Kita Pasti Tua, Tak Menggoda Layaknya Saat Muda


Beberapa waktu terakhir, saya ketularan suami saya, mendengarkan lagu-lagu dari grup band indie seperti Fourtwnty. Grup band ini mulai dikenal, setelah salah satu lagunya dijadikan sebagai OST Filosofi Kopi.

Jujur, sebenarnya aliran musik Fourtwnty, juga Payung Teduh, Danilla, dan kawan-kawannya itu, pada awalnya bukanlah jenis musik yang masuk “daftar dengar” saya. Ya, selera musik saya tuh selera umum, macam KD, Rossa, BCL, gitu-gitu deh. Tapi, lama-kelamaan, makin didengar koq makin asik ya? Saya jadi suka “Penyendiri” milik Nadya Fathira, “Di Atas Meja”nya Payung Teduh, dan pada akhirnya saya ikut menikmati lagu-lagu dari band indie bernama Fourtwnty ini.

Zona Nyaman, Segelas Berdua, Kusut, adalah beberapa judul favorit saya. Belakangan, saya mulai menyukai “Kita Pasti Tua”. Awalnya sih saya sempat protes sama suami, “Koq liriknya kayak buat orang dewasa?” Lalu suami menjawab, “Ya ini kan cerita tentang masa tua.”

Lalu saya pun mendengarkan liriknya dengan seksama.

ini cerita ketika tulang mulai menua
masih mungkin ada hasrat yang menggebu-gebu
berkumpul dan bernyanyi seperti dulu
wajah tampanku, keriput dan badanku membungkuk
rasa ingin tak percaya kini ku menua
tak menggoda layaknya saat muda

awas nanti tua
kita pasti tua

lemah dan tak bertenaga
mulai rentan berkelana
dibalik rambut putihku

wajah tampanku, keriput dan badanku membungkuk
rasa ingin tak percaya kini ku telah menua
tak menggoda layaknya saat muda

awas nanti tua - awas nanti tua
kita pasti tua

lemah dan tak bertenaga
mulai rentan berkelana
dibalik rambut putihku
kita pasti tua
mulai pelan dan pelupa
rabun sudah bola mata
ada yang tak berubah
kita pasti tua
kita pasti tua
kita pasti tua

awas nanti tua
kita pasti tua
lemah dan tak bertenaga
mulai rentan berkelana
dibalik rambut putihku
kita pasti tua
mulai pelan dan pelupa
rabun sudah bola mata
ada yang tak berubah jiwa masih muda
jika nanti sudah tua
mulai jarang bersenggama
tunggu saja waktunya
kita pasti tua
kita pasti tua

Ternyata begitu ya kalau sudah tua? Benarkah? Meski ini ditulis dan dinyanyikan dari sudut pandang pria, tapi jujur, membayangkannya membuat saya sedikit ketakutan.

Tapi alhamdulillah ketakutan itu tak berlangsung lama. Ya, kita kan memang nggak bisa menghentikan waktu. Kita pasti tua, tak menggoda layaknya saat muda. Tapi kita tak perlu mengkhawatirkan masa depan. Yang perlu kita lakukan sekarang adalah melakukan yang hal-hal terbaik sebisa mungkin, agar di masa depan kita tak terkungkung dalam penyesalan.

Termasuk di dalamnya adalah bagaimana menjaga hubungan baik antara suami istri, karena pernikahan adalah ibadah terlama, ya kan? Siapa sih yang nggak ingin bahagia dan menua bersama pasangan? Untuk itulah, ada setidaknya 13 hal yang bisa kita upayakan demi menjaga #KeharmonisanRumahTangga, seperti:

1. Saling Memahami
Sebelum menikah dulu, kita adalah orang asing bagi satu sama lain. Kita dibesarkan di keluarga yang berbeda, dengan pola pengasuhan yang berbeda pula. Jangankan dengan orang lain, dengan saudara sendiri pun terkadang kita berseberangan, bukan?
Maka dari itu, saling memahami antar pasangan menjadi hal yang mutlak diperlukan dalam sebuah hubungan.

