Belajar Bahasa Inggris Bersama Novakid, Mas Amay Semakin Fasih Berbahasa Inggris

Wednesday, September 22, 2021


Anak sulung saya, Amay, punya ketertarikan dengan bahasa. Ia selalu excited tiap kali ada pelajaran Bahasa Inggris. Tak hanya itu, Ia juga dengan mudah menangkap kalimat-kalimat dalam film atau lagu yang berbahasa Inggris. Menyadari hal itu, saya dan suami pun sepakat untuk memasukkan Mas Amay ke Lembaga Kursus Bahasa Inggris di kota kami, agar kemampuan berbahasanya lebih terasah. Namun, karena pandemi yang sedang terjadi, terpaksa kami menunda keinginan ini, sampai kemudian kami menemukan Novakid.

Awalnya, kami tidak tertarik dengan kursus online. Kenapa? Karena sehari-hari saja sekolahnya sudah online, dan itu sudah cukup menguras energi saya. Memang dari sekolah disediakan materi berupa video atau power point, pun ada kelas online via zoom atau google meet. Meski begitu, setiap kali ada kelas online, saya tetap harus mendampingi mereka juga, karena kadang anaknya suka kehilangan fokus. Huhu...

Lelah? Jangan ditanya. Rasanya pengen melipir sejenak dari segala rutinitas itu, tapi mana bisa? Kita kan ngga boleh kemana-mana dulu.

Saya yakin, bukan cuma saya saja yang jenuh dengan semua ini. Mama-mama lainnya juga pasti merasakan hal yang sama. Bahkan, guyonan seperti "Anak daring, Mama darting" rasanya sangat relate dengan kami.

Lalu, Kenapa Akhirnya Tetap Mendaftarkan Mas Amay ke Novakid?

Nah, kenapa tuh, kok akhirnya mendaftarkan Mas Amay untuk kursus bahasa Inggris di Novakid? Kan online tuh...

Tentu saja ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan kami. Di antaranya:

1. Kalau kursus Bahasa Inggrisnya ditunda-tunda, nanti skill progression-nya Mas Amay jadi lambat karena selama ini Ia hanya belajar di sekolah saja. Tentu akan lebih baik jika ada guru yang bisa membimbingnya dengan lebih intensif, bukan? Maklum lah, kemampuan emak bapaknya cuma tipis-tipis soalnya.

2. Karena pandemi ini menuntut kita untuk tetap di rumah, jadi kegiatan anak-anak pun terbatas hanya di lingkungan rumah saja. Nah, daripada waktu luangnya habis untuk bermain game, bukankah akan lebih bermanfaat kalau digunakan untuk belajar sesuatu yang Ia suka?

3. Alasan ketiga adalah karena banyak orang tua yang merasa puas setelah mengkursuskan anaknya di Novakid. Ini membuat saya jadi lebih yakin.

Sekilas Tentang Novakid

Novakid adalah platform les Bahasa Inggris online untuk anak usia 4-12 tahun. Layanan Novakid sudah tersebar di lebih dari 17 negara.

Fasilitas unggulan yang ditawarkan Novakid:

1. Guru yang mengajar di Novakid adalah guru-guru profesional yang bersertifikasi, serta sudah berpengalaman dalam mengajar secara online.

2. Pengajar di Novakid menggunakan metode TPR (Total Physical Response), yaitu metode pengajaran yang menggunakan gestur gerak tubuh, sehingga dapat dikaitkan dengan aneka permainan yang menarik, kreatif dan menyenangkan sehingga anak-anak tidak cepat bosan, bahkan tidak merasa sedang belajar.

3. Di Novakid, anak-anak akan berkomunikasi dengan penutur asli / native speaker, dan bahasa yang digunakan hanya Bahasa Inggris. Tentu hal ini akan memberikan pengalaman belajar yang berbeda, karena mereka bisa mempraktikkan Bahasa Inggris secara langsung. Jadi, berbeda dengan belajar Bahasa Inggris di sekolah yang lebih fokus pada teori atau tata bahasa. Dengan begini, anak-anak pun akan lebih cepat belajarnya.

4. Dalam satu kelas hanya ada 1 siswa, jadi lebih private dan tidak terganggu yang lain.

5. Kelas berlangsung selama 25 menit. Waktu yang sangat cukup, mengingat rentang konsentrasi anak biasanya tidak terlalu lama.

