Wonderful Indonesia; Jalan-jalan ke Hutan Pinus Mangunan, Tempat Wisata di Jogja yang Cocok Dikunjungi Saat Tanggal Tua

by - December 02, 2018

Hutan Pinus Mangunan, Bantul, Yogyakarta

Hari Sabtu tanggal 24 November yang lalu, akhirnya saya bisa menginjakkan kaki di Hutan Pinus. Alhamdulillah, setelah selama ini paling hanya melewati tepinya saja sembari membayangkan bagaimana rasanya berada di bawah teduhnya pepohonan yang rimbun dari balik kaca kendaraan.

Tempat ini kami tuju karena kebetulan kami mendapat undangan pernikahan di Jogja. Daripada nggak ke mana-mana setelahnya, ya sudah, jalan-jalan saja. Mumpung di Jogja. Maklum ya, meskipun jarak Solo-Jogja cuma sekitar 1 jam, tapi kami ini termasuk orang yang jarang jalan-jalan selain di musim liburan.

Awalnya kami berencana untuk mengunjungi Kebun Binatang Gembira Loka. Tapi karena tahun lalu anak-anak sudah pernah diajak ke sana, ditambah kondisi kantong lagi sekarat karena tanggal sudah sangat tua namun gajian masih lama, akhirnya kami putar haluan. 

"Oke, kita ke Puncak Mangunan!" 


Hutan Pinus Mangunan, Bantul, Yogyakarta. Foto oleh kayusirih.com.

Di perjalanan, anak-anak terlihat senang. Kami pun dibuat takjub saat melihat pemandangan dari atas. "Masya Allah!" berulang kali kalimat itu terucap.

Jalan yang berkelok-kelok berhasil mengalihkan keinginan Amay untuk memegang gadget. Thanks to Tante Siska, karena punya ide untuk membuat tebakan berapa jumlah belokan dari tempat Amay meminta gadget sampai tempat tujuan. Hihihi...

Dan alhamdulillah, pilihan kami tepat, karena jalan-jalan di sini benar-benar bisa hemat. Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 2.500,00 per orang dan parkir mobil sebesar Rp 5.000,00 saja, kami bisa menikmati sejuknya udara pegunungan, sekaligus berfoto ria sepuasnya.

Oh ya, untuk anak-anak di bawah usia SD, tidak perlu membayar tiket yaa.. Hemat banget memang, karena serombongan hanya menghabiskan Rp 20.000,00 saja. 


Spot Foto di Hutan Pinus Mangunan

Seakan mencoba memuaskan hasrat pengunjung untuk berselfie-ria, Hutan Pinus Mangunan pun bersolek sedemikian rupa. Ada pondok kecil yang terbuat dari bambu dan kayu, yang bisa kita jadikan tempat untuk mengabadikan kenangan, sebagai bukti bahwa kita telah sampai di Hutan Pinus Mangunan.

Bunga-bunga berwarna cerah pun ditanam di sana. Ada Bunga Celosia alias Jengger Ayam, yang mendominasi tempat ini. Warna merah dan kuningnya menggoda siapapun yang melihatnya. Senang sekali, akhirnya saya bisa memegangnya. Selama ini saya hanya mampu melihatnya melalui foto yang dibagikan teman-teman di media sosial.

"Ternyata bunganya basah ya, nggak kayak bunga kertas. Aku kira bunganya kering, soalnya kalau di foto kelihatan seperti bunga buatan." kata saya.

Selain Bunga Celosia, ada bunga kertas, bunga kenikir, bunga matahari juga ada. Sayangnya waktu kami ke sana, bunga mataharinya sudah kering, sebagian malah belum berbunga. Tapi tak apa, mungkin ini pertanda bahwa kelak kami harus kembali lagi ke sana, haha...






Lelah berkeliling?

Tenang, di sini ada banyak kursi dari kayu. Ada bebatuan untuk duduk sembari melepas lelah atau berfoto juga.




Oya, tak perlu khawatir saat membeli jajanan di dekat area parkir mobil, yaa... Harganya wajar koq, nggak "ngagetok" kalau kata orang Sunda mah.

