ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402), Dukung Pekerjaan Suami Agar Tak Boros Kertas

Thursday, June 30, 2022

 

Sejak awal pandemi, suami bekerja dari rumah. Seluruh barang kantor seperti kursi, meja, komputer, lemari dan buku-buku, dibawanya ke rumah kami. Suami memutuskan untuk tidak memperpanjang sewa tempat untuk kantornya demi menghemat biaya operasional, karena seperti usaha-usaha yang lainnya, kantor suami pun harus berjuang untuk bertahan di tengah wabah yang melanda. 

Pak Yopie, suami saya, bekerja sebagai arsitek, salah satu bidang pekerjaan yang cukup terkena dampak pandemi. Bisa dipahami, karena di masa sulit seperti ini, orang-orang boro-boro berpikir untuk membangun atau merenovasi rumah. Lha wong untuk makan saja susah. Ya kan? 

Sebagai istri, saya mengerti, suami memikul beban berat di punggungnya. Tak hanya harus memikirkan diri sendiri agar tetap sehat dan bisa menafkahi anak istri, beliau juga mesti memastikan anak istrinya sehat baik jasmani maupun rohani. Saya bersyukur, suami cukup kuat dan tabah menghadapi berbagai kemungkinan yang sewaktu-waktu bisa saja terjadi.

Tahun pertama pandemi, entah sudah berapa banyak air mata yang tumpah. Di tengah ketakutan akan tertular covid-19, suami memberitahu bahwa kebijakan kantor sedikit berubah. Kini tak ada bonus per proyek, tak ada uang makan, THR  pun terancam tidak dibayarkan. Belum reda sedih itu, 2 Om saya berpulang dalam jeda waktu dua minggu. Subhanallah. Memikirkan itu, saya tumbang, stres dan sering didera ketakutan secara tiba-tiba. Namun, suami selalu ada untuk menyediakan bahunya, dan berkata bahwa kami akan baik-baik saja.

Tahun kedua, seiring dengan gencarnya program vaksinasi dan dilonggarkannya peraturan, perlahan-lahan kondisi ekonomi kami mulai membaik. Beberapa proyek yang sebelumnya ditunda, mulai ada pergerakan. Suami pun, punya beberapa proyek pribadi yang dikerjakannya di luar jam kantor. Oya, selama bekerja dari rumah itu, suami membuat channel YouTube untuk mengisi kegiatan. Alhamdulillah, ada beberapa klien yang datang setelah menonton video-video di YouTube-nya itu. Masya Allah...

Channel YouTube arsitek
Ini dia YouTube suami saya

Memasuki tahun ketiga, kami sangat bersyukur bisa melewati semua ini. Kehilangan demi kehilangan bisa kami lalui dan saat ini kami masih bisa tegak berdiri. Alhamdulillah tsumma alhamdulillah. Ini bukan hal yang mudah, tentu saja. Untuk bisa bangkit kembali, kami berempat (saya, suami, dan dua anak laki-laki kami) paham, kami harus saling menguatkan. 

Kini, kantor suami tak lagi "numpang" di rumah ini lagi. Awal bulan lalu, barang-barang kantor dibawa ke tempat baru. Saya lega, karena rumah kecil ini kembali lega. Hehehe... Ya, meskipun capek juga bantuin beres-beresnya. Karena meski barang-barang berukuran besar selesai dipindahkan, beres-beresnya ternyata belum selesai di situ saja. Saya mesti merapikan lagi kertas-kertas dan printilan-printilan yang berserakan.

O ouw...

Baru saya sadari, ternyata suami saya boros sekali dengan yang namanya kertas. Paham sih, sebelum mendesain lewat laptop atau PC, suami akan membuat sketsa awal. Kalau ngga sesuai, ganti. Ngga sesuai lagi, ganti lagi. Begitu terus, sampai kertas-kertas itu menumpuk.

Contohnya seperti ini nih...

