Langkah-Langkah Mencegah Penuaan Dini

Tuesday, July 21, 2020


Sebagai perempuan usia 30-an, rasa khawatir akan datangnya tanda-tanda penuaan dini seringkali mengganggu pikiran. Iya memang, menua itu pasti. Namun, menjadi awet muda adalah pilihan, bukan? Maka dari itu, saya ingin mencegahnya sejak sekarang, mumpung belum terlalu terlambat. Saya pun rajin mencari tahu, apa saja langkah-langkah mencegah penuaan dini yang bisa saya lakukan? Siapa tahu, saya bisa secantik dan seawet muda Sophia Latjuba, ya kan? Hihi...

Untuk Awet Muda, Konsumsi Makanan yang Bergizi


Your diet is a bank account. Good food choices are good investments. ~ Bethenny Frankel

Mengonsumsi makanan yang bergizi, selain membuat badan sehat, kulit yang tampak awet muda adalah bonusnya. Ya, makanan yang berserat akan menyehatkan sistem pencernaan di tubuh kita. Pencernaan yang sehat adalah salah satu sumber kebahagiaan, dan perasaan bahagia akan membuat kita lebih muda dari usia sebenarnya.

Omong-omong soal makanan yang bisa membuat awet muda, sayur dan buah sudah sejak lama disebut-sebut sebagai makanan yang bisa membuat kita tampak lebih muda. Tak perlu membayangkan sayur dan buah yang mahal dan langka, tengok isi kulkas kita, apakah dua jenis sayuran ini ada di dalamnya?

1. Tomat
Kandungan vitamin C dalam tomat dapat membantu menghilangkan noda hitam dan bekas jerawat, lho! Selain itu, antioksidan yang terkandung di dalamnya juga dapat menghalau kerut dan radikal bebas yang dapat merusak kulit. Wow!

Sayur untuk Mmebuat Kulit Lebih Muda
tomato, pic: pixabay


2. Mentimun
Kalau ada irisan mentimun yang dijadikan sebagai penghias makanan yang kita pesan, jangan didiamkan. Mentimun mengandung silika yang dapat meningkatkan produksi kolagen kulit, mengurangi kerut, dan meningkatkan elastisitas kulit, lho!

Yap, duo T, Tomat Timun. Murah dan mudah didapatkan. Karena kandungan manfaatnya, tidak heran jika ada sheet mask yang menggunakan Tomat Timun sebagai salah satu variannya.


Untuk Awet Muda, Rajinlah Berolahraga


Langkah-langkah agar awet muda
Olahraga, pic: pixabay

Jangan malas bergerak. Dengan aktif bergerak, kulit kita akan dibasahi keringat. Keringat akan membuat kulit menjadi lebih lembab. Tahu kan, kulit yang kering akan lebih mudah keriput dan terlihat lebih tua?

Oya, saat kita bergerak, produksi hormon endorfin akan meningkat. Hormon ini dapat memunculkan perasaan positif, memperbaiki suasana hati dan menurunkan stres secara alami. Dengan kata lain, berolahraga akan membuat kita semakin bahagia, dan seperti yang sudah saya tulis di atas, hati yang bahagia akan membuat kita tampak lebih muda.

Untuk Awet Muda, Istirahatlah yang Cukup


Tidur yang cukup untuk awet muda
pic: GenPi.co

Beberapa peneliti mengatakan bahwa kurangnya jam tidur tidak hanya membuat kondisi tubuh kita kurang prima, tetapi juga dapat memicu beberapa penyakit seperti diabetes, hipertensi, obesitas serta hilang ingatan.

Beberapa waktu lalu saya sempat menulis tentang Penyebab dan Ciri-ciri Penyakit Diabetes, dan memang salah satu penyebab seseorang menderita diabetes adalah kurang tidur. Nah, penyakit ini akan membuat kulit kita tampak pucat dan muncul keriput yang tidak wajar.

Baca selengkapnya di sini: Penyebab dan Ciri-ciri Penyakit Diabetes

Jadi, memperhatikan kualitas dan kuantitas tidur itu sangat penting ya, teman-teman...

Untuk Awet Muda, Berikan Perawatan untuk Kulit Kita


Langkah-langkah agar awet muda
Sheet Mask, pic: WomanTalk

Merawat tubuh adalah salah satu bentuk ungkapan syukur atas apa yang Tuhan berikan pada kita. Jadi jangan anggap lebay, yaa... Merawat tubuh juga merupakan pengejawantahan dari self love, yang beberapa waktu belakangan ramai diperbincangkan sebagai upaya menghalau mental illness.

Merawat tubuh dengan cara tradisional bisa kita lakukan di rumah, tetapi ada tindakan-tindakan khusus yang harus kita serahkan pada ahlinya. Saya sempat browsing tentang klinik kecantikan, dan saya menemukan Gloskin Aesthetic Clinic di Halodoc.

FYI, Halodoc memang selalu menjadi rujukan saya, terutama saat anggota keluarga sedang sakit. Saat Amay dan Aga terkena Flu Singapura misalnya, saya mencari informasi melalui websitenya. Kita bisa bertanya dengan dokter secara langsung juga. Apalagi sekarang ada aplikasinya yang mempermudah kita untuk mencari rumah sakit, klinik, membuat janji dengan dokter, atau mencari obat-obatan hingga memesan nomor antrean. Pokoknya, sehat jadi lebih mudah deh.

Kembali ke Gloskin Aesthetic Clinic, Gloskin Aesthetic Clinic adalah klinik kecantikan dan pusat perawatan estetika yang didirikan oleh dr. Nanang Masrani pada tahun 2012 lalu. Klinik ini sudah tersebar di 13 kota lho, salah satunya yaitu Gloskin Aesthetic Clinic Tebet. Jika membaca visinya yaitu Your Beauty Our Priority, sepertinya klinik ini memang sangat berupaya untuk memuaskan pelanggannya. Jadi, untuk teman-teman yang tinggal di Tebet, tak ada salahnya mencoba perawatan wajah di sini. :)



Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan. Komentar yang menyertakan link hidup, mohon maaf harus saya hapus. Semoga silaturrahminya membawa manfaat ya...