Kirim Paketmu Via Paxel, Sehari Langsung Sampai

by - November 30, 2018

Beberapa waktu terakhir, teman-teman blogger ramai membicarakan sebuah perusahaan baru di bidang pengiriman logistik bernama Paxel. Awalnya saya sempat skeptis, "Yang bener aja, masa bikin ekspedisi sehari sampai? Oh, mungkin maksudnya cuma dalam kota aja kali yaa... Tapi kalau cuma dalam kota mah, bisa dikirim pakai motor aja dong, kayak yang sudah-sudah? Ini yang bikin Paxel apa nggak salah strategi nih?" begitu batin saya.

Dan saat mendapatkan undangan untuk hadir dalam acara Blogger Gathering with Paxel, saya langsung semangat. Saya minta izin pada suami, apakah boleh datang ke acara itu? Alhamdulillah, suami mengizinkan. Bahkan, jika rencana awalnya saya akan mengajak Aga ikut serta, suami malah menyarankan agar Amay Aga di rumah saja bersamanya. Alhamdulillah. Padahal jadwalnya cukup lama, lho, karena acaranya sendiri dimulai pukul 14:00 dan berakhir pukul 18:00. Tapi alhamdulillah, suami sangat mendukung kegiatan saya ini. Jadi, saya tak boleh menyia-nyiakan kesempatan ini. Saya harus mendapatkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang tadinya hanya berputar-putar di kepala saja.

Tibalah saatnya acara dimulai. Setelah menyanyikan lagu Indonesia Raya, MC mempersilakan Bapak Johari Zein, co-founder Paxel untuk berbicara di depan. Terus terang nih, saat baru datang dan memasuki ruangan, saya sempat berpapasan dengan beliau. My first impression about him be like, "Waduh, kok agak serem nih," hihi... Soalnya beliau ini cool banget.

Pak Johari Zein, co-founder Paxel

Tapi kemudian pandangan saya berubah 180 derajat, setelah beberapa menit beliau berbicara di depan.

FYI, Bapak Johari Zein, pada tahun 1990 - 2016, merupakan salah satu dari dewan direksi JNE. Tahun 2016 beliau keluar dari jajaran direksi, kemudian menjadi komisaris JNE sampai saat ini. Setelah menjadi komisaris itulah, beliau memiliki banyak waktu luang, dan beliau pun menggunakan waktunya untuk mewujudkan ide-ide briliannya, salah satunya yaitu Paxel. Selain sebagai co-founder Paxel, beliau juga merupakan founder OMIYAGO INDONESIA, #BuahTanganOnTheGo. Kapan-kapan saya tulis tentang OMIYAGO ini deh. :)

Pak Johari Zein ini seorang mualaf, dan dalam menjalankan bisnisnya, beliau tidak pernah terlepas dari tuntunan ayat-ayat Al-Qur'an. Salah satunya adalah apa yang terdapat dalam Q.S Al-Ma'un. Inilah yang membuat pandangan saya terhadap beliau berubah. Bukan karena mualafnya ya, tapi karena Spiritual Manajemen yang dianutnya.

Q.S Al-Ma'un

Pak Johari Zein meyakini bahwa bisnis kita akan berkembang dengan baik, jika kita menjalankan apa yang Tuhan perintahkan, di antaranya adalah dengan berbuat baik pada sesama. "Sesama" ini dimulai dari dalam perusahaan itu sendiri, contohnya dengan penggunaan istilah Happiness Hero, Pahlawan Kebahagiaan, untuk menggantikan kata "kurir".

Luar biasa yaa.. Kita yang mendengar istilah Happiness Hero saja ikut bahagia 'kan? Iya, memang sama-sama kurir, tapi dari istilah yang dipakai, sudah terasa "nguwongke" atau "ngajeni" sesama manusia, ya nggak? Sama halnya dengan istilah Asisten Rumah Tangga untuk menggantikan kata "pembantu". Terdengar dan terasa lebih halus, bukan?

Kalau kurirnya saja disebut dengan Happiness Hero, berarti yang dibawanya adalah kebaikan dan kebahagiaan. Dan untuk membawakan kebaikan dan kebahagiaan, Hero harus bahagia dan baik juga kan? Logikanya seperti itu. Ini sesuai dengan misi Paxel untuk #AntarkanKebaikan.