Sketsa-sketsa desain

Ini belum semuanya, yaa... Yang lainnya sudah saya kemas di kardus tersendiri. Jujur, saya sampai sedih melihat kertas-kertas itu. Apalagi beberapa waktu terakhir saya sedang berusaha mengurangi sampah. Kalau sampah dapur sih sudah saya pisahkan dan saya masukkan ke komposter. Namun, sampah kertas seperti ini, akhirnya saya kumpulkan untuk kemudian saya berikan pada petugas kebersihan.

Baca: Tips Mengompos untuk Pemula

Supaya tidak jadi Eco Anxiety atau ketakutan kronis akan kehancuran lingkungan, saya berusaha untuk tetap tenang menghadapi sampah-sampah kertas itu. Saya paham, kehidupan suami sebagai seorang sketcher dan seorang arsitek memang tidak bisa dipisahkan dari kertas. Meski begitu, saya tetap berusaha mencari jalan keluar, supaya suami saya tidak "seproduktif" itu nyampahnya.

Baru berpikir begitu, saya melihat sebuah postingan di akun instagram @asusid

ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402)


Sekarang ada ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) yang sepertinya sangat cocok untuk suami yang memiliki mobilitas cukup tinggi. ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) ini dilengkapi stylus juga, tentu akan menjadi "alat kerja" yang pas untuk suami saya.

Desain Tangguh, Anti Rapuh

Selain memiliki tampilan elegan, ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) ini juga memiliki ketahanan berstandar militer dan sudah tersertifikasi (MIL STD-810H). Jadi, ketika dibawa bepergian, kita tak perlu kuatir laptop ini akan mudah rusak oleh goncangan. Cocok banget untuk Pak Yopie yang sering mengecek proyek di luar kota, bahkan tak jarang mesti blusukan ke hutan-hutan.

Nah, jika biasanya sesuatu yang tangguh-tangguh itu memiliki bobot yang tak ringan, ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) ini beratnya 1,61 kilogram saja. Cukup nyaman untuk ditenteng kemana-mana.

Kelebihan ASUS ExpertBook B3 Flip
ASUS ExpertBook B3 Flip

Konektivitas yang Komplit

ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) termasuk laptop dengan konektivitas yang sangat lengkap. Laptop ini sudah mendukung Wi-Fi 6 dan 4G LTE untuk konektivitas yang cepat dan portabel. Jangan kaget karena kita bisa menemukan slot SIM-card di laptop ini. Jadi, saat bepergian, kita tidak tergantung pada jaringan WiFi untuk bisa tersambung dengan jaringan internet. Kita tidak perlu repot-repot juga menghubungkan internet dari telepon seluler ke laptop.

Bukan hanya itu saja konektivitas yang tersedia. Di laptop ini juga terdapat port USB type-A, Thunderbolt 4 yang mendukung display / power delivery, juga HDMI dan bluetooth. Komplit pokoknya!

Keunggulan ASUS ExpertBook B3 Flip
Spesifikasi ASUS ExpertBook B3 Flip

Stylus yang Stylish

Nah, ini dia yang bagi saya paling menarik, karena tujuan saya memiliki ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) ini adalah agar suami bisa membuat sketsa tanpa harus menghabiskan banyak kertas.

Stylus pada ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) ini dilengkapi dengan baterai yang dapat diisi ulang secara otomatis saat disimpan di kompartemen yang terletak pada bodinya. Keren kan, yaa.. Jadi ngga ada cerita nyeketsanya berhenti akibat kehabisan baterai, karena saat disimpan di kompartemennya, si stylus ini otomatis akan ter-charge.

