Raih Keberkahan dengan Sedekah Al-Qur'an

Friday, January 14, 2022


Sudah jadi kebiasaan ketika anak-anak ujian, saya akan mendampingi mereka belajar bahkan membuatkan rangkuman materi. Saat Penilaian Akhir Semester (PAS) kemarin pun bergitu. Selain membuat rangkuman materi untuk Mas Amay dan Adek Aga, saya juga merangkap jadi semacam "radio" untuk Mas Amay. Kebetulan, Mas Amay termasuk anak audio, sehingga ia akan lebih mudah menangkap materi dengan cara mendengarkan.

Nah, tapi, saat-saat menjadi "radio" itu, kadang kami malah jadi ngobrol membahas sesuatu. Misalnya, ketika menjelaskan soal "Kelestarian Lingkungan", obrolan kami bisa berkembang jauh hingga soal mengompos dan tragedi Leuwigajah.

Baca: Bersahabat dengan Sampah, Mencegah Terulangnya Tragedi Leuwigajah

Saat belajar materi Pendidikan Agama Islam pun begitu. Kebetulan, materi terakhir yang kami pelajari adalah tentang Zakat, Infaq, dan Sedekah.

Manfaat Shadaqah Jariyah

Mas Amay banyak bertanya ketika saya menjelaskan tentang ini:

Investasi atau tabungan bagi orang beriman itu bukan kekayaan yang ditumpuk atau disimpan sampai jamuran. Investasi orang beriman itu, beramal sholih untuk kehidupan setelah kematian.

Supaya Amay punya bayangan, saya pun menjelaskan secara lebih detail. 

"Bayangkan, kita udah susah-susah cari harta dan kekayaan, tapi harta dan kekayaan yang kita sayang-sayang itu malah ngga bisa menolong kita di akhirat karena cuma kita diamkan atau malah habis dihambur-hamburkan."

Amay manggut-manggut...

"Trus, gimana biar kerja keras kita ngga cuma bermanfaat untuk kehidupan di dunia, tapi juga bisa menolong kita di akhirat? Nah, ada 3 amalan yang tidak akan terputus pahalanya meski kita sudah meninggal dunia, yaitu shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, juga do'a anak yang sholih."

Penjelasan saya masih berlanjut...

1. Shadaqah Jariyah

"Shadaqah Jariyah itu yang kayak gimana? Shadaqah jariyah itu misalnya, Mas Amay menyumbang untuk pembangunan masjid. Selama masjid itu dipakai untuk ibadah, pahalanya akan mengalir ke Mas Amay. Atau, Mas Amay sedekah Al-Qur'an di pondok pesantren, maka selama Al-Qur'an itu dibaca dan dipelajari oleh orang-orang di pesantren itu, Mas Amay juga akan dapat pahalanya, meskipun Mas Amay sudah meninggal nanti."

2. Ilmu yang Bermanfaat

"Mas Amay, coba lihat ini!" kata saya sambil memperlihatkan buku Iqro'.

penulis buku iqro

"Buku Iqro' ini sudah dipakai jutaan orang yang belajar membaca Al-Qur'an. Kebayang ngga, berapa banyak pahala yang sudah didapat penulisnya? Ini contoh ilmu yang bermanfaat. Ilmu yang membawa orang lain dalam kebaikan."

Amay mengucap "wah", tanda kagum.

3. Do'a Anak yang Sholih

"Ibunya Mama kan udah meninggal. Meski sudah meninggal, Mama masih bisa berbakti sama beliau. Caranya ya dengan selalu mendoakan, lalu bersedekah atas nama beliau. Itulah kenapa anak sholih itu tabungan untuk orang tua."

"Mas Amay juga mau doakan Mama ngga kalau Mama meninggal nanti?" tanya saya.

"Insya Allah," jawabnya.

~

Setelah mendengarkan penjelasan saya yang cukup panjang, Amay tampak merenung. Tiba-tiba ia berkata,

"Mas Amay kayaknya pengen nyumbang ke masjid yang ada di pertigaan itu deh, Ma... Biar Mas Amay punya tabungan buat di akhirat." (kebetulan, di dekat rumah ada masjid yang sedang dibangun)

Lalu papanya menjawab. "Iya, bisa ke situ, tapi itu kayaknya sudah banyak donaturnya."

"Lha terus, Mas Amay nyumbang ke mana dong?"

"Nanti Mama cari-cari informasi dulu, yaa..." kata saya.

Beberapa hari kemudian, seorang teman memberikan info tentang Sedekah Al-Qur'an.

Askar Kauny, Cipayung, Jakarta Timur

Adalah Askar Kauny, lembaga non profit yang bergerak di bidang sosial dan pendidikan, serta berkhidmat dalam mencetak generasi penghafal Al-Qur'an. Askar Kauny mengaplikasikan Metode Kauny (Menghafal Al-Qur'an Semudah Tersenyum) yaitu metode yang menyelaraskan otak kanan, hati, dan gerakan tangan sehingga menghafal Al-Qur'an menjadi lebih mudah dan menyenangkan, semudah tersenyum.

