7 Cara Efektif Menghalau Stres. Cobain!

Friday, November 26, 2021

 

Namanya juga hidup, pasti banyak cobaan. Kalau banyak cucian, namanya laundry.
Kalimat yang viral di reels instagram ini bikin saya ketawa. Memang benar, yaa, menjadi orang dewasa itu rumit. Banyak hal yang harus dikerjakan, pun banyak yang juga harus dipikirkan. Namun, itulah dinamika kehidupan. Kita harus pandai-pandai menjalani dan mencari jalan keluar atas segala permasalahan. Kalau terlanjur stres, saya biasanya menerapkan beberapa tips dari Kemenkes RI berikut ini supaya stres tidak berlarut-larut dan menimbulkan masalah bagi kesehatan.

Cara Efektif Menghalau Stres
Cara Mengatasi Stres, Sumber: http://p2ptm.kemkes.go.id


Memangnya Arin pernah stres?

Pernah lah... Hanya saja, tidak semuanya saya luapkan di media sosial, karena buat apa? Toh, teman-teman di medsos banyak macamnya. Maka dari itu, untuk mengatasi stres yang saya alami, saya lebih suka melakukan beberapa tips berikut ini:

1. Meningkatkan Ibadah dan Mendekatkan Diri pada Tuhan

Klise banget memang. Tapi coba deh, saat banyak masalah datang, mendekatlah pada Sang Maha Penyayang. Insya Allah, hati akan jadi lebih tenang. Saya sering membuktikan sendiri soalnya. Dan saat kita benar-benar berserah, pasrah, pertolongan Allah akan datang bahkan dari arah yang mungkin tidak pernah kita sangka.

2. Berpikir Positif

You are what you think. Pikiran positif akan menghasilkan energi positif, dan sebaliknya, pikiran yang negatif akan menghasilkan energi yang negatif juga. Maka dari itu, kita perlu melatih diri untuk senantiasa berpikir positif, agar saat tertimpa masalah / musibah, jiwa kita tidak gampang goyah.

3. Bicarakan Keluhan dengan Seseorang yang Dapat Dipercaya

Kadang, kita mau curhat aja ngga sanggup, ya? Takut orang yang kita percaya kurang amanah, takut saat curhat malah di-judge, dll. Namun, jangan kejam pada diri sendiri. Kalau ngga sanggup cerita pada keluarga atau sahabat, coba ungkapkan perasaan lewat tulisan, siapa tau bebannya bisa berkurang. Jika memang butuh bantuan profesional, jangan malu. Sayangi dirimu.

Baca : Mencintai Diri Sendiri, Egoiskah?


4. Melakukan Kegiatan yang Sesuai dengan Minat dan Kemampuan

Saya pernah menuliskan di blog ini, bagaimana saya bisa pulih dari rasa rendah diri. Berawal dari cita-cita menjadi seorang penulis, saya pun bergabung ke dalam berbagai komunitas menulis mendapatkan teman baru, ilmu baru, pengalaman baru, dan juga sumber penghasilan baru. 

Baca di sini: Menjaga Kesehatan Jiwa dengan Menjadi Narablog


5. Kembangkan Hobi yang Bermanfaat

Kini, selain menulis, saya pun menjalankan hobi lain, yakni berkebun. Dari berkebun, saya mendapat banyak manfaat, yakni kepuasan, kesenangan, dan ketenangan.

Baca : Manfaat Berkebun untuk Kesehatan Mental Menurut Ben dan Rara Sekar


6. Relaksasi, Tenangkan Pikiran

Berkebun memang membuat relaks. Namun, saya hampir tidak pernah berkebun di siang bolong. Panas kan, hihi... Nanti kalau saya meleleh gimana? 😂 Dan memang, waktu paling nyaman untuk berkebun adalah di pagi dan sore hari.