Tak hanya baik pada diri sendiri (perusahaan dan semua yang terlibat di dalamnya), Paxel juga baik pada orang lain. Paxel ini perusahaan baru, belum banyak keuntungannya, tapi Paxel sudah #AntarkanKebaikan ke mana-mana. Contohnya, Paxel berbagi komputer ke sebuah sekolah terpencil di Serang. Selain itu, Paxel juga menjadi donatur tetap Rumah Harapan Indonesia.

Rumah Harapan Indonesia adalah rumah singgah untuk anak-anak yang sakit (usia 0-17 tahun) dari keluarga tidak mampu yang berasal dari luar Jakarta, yang dirujuk untuk berobat atau rawat jalan di Jakarta. Founder-nya adalah Kak Valencia Mieke Randa.


Mendengar cerita Kak Valen mata saya sempat menggenang. Bagaimana tidak? Ada seorang adik yang bahkan sudah divonis oleh dokter bahwa hidupnya tak lama lagi, tapi karena Kak Valen meyakini bahwa hati yang gembira adalah obat yang paling mujarab, adik itu sekarang sudah sehat. Luar biasa ya?

Kak Valen berpesan, "Kalau kita pernah mendapatkan kebaikan dari orang lain, jangan biarkan kebaikan itu putus di tangan kita. Jadilah pengantar kebaikan, dan dengan itu kita bisa mewujudkan rantai kebaikan (kebaikan yang tak pernah putus)." Pesan ini saya catat dalam ingatan. Nah, untuk teman-teman yang membutuhkan informasi lebih jauh tentang Rumah Harapan Indonesia ini, silakan mengunjungi http://rumah-harapan.com/.

Kembali ke Paxel yaa...

MENGAPA DINAMAKAN PAXEL?

Paxel berasal dari kata Pax, yang artinya passenger (dalam hal ini adalah package atau paket), dan Accelerate yang artinya mempercepat. Paxel adalah perusahaan jasa pengiriman berbasis teknologi aplikasi, yang berkomitmen untuk mengirimkan paket dengan cepat.

"Paxel ini dibuat bukan untuk menyaingi JNE atau ekspedisi lainnya. Jauh lah." Kata Pak Johari Zein, saat menjawab pertanyaan saya, tentang jasa pengiriman yang sudah ada saat ini. "Tapi fokus dari Paxel, adalah mengirim barang di hari yang sama. Kalau dalam kota saja, bisa dikirim pakai motor, tapi kalau dari Solo sampai Jakarta? Gempor motornya," lanjut beliau sembari tertawa.

Okay, akhirnya pertanyaan saya terjawab. Jadi fokus dari Paxel adalah di same day service-nya. Makanya, Paxel baru dibuka di kota-kota yang ada bandaranya. Dan untuk mendukung layanan same day service ini, paket-paket di Paxel dikirim secara ESTAFET. Jadi, Hero di first mile dan last mile itu berbeda.

Lanjut yaa...

AREA JANGKAUAN PAXEL SAAT INI

Kemarin saya membuat status di whatsapp tentang Paxel, dan beberapa orang teman bertanya,

"Di Purworejo udah ada belum, Rin?"

"Di Kalimantan udah ada belum, Rin?"

Nah, di sini saya akan jawab. Karena Paxel ini masih baru, jadi Paxel baru tersedia di Jabodetabek, Bandung, Jogja, Solo, dan Semarang.

Area Jangkauan Paxel sementara ini

Tapi di acara kemarin, Paxel berjanji akan segera memperluas area jangkauan koq. Semoga segera sampai di kotamu yaa, biar aku bisa #AntarkanKebaikan ke situ. Eeeaaaa...


SIZE CHART

Dan yang membedakan Paxel dengan ekspedisi lainnya adalah, tarifnya tidak tergantung kilogram. Ada size chart sendiri, yaitu; small, medium, dan large. Maksimum ukuran paket yang bisa diterima adalah dengan dimensi 50cm x 50cm x 50cm. Kenapa? Karena Hero Paxel masih menggunakan sepeda motor untuk pick up barang kita.




BERAPA ONGKOS KIRIMNYA?

Nah, ini perbedaan Paxel dengan yang lain. Tarifnya flat.

Ongkos Kirim Via Paxel

Nggak bingung kan bacanya?

Jadi misal gini. Kemarin saya kirim barang ke area dalam kota, Solo-Solo, dengan ukuran small, ongkos kirimnya adalah Rp 18.000,-

Teman saya dari Solo, kirim barang ke Jakarta dengan ukuran large, ongkos kirimnya adalah sebesar Rp 80.000,-

Mahal? Sepintas memang terlihat mahal. Tapi untuk same day service, ongkos kirimnya masuk akal koq, daripada antar sendiri barangnya kan... Jadi misal butuh waktu buru-buru untuk kirim dokumen, jika memakai ekspedisi lainnya mungkin butuh waktu sampai keesokan harinya, bisa coba kirim via Paxel. 