6. Program belajarnya dibuat sesuai dengan standar pendidikan Eropa / Common European Framework of Reference for Languages (CEFR). Namun, metodenya disesuaikan dengan usia anak, sehingga tidak mengesampingkan karakteristik dan psikologis anak usia 4-12 tahun.

7. Penjadwalannya lebih fleksibel, jadi anak-anak bisa memilih waktu belajarnya sendiri.

8. Orang tua diberi laporan pembelajaran di setiap sesi, sehingga perkembangan anak pun terpantau.

Belajar Bahasa Inggris di Novakid


Kalau ditanya, apa yang membuat Mas Amay senang belajar Bahasa Inggris di Novakid, jawabannya adalah karena Ia ingin bisa mengobrol langsung dengan bule.

Omong-omong, anak ini pernah bertemu dengan bule dari Italia saat diajak ayahnya nyeketsa di area Pasar Triwindu, Solo. Saya ingat sekali, waktu itu Ia masih kelas TK B. Pulang dari acara sketsa, Ia langsung menghampiri saya dan bercerita,

Mas Amay: "Mama tau ngga, tadi ada bule lihatin Papa terus waktu Papa nggambar. Habis itu sketsanya Papa dibeli, lho..."

Saya: "Oya? Trus trus?

Mas Amay: "Iya, terus Papa ngobrol. Katanya, dia dari Italia. Papa hebat ya, bisa Bahasa Inggris. Mas Amay jadi pengen bisa Bahasa Inggris juga."

Hihi, ternyata momen itu selalu Ia ingat, dan menjadi salah satu motivasi untuknya bisa berbahasa Inggris.

Akhirnya, Mama Bisa Me Time Juga...

Oya, biasanya, saat sekolah daring, saya harus mendampingi anak sepanjang waktu zoom atau google meet. Namun, kali ini tidak. Saya hanya mendampingi di kelas perdana saja, karena di kelas-kelas berikutnya, Mas Amay sudah lebih mandiri. Alhamdulillah, setidaknya, saya jadi punya waktu sekitar 25 menit untuk me time, entah itu untuk menonton drakor atau mengurusi tanaman-tanaman saya. Hihi...

Berkebun di Lahan Sempit

Berkebun di Lahan Sempit

Meski hanya 25 menit, tapi lumayan juga, lho... Setelah menonton drakor atau mengurusi tanaman, saya jadi merasa lebih rileks, pikiran pun lebih fresh.

Biaya Les Bahasa Inggris di Novakid

Oya, pasti Mama-Mama penasaran dengan biayanya kan? Biaya les di Novakid sangat worth it kok jika dibandingkan dengan apa yang akan anak-anak kita dapatkan. Cek di sini untuk info biayanya, yaa...

Biaya Les Bahasa Inggris di Novakid

Kabar baiknya, di bulan ini sedang ada promo, lho!

Caranya:

  • Register di link: https://cutt.ly/KEBxNovakid
  • Pilih trial subscription (promo price Rp 327.000 get 4 classes)
  • Gunakan kode 25MENUTESSEP saat checkout dan dapatkan 1 extra class
  • Kode promo ini hanya berlaku sampai 30 September 2021

Jadi, Ma, tunggu apa lagi? Yuk, segera daftarkan anak-anak untuk belajar Bahasa Inggris di Novakid. 😊

Intip keseruan Amay saat belajar Bahasa Inggris bersama Novakid di sini:

 
 
 
 
 

58 comments

  1. Lumayan banget loh ini kalau anak ikutan kursus bahasa Inggris dengan Novakid, karena selain cuma 25 menit lalu ibunya bisa me time sejenak. Apalagi ini waktunya flaksibel jadi bisa sesuai dengan waktu yang kita bisa ya mak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul, Mak.. Aku pilih pagi dan pas weekend. Hihi..

      Delete
    2. Weekend tuh emang enak juga untuk kita ya, karena kadang weekend itu jadi me time kita bangetkan?

      Delete
  2. Wah, baru tau tentang Novakid nih. Sepertinya seru banget belajar bahasa Inggris anak usai 4-12 ini dengan metode yang menyenangkan. Jadi ga bosen belajar online, pakai gestur begini jadi ada permainannya juga ya mbak. Ada promo 327K dapat 4 kelas nih, tertarik deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mak, gurunya atraktif banget. Kayak teman aja. :)

      Delete
  3. Asyik nih privat sekelas sendiri. Ada buat remaja enggak, ya? Soalnya anakku yang remaja justru lagi cari.

