2021 dalam Catatan

Thursday, December 30, 2021


Tak terasa ya, kita sudah berada di penghujung tahun. Biasanya, momen akhir tahun menjadi waktu yang tepat untuk berkontemplasi. Apa saja yang sudah kita lakukan dalam satu tahun ini? Berapa banyak hal yang harus diperbaiki dan berapa banyak nikmat yang harus kita syukuri? Berapa banyak hal yang bisa kita kendalikan, dan berapa banyak yang memang harus diikhlaskan?

Pasti teman-teman punya catatan sendiri-sendiri tentang tahun ini. Entah itu sempat dituliskan, atau hanya disimpan dalam ingatan. Saya pun begitu. 

Nah, kali ini saya ingin menuliskan beberapa hal besar yang terjadi dalam hidup saya setahun ini. Tentu hidup saya tidak selalu happy, soalnya kalau happy terus, takutnya malah saya jadi lupa diri.

Catatan 2021

Apa saja yang bikin sedih?

Bahagia itu bisa diciptakan, tapi kesedihan yang kita rasakan, seringkali datang dari hal-hal yang tidak bisa kita kendalikan. Tahun 2021 menjadi catatan bagi saya untuk mensyukuri nikmat sehat, karena sakit dan mengurusi orang sakit itu ngga enak.

Bapak saya sakit di bulan Ramadhan kemarin. Sebelumnya, 2 tahunan ini, beliau memang mengalami saraf kejepit hingga sulit untuk berjalan, dan saat Ramadhan kemarin sakitnya bertambah karena beliau mengalami masalah di saluran pencernaan.

Supaya tetap positive thinking, saat itu saya menulis ini: Hal-hal yang Saya Syukuri di Ramadhan Ini

Perkara mengurus orang tua yang sakit memang seringkali menguras emosi, yaa.. Bukan emosi karena pengen marah atau ngga ikhlas, tapi karena sedih dan pengen nangis melulu. Kami sudah membawa beliau ke dokter hingga 3x, tetapi tidak ada perubahan yang signifikan. Sampai lebaran pun tiba, dan kami melewatinya dengan "rasa" yang berbeda. 

Bagian yang paling membuat stres adalah saat lebaran usai dan kami harus kembali ke Solo lagi. Saya ingin bapak ikut ke Solo agar bisa kami rawat, tapi seperti orang tua pada umumnya, beliau inginnya di rumah saja. Binguuung banget, kan ngga mungkin saya tega meninggalkan beliau sendirian di rumah. Di sisi lain, saya harus segera kembali ke Solo karena suami harus masuk kerja dan anak-anak juga harus sekolah. Saat itu saya benar-benar dilema.

Alhamdulillah, akhirnya setelah semua drama dan bujuk rayu, beliau mau dibawa ke Solo. Sekarang bapak sudah sehat, dan itu adalah nikmat yang tak henti saya syukuri.

Oya, di saat saya mengurusi bapak yang sakit di Solo, kucing pertama kami yang kami beri nama "Mayo" juga sakit dan akhirnya pergi untuk selama-lamanya. Dobel-dobel ngga sih sedihnya? 😢

Baca: Selamat Tinggal Mayo

Alhamdulillah, seiring berjalannya waktu, kami pun bisa mengikhlaskan kepergian Mayo.

Ada hujan, ada reda. Ada sedih, ada bahagia. Ngga mungkin Allah ngasih ujian terus-terusan, ya kan? Oleh karena itu, mari kita ingat juga hal-hal yang membuat hati gembira, supaya kita tidak termasuk golongan yang kufur akan nikmat-Nya. 😊

Apa saja yang bikin happy dan wajib disyukuri?

1. Kami diberi kesehatan, bapak juga sudah semakin sehat.

Sejak dua tahun lalu, entah sudah berapa banyak terapi yang bapak coba. Dari Madura, Surabaya, Magelang, Solo, Jogja, dan di Purworejo juga. Terakhir, bulan lalu, kakak saya mendapat info tentang sebuah terapi yang ada di Klaten. Alhamdulillah, setelah 2x terapi di tempat itu, bapak sudah bisa berdiri tegak lagi. Dipertemukan dengan "obat" adalah rezeki yang tidak terkira. Masya Allah.

Evaluasi dan Resolusi 2021

2. Bisa jalan-jalan ke beberapa tempat.

Meski kami ngga punya banyak uang, tapi kami tetap bisa jalan-jalan. Jalan-jalannya pun ngga selalu pakai uang sendiri. Alhamdulillah, ini rezeki yang sangat sangat kami syukuri.

Ini beberapa tempat yang saya kunjungi di 2021:

- Awal tahun kami ke Jogja dan Glamping di d'Kaliurang Resort & Convention

- September lalu, untuk melepas stress kami juga jalan-jalan ke Tawangmangu. Kami pergi ke dua tempat, yakni: Grojogan Sewu dan Rumah Atsiri Indonesia

- Sebagai penutup tahun, kami diajak kembali ke Batu, Jawa Timur. Trip to Kota Batu, Jawa Timur (Part 1) dan Trip to Kota Batu, Jawa Timur (Part 2)

3. Ada peningkatan pendapatan di blog.

Sejak tahun lalu, saya mulai rajin mencatat setiap pekerjaan yang saya terima di blog. Dari situ, saya bisa membandingkan pendapatan saya di tahun lalu dan di tahun ini. Alhamdulillah, meski sedikit, tetapi ada peningkatan. Dan karena ini juga, awal Desember kemarin saya berani mencoba menabung dalam bentuk lain. Tapiiii, jangan bandingkan pendapatan saya dengan emak-emak blogger lain, ya, karena nanti punya saya jadi kelihatan sedikit banget, hihi...

