Cari Cara Membuat Rambut Lurus untuk Aga

Thursday, August 19, 2021

 

Beberapa waktu lalu, anak kedua saya mengalami insecure karena rambutnya yang keriting. Hal itu membuat saya kewalahan mengembalikan rasa percaya dirinya. Berbagai nasehat (atau bisa dibilang support) dari yang paling ringan sampai yang paling berat, ngga ada yang mempan. Saking hopeless-nya, saat itu saya sampai browsing bagaimana cara membuat rambut lurus tanpa perlu rebonding.

Apa yang membuat Aga merasa insecure dengan rambut keritingnya? 

Saya tak tahu persis apa penyebabnya dan kapan perasaan itu bermula. Saya hanya menebak-nebak, apakah ini karena setiap kali ia bertemu dengan orang baru, orang-orang tersebut selalu fokus pada rambutnya? Bahkan, beberapa orang yang merasa rambut Aga lucu langsung memegang rambutnya. 

Ya, mungkin selama ini Aga merasa tidak nyaman dengan itu semua, tetapi saya terlambat menyadarinya. Hingga suatu hari tiba-tiba ia berkata,

"Aga ngga suka sama rambutnya Aga. Keriting. Jelek."

Saya tentu kaget mendengarnya. 

"Kata siapa rambut keriting itu jelek? Rambutnya Aga memang keriting, tapi Aga kan ganteng." kata saya, dengan masih berusaha untuk tetap kalem.

"Engga, pokoknya jelek ya jelek." jawabnya. Saat mengucapkan kalimat ini, Aga tidak terlihat sedih atau nangis atau marah. Dia berkata seperti itu sambil seolah menertawakan diri sendiri. Malah saya yang merasa sedih karena kata-katanya itu.

Ada Saatnya Aga Merasa Jelek, tapi Ada Kalanya Juga Ia Merasa Keren...

Saya memiliki dua anak laki-laki yang cukup berbeda, tak hanya secara fisik, tetapi juga karakter. Secara kasatmata, perbedaannya cukup kentara. Si Sulung punya perawakan yang tinggi, kurus, dan berambut lurus. Sementara itu, sang adik punya badan yang cukup berisi serta berambut keriting.

 

buah hatiku


Secara karakter, pada dasarnya Aga memiliki kepercayaan diri yang lebih tinggi dibanding kakaknya. Aga lebih mudah bergaul dan bersosialisasi, sementara Mas Amay lebih suka menyendiri. Namun, jika sebagai Si Penyendiri Mas Amay lebih cuek dengan penampilan, Aga justru berkebalikan. Ia sangat memperhatikan penampilannya. Ia juga lebih rajin mandi dan lebih suka wewangian.

Nah, mungkin rasa insecure-nya ini muncul karena ia sangat memperhatikan penampilan, yaa.. Memang, Aga tak selalu merasa dirinya jelek. Ada kalanya juga ia merasa keren dan percaya diri. Kapankah itu?

1. Saat Potong Rambut

Suatu hari, Aga diajak potong rambut oleh papanya. Ia happy bukan main, karena setelah dicukur rambut keritingnya bisa "hilang". 

Setelah potong rambut, kata suami, Aga sempat menolak ketika disuruh pakai helm, sebab ia takut rambutnya akan keriting lagi. 

Papanya tak kehilangan akal. Katanya pada Aga, "Justru kalau ngga pakai helm nanti bisa kusut rambutnya karena kena angin." 

Alhamdulillah, setelah itu Aga mau pakai helm lagi.

2. Saat Rambutnya Dicatok

Nah, selain saat rambutnya pendek (habis potong rambut), ada hal lain yang bisa membuat Aga merasa ganteng atau keren, yaitu pada saat dicatok. Ia mengenal catokan dari tantenya. Waktu itu tantenya iseng mencatok rambutnya, dan setelah melihat rambutnya di kaca, anak ini girang bukan main.

Karena katanya orang akan mudah menerima saran saat hatinya gembira, maka, saat Aga bergembira itulah saya berkata padanya bahwa rambut lurus itu bagus, rambut keriting juga bagus. Itu semua pemberian Allah yang harus selalu kita syukuri. 

Saya pun menunjukkan beberapa foto selebriti yang tipe rambutnya mirip dengan Aga, seperti Nicholas Saputra dan Bastian Steel. Nah, baru setelah melihat foto orang-orang ganteng itu, Aga jadi lebih percaya diri.

Sebelah kiri adalah foto Aga setelah rambutnya dicatok. Sebahagia itu.


Alhamdulillah, setelah drama insecure selama hampir satu tahun, sekarang Aga sudah jarang sekali mengeluhkan kondisi rambutnya. Terlebih lagi, saat ini ada materi pelajaran yang membahas tentang perbedaan. Ada yang kulitnya berwarna terang, ada yang gelap. Ada yang rambutnya lurus, ada yang keriting. Ada yang bermata lebar, ada yang sipit. Semua itu ciptaan Allah SWT yang harus kita syukuri dengan cara merawatnya sebaik mungkin. Rambut keriting tidaklah jelek, asalkan bersih dan rapi, malah bisa jadi ciri khas tersendiri.




1 comment

  1. Bener banget Aga malah imut lho kelihatannya pas rambutnya keriting, eh ganteng deh kayak aktor itu hemm. Tapi, rambutnya juga perlu perawatan, eh udah belajar menerima perbedaan nih.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan. Komentar yang menyertakan link hidup, mohon maaf harus saya hapus. Semoga silaturrahminya membawa manfaat ya...