KELEBIHAN PAXEL LAINNYA

Kelebihan Paxel

Kelebihan Paxel dibanding Ekspedisi lainnya, antara lain:

1. No Cancel --> Paketmu tidak akan ditolak, asalkan masih masuk di coverage area dan bukan barang-barang yang terlarang yaa...

2. Preferred Time Slot --> Kita bisa memilih waktu yang kita inginkan. Misal nih, seharusnya paket sampai di jam 14:00 - 16:00, tapi di jam itu kita masih ada di kantor sehingga rumah kosong, di situ kita bisa pilih waktu pengantaran, sampai jam 10 malam.

3. Flat Price --> Tarifnya flat

4. No Distance Limit --> Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, bagi Paxel, jarak bukan masalah, karena sistem pengiriman barang dilakukan secara estafet.

5. Money Back Guarantee --> Kalau paketmu tidak terkirim tepat waktu, jangan khawatir, uangmu akan kembali.

6. Free Insurance up to 10 million IDR --> Kalau ada kehilangan atau kerusakan barang dalam pengiriman, tenang, ada asuransi sampai Rp 10 juta. Dan jika nilai barang yang dikirim lebih dari Rp 10 juta, disediakan opsi untuk membayar asuransi tambahan.

Oya, kemarin saya sempat kirim paket ke Semarang lho...

Hero Paxel, Full Smile

Setelah create shipment melalui aplikasi, saya menunggu Hero Paxel menjemput paket ke rumah. Bisa dilihat di tracking di bawah ini, paket saya dijemput sekitar jam 10:40 WIB, dan perkiraannya, barang akan sampai di Semarang antara pukul 20:00 - 22:00 WIB atau jam 8-10 malam.

Ya, tracking Paxel memang sangat detail.


Meski estimasi di aplikasi, barang akan sampai antara jam 8-10 malam, nyatanya sebelum maghrib barang sudah diantar. Alhamdulillah.

Foto di bawah adalah foto Mas Imam, kakak saya, saat menerima paket dari Hero Paxel di Semarang.



Di aplikasi pun kita bisa melihat apakah paket kita sudah benar-benar disampaikan atau belum. Di bagian atas ada simbol lonceng atau notifikasi, kita bisa klik kalimat "Check your Proof of Delivery" dan melihat dengan detail siapa penerimanya.

Nggak usah bingung dengan nama recipient-nya, kenapa Ika Puspitasari dan bukan Mas Imam seperti foto di atas, karena Mas Imam adalah suaminya. Wkwkwkwk...

Nggak usah bingung pula dengan nama Vina di "received by"-nya, karena Vina adalah anaknya. Xixixi...

Oya, dan sebagai bukti bahwa paket kita benar-benar telah disampaikan, Paxel akan memfoto penerima dan meminta tanda tangannya. Seperti yang tertera di bawah ini. 

Jadi misal yang menerima paket adalah tetangga kita, lalu tetangga kita nggak mau ngaku, kita bisa tunjukkan foto dan tanda tangannya di sini. Hayo, mau bohong lu? Hihii... Karena pernah kan ada kejadian, pembeli belum menerima barang, tapi dari ekspedisi mengaku sudah mengantarkan. Ternyata tetangganya nakal. 

Nah, via Paxel, kau takkan bisa berdusta. :D


Setelah membuktikan bahwa same day service yang ditawarkan Paxel bukan cuma bualan, rasanya saya jadi ingin berbisnis Frozen Food lagi.

Ingat kan, saya dulu pernah jualan Cilok dan Siomay? Dulu saya sering minta tolong pada Geget untuk mengantarkan Cilok dan Siomay kepada pelanggan di area Solo Raya. Dan untuk kiriman ke luar kota, karena Cilok dan Siomay yang saya jual bisa tahan sampai 3 hari di suhu ruang, saya mengusahakan mengirimnya dengan paket tercepat.