2. Saling Menghargai
Setelah saling memahami, hal berikutnya yang juga diperlukan adalah, saling menghargai. Kelebihan pasangan, kita syukuri. Kekurangan pasangan, biarlah kita simpan sendiri.
Allah ta’ala dalam sebuah firman-Nya di QS. Al-Baqarah (2): 187 mengibaratkan suami sebagai pakaian bagi istri dan istri adalah pakaian bagi suami. Dari sini bisa kita simpulkan bahwa suami istri harus bisa saling menutupi aurat (aib), saling melindungi, saling menghangatkan, dan saling membuat nyaman.

3. Saling percaya
Kepercayaan terhadap pasangan adalah fondasi awal sebuah hubungan. Ketika kita saling percaya, kita tak perlu menjelaskan bagaimana kita, pasangan pun tak perlu menjelaskan bagaimana ia.
Jika sudah tak ada rasa percaya, dan rasa curiga lebih meraja, hubungan rumah tangga tinggal tunggu rusaknya saja. Nggak mau seperti itu kan ya?

4. Saling memaafkan
Kata Sherina: Setiap manusia di dunia pasti punya kesalahan, tapi hanya yang pemberani yang mau mengakui.  Setiap manusia di dunia pasti pernah sakit hati, hanya yang berjiwa satria yang mau memaafkan.
Namanya juga manusia, tempatnya salah dan lupa. Jadi ya saling memaafkan saja.

Oya, kemarin saya baru saja membuat tulisan ini: Tentang Memaafkan; Forgive and You’ll Be Free

5. Menjaga komunikasi
Komunikasi yang baik, adalah salah satu upaya untuk menjaga kepercayaan. Kita sekarang hidup di zaman modern lho, jadi tak ada lagi alasan untuk bisa saling berkabar, bukan?

6. Menjaga perasaan
Sesungguhnya, saling memahami pasangan memang tak bisa instan dilakukan. Mempelajari karakter pasangan, mengerti apa yang disukai dan yang tidak disukainya, akan membantu kita untuk menjaga perasaannya.
Kesannya memang, koq kita terus yang harus mengerti dia? Tapi percayalah, tak ada yang sia-sia. Semakin kita banyak kita memberi, semakin banyak kita akan menerima. Semakin kita menjaga, kita juga akan semakin dijaga. Kuncinya adalah keikhlasan. Jika kita benar-benar cinta, kita akan melakukannya dengan sukarela, tanpa diminta.

7. Terbuka dan terus terang
Terbuka dan terus terang, atau lebih mudahnya, jujur pada pasangan. Kejujuran kita, akan menguatkan rasa saling percaya.

8. Hindari KDRT
Kekerasan dalam rumah tangga adalah salah satu penyebab perceraian yang sering terjadi. Dan ternyata, KDRT bukan hanya soal main tangan atau main tendang. Kekerasan secara verbal pun, termasuk KDRT juga. Hindari hal ini, jika ingin selalu bersamanya sampai nanti.

9. Meluangkan waktu bersama / liburan
Ini juga boleh dilakukan kalau pas ada uang, wkwkwk... Eh, tapi sebenarnya nggak perlu liburan mewah yang jauhnya ke manaaa, gitu. Makan di angkringan yang cahayanya remang-remang, juga oke. Atau kalau pengen lebih intim lagi, staycation gitu, sehari saja cukup. Insya Allah pikiran lebih fresh, ngobrol dengan pasangan juga jadi lebih asyique.

 
ini ngapain sih? lol

10. Mengenang Masa Muda
Eh, sesekali boleh lho, mengenang saat bertemu pertama kali. Perasaan kita bagaimana, katakanlah padanya. Hal-hal kecil semacam ini bisa kembali memunculkan percikan-percikan cinta. Ehemmm...
Duh, jadi ingat, Pak Yopie pernah bilang, saat pertama kali dia melihat saya, dia yakin bahwa saya adalah tulang rusuknya. Aduduuuuh... Jadi meleleh. Padahal dia lihat saya pas naik sepeda, pulang sekolah, di perempatan kantor pos dekat SMP 2 Purworejo, hahaha...