~

Sebenarnya masih ada banyak hal yang saya syukuri, tapi kalau ditulis semua nanti jadi panjang banget tulisannya. Hehe... 

Nah, untuk tahun depan, saya tentu berharap agar bisa menjadi lebih baik di setiap hal yang saya jalani. Saya juga berdoa agar senantiasa diberi kemudahan untuk menggapai semua mimpi yang sudah saya tuliskan. Masalah pasti akan ada, karena itu merupakan bagian dari ujian untuk orang-orang yang beriman. Maka dari itu, saya juga berdoa semoga senantiasa diberi kekuatan, kesabaran, dan pikiran yang jernih untuk menyelesaikan setiap tantangan yang ada di depan.



18 comments

  1. Akan selalu ada rejeki yang tidak terduga ya Mbak Arin. Masya Allah, semoga tahun 2022 nanti kita makin banyak rejeki ya, biar tabungan investnya makin menggunung dan bisa tercapai target sebelum masa tenggatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin aamiin aamiin Yaa Robbal 'Aalamiin... Do'a baik akan kembali pada pendoanya, insya Allah. Luv you....

      Delete
  2. Mbak Arinta alhamdulillah senang lihat bapakmu makin sehat. Btw, ibuku juga sempat sakit dan susaaah diajak ke RS. Hihi ... gitu yah orang tua. Syukurlah akhirnya Bapak mau ikutan ke Solo. Dekat anak cucu jadi hiburan lho Pak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mak.. Cuma bapak tu suka keingetan sama ikan-ikan yang ditinggalkan, huhu...

      Delete
  3. aku mau nulis kaleidoskop 2021, tapi kok banyak kesedihan di tahun ini ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. inget yang indah-indah, walaupun sedikit tapi pasti ada.. kalau fokus sama sedihnya, nanti jadi sedih terus.

      Delete
  4. Alhamdulillah ikut senang bacanya, semoga sehat sekeluarga ya aamiin

    ReplyDelete
  5. Masya Allah, di balik keceriaan - kegesitan - komitmen menjadi admin Emak Blogger yang rupa rupa warnanya, terselip kesedihan yang luar biasa ya Arin!

    Kagum dengan semangat untuk terus berjuang dan ini jadi catatan aku juga,
    sejak 2019 aku rajin mencatat pendapatan dari blog, dan sekecil apa pun itu, bersyukuuuur dan bersyukuuur terus!

    Semoga Bapak dan keluarga diberi kesehatan ya, resolusi yang indah, sehat dan meluangkan waktu dengan keluarga dalam bentuk traveling!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, iya, Tante... Cuma beberapa aja yang tau kondisi bapak. Mohon doanya ya, Tante, semoga kami semua sehat dan bisa beribadah ke Mekkah sama-sama. Aamiin...

      Delete
  6. Orang tua memang begitu yaa, maunya di rumah sendiri. Aku pun pengennya kalau bisa ortu ma kami ya ma kami aja, drpd jauh2an ya huhu dilema yaaa
    Alhamdulillah mbak ayahnya sudah pulih kembali, semoga selalu sehat2.
    Alhamdulillah ya blognya nambah penghasilannya.
    Btw jangan dibandingkan mak, fokus aja ke pendapatan blog sendiri, nanti pasti kerasa kok alhamdulillah gede yaaa (itu yang kulakukan sih hahaha :P)
    Yg pasti emang hidup tu gtu yaa naik dan turun, kadang sedih tp banyak jg yang bisa disyukuri
    Semangaattt!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mak, kalau bandingin sama yang lain nanti aku minder, trus sedih, trus putus asa, wkwkwk... Hancur ntar mentalnya, haha...

      Tapi bersyukur banget aku masih bisa bersyukur. Nah kan... Bisa bersyukur aja harus disyukuri, hihi...

      Delete
  7. Alhamdulilah banget ya mak, bapak ada peningkatan di kesehatan. Dan cuan di blog ini nih ya yang koentji haha kita butuh uang jelas, dan alhamdulilah walau pandemi masih ada ya mak rezekinya.
    Semoga kita semua sehat selalu ya di tahun depan dan bisa terus berkarya. Amin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin aamiin Yaa Robbal 'Aalamiin.. Ini semua juga berkat Mak Ran salah satunya. Mak Ran ini salah satu supporter terbaik, yang bikin aku pelan-pelan bisa merasa lebih pede dari sebelumnya. Thank you ya, Mak Ran.. :*

      Delete
  8. Semoga ayahanda selalu diberikan kesehatan ya mba... Memang dilema banget kalau harus ninggalin ortu sedang kita juga ada tanggung jawab lain. Tips mencatat pendapatan blog sepertinya patut aku tiru nih mba. Jadi bisa untuk refleksi ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, Mbak Era.. Makasih banyak, yaa.. :*

      Rutinitas mencatat pendapatan di blog ini juga karena aku terinspirasi dari emak blogger lain. Salah satu tujuannya supaya tau mana pekerjaan yang sudah dibayar, mana yang belum. :D

      Delete
  9. alhamdulillah ya, mbak ayahnya sudah sehat. jadi ingat ibuku nih setahun terakhir sibuk kesana kemari buat terapi kakinya yang patah karena kecelakaan tahun lalu. oya selamat juga buat peningkatan pendapatan blognya yaa. semoga tahun depan lebih banyak lagi pendapatannya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan. Komentar yang menyertakan link hidup, mohon maaf harus saya hapus. Semoga silaturrahminya membawa manfaat ya...