    ReplyDelete
  4. Mas Amay anak sholeh, pinter, taqwa dan hebaaatt
    terus semangat belajar yaaa nanti makin pinter cas cis cus, bisa melanglang buana, ketemu bule2 dari seluruh penjuru bumi.

    Aku tertariiik banget dgn Novakid ini, Mak.
    Keren ya metodenya dan super affordable!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin aamiin aamiin Yaa Robbal 'Aalamiin, Mak Nurul :*

      Delete
  5. Belajar online orangtua malah harus ada waktu khusus mendampingi ya, yg biasanya kalau mereka sekolah bisa ngerjain kerjaan lain :)
    Belajar bahasa Inggris di Novakid bikin kita bsia me time dulu sesaat ya. Rajin banget bertana, ajarin dong

    ReplyDelete
  6. Harus banyak belajar dari Amay nih biar Fahmi anak saya bisa pintar dalam menguasai bahasa asing juga. Apalagi cita-citanya masuk sekolah yang keseharian nya hanya menggunakan bahasa Inggris dan Arab.

    Novakid semoga cocok

    ReplyDelete
  7. Aduaduaududuuu, sejenak me time 25 menit aja bahagianya luar biasa yaa, sementara Mas Amay lagi kursus online bahasa inggris,emakna santuyy menikmati kegemarannya.

    Btw Novakid emang juara deh metode2nya, keren tuh yang metode pake gestur gerak tubuh, lebih mudah dipahami yaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Teh.. 25 menit aja cukup buat emak, hihi.. Bisa mandi agak lamaan juga, wkwkwk...

      Delete
  8. Paling bahagia kalo anak menunjukkan minat pada hal-hal positif. Kita tinggal mengarahkan supaya dia bisa mendalami. Gak repot lagi membujuknya. Novakid tentunya menjadi sarana yg membantu ya bagi anak yg ingin mendalami Bhs Inggris.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mak, kalau anaknya udah tertarik di satu bidang, orang tua mah tinggal dukung aja..

      Delete
  9. Mba, bagus ya Novakid ini dan juga sudah banyak ya di beberapa negara. Aku baru tahu ini mba. Selain itu juga sampai usia 12 tahun jadi anakku bisa ikutan :)

    ReplyDelete
  10. Mas Amay, hebat deh. Semangat terus ya, belajar Bahasa Inggrisnya, biar ngomongnya lancar, cas, cis cus.
    Pantesan aja rumahnya tambah seger, banyak tanaman, mamanya bisa me time terus nih😍

    ReplyDelete
  11. Wah, novakid ternyata dari usia 4-12 tahun ya. Aku kira mulai dari usia 7 tahun..aa, pas banget ini, aku lagi cari kursus online bahasa inggris buat anakku. Makasih ya mbak infonya..

    ReplyDelete
  12. tadi saya ngintip screennya mas Amay, pantas saja mas Amay betah belajar bahasa Inggris bersama Novakids, memang menyenangkan yaa. Jadi pengen masukin anak-anakku belajar bahasa Inggris di Novakids kalau begini, kayaknya bakalan seneng mereka. makasih infonya ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah, makasih udah diintip, Mak.. Iya memang seseru itu, Mak.. :)

      Delete
  13. Alhamdulillah lumayan tuh bisa me time selama 25 menit saat Mas Amay kursus Bahasa Inggris. Mamanya nggak jadi darting dong, hehehee.

    Ternyata Novakid udah ada layanan di lebih dari 17 negara. Keren sih terbukti kualitasnya yaa

    ReplyDelete
  14. Ini ada level2 nya gitu ga sih Mbak? Jd tertarik nih. 25 menit itu lumayan juga bikin anak anteng, anteng yg bermanfaat gt. Native pula pengajar nya, tentunya bakal lebih oke

    ReplyDelete
  15. 25 menit itu berharga banget..kita bisa me time dan anak bisa belajar. Aku senang liat progress Narend belajar di Novakid. Semangat banget dia belajarnya, abis kelas aja dia masih asyik karena ada game bahasa inggris terus lanjut ngerjain latihan dari pengajar novakid juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, Mak.. Ngerjain tugasnya kayak lagi main games aja dia, seneng banget, bahkan pengen dikasih tugas lagi, wkwkwk...

