Berwisata ke The Great Asia Africa, Lembang, Bandung

Saturday, December 28, 2019

The Great Asia Africa, Lembang, Bandung

Hai... Hai... Liburan ini ke mana aja, Temans? Saya kebetulan pulang ke Purworejo di tanggal 21 Desember kemarin, lanjut ke Majalengka 3 hari setelahnya. Dan kemarin, dari Majalengka kami jalan-jalan ke Bandung, untuk menengok sebuah destinasi baru di sana, yaitu The Great Asia Africa. Apa saja yang bisa kita temukan di The Great Asia Africa dan berapa tiket masuk ke The Great Asia Africa? Yuk, simak tulisan saya.

Pagi itu kami sudah bersiap-siap sejak sebelum shubuh. Maklum, perjalanan ke Bandung itu unpredictable. Ngga bisa diperkirakan berapa lamanya. Kekhawatiran akan macet, membuat kami bersiap-siap lebih awal.

Dari Majalengka, kami lewat tol Cipali dan keluar di Subang. Kami berhenti sejenak untuk menikmati sarapan di alun-alun Subang. Ada yang pesan Soto, Kupat Tahu Subang, juga Bubur Ayam. Semua sama harganya, Rp 12.000,- per porsinya.

Kuliner Subang
Kupat Tahu Subang yang ternyata pakai bumbu kacang

Setelah perut terisi, kami pun kembali melanjutkan perjalanan. Masya Allah, pemandangan di kanan kiri jalan indaaah sekali. Kami melewati kebun teh, dengan jalan yang berkelok di sana-sini.

Jam 9, kami sampai di Lembang. Di sini kemacetan itu terjadi. Sampai jam 10, jalanan masih merayap. Kami sudah pasrah, sepertinya keinginan untuk mengunjungi The Great Asia Africa harus direlakan. Suami bahkan sempat membuat plan B, yaitu mengunjungi destinasi lainnya.

Tapi alhamdulillah, kami bisa dapat tempat parkir juga, meski letaknya cukup jauh dan berada di luar area The Great Asia Africa. Ya, salah satu kekurangan dari The Great Asia Africa adalah area parkirnya yang sangat sempit. Jauh berbeda dengan Floating Market yang sudah memiliki area parkir yang sangat memadai.

Kami harus berjalan lebih dulu, sambil terus fokus agar tidak tersambar kendaraan yang lewat. Namun, kami masih cukup beruntung. Pengunjung lainnya bahkan harus menyambung dengan ojek, saking jauhnya jarak parkir mobil dengan tempat tujuan.

Harga tiket masuk The Great Asia Africa, Lembang, Bandung

Setelah berjalan sambil ngos-ngosan, kami pun sampai di gerbang The Great Asia Africa. Di sana, petugas sudah siap dengan tumpukan tiket. Kami membeli tiket untuk 9 orang. Harga per tiketnya adalah Rp 50.000,- dan berlaku untuk usia dua tahun ke atas. Sama seperti di Floating Market, tiket tersebut dapat ditukarkan dengan minuman.

Masuklah kami bersembilan. Enam orang dewasa dan tiga anak-anak.

Sejak pintu masuk, orang-orang sudah berjubel. Penuh... Hmm, rupanya tidak hanya kami saja yang penasaran dengan isi dari The Great Asia Africa. Wkwkwk.. Kondisi seperti ini, bikin kegiatan motret jadi kurang nyaman, karena terlalu banyak orang di sana.

Kata suami, kalau tempat wisata dikelola secara profesional mah, jumlah pengunjung harusnya dibatasi. Tapi saya maklum sih, ya mungkin aji mumpung karena memasuki musim liburan, pengelola ingin dapat keuntungan yang sebesar-besarnya. Ya kan?

Apalagi, melihat kondisi di sana, ada beberapa bangunan yang belum selesai dibangun, tapi ini seolah memaksakan diri untuk dibuka. Ya mungkin karena itu tadi, mumpung musim liburan, pengelola ingin lekas dapat keuntungan. 😁

Mengutip informasi dari instagram @genpi.bdgraya, The Great Asia Africa melakukan trial opening sejak 22 November 2019. Sebelum melakukan grand opening, pengelola memberi diskon 50% bagi pengunjung, hingga tanggal 5 Desember 2019. Karena kami ke sana tanggal 26 Desember, jadi kami ngga dapat diskon, xixixi...

FYI, The Great Asia Africa adalah destinasi wisata yang mengusung konsep wisata edukasi budaya. Di sana, pengunjung akan diajak untuk melihat keragaman budaya di tujuh negara di benua Asia dan Afrika, lengkap dengan kuliner tradisionalnya. Ketujuh negara itu adalah Korea, Thailand, India, Jepang, Indonesia, Afrika, dan Timur Tengah.

Kita ke Korea dulu, yaa.. Tempatnya ada di paling atas.