Kami sempat membeli es krim cone yang harganya hanya Rp 6.000,00 untuk ukuran sedang, dan Rp 10.000,00 untuk ukuran yang lebih besar. Jajanan lain seperti pentol bakso, siomay, tahu bulat yang digoreng dadakan pun ada. Tapi kami nggak sempat mencicipi semua, karena perut masih cukup kenyang. Ya kan, sudah numpang makan siang di tempat pesta sebelumnya, hihi...

ada yang nyempil di antara kami :D

Nah, foto di bawah ini adalah pemandangan yang bisa kita lihat dari area gardu pandang. Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi tempat ini adalah di pagi hari dan sore hari, karena di dua waktu ini teman-teman bisa menikmati sunrise dan sunset

Oh ya, untuk berfoto juga akan lebih syahdu, karena di pagi atau sore hari biasanya tempat ini dibalut kabut.

Bunga Celosia di Hutan Pinus Mangunan, Bantul, Yogyakarta

Nah, teman-teman yang akan mengunjungi Hutan Pinus Mangunan, tak perlu khawatir jika bosan. Di sekitar area ini, ada banyak bukit dengan pemandangan yang memesona. Ada Puncak Becici, Kebun Buah Mangunan, Hutan Pinus Pengger, dll.

Sayangnya, kemarin kami tak sempat mengunjungi yang lainnya. Semoga kelak kami bisa kembali ke sana, karena saya masih penasaran dengan Hutan Pinus Pengger yang konon katanya cantik sekali jika dikunjungi di malam hari.  

Ayo kita kunjungi tempat-tempat wisata di dalam negeri! Kita buktikan pada dunia how Wonderful Indonesia is. 

Wonderful Indonesia

Kalau teman-teman punya cerita tentang keindahan Indonesia yang lainnya, ayo ikutan lomba ini juga. Lumayan lho, hadiahnya! Klik link ini untuk info selanjutnya: https://goo.gl/forms/RJuGs5pjTXEj5ZpD3

Good luck, yaa...☺

Wonderful Indonesia Blog Competitions 2018

You May Also Like

31 comments

  1. penasaran sama bunga celosia :) HTM murah banget ya mba cocok buat anak2 juga..aku juga uda ikutan wonderful Indonesia ternyata ga perlu jauh ke LN, Indonesia banyak tempat keren y mba

    ReplyDelete
  2. Wah, pemandangannya keren dan HTMnya juga murah lagi. Jadi pengin ke hutan pinus Mangunan sama keluarga. Tapi btw dingin bgt nggak tuh udara di sana?

    ReplyDelete
  3. Hutan pinusnya kece! Kalau di Jepara hutan pinusnya masih beneran hutan. Kalau ke sana musti naik2 ke puncak deh. Mana serem, hahaha

    ReplyDelete
  4. Beneerr...
    Kalau uda tanggal tua, mamak berusaha sekuat tenaga untuk super berhemat namun kebahagiaan jangan sampai hilang.

    Senang sekaliii menemukan hutan pinus.
    Jadi ingat Edward Cullen.

    ReplyDelete
  5. Ya Allah, hidup lama di Jogja aku belum pernah kesini hahaha...
    Dulu keknya belum sehits sekarang ya mba, sekarang akunya udah balik kampung :D

    ReplyDelete
  6. Harga tiketnya murah meriah banget ya. Jadi pengen ke hutan pinus Mangunan deh. Kalau lihat bunga Celosia gitu aku teringat taman bunga Celosia yang ada di Bandungan Semarang.

    ReplyDelete
  7. Keliatan tempatnya enak dan sejuk yaa, kayaknya enak buat refreshing lari dari rutinitas :D apalagi lihat yang hijau bisa buat terapi mata

    ReplyDelete
  8. Yaah terakhir ke JOgja setahun lalu, mba. Tapi aku belum pernah ke hutan pinus ini. Kliatan sejuk sekali :)

    ReplyDelete
  9. Aiih Mangunan..kangen ke sana lagi.. Indonesia sungguh indah memang ya.. Oya semoga sukses di lomba ini mba..

    ReplyDelete
  10. Aku kemarin ke hutan Pinus Pengger, namun sudah sore hari.
    Namun karena berangkatnya bareng grup, jadi kesanya buru-buru.
    Belum puas eksplor dan foto-foto sudah harus pulang, hiksss.