      Delete
  16. Yeeay~
    Ada promo.
    Anakku juga suka banget ngobrol. Dibandingkan bahasa inggris pasif, mereka lebih seneng diajak berinteraksi.

    Kalau kaka dulu pernah dipuji sama bule karena sering nempelin gambar di tembok rumah ((luar)). Jadi bikin semacam exhibition.
    Huhuu...akhirnya mereka pepotoan. Dan sejak itu, kaka semakin semangat belajar Bahasa Inggris. Katanya, teryata seru ngobrol sama bule.
    Hahhaa...((dan aku bingung ngobrol seru di bagian mananya)).

    Semakin sering digunakan, in syaa Allah bahasa itu semakin biasa yaah...itu prinsipnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh, Kakak hebat banget... Rata-rata bule tu pandai kasih apresiasi ya, Kak.. Hihi... Ini Amay diajak tos aja seneng banget. Bahkan gurunya yang kemarin mainin gitar dan ngasih lagu buat Amay ketika dia berhasil menjawab dengan benar.

      Delete
    2. Iyah...apa mungkin karena ngobrol sama anak-anak yaah..
      Kalau sama orang dewasa gimana?
      hehhee...

      Mas Amay rajin banget yaah..
      Kalau melihat anak pertama yang rajin, adeknya pasti auto ngikut.
      Mamah jadi gak berat-berat meminta adik belajar bareng Mas Amay di Novakid.

      Delete
  17. Novakid merupakan salah satu cara anak belajar bahasa Inggris dengan menyenangkan dan anak juga lebih cepat cas cis cus bahasa Inggris

    ReplyDelete
  18. Anak2 belajar bahasa inggris jadi fun ya mba Karena Cara pembelajarannya gk monoton bnyk gambar juga jd mudah dimengerti Dan bikin nyaman anak2

    Aku jugaa udah buka2 aplikasinya

    ReplyDelete
  19. Penting banget ini tahu kredibel pengajarnya, apalagi kalo buat anak2 perlu yang suka atau lihai mengajari atau membimbing, sebab anak2 kan butuh keahlian khusus

    ReplyDelete
  20. Kalau kursus Bahasa Inggris di Novakid jadi bisa ditinggal-tinggal gitu ya anaknya jadi belajar online mandiri. Emak bisa me time sambil nungguin dari jauh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mak... Soalnya gurunya juga telaten banget. :D

      Delete
  21. enak ya mba 25 menit bisa me tima dana anak bisa kursus bahasa inggris dengan metode yang beda dari yang lain yakni gesture..jadi penasaran deh pengen cobain juga buat anakku

    ReplyDelete
  22. aku pernahnya di tempat lain les bahasa inggris
    tapi ga maksimal gt kayaknya mak kalau aku lihat
    secara online dan orangnya banyak
    kalau novakids kayaknya lebih bisa diarahkan ya walau online

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mak, jadi progresnya juga kelihatan sama gurunya... Karena ngawasin seorang doang kan..

      Delete
  23. Masyaallah me timenya bikin aku terpesona mba, itu tomat seger banget. Aku nanam kok ya gagal terus, happy banget ini kalau anak pintar ibu senang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, makasih, Mak.. Tanam-tanam buat saya jadi waktu untuk healing juga. :)

      Delete
  24. Sering lihat iklan Novakids berseliweran, jujur saja saya juga tertarik ingin mendaftarkan Najib. Selama TK dulu English-nya lumayan aktif, giliran kena pandemi jadi kurang terbiasa lagi karena jarang mau diajak ngomong English sama orang rumah. nah, kali aja nanti kalau ketemu Native Teacher dia jadi tertarik. Untuk biaya standart juga ya. Hampir semua bimbel online di kisaran angka ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mak, biayanya standar kok. Mirip-mirip dengan tempat lain yang bahkan belajarnya gerombolan, hihi..

      Delete
  25. Berarti Juna udah bisa nih kursus Bahasa Inggris di Novakid...

    ReplyDelete
  26. belajar bahasa Inggris tuh kuncinya memang selalu dilatih dan merasa nyaman dengan suasana belajarnya. Have fun yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mak.. Pengen suatu saat nanti bisa kayak Mak Indah yang cas cis cus bahasa inggrisnya, dan udah melanglang buana ke seluruh penjuru dunia...