Ada persewaan Hanbok jika kalian ingin mencicipi rasanya jadi Nokdu. Tahu Nokdu ngga? Itu loh, tokoh utama di drama The Tale of Nokdu. 😁

Destinasi wisata baru Bandung

Tapi saya ngga mencobanya, karena area itu penuh sesak. Huhuhu... Budaya Korea lainnya yang bisa kita lihat adalah gerobak, kincir air, sampai alat pemenggal kepala. Hish...

Turun ke bawah, kita bisa menemukan tempat pembuatan kimchi. Ada banyak guci di tempat itu.

Turun lagi, kita sampai di Thailand. Entah ya, area Thailand tidak terlalu luas. Saya pun kurang tertarik ke area ini, dan memilih untuk meluncur ke bawah lagi.

Ini yang saya maksud dengan bangunan belum jadi di atas. Di sampingnya ada tempat persewaan baju Aladin.

Destinasi wisata baru Bandung

Kita ke bawah lagi yaa.. Ke India saja gimana? Oya, buat kalian yang lapar, saya sempat mencicipi aneka gorengan di sebelah Jaipur. Ada beberapa saung juga yang bisa kita gunakan untuk beristirahat.

Mau ke toilet? Di dekat situ agak ke belakang, kita bisa menemukannya. Tempatnya tepat sebelum area yang penuh bunga. Sayangnya kami tak sempat ke sana.
Toiletnya sih bersih ya, mungkin karena masih baru juga. Semoga terjaga selalu kebersihannya, karena toilet yang bersih ada koentji kenyamanan pengunjung. Ada beberapa kaca juga di sana. Yang menyenangkan, airnya super dingin dan beniiing banget. Sukaaa...

Sudah puas main-main di India, kita ke Jepang, yuk!

Saya paling suka di sini. Ada banyak spot foto yang bisa dieksplor.

Anak-anak juga sempat bermain Kingyo Sukui, yaitu permainan tradisional Jepang di mana petani ikan mas mengambil ikan mas dengan scooper khusus yang terbuat dari kertas. "Kingyo" berarti ikan mas dan "sukui" berarti menyendok. Tapi karena alatnya terbuat dari kertas, jadi mudah hancur. 😁

Untuk bermain Kingyo Sukui, kita perlu membayar Rp 10.000 per anak.

Wisata Baru Bandung, The Great Asia Africa
Bermain Kingyo Sukui di The Great Asia Africa

Sebenarnya masih ada area yang belum sempat kami sambangi, tetapi karena cuacanya sudah tidak mendukung, kami pun memutuskan untuk naik ke atas. Dengan nafas yang tersengal-sengal, sambil berkejaran dengan derasnya air hujan, akhirnya kami sampai ke atas juga. Kaki pegal, sampai dua hari pun belum hilang. 😁

Memang, ada lift yang bisa digunakan. Namun, antreannya banyak dan mengular, gaes. Butuh waktu lama untuk sampai ke atas.

Destinasi Wisata Bandung
Lift di The Great Asia Africa

Buat kalian yang ingin ke sini, perhatikan hal-hal di bawah ini :

1. The Great Asia Africa berdiri di atas lahan seluas 5 hektare. So, pastikan kondisi kalian fit yaa.. Karena meski ada lift, tapi di peak season seperti sekarang ini, jumlah lift tidak sebanding dengan banyaknya pengunjung. Jadi, waktu menunggunya akan sangat lama.

2. Harga tiket masuk The Great Asia Africa adalah Rp 50.000,- per orang, dan berlaku untuk usia dua tahun ke atas.

3. Jangan lupa bawa payung atau jas hujan, yaa.. Di atas sebenarnya dijual jas hujan juga, kalau tidak salah Rp 10.000,- per piece. Kami tidak terpikir akan turun hujan, jadi kami tidak membelinya. Padahaaallll, hujan bisa datang tiba-tiba. Kayak rasa cintaku ke kamu. Iya, kamu. Hahaha...

Untuk kalian yang bingung di mana lokasinya, The Great Asia Africa berada tepat berhadapan dengan objek wisata Farmhouse Susu Lembang, Jalan Raya Bandung-Lembang, Desa Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Oke, selamat berlibur dan berjalan-jalan bersama keluarga, yaa.. Semoga liburanmu menyenangkan. 😊

25 comments

1. Wah saya jadi pingin nih Mbak travelling ke The Great Asia Africa, Lembang, Bandung ini juga

ReplyDelete
  2. Berwisata ke The Great Asia Africa yang ada di Lembang ini sama saja dengan ke Jepang ya

3. Wah The Great Asia Africa yang ada di Lembang ini memang bisa menjadi salah satu tempat yang cocok untuk liburan ya

4. Aku lihat The Great AA ini seliweran di Instagram
    Udah ancang2 mau ke sana, eh, la dalaaahhh, tiketnya kok termasuk mahal yaaa
    50K *nangisssss*

ReplyDelete
  5. Iiihh....aku kok jadi tersipu malu waktu ka Arinta bilang, "Hujan bisa datang tiba-tiba. Kayak rasa cintaku ke kamu. Iya, kamu."
    Bhahahahaa~

Dan karena tulisan ini, aku jadi pengin explore Lembang lagi. Sekarang banyak banget wisata fotografi gini di Bandung yaa..
    Kadang kecewa juga siih...karena anak-anak gak main apa-apa, cuma pepotoan doank...huhuu~
    kalau di Great Asia-Africa ada wahana buat main anak-anak gak, kak Arinta?

