi. Rajin belajar, rajin berlatih, dan bila perlu cari bimbingan belajar online yang bisa membantumu. Untuk yang terakhir ini, coba daftar ke Brain Academy.

Kenapa Brain Academy?

Why Choose Brain Academy?

  • Brain Academy adalah satu-satunya bimbel yang menawarkan kombinasi bimbingan belajar offline dan online.
  • Di Brain Academy, kalian akan diajar oleh guru-guru terbaik, yang telah melalui seleksi ketat. Mereka berasal dari bimbel top, sekolah-sekolah favorit, dan lulusan PTN favorit.
  • Ada kelas tambahan gratis untuk pengembangan diri, seperti; critical thinking, communications, problem solving, leadership, teamwork, technology literacy, dll
  • Ngga cuma itu, ada Smart Classroom juga yang dilengkapi fasilitas yang lengkap, modern, dan didukung teknologi terkini. Ada gadget yang bisa kamu pakai juga lho.. Tapi ngga boleh dibawa pulang, yaa.. Hihi...


Brain Academy Online


Ada yang baru dari Brain Academy, yaitu Brain Academy Online, yang punya fitur-fitur unggulan seperti:

  1. Kelas Live interaktif dengan Star Master Teacher secara langsung via aplikasi dan desktop
  2. Modul belajar lengkap untuk 1 tahun yang dicetak dan dikirim ke rumah siswa
  3. Kelas pengembangan diri / soft skill, seperti public speaking, prospek karir, tips masuk PTN, dan kreativitas 
  4. Klinik PR, yaitu bimbingan belajar online untuk menyelesaikan tugas sekolah bersama Master Teacher secara eksklusif dalam grup kecil melalui video call
  5. Laporan perkembangan belajar atau rapor, yang akan diberikan oleh kakak Konselor kepada siswa dan orang tua siswa melalui WhatsApp dalam bentuk file PDF
  6. Paket Bimbel sesuai kebutuhan, ada paket Reguler, Premium, dan Elite

 
Dari apa yang diberikan oleh Brain Academy di atas, nggak heran kalau lebih dari 500 siswa Brain Academy Online bisa lulus PTN. Nah, kalian harus membuktikannya juga. 😊

Testimoni Ruangguru


Oya, untuk pilihan paket belajarnya, beda harga tentu beda fasilitasnya, yaa... Tapiii, yang cukup mencengangkan adalah bahwa biayanya masih lebih murah dari bimbel yang lainnya, karena per sesi hanya sekitar Rp 5.748 - Rp 7.986. Adapun biaya per paketnya bisa kalian lihat di sini. Buruan daftar deh, mumpung masih ada diskon.

Biaya Bimbel Ruangguru

Biaya Bimbel Ruangguru

Biaya Bimbel Ruangguru


~~~

Setelah obrolan singkat tadi, saya kembali melanjutkan pekerjaan. Sambil membawa segelas susu, Amay mendekat. 

"Kalo jadi artis atau musisi gitu nggak perlu kuliah kan, Ma?" Eeeh, doi masih tanya-tanya lagi.

"Ada beberapa musisi yang memang sudah punya bakat alami, Mas. Tapi ada juga kok yang meski sudah punya bakat, dia masih kuliah musik. Isyana Sarasvati contohnya..."

"Mas Amay tuh kepikir jadi artis aja biar cepet punya uang, tapi nanti kalo udah jadi artis, Mas Amay jadi nggak punya privacy." (Duh Gusti, dia tau privacy dari mana coba? 😅)

"Lha terus Mas Amay pengen jadi apa kira-kira?" tanya saya lagi.

"Mas Amay masih bingung sih. Apa jadi kayak Papa aja, ya? Enak, bisa kerja di rumah." jawabnya.

"Tapi Papa juga sering stress lho... Kan urusannya sama orang banyak. Sifat-sifat kliennya kan juga macam-macam." timpal saya.

"Ya kan kata Mama setiap pekerjaan ada risikonya." (Aduh, dewasa amat ni bocah 5 SD)

Ya sudah, semoga apa yang kamu cita-citakan bisa tercapai ya, Nak... Mau jadi arsitek, boleh. Mau jadi dokter, boleh. Jadi dosen juga boleh. Yang penting kamu nggak boleh berhenti berusaha dan berdoa. Insya Allah nanti Mama daftarkan juga di Brain Academy Online deh. Karena dengan kamu bergabung di Brain Academy Online, selain bisa menikmati keunggulan fasilitas dari Brain Academy yang jelas berbeda dengan bimbel lain, kamu juga bisa mendapatkan seluruh keunggulan fitur ruangbelajar. Mantaps.

 


3 comments

  1. Ini tipsnya bermanfaat banget buat aku. Secara aku dan suami nggak ada yang tembus PTN tapi semoga nanti anaknya bisa lah ya, haha.
    Memang harus pilih bimbel yang tepat ya biar maksimal juga hasilnya nih

    ReplyDelete
  2. Mas Amay... bisaaa aja jawabnya. Bimbel tuh menurutku emang bantu banget. Karena adakalanya guru disekolah nggak jelas nerangin materi. Kita mau tanya lagi nggak enak. Kalau bimbel bisa bebas tanya sampai tuntas.

    ReplyDelete
  3. Mak, anak-anak sekarang apa-apa dihubungkan dengan gim online yak, gitu juga kek Athar. Kadang aku suka roaming dan buru-buru googling haha ...
    Sebagai orang tua asli akutu ikutan deg2an ya dengan tes masuk PTN. Walau anak masih SD tapi udah kebayang gimana rempongnya aku tar kalau anak mau masuk PTN. Sangat membantu banget ya Brain Academy ini bagi siswa/i yang mau masuk PTN, orang tua pun bisa rada lega anak-anak belajar di tempat terbaik.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan. Komentar yang menyertakan link hidup, mohon maaf harus saya hapus. Semoga silaturrahminya membawa manfaat ya...