Stylus pada ASUS ExpertBook B3 Flip


Melihat spesifikasi ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402), bayangan saya, Pak Yopie akan lebih mudah membuat sketsa di sini. Kelak, sampah kertas bisa dikurangi. Wah... Baru bayangin aja udah bikin saya happy dan senyum-senyum sendiri. 😊

Kalau sudah punya ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402), ngga ada lagi ceritanya nyeketsa di buku kayak gini. (Ini adalah tangkapan layar dari story instagramnya suami, yang beliau unggah saat dalam perjalanan menuju Solo dari Banyuwangi, tanggal 28 Juni lalu)

Alasan memilih ASUS ExpertBook B3 Flip


Kalau ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) sudah termiliki, saat meeting dengan klien, Pak Yopie bisa membuat sketsa di hadapan klien dengan cara yang lebih elegan, ngga pakai kertas lagi. Sketsa-nya juga bisa langsung dipresentasikan ke hadapan klien, karena sesuai namanya, "flip", ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) ini bisa dibolak-balik, diputar-putar hingga 360°.

Ngga hanya itu, ASUS ExpertBook B3 Flip ini dilengkapi fitur Eye Care, yang memungkinkan untuk meredam cahaya biru hingga 70% dan sudah mendapat sertifikasi low blue light dari di TUV Rheinland.

Dan mengingat bahwa area keyboard, touchpad, area sandaran tangan, dan sensor sidik jari merupakan area yang sangat rawan ditumbuhi bakteri, ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) ini pun melengkapi dirinya dengan Antibacterial Guard, yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri hingga lebih dari 99% selama periode 24 jam.

Kelebihan ASUS ExpertBook B3 Flip

Dengan kelebihan-kelebihan di atas, ngga salah kan jika saya mendambakan ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) ini untuk bisa mendukung bisnis dan pekerjaan suami? Terlebih lagi jika mengingat bahwa Laptop Bisnis ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) sudah diperkuat oleh prosesor Intel® Core™ generasi ke-11 terbaru dan juga Intel® Iris® Xᡉ graphics, yang mana telah dirancang untuk menghasilkan lebih banyak, lebih cepat, dan lebih mudah.

Oiya, sebagai informasi tambahan, ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) baru diluncurkan dan bisa kita dapatkan dengan harga mulai dari Rp 17.542.000. Bismillah, semoga impian memiliki ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) bisa terwujud, yaa... Aamiin.😊

Spesifikasi ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) yang lebih lengkap, bisa teman-teman lihat di gambar di bawah ini:

Spesifikasi ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402)



15 comments

  1. Waaah...ada ya ternyata eco anxiety. Baru tahu nih mbak... Baca paragraf2 awal, jadi flashback masa-masa pandemi dan aku rasanya mencelos. Tiap2 orang punya perjuangan masing-masing di masa itu ya mak...Bersyukur bisa sampai detik ini dan kembali bangkit. Semoga impian utk punya laptop keren ini terwujud. Supaya kerja makin produktif dan .....hemat kertasss.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaamiin, Mak.. Terima kasih untuk doanya. Iya, Mak, bersyukur banget kita bisa melalui semua kesulitan di 2 tahun terakhir ya, Mak...

      Delete
  2. aamiin.. Moga menang mak Arinta, keren tulisannya. Emang mantep Asus ExpertBook B3 Flip. Udah subkrep cenelnya pak Yopie hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaa, makasih untuk support-nya, Mak.. Semoga Mak Dyah juga senantiasa dikaruniai kebahagiaan yaa.. :*

      Delete
  3. Amiiin mbak semoga impiannya segera terwujud. Saya baru tahu nih ada istilah eco anxiety wkwkwk

    ReplyDelete
  4. Bismillah semoga rezekinya Mbak Arin dan Mas Yopie ya. Jadi kita nanti berlangganan Netflix ini akan ada faedahnya karena Mbak Arin bakal tambah rajin nulis Kalau udah punya Asus ini

    ReplyDelete
  5. Wuih semoga ada rezekinya Mas Yopie ya punya asus expertbook b3 flip ini. Supaya eco-anxiety-nya berkurang. Rezekinya bertambah. Bumi kita makin sehat.