ReplyDelete
  6. Apalah aku yang orang Bandung jarang main ke Lembang ini mba. �� Malah update-an temen-temenku yang dari luar kota dong. Farmhouse aja belom kukunjungi, apalagi yang ini. Wkwkwk. Soalnya keburu males duluan bayangin macetnya kalo weekend. Kalau ku bilang The Great Asia Afrika hampir mirip sama The Legend Star Jatim Park 3.

7. ada tempat wisata baru lagi ya di lembang, hebat euy.
    aku sering lewatin alun2 subang. terutama shalat di mesjidnya kalo lg nengok anak di pesantren

ReplyDelete
  8. Wah, mau dong aku naik liftnya The Great Asia Africa, teringat waktu naik lift Rock bar-nya Bali...

Btw, tempat yang belum selesai dibangun itu mengganggu pemandangan mata, hehehe

9. Gemes banget ya tempat wisatanya, bisa coba langsung permainan dan baju khas tiap negara..kreatif juga ide wisatanya..

ReplyDelete
  10. Tempatnya oke banget ini dan yang pasti banyak spot fotonya. Boleh di agendakan ini kalau ke Bandung harus mampir main kesini.

11. Wah, iya juga ya mba, kalau pas musim liburan bisa mpe berjejalan gitu. Enakan nih kayaknya ke sana setelah musim liburan lewat. Semoga ada rejeki lah agar bisa sekeluarga main ke Bandung dan mengunjungi The Great Asia Africa.

12. Wuahhhhh...aku pengin banget jadinyaaaaaa....
    Semoga ada rezeki ke sana. Kalau lihat tempatnya oke begini, raanya harga tiket cukup ekonomis ya. Semoga enggak naik. Qiqiqi

ReplyDelete
  13. Wah, seru juga ya bisa belajar banyak budaya di the great asia africa. Penasaran banget sama kimchi, aoalagi rasanya

14. Lembang ini wishlist aku banget deh.maklum mbak tiket domestik mahal, jd yg di kalimantan tu mau ke lembang aja rasanya perjuangan banget hiks. Padahal di lembang kan ada seabreg wisata yg pengen banget aku kunjungi

15. luas banget yaaa... sampai 5 hektar. iyah gak boleh sakit nih, ntar pingsan. ahaha. btw lift-nya lucu bentuknya, unik

16. Seru ya semua negara di Asia Africa ada semua 😍😍
    Murah juga mengingat wisata di lembang kan mahal2. Biasanya masuk atau main apa lagi bayar lagii. Ini wisata sambil belajar

17. Woow, kebayang macetnya daerah Lembang nih. Dengan adanya Farm House aja, jalanan di sekitar lembang macet, penuh dengan wisatawan. Kini ditambah The Great Asia Afrika,wah, kebayang ramenya ��

ReplyDelete
  18. Ternyata di Subang ada kupat tahu juga ya. Tapi kuahnya sambel kacang bukan yang kayak di Magelang atau Temanggung. Kemarin akhir tahun udah rencana mau ke Bandung abis nginao di Bogor. Tapi gagal karena hujannya seharian, kami udah malas duluan

19. Wah, menarik mbak idenya...itu makanannya dari berbagai negara bisa dicicipi tidak? Kalau bisa lumayan bisa mengobati rasa penasaran tanpa harus ke negeri asalnya dulu...hihi...

20. Baru tahu ada wahana baru the Great Asia Afrika di Bandung. Duh luasnya sampai 5 hektar widiih kalau didatangin semua kayaknya gempor juga ya Mbak.

ReplyDelete
  21. Aku belum kesampaian juga ke wisata baru di Bandung ini. Tapi nanti sajalah pas weekdays biar gak ramai banget. Hehee..

22. Liha cowok berjejer dengan anak anak kayak lihat bloger yang namanya Urwan hehe
    Oiya, itu pemandangan dari atas cakep sekali. Duh penasaran mau ke sana.

ReplyDelete
  23. aku mah meski deket dari Cimahi wisata di Lembang bablas belum sempat aku kunjungi karena malas sama macetnya sih mba ga kuat hahaha...tpi temen anakku beruntung ke The Great Asia Afrika ga pake macet kok lancar jaya pas sabtu lalu

24. Macet, something that Pak Ridwan must fix ya, Mak
    Dulu pernah ke Lodge Maribaya, sempat icip-icip macet rasa Bandung

Kalau soal destinasi wisata inovatif, Bandung memang juarak!

ReplyDelete
  25. belum sempat ke bandung lagi sejak tahun 2010, makin banyak tempat wisata baru ya. ke sini sama anak-anak worth it gak mbak?

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan. Komentar yang menyertakan link hidup, mohon maaf harus saya hapus. Semoga silaturrahminya membawa manfaat ya...