11. Berusaha menyenangkan pasangan
Istri itu ya, nggak harus dikasih berlian koq untuk bisa senang. Dibantuin nyuci piring aja udah bahagia. Suami juga gitu. Kata Pak Yopie, disenyumin istrinya aja udah tenang pikirannya. Apalagi kalo dibanjiri ciuman setiap hari, hehe..

12. Bersyukur
Jangan suka membanding-bandingkan suami kita dengan suami orang lain. Syukuri lebih dan kurangnya pasangan kita, yang meski sering ngeselin, tapi juga ngangenin. Ihiiiirr... Percayalah, laki-laki sesempurna Yoo Si Jin cuma ada di Descendants of The Sun saja, hehe..

jangan suka membandingkan pasanganmu dengan pasangan orang lain yaa...

13. Menjaga kualitas hubungan di ranjang
Banyak yang menganggap bahwa urusan ranjang adalah hal yang tabu untuk diperbincangkan. Ya, memang kita dilarang untuk menceritakan rahasia ranjang kita. Lagipula malu lah yaa...
Tapi, kalau berbagi tips agar hubungan suami istri makin asyik, tentu boleh-boleh saja. Urusan ranjang memang jadi urusan yang paling krusial dalam setiap rumah tangga. Bukan apa-apa, yang sudah dijaga dengan sepenuh jiwa saja, masih bisa kemana-mana, apalagi jika tidak dirawat dengan semestinya? Betul tidak?

Nah, ini saya ada bocoran sedikit. Saya pakai Resik V Khasiat Manjakani Whitening untuk membersihkan area kewanitaan. Kenapa saya pakai Resik V Khasiat Manjakani Whitening? Karena, kulit di area pangkal paha menggelap warnanya, dan itu sedikit mengurangi rasa percaya diri di hadapan suami. Selain itu, Resik V adalah #PembersihKewanitaanYangAman yang klaim-nya bisa #2xlebihputihmengencangkan.

kemesraan ini, janganlah cepat berlalu...

Nah, konon, menggelapnya kulit di area pangkal paha itu disebabkan oleh bakteri / jamur yang menyebabkan iritasi. Bisa juga karena pengaruh hormonal atau karena gesekan antar paha. Beruntung, saya mendapatkan informasi bahwa ada sebuah produk yang bisa menjadi solusi untuk permasalahan saya ini. Dia adalah #ResikVManjakaniWhitening.

Keunggulan Resik V Khasiat Manjakani Whitening dibanding merek lain adalah:

1. Resik V Khasiat Manjakani Whitening mengandung Bengkoang pilihan dan Manjakani asli Persia. Kandungan Bengkoang dan Manjakaninya yang tinggi, mampu mencerahkan dan mengencangkan area kewanitaan. Hmmm, kalau udah tau khasiatnya, mana bisa nolak kan ya? *emot senyum malu-malu*

2. Sudah teruji klinis, dan berdasarkan riset terhadap 200 pengguna Feminine Hygiene, Resik V Khasiat Manjakani Whitening memang terbukti mencerahkan dan mengencangkan Miss V.

3. #ResikV adalah merek terpercaya, dan merupakan pioneer produk #PembersihKewanitaan. Jadi, nggak perlu diragukan lagi khasiatnya. J

Cara Pemakaiannya: Tuang Resik V Khasiat Manjakani Whitening secukupnya ke telapak tangan, busakan dengan air, lalu basuhkan ke area kewanitaan. Setelah didiamkan 1-2 menit, bilas dengan air bersih. Lakukan setiap mandi atau setiap kali diperlukan untuk membersihkan area kewanitaan.

Review Resik V Khasiat Manjakani Whitening

Resik V Khasiat Manjakani Whitening memberikan beberapa manfaat sekaligus bagi saya, karena selain membersihkan bagian luar organ intim wanita dan mengurangi bau tak sedap di area kewanitaan, juga sekaligus #MemutihkanAreaKewanitaan dan #MengencangkanAreaKewanitaan. Resik V Khasiat Manjakani Whitening, cerahkan diriku, eratkan pernikahanku.