      Delete
  27. Saya baru tahu ada Novakid ini, dan ternyata sudah menyebar di 17 negara. Hihi... kudet banget ya saya.

    Dalam satu kelas hanya ada 1 siswa, wah ini sih jadinya kelas eksklusif banget ya. Bisa ngobrol dengan bule tanpa ada gangguan. Dengan begini anak juga jadi lebih fokus belajarnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Mak.. Eksklusif, jadi progres tiap anak benar-benar terpantau

      Delete
  28. Salfok sama kalimat "hilang fokus" Arinta,
    jadi aku pernah ikutin duduk bareng anak (aku di mejaku dan anakku di mejanya dengan komputer masing-masing) and you know what?

    Aku pun ikutan lelah dan hilang fokus! Jadi memang tak semudah itu anak anak belajar dan duduk manis non-stop belajar di depan komputer loh!

    Setuju kalau Novakids hanya 25 menitan, berarti ke depannya akan lebih enjoy belajar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Orang tua aja gampang hilang fokus ya, Tante.. Apalagi anak-anak, hihi.. Bener memang 25 menit adalah waktu yang pas banget. Novakid kan udah tau karakter psikologis anak-anak. :)

      Delete
  29. Kursus onlinenya cukup menarik dan bisa jadi refrensi bagi yg ingin mencari lembaga belajar bahasa utk anak
    Apalagi sistemnya standard internasional dengan metode pembelajaran sesuai usia anak

    ReplyDelete
  30. Semangat belajar bahasa Inggrisnya ya Mas Amay, biar lancar nanti cas cis cus English-nya
    Asyik banget ini belajar bahasa Inggris bersama Novakid, bisa ga ada lagi anak daring , mama darting. Lumayan, pas anak belajar yang serasa privat di Novakid, bisa me time mamanya.
    Anakku masih bisa nih ikutan, masih masuk range umurnya

    ReplyDelete
  31. Setuju sih, daripada waktu senggang anak sehari-harinya main game, mendingan kursus bahasa Inggris ya apalagi jika anaknya memang tertarik sama bahasa Inggris. Novakid pilihan yang pas.

    ReplyDelete
  32. Mas Amay seneng bisa belajar Bahasa Inggris, ibunya juga bisa me time dulu sesaat ya.
    Tertarik banget dengan cara belajar yang menarik dari Novakid

    ReplyDelete
  33. Waaah promonya terakhir tgl 30 Sept kemarin aku baru tau :(( krn kebetulan aku lg nyari les bahasa inggris juga buat anakku. Di sekolahnya gak ada pajaran bahasa inggris :((

    ReplyDelete
  34. Emang yaa dambaan banget deh anak bisa anteng di depan laptop tanpa pendampingan kita. Saya pu begitu. Seneng nih ada Novakid karena ada yang untuk usia Adek Fi yang baru 5 th.

    ReplyDelete
  35. Ihhh...senengnya udah pernah jumpa bule ya, Mas. Jadi pengalaman yg tak terlupakan dan membuat pingin belajar Bahasa Inggris.

    Btw, harganya lumayan terjangkau ya, Mak. Sama dg les offline di sini. Bulanannya segitu juga.

    ReplyDelete
  36. Ihhh...senengnya udah pernah jumpa bule ya, Mas. Jadi pengalaman yg tak terlupakan dan membuat pingin belajar Bahasa Inggris.

    Btw, harganya lumayan terjangkau ya, Mak. Sama dg les offline di sini. Bulanannya segitu juga.

    ReplyDelete
  37. semangat mas amay semoga lancar bahas inggrisnya. ga sampe setengah jam jugag pasti udah pas itu bikin fokus anak tetap
    aku itu dari kemarin mau ikutin novakid belum jadi jadi huhu

    ReplyDelete
  38. Jaman sekarang serba praktis ya, belajar bahasa inggris dengan pakar cukup dari rumah sudah bisa karena ada Novakids. Apalagi kalau interaktif, anak-anak pasti suka.

    ReplyDelete
  39. ternyata biayanya terjangkau juga ya. saya kira kalo kelas online begini bakal mahal, apalagi pengajarnya kompeten dan pake bahasa inggris terus akhirnya memaksa anak agar bisa mengerti dg cepat ya. kereeeen. auto kulik2 info lagi soal novakids

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan. Komentar yang menyertakan link hidup, mohon maaf harus saya hapus. Semoga silaturrahminya membawa manfaat ya...