Tapi pernah, kiriman yang seharusnya sampai 2 hari kemudian (sesuai estimasi ekspedisi, dari Solo-Bandung), baru sampai ke tangan pelanggan di hari ke lima. Alhasil, Cilok dan Siomay sudah berjamur. Hiks... Saya pun rugi karena harus mengganti uang pembeli. Sedihnya, dari pihak ekspedisi tidak mau mengganti. *cry

Jadi teman-teman, yang punya bisnis Frozen Food, atau yang seperti Mbak Ety Abdoel, punya bisnis pizza yang pelanggannya sudah tersebar di mana-mana, coba kirim via Paxel deh. Download aplikasinya, pakai kode referral arintaadiningtyas (tanpa spasi) kalau pingin dapat 100K. Buruan! Promonya cuma sampai 7 Desember lho! Jangan sampai kelewatan. 

Dan dengan menggunakan Paxel, berarti teman-teman sudah #AntarkanKebaikan


You May Also Like

56 comments

  1. Nah iya tuh.. Utg ada foto penerimanya jd bs tau kalo ada yg nakal. Aq dulu pernah tuh. Di sistem katanya udah kuterima ternyata masi dibawa ama kurirnya.. Hiihh. Bikin emosi aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak.. Aku pernah tuh dulu, kata kurirnya udah diantar, ternyata salah orang. Dan tetanggaku tu koq ngga ngantar ke rumahku, padahal tau itu bukan buat dia, dan ada alamatku juga. sebel kan..

      Delete
  2. Ayo jualan cilok lagi. Mumpung ada partner kirim yang oke.

    ReplyDelete
  3. Keren banget emang paxel ini, udah terbukti loh Sameday servicenya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya memang.. semoga semakin luas area jangkauannya..

      Delete
  4. Suka banget sama paxel. Bisa lebih cepat and aman

    ReplyDelete
  5. Aku gagal fokus sama dasternya. BHAHAHAHAHA.

    Ayo jualan frozen food lagi, aku penasaran sama cilok.
    Paxel ini bisa jadi sohib buat yang bisnis kuliner kayaknya ya. Hei, mau singkong keju enggak? Hahahaha,mendadak inget dulu pengen ngirim tp terkendala ekspedisi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaa...seragam rumahan, Mbak..wkwkwk...

      iya e, aku belum jadi ngasih cilok ya dulu? ntar aku bujuk temenku deh, semoga mau produksi lagi.

      singkong keju? mauuuu...

      Delete
  6. Gara-gara dapat saldo gratis dari program referral Paxel, aku bisa kirim paket setiap hari. Apa aja dah yang ada di rumah dikirim ke orang-orang.

    ReplyDelete
  7. Berharap banget nihhhh Klaten udah di-cover. Kan sayang banget kota kecil yang berada di antara dua kota besar (Jogja dan Solo) belum ter-cover layanan Paxel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ho oh yaaa, semoga Klaten segera terjamah Paxel yaa.. ((terjamah))

      Delete
  8. Pake Paxel juga ya Mba. Aku juga, soalnya praktis, cepet, trus harganya juga flat sih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mbak, cepet. suka sih karena pake aplikasi, jadi praktis..

      Delete
  9. Aku baru tahu arti dari "Paxel" setelah baca postingan ini.

    Asik dan seru banget ya blogger gathering bersama Paxel.

    Aku suka Paxel karena warnanya ungu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, warnanya elegan ya, Mbak.. tapi bisa diterima semua kalangan..

      Delete
  10. Suka dengan pengaturan dan metode pengantarannya ya... dan semoga makin maju di seluruh Indonesia

    ReplyDelete
  11. Saya akui, prinsip Pak Djohari sama Kak Valen itu keren pakai banget mbak. Ibarat kata, mereka berdua sudah lilahi ta'ala banget ketika berbuat kebaikan dan percaya sama kuasa Tuhan.

    Semoga Purworejo bisa segera terjangkau sama PAXEL lah. Biar rumah saya juga dapet kiriman makanan dari Mbak Arinta :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha.. ntar kita tuker-tukeran makanan yaa.. kan tahabbu tahaddu..

      Delete
  12. Aku sangat penasaran sama paxel ini mba, pengirimannya terlihat lebih mudah dan terjangkau yah apalagi bagi pebisnis cocok banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cocok Mbak, apalagi buat yang bisnis kuliner.. kayak pempek gitu..

      Delete
  13. Makin keren ya layanan jasa pengiriman saat ini. Paxel bikin kagum deh, dari ulasannya semua memuaskan...

    ReplyDelete
  14. Wih ini sih saingan domestik buat para forwarder yang lain hihi

    ReplyDelete
  15. Sikasiik... Kapan ya masuk ke Pekalongan? Pas buat kirim2 makanan nih..hehe..

