Arti Kedutan; Firasat, Mitos, atau Tanda Adanya Penyakit?

Friday, September 10, 2021

 

Teman-teman pernah ngga, merasakan kedutan di bagian mata, atau telapak tangan, atau bagian tubuh manapun, kemudian langsung mencari arti kedutan itu di buku primbon atau primbon online? Kalau iya, tosss... Saya ngaku, saya juga sering melakukannya. Nah, sebenarnya benar ngga sih, kedutan adalah suatu pertanda bahwa sesuatu akan terjadi?

Saya tidak ingin percaya pada takhayul. Maka, mulai beberapa bulan lalu, jika saya mengalami kedutan, saya pun mencatatnya. Misalnya nih;

1. Kedutan kelopak mata kiri bagian bawah.


Arti Kedutan Kelopak Mata Kiri Bawah

Jujur, waktu mencari arti kedutan kelopak mata kiri bagian bawah, saya langsung ngga mau percaya, karena hasilnya serem-serem. Misalnya, kedutan kelopak mata kiri bagian bawah, artinya;

- Akan mengalami kekecewaan

- Akan kehilangan sesuatu

- Akan berkelahi dengan orang

- Akan mendapat musibah

- Akan menangis

- Akan difitnah orang

Beuh, kok buruk semua? Saya pun berusaha mencari arti lain dari kedutan di kelopak mata kiri bagian bawah. Dari hasil browsing sana-sini, saya menemukan arti lain dari kedutan kelopak mata kiri bagian bawah, seperti;

- Akan bertemu dengan kerabat atau saudara dari jauh

- Akan menemukan barang yang sebelumnya hilang

- Akan terwujud keinginannya

- Akan mendapatkan rezeki

Nah, karena artinya baik, jadi saya mau percaya yang ini saja. Hihihi... Kan hal-hal yang terjadi pada hidup kita, sedikit banyak juga dipengaruhi pikiran dan suasana hati kita. Istilahnya, apa yang kita pikirkan, akan menghasilkan energi sesuai dengan yang kita prasangkakan. 

Baca: Heart Field; Usaha Saya Mengganti Kecewa dengan Rasa Bahagia

Lalu, apa yang terjadi pada saya setelah kedutan di kelopak mata kiri bagian bawah? Saya kedatangan tamu dari jauh. Kebetulan saat itu anak saya baru dikhitan, jadi nenek dan tante-tantenya datang ke Solo.

2. Kedutan telapak tangan kanan

Arti Kedutan Telapak Tangan Kanan

Saya ngga browsing sih waktu itu, tapi saya sempat mencatat apa yang terjadi setelah saya mengalami kedutan telapak tangan kanan. Betul, saya harus mengeluarkan uang untuk suatu keperluan.

Selama ini banyak yang mengatakan bahwa kanan lebih baik dari kiri. Namun, untuk firasat kedutan, firasat mimpi, firasat telinga berdenging, beberapa meyakini bahwa yang akan terjadi justru kebalikannya. Entahlah, yaa... Boleh dipercaya boleh tidak, kembali ke diri masing-masing saja.

3. Kedutan Kelopak Mata Kiri Atas

Dari hasil browsing, kedutan kelopak mata kiri bagian atas identik dengan firasat baik. Saya mah, kalau ada yang artinya baik, diaminin aja. Ya ngga? Nah, katanya sih, kalau kita mengalami kedutan di kelopak mata kiri bagian atas, tandanya;

- Akan mendapatkan kenikmatan yang cukup

- Akan mendapatkan kebaikan

- Akan mendapatkan kebahagiaan

- Akan mendapatkan pujian

Entah kebetulan atau memang ini yang disebut dengan firasat alias pertanda, setelah mengalami kedutan di kelopak mata kiri bagian atas, saya mendapatkan rezeki. Fee pekerjaan bulan lalu mendarat ke rekening di hari itu. Alhamdulillah.

4. Kedutan Kelopak Mata Kanan Bawah

Kedutan Kelopak Mata Kanan Bawah

Saya ngga tau kenapa saya sering banget mengalami kedutan di bagian mata, baik kanan maupun kiri. Mungkin kalau ditelisik secara medis ada masalah dengan mata saya, hanya saja saya tidak tau karena saya tidak memeriksakannya. 

Beberapa waktu lalu, saya mengalami kedutan di kelopak mata kanan bagian bawah. Saya langsung cari artinya. Secara primbon, kedutan di kelopak mata kanan bagian bawah artinya saya akan mendapatkan keberuntungan. Wah, seneng dong... Tapi ada arti secara medis juga, bahwa jika mengalami kedutan di kelopak mata kanan bagian bawah, artinya kita sedang mengalami alergi.

Mungkin ini teguran supaya saya ngga terlalu berharap atau percaya dengan arti kedutan, yaa... Karena yang terjadi, saya benar-benar mengalami alergi keesokan harinya. 

Baca cerita tentang alergi yang saya alami di: My Allergy Story

Nah, berdasarkan apa yang saya alami di atas, bisa diambil kesimpulan bahwa kedutan sama halnya dengan mimpi yang kadang bisa ditafsirkan, tapi seringnya hanya merupakan bunga tidur.

Kedutan bisa menjadi sebuah firasat atau pertanda akan terjadinya sesuatu di kehidupan kita. Orang-orang Jawa pada zaman dulu menggunakan ilmu titen untuk menafsirkannya. Namun, jangan terlalu percaya juga, karena jika firasat itu sesuai dengan tafsiran yang ada pada primbon, bisa jadi itu hanyalah sebuah kebetulan belaka. Pun jangan lupa untuk selalu waspada, karena kedutan bisa menjadi alarm atau tanda adanya penyakit di dalam tubuh kita. 



2 comments

  1. Penyakit dalamnya apa nih Mba Rin? Err.. maksudku makna kedutan dalam penyakit dalamnya? Aku lama nggak kedutan nih, biasanya kalau kedutan itu sering dapat uang tanpa harus kerja dulu. Wkwkk.. ya jelas ini khayal sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya contohnya aku kemarin itu, Mbak, kedutan trus ternyata aku kena alergi. Atau kalau kedutan di area mata, bisa jadi tanda kalau kita kelelahan atau lagi stres. Aku kan bulan-bulan kemarin sering stres tuh, makanya sering banget mengalami kedutan.

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan. Komentar yang menyertakan link hidup, mohon maaf harus saya hapus. Semoga silaturrahminya membawa manfaat ya...