       

32 comments:

  1. Baru kmaren dikasi petuah ma pak su, sing penting nikah tu sesuk ngertiin konsep mawadah yg sebenernya, hartinyaaaa apa Mbul? Klo uda sama2 tua, ga semenarik waktu muda karena itu uda pasti terjadi kan selayaknya garis idup manusia, yang penting tetep cinta dan pengertian saling njaga dan ngrawat klo satunya misal uda ga bisa ngapa ngapain, sakit de el el,

    Intinya klo doa orang yg berumah tangga, bagian samawa...wa (mawadah) nya itu yg penting biar selalu on track sampai maut memisahkan

    hasyegh...#edisi lg sobijak owe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaaah..tembul Pertamax nih..

      Iya Tante, mempertahankan kesetiaan itu sulit.. Karena godaan kan datang setiap waktu.. Tapi kita harus ingat komitmen sejak awal berumah tangga itu gimana.. 😊😊

      Delete
  2. E bener tu kata pa yoppie, suami itu klo uda istri senyum katanya dah lebih cukup wkwkkkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tuh kaaan.. samaaan sama pak Yopi nih. Hihi..

      Delete
  3. Resepnya komplit dan saya sepakat. Suami istri itu kan tim worked, jadi harus "saling" dalam semua hal.
    Ngomong-ngomong soal resik v manjakani whitening, saya suka wanginya, lembut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku berguru padamu pokoknya, Mbak Ety.. 😘😘

      Iya, resik v manjakani whitening wanginya selembut hatikuuu.. Halah.. hahaha...

      Delete
  4. Ihirrr... pandangan pertama langsung makjleb ya dipanah terus sampai metungul 2 bocil. Hihihi.. komen gini bikin aku kudu ngakak dhewe. Sorry Mbak Rin..
    Aku juga suka nih pakai Resik V Manjakani Whitening ini.. kok kita samaan ya

    ReplyDelete
  5. Bagus lirik lagu kesukaan suami dikau dan dikau mbk. Jd pngen dengerin juga. *ahay.
    Btw aku juga pakek resik v mbk, begitu aku buka, langsung jatuh cinta sama wanginya.
    Samara terus buat mbk arinta dan pak yopi. Aamiin

    ReplyDelete
  6. Eits, samma nih resep keharmonisan kita! Resik V Manjakani Whitening gak cuman membersihkan dan wangi, tapi jiga mencerahkan dan mengencangkan ya..

    ReplyDelete
  7. Lirik lagunya gimana gitu ya, pokoknya kena banget, belum pernah dengar lagunya karena memang jarang dengar musik, dan selera musik saya pun gitu-gitu aja, kalau pakai resik v manjakani whitening menua berdua pun terasa indah ya hehehe

    ReplyDelete
  8. wahaha lagunya iya banget yaa. Tua itu pasti tapi bisa tetap jatuh cinta sama pasangan seperti saat muda. *eeaaa

    ReplyDelete
  9. poin ke-12 itu betul banget. Jangan membanding-bandingkan pasangan dengan orang lain apalagi membandingkannya dengan para Oppa di drama korea yang "tak tersentuh" itu :)

    langgeng dan bahagia selalu, Mba Arinta dan suami :)

    ReplyDelete
  10. Mending Arin, anakku waktu masih SMA aja udah suka sama Payung Teduh. Aku yang tua malah bingung, itu musik apaaaaan?

    Dan bener banget loh, semakin tua semakin nggak menarik, mesti jaga kesetiaan. Namun sebagai perempuan, juga jaga tubuh agar bagian kewanitaan tetep bersih, wangi, dan menggoda paksuami, hahahahaa

    ReplyDelete
  11. Nah..resepnya komplit nih..ada 13.. insya Allah berguna buat menjaga keharmonisan rumah tangga y mba..

    ReplyDelete
  12. Usia boleh tua tapi semangat berumahtangga harus tetap muda yaa supaya sakinah selalu.