    ReplyDelete
  11. Aku belum pernah ke Mangunan, padahal cukup sering ke Yogya. Hihihi. Btw, baru lihat lagi si kembang Jengger Ayam itu. Tambah seger suasana hutannya ya, Mbak.

    ReplyDelete
  12. Indonesia emang kaya akan wisata alamnya, saya mah dlu tergila-gila banget sama luar negri, tapi makin ke sana makin pudar dan menyadari betapa indahnya Indonesia

    ReplyDelete
  13. Aku tuh udah ke Jogja berkali kali, tapi belum pernah ke Mangunan

    ReplyDelete
  14. Footnya kurang banyak mbaaakkkk. Aku belum pernah ke Hutan Pinus bolak-balik ke Jogja. Aku pengin tahu kayak gimana tempatnya ada apa aja, biar bisa komporin adik2 ipar pas lagi mudik nanti. Thank's anyway ya mba untuk artikelnya. :))

    ReplyDelete
  15. Duh, aku dah lama kepengen banget bisa ke hutan pinus. Keknya adem dan tenang tempatnya. Jadi ngiri liat rang orang pada fotoan di sana. Moga bisa ke sana juga kapan suatu hari nanti :D

    ReplyDelete
  16. Udah pernah ke sini. Tempatnya sejuk bikin betah ya, Mbak. Anak-anak juga suka dan menikmati suasananya.

    ReplyDelete
  17. aku sellau suka dengan wisat2 di jogja mba... ada banyak kenangan juga di sana

    ReplyDelete
  18. Aku sering ke sini. Cobain deh mbak ke sini pas habis subuh. Masya allah, indah banget

    ReplyDelete
  19. ini tempat memang masya allah kece banget. instagrammable pulak dan dulu aku kaget karena biaya masuknya murah bangettttt buset dah. wisata jogja emang ramah kantong banget. aku suka banget makan nasi tiwul disana. jajanan pun gak mahal-mahal walaupun di tempat wisata. ahhhh lafffff dan ingin kembaliii, hehehe

    ReplyDelete
  20. Duh aku belum kesampaian untuk jalan-jalan ke hutan pinus. Ini jauh gak mbak lokasinya dari kota Jogja?

    ReplyDelete
  21. Itu cantik banget ya hutan Pinus Mangunan, cocok nih buat refreshing bareng keluarga disana.

    ReplyDelete
  22. Kece foto hutan pinus yang diambil low angle itu sukak ngeliatnya :)

    ReplyDelete
  23. Yaah lombanya udah selesai ya. Dari kemarin mau ikutan tapi gak sempat nulisnya hikz.

    ReplyDelete
  24. Aku sudah ke Hutan Pinus Mangunan alhamdulillah. SUka banget di sana, pas ke sana agak mendung tapi jg ada matahari ngintip dikit. Adem dan sangat menikmati, walaupun banyak org hehe

    ReplyDelete
  25. Udah nyoba hutan pinus pengger mba? Asyik banget nyore di situ bareng anak2 :)

    ReplyDelete
  26. Aku suka hutan pinus mangunan ini. Pemandangannya bagus bagus

    ReplyDelete
  27. Jadi kangen pingin kembali ke yogya buat liburan lagi

    ReplyDelete
  28. Kalo liat foto hutan pinus dg angle dari bawah gitu, yg cuma keliatan batang siluet pohon dan daun berlatar langit, duuh, syahdunya.

    ReplyDelete
  29. Cantik sekali nih Hutan Pinus Mangunan. Aku baru sempat ke Kragilan, mba. Nanti kalau pas anak wedok libur bisa diajak jalan2 juga ke Mangunan.

    ReplyDelete
  30. Duh bagus banget hutan pinusnya. Mupeng pengen segera liburan ke Jogja.

    ReplyDelete
  31. Asik banget tampaknya mba bisa main di hotel punya, ditambah bunga cellosia nya tampak indah sekali

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan. Komentar yang menyertakan link hidup, mohon maaf harus saya hapus. Semoga silaturrahminya membawa manfaat ya...

Kumpulan Emak-Emak Blogger