Nah, supaya pikiran tetap rileks di siang dan malam hari, saya biasanya melakukan 2 hal ini: Menonton Drama Korea atau Bermain Game.

Untuk drakor, teman-teman pasti sudah tau ya, nontonnya di mana. Saya cuma mau berpesan, nontonnya di tempat yang legal aja, yaa, supaya lebih berkah. Modal dikit lah buat beli yang premium. Di e-commerce banyak kok yang menjual paket nonton premium dengan harga promo. 😁

Tapi kalau pengen yang free, main game di plays.org aja. Ada sekitar seribu permainan di situs ini, dengan banyak kategori seperti Education, Comic Games, Cartoon Games, Sport Games, dll. Semuanya gratis. 

Saya sendiri paling suka dengan Classic Solitaire: Free Online Klondike Solitaire Card Game karena game ini adalah game favorit saat remaja dulu. Kalau stres dengan tugas kuliah, hiburannya adalah Solitaire. 😁

situs game online gratis
Main Game Solitaire Gratis


Eh, kalau Emaknya main game, anaknya gimana? 

Ya tak ajak lah... Yang ini toh ngga perlu top up segala. 😁

Dan Solitaire memang cocok dimainkan siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa.

Game Online Gratis untuk Anak-anak dan Dewasa
Main Solitaire Gratis di plays.org

Nah, tampilannya kira-kira seperti ini. Ada pilihan "undo" kalau mau membatalkan langkah, juga ada pilihan "new" untuk membuka permainan baru. 

Dan memang, permainan kartu seperti ini kadang keberhasilannya tergantung kocokan mesin, yaa... Hihi... Makanya, kalau sudah stucked, biasanya saya lebih memilih untuk klik "new" aja, daripada pusing.

Oya, di sini kita bisa pilih, mau draw 3 kartu atau 1 kartu saja. Saya lebih suka draw 1 kartu sih, karena peluang stucked-nya lebih kecil dibanding draw 3 kartu. 


Cara Efektif Menghalau Stres
I won, yeaaayy!


Untuk cara permainannya, sama seperti permainan Solitaire pada umumnya. 

  1. Di sini tersedia 52 kartu yang harus kita susun ke bawah dari K - Q - J - 10 - 9 - 8 - 7 - 6 - 5 - 4 - 3 - 2 - A, dengan warna selang-seling. Hitam - merah - hitam - merah, atau merah - hitam - merah - hitam.
  2. Nah, di 4 kotak yang berada di atas, kita harus menyusunnya berurutan dari A - 1 - 2 - 3 - 4 - 5 - 6 - 7 - 8 - 9 - 10 - J - Q - K, akan tetapi di sini warna dan bentuknya harus sama.

Kira-kira seperti ini, yaa...

Game Online Gratis untuk Anak-anak dan Dewasa


Seru kan?

Permainan ini bisa melatih kita untuk lebih teliti dan berpikir strategis. Dan seperti yang saya katakan di atas, game ini tidak hanya orang dewasa yang bisa memainkan, anak-anak juga bisa. 😊

Baiklah, sekarang kita ke tips terakhir cara mudah mengatasi stres, yaa... Apa itu?

7. Olahraga

Mens sana in corpore sano. Di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat. Secara logika, kalau badannya sakit, mentalnya juga rawan tumbang, ya kan? Jadi, olahraga juga penting, karena saat berolahraga, tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin yang dapat mengurangi rasa sakit dan juga dapat memberikan energi positif.

~~~

Baiklah, itu dia cara mengatasi stres yang mudah dan murah ala kayusirih. Untuk teman-teman yang sedang gundah karena banyaknya masalah, coba terapkan 7 tips menghalau stres di atas, dari yang pertama sampai yang terakhir. Bismillah, semoga berhasil, yaa... Jangan lupa bahagia. 😊



Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan. Komentar yang menyertakan link hidup, mohon maaf harus saya hapus. Semoga silaturrahminya membawa manfaat ya...