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah badai pelan tapi pasti makin berlari dan kita semua makin kuat untuk bediri kembali. Demikian juga untuk bisnis dan pekerjaan suami Mak Arinta semoga makin dimudahkan dan dilancarkan ya...
    Terbayang pasti tambah lancar jaya nantinya dengan spek juga performa keren dari laptop ASUS yang super ini

    ReplyDelete
  7. Pandemi memang berdampak besar terhadap banyak orang ya, Mba. Alhamdulillah bisa saling menguatkan dan sekarang sudah lebih baik. Asus ExpertBoom B3 Flip ini idaman banget. Stylish, performa dan fiturnya juga keren. Moga suatu saat bisa punya juga deh laptop idaman ini

    ReplyDelete
  8. Sampah kertas jadi persoalan tersendiri untuk bumi ya mbak. Belum lagi penggundulan hutan karena memerlukan bahan baku yang sangat banyak. Tapi bagaimanapun peradaban kita tetap masih membutuhkan kertas. Contohnya untuk awal sketsa seorang desainer, sebelum menuangkan ke wadah digital mereka perlu menuangkan isi pikir dan rencana ke atas kertas terlebih dahulu. Risiko pekerjaan. Tapi apa boleh buat yang penting limbahnya kita kelola dengan baik agar tidak menambah kesengsaraan bumi

    ReplyDelete
  9. Banyak kejadian ya di awal pandemi, bukan cuma kehilangan angggota keluarga tapi juga kehilangan pekerjaan. Bekerja dari rumah butuh device yang mumpuni kaya Asus Expertbook ini nih, impian aku tapi gak tau kapan bisa punya :). Semoga sekarang sudah makin banyak lagi project buat para arsitek ya

    ReplyDelete
  10. Ini kejadiannya kebalikan dengan suamiku, di awal pandemi malah banyak proyek yang dikerjakan. Baru ketika tahun 2021 pertengahan sampai akhir kemarin mulai sepi orderan. Disyukuri aja, karena waktu itu juga virus lagi nyebar dan pergerakan makin dibatasi juga. Alhamdulillah tahun ini udah mulai reda ya, pekerjaan juga mulai berdatangan. Eh malah curhat, hihiii

    Kalo urusan sketsa, suami dibantu si bungsu yang punya PC dengan bermacam fitur untuk gambar 3D. Tapi dia juga pengen tuh bisa gambar sendiri tanpa ngandelin anaknya. Cocok ya Asus expertbook ini untuk bikin sketsa dulu. Bener juga nih di rumah juga kertas gambar masih digunakan suami. Cuma kalo udah berumur lima tahun, kami berikan ke tukang jual sayur

    ReplyDelete
  11. Maaak, alhamdulillah ikut senang dengan kemajuan suamimu. Selama pandemi emang awalnya bikin bengong, sedih, campur aduk. Sekarang ini semakin membaik yaa malah produktif punya channel youtube masih seputar desain bangunan. Semoga terwujud nih punya laptop ASUS yang canggih gini jadi lebih hemat kertas, minim sampah deh.

    ReplyDelete
  12. MasyaAllah TabarokAllah, saluttt bgt dgn semangat juang keluarga pak.Yopie dan mak Arin πŸ˜πŸ‘ memang survival mode on kudu digaungkan, dan aku demen bgt dgn spesifikasi gadget ini.

    Semangaattt πŸ’ͺbanyak berkaahhhh utk kita semua yaaa

    ReplyDelete
  13. Cocok banget nih ExpertBook flip dipake Pak Yopie. Meskipun masih bepergian kemanapun, tetap bisa mengerjakan sketsa menggunakan laptop ini ye kaaann... Semoga kesampaian memiliki laptop canggih yang bakalan memudahkan pekerjaan tersebut.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan. Komentar yang menyertakan link hidup, mohon maaf harus saya hapus. Semoga silaturrahminya membawa manfaat ya...