    ReplyDelete
  13. Poin 10 itu paling sering aku lakuin sama suami, mengenang masa muda ((muda)), biasanya setelah itu bakal ngakak ngakak lucu kalau ingat betapa alaynya kami dulu :)))

    ReplyDelete
  14. Poin2nya dicatat buat persiapan yg single menuju dobel, hahaha. Liburan berdua itu kudu ya, walau gak jauh dr rumah. Intinya kudu ada waktu bermesraan

    ReplyDelete
  15. Menjadi tua itu memang gak bisa kita hindari ya, Mbak. Yang terpenting kita bisa mempersiapkan hari tua dengan baik bersama pasangan, agar bisa bahagia terus..

    ReplyDelete
  16. Aku pakai Resik Manjakani ini mba dan memang pas banget ama aku. Khasiatnya juga oke banget. Bisa membuat keluarga menjadi lebih harmonis :)

    ReplyDelete
  17. Iya...
    Tua itu proses yang pasti dilewati jika masih diberi usia.

    Semoga bersama pasangan hingga jannah kelak...

    ReplyDelete
  18. Wah iya, emang bener, setiap pagi suami mau bantu nyapu sama nyiram tanaman sudah bagaikan surga dunia, Mbak. Hahaha.

    ReplyDelete
  19. Duuh Mbak, gagal fokus di foto tamannya, itu lagi nari Indiahe? Hehheheh.

    Saya jg sekarang pakai ini lho Mbak, wangi, bersih keset hehehh.

    Makasiih tips2nya lhoo Mbak, penting semuaanyaaa ;)

    ReplyDelete
  20. banyak orang maunya terlihat muda terus ya tapi harus bisa mengakui juga namanya umur :)
    Tapi hubungan suami istir haru stetap muda trus dong ya mbak :)

    ReplyDelete
  21. Pernikahan harus dilandasi rasa takut sama Allah. Takut berbuat yang melanggar aturannya :)

    ReplyDelete
  22. Memang khasiatnya terasa banget, Mbak.
    Customer setia (colek pak suami) saya mengatakan itu, hehe.

    ReplyDelete
  23. Akutu paling semangat kalau membaca artikel tentang keharmonisan pasutri.
    Mengadopsi hal-hal baik dan berharap hal-hal baik juga lah yang akan menghampiri, Insya Allah.

    Menggunakan Resik V Khasiat Manjakani adalah salah satu usaha aku menyenangkan suami, karena kalau bukan istri, siapa lagi!

    Setuju ya bu-ibu...?

    ReplyDelete
  24. ahhh menua bersama suami.. aamiin.. boleh deh kapan kapan kucoba rahasia keharmonisan dengan resik v ini hahha

    ReplyDelete
  25. betul mbak aku setuju kita harus sering2 mengenang masa muda biar romansa tumbuh kembali untuk tetap mempertahankan keharmonisan itu untuk bisa sama2 di Jannah Allah SWT nantinya. salah satu ikhtiarnya juga ya dengan pakai manjakani resik v ya bisa nyenengin suami , lengket terus hehe langgeng. aamiiin

    ReplyDelete
  26. Saya mulai benar-benar memikirkan hal ini juga. Rambut putih mulai banyak sementara rambut putih suami saya jauh lebih banyak. Baru deh sadar benar yang namanya perawatan, gak perlu ke mana2, cukuplah merawat sendiri. Nah salah satunya pakai Resik V ini, ya Mbak.

    ReplyDelete
  27. Lirik lagunya jadi pengingat ya Mbak. Kelak bila sudah tua, apa yang mau dibanggakan? Hmm.yang jelas suami istri tua muda tetep kudu menjaga kebersihan badan. Terutama kebersihan organ intim untuk perempuan

    ReplyDelete
  28. senyum isteri tuh semangat suami... hehehe... di mana-mana gitu yah? suami dikasih senyuman ajah udah bahagiaa... heheh

    ReplyDelete
  29. Berat bahasannya :D
    Tapi bener sih, kita musti merawat apa yang kita punya. Aku selama ini pake daun sirij, tp enggak praktis. Boleh juga nih nyoba Manjakani.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan. Komentar yang menyertakan link hidup, mohon maaf harus saya hapus. Semoga silaturrahminya membawa manfaat ya...