    ReplyDelete
  16. Sudah berapa kali pakai jasa paxel cepet banget memang dan cukup memuaskan selana ini. Banyak juga temen twmen yang pakai paxel

    ReplyDelete
  17. Kalau untuk pengiriman sehari, kayaknya gak mahal juga ongkirnya. Ya kan kita juga sennag ya kalau pesanan cepat sampai

    ReplyDelete
  18. kalau dalam satu kota bahkan gak 1 hari kok maksimal 8 jam sudah sampai enak bener ya

    ReplyDelete
  19. Selalu suka sama pelayanan paxel ada garansi terus tarifnya juga flat jadi jatuhnya lebih murah menurut ku.

    ReplyDelete
  20. Seneng banget ada yang mengerti kebutuhan pelanggan, layanan baru yang belum tercover layanan jasa yang ada

    ReplyDelete
  21. ASyiknya kalau layanan Paxel ini ada di seluruh Indonesia ya

    ReplyDelete
  22. Wah bikin bisnis frozen food bisa bersinar lagi ya. Ayo mbak, semangat!

    ReplyDelete
  23. Aku suka banget kirim barang pakai Paxel. Karena cepat sampai dan harga flat.

    ReplyDelete
  24. Makanya aku mau coba juga nih si Paxel. Tapi Surabaya ada ga ya?

    ReplyDelete
  25. paketan 8 jam sampai itu keren banget. pokoknya belum ada 24 jam bisa sampe itu cuma paxel dah yang kaya gini

    ReplyDelete
  26. Udah sering banget ni aku baca soal paxel. Seneng sih kalo ada yg bisa sampai di hari yg sama, aku pasti akan pake jasa pengirimannya terus :)

    ReplyDelete
  27. Suka slogannya "antarkan kebaikan" perusahaan yang membawa prinsip2 yang humanis biasanya lebih care sama konsumen.

    ReplyDelete
  28. Aku udah pernah nyoba mbak, sesama Jakarta cuma 6 jam aja.
    Berarti ini skrng kalau nyoba kirim paket Jakarta Semarang udah bisa ya mbak sameday?

    ReplyDelete
  29. Laaff banget sama paxel, mereka mau jemput paket ke rumah walaupun cuma satu, cocok sama slogan mereka antarkan kebaikan

    ReplyDelete
  30. Aku sekarang langganan paxel krn sameday service ini

    ReplyDelete
  31. Kalo beli frozen food paxel berguna banget

    ReplyDelete
  32. Pengalaman pertama aku kirim paket pakai paxel, aku amazed pas diminta tanda tgn di layar hape. Haha

    ReplyDelete
  33. Kapan yaa, paxel melayani seluruh wilagan Indonesia. Biar asik semua kirim2an paket sehari sampe

    ReplyDelete
  34. Aku ketagihan kirim paxel. Hahha. Soalnya itu beneran same day dan tarufnya flat. aku kirim kirim juga barangnya ke temanku. Hehhe e

    ReplyDelete
  35. Kok bisa ya flat price gini?
    Wah mantap banget sih ini, bisa jemput kapanpun pula

    ReplyDelete
  36. Semoga Makassar kebagian juga Paxel biar gampang ngirim-ngirim tanpa nunggu lama.

    ReplyDelete
  37. Arin kirim serabi Solo dong ke Semarang, ntar aku kirim ke mbakyumu juga, hahaha

    ReplyDelete
  38. Pertama kalo pake Paxel aku tercengang. Hahaha ke lur kota bisa sehari sampe tanpa drama, tracking oke, tepat sampainya, murah pula. Aaahhh jatuh cinta nih sama Paxel. Sekarang udah beberapa minggu ini pake Paxel terus buat kirim dalan dan luar kota.

    ReplyDelete
  39. Aku udah nyobain kirim barang pake Paxel ini. Alhamdulillah pelayanan mas Hero-nya oke banget. Barang cepet diambil dan nyampenya pun cepet.

    ReplyDelete
  40. MashaAllah~
    Jikalau semua orang berusaha dengan cara yang ma'ruf begini...in syaa Allah Indonesia jaya yaa...

    ReplyDelete
  41. Wah bener banget hati yang gembira adalah obat yang mujarab apalagi dapat kiriman paket di hari yang sama, idih happy deh

    ReplyDelete
  42. Semoga jangkauan layanannya semakin diperluas

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan. Komentar yang menyertakan link hidup, mohon maaf harus saya hapus. Semoga silaturrahminya membawa manfaat ya...

Kumpulan Emak-Emak Blogger