Menurut Ustadz Boby Herwibowo, Pendiri Ma'had Tahfizhul Qur'an & Kauny Quranic School, ada dua langkah mudah menghafal Al-Qur'an:

  1. Ikuti cara Rasulullah SAW saat belajar dengan malaikat Jibril. Dahulu, malaikat Jibril membacakan ayat, kemudian Rasulullah menirukan. Jadi, langkah pertama, ikuti suara guru/ustadz dengan suara lantang. Mengapa harus dengan suara lantang? Supaya guru/ustadz dapat mendengar mana yang fasih, mana yang belum.

  2. Ikuti gerakan isyarat tangan. Jadi, hafalan bisa diingat dengan otak, juga dengan gerakan.


Kembali ke tujuan awal yaitu mencari tempat untuk bershadaqah jariyah, Askar Kauny menerima Sedekah Al-Qur'an untuk kemudian disalurkan ke rumah-rumah tahfizh baik di dalam maupun di luar negeri.

Sedekah Al-Qur'an di Askar Kauny
Askar Kauny, menerima Sedekah Al-Qur'an untuk disalurkan di dalam dan di luar negeri. 



Oya, di Rumah Tahfizh Kauny Qur'anic Shool, 80% siswanya merupakan yatim dan dhuafa. Bahkan ada teman-teman ABK dan difabel juga. Masya Allah...

Jadi, insya Allah, dengan bersedekah di Askar Kauny, kita juga membuka kesempatan bagi teman-teman dhuafa untuk mendapatkan kesempatan yang sama menjadi hafizh-hafizh Qur'an. 💗

Program Tahfidz Askar Kauny
Rumah Tahfizh Kauny Qur'anic School, Cipayung, Jakarta Timur


Oya, Askar Kauny juga memiliki program HOTS (Hafizh on the Street), yaitu Komunitas Penghafal Al-Qur'an melalui dunia maya, yang menggunakan WhatsApp sebagai media dalam menghafal. Dalam menghafal satu hari satu ayat, peserta didampingi oleh para asatidz dan asatidzah dari Askar Kauny. 

Tertarik untuk bergabung? Program HOTS ini terbuka untuk umum, lintas usia, profesi dan latar belakang.

HOTS (Hafizh on the Street)

Askar Kauny tidak hanya menerima Sedekah Al-Qur'an saja ya, teman-teman... Di sini, teman-teman juga bisa menyalurkan zakat, infaq, wakaf, shadaqah, atau juga berpartisipasi menjadi orang tua asuh bagi para santri tahfizh. Askar Kauny beralamat di Jln. Bina Marga No 42G Cipayung, Jakarta Timur. No teleponnya (021) 2867 2216 / 0878 7722 1200. Mari menabung pahala untuk kehidupan yang akan datang. 😊



7 comments

  1. Masya Allah bagus sekali bun memberi contoh berbuat baik untuk bekal di akhirat.

    Boleh ni Rumah Tahfidz nya selama ini banyak bertebaran yang menawarkan donasi tapi ragu beneran amanah gaknya.

    ReplyDelete
  2. Masya Allah Mas Amay sudah paham dan tergerak sendiri untuk menabung buat di akhirat.
    Dan "berjodoh" dengan Kauny. Sedekah Qur'an bisa jadi jalan amal jariyah.

    ReplyDelete
  3. Baca ini masya Allah jadi tertampol sebanyak-banyaknya. Mbak Arin lho yang ngajarin Mas Amay dan dek Aga juga pasti hapal banget sama karakteristiknya ya. Itu sedekahnya tidak ada minimalkah, Mbak?

    ReplyDelete
  4. MashaAllah~
    Mas Amay sudah memiliki orientasi akhirat.

    Menanamkan kebaikan kepada anak ini bagaikan menebar benih kebaikan yaa..
    Dan akan selalu bertumbuh, semoga kelak kita panen di akhirat karena menjadi jariyyah bagi kedua orangtuanya.

    ReplyDelete
  5. Subhanallah
    Semakin banyak jalan kita untuk menuju kebaikan di dunia dan akhirat ya. Berbagi dan sedekah itu hakikatnya menyimpan untuk bekal kita sendiri

    ReplyDelete
  6. Selalu suka kalo bertandang ke sini, bahasanya selalu apik Mba Arin, gak bosan bacanya. Kapan saya bisa begini?
    Btw,
    Askar Kauny ini saya gak asing, tapi gak yakin juga ingat. Ternyata pas bagian HOTS, nah iya.. Saya pernah ikut HOTS 7 tahun lalu, hapalannya pakai gerakan itu ya Mba Ust. Bobby nya.

    Ternyata mereka menerima wakaf juga. Terimakasih informasinya Mba ❤

    ReplyDelete
  7. MasyaAllah, semoga niat baik Mas Amay dimudahkan yaaa. Jadi pengen juga ajak anak-anak sedekah Al Quran begini. Terima kasih inspirasinya, Mbak Arin.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan. Komentar yang menyertakan link hidup, mohon maaf harus saya hapus. Semoga silaturrahminya membawa manfaat ya...