Melancholia

Wednesday, November 17, 2021


Setelah bulan lalu saya menonton drama sageuk berjudul Lovers of The Red Sky, November ini, ada 2 judul drama korea yang sangat saya nanti-nanti. Pertama, tentu saja dramanya Mbak Kyo - Song Hye-kyo - yang baru, yaitu Now We Are Breaking Up, dan berikutnya, drama sageuk berjudul The Red Sleeve. Meski sebenarnya ada drama bergenre sejarah yang baru tayang juga berjudul Secret Royal Inspector & Joy, tapi saya belum tertarik untuk menontonnya. Ngga tau kenapa. Dan dalam penantian 2 judul drama tadi, saya malah menemukan satu drama berjudul Melancholia.

Melancholia berkisah tentang seorang siswa yang sangat pandai dalam matematika, akan tetapi sebuah peristiwa mengubahnya menjadi pribadi yang muram, diam, bahkan seperti tidak memiliki gairah untuk melakukan apapun.

Siswa itu bernama Baek Seung-yoo (diperankan oleh Lee Do-hyun).

Melancholia, Drama Sekolah Korea tentang Matematika


Baek Seung-yoo bersekolah di sebuah sekolah yang cukup bergengsi, SMA Asung namanya. Suatu hari, seorang guru matematika bernama Ji Yoon-soo (diperankan oleh Im Soo Jung) datang ke sekolah tersebut untuk mengajar di sana. Ia didatangkan ke sekolah tersebut karena kompetensinya dalam mendidik sejumlah besar muridnya hingga menjadi pemenang Olimpiade Matematika.

Namun, perjalanan Bu Guru Ji dalam mengajar tidak akan berjalan mulus, karena sekolah bergengsi ini telah dikotori oleh favoritisme dan korupsi. Bu Guru Ji Yoon-soo yang jujur, tidak disukai oleh Direktur Administrasi Sekolah yang selama ini menjadikan sekolah sebagai bisnis dan "ladang jualan".

Baca : Touch Your Heart

Jin Kyung, Melancholia
Jin Kyung as Noh Jung Ah, Melancholia

Apa Itu Melancholia?

Mengutip Wikipedia, Melancholia / Melankolia, merupakan sebuah istilah yang diambil dari bahasa Yunani yang berarti "kesedihan". Secara harfiah, melankolia berarti empedu hitam. Dalam penggunaan kontemporer, melankolia merupakan gangguan mood depresi non-spesifik, yang ditandai dengan rendahnya tingkat antusiasme dan keinginan untuk berkegiatan. Dalam konteks modern, melankoli hanya berlaku untuk gejala-gejala mental atau emosional depresi atau putus asa.

Di drama ini, Baek Seung-yoo diceritakan sebagai seorang siswa yang memiliki bakat di pelajaran matematika. Kepalanya dipenuhi angka, dan karena bakatnya ini, banyak piala dihasilkannya dari berbagai kejuaraan matematika. Namun, semua berubah setelah sahabat seperjuangannya di MIT, memutuskan untuk mengakhiri hidup karena merasa gagal menemukan jawaban untuk tugas akhirnya. Ia ikut merasa bersalah, dan mulai berusaha membenci pelajaran itu.

Apakah Baek Seung-yoo berhasil? Sayangnya tidak. Membenci sesuatu yang sebenarnya kita cintai, bukanlah pekerjaan mudah. Semakin berusaha, semakin tersiksa. Seperti ini juga yang dirasakan Baek Seung-yoo.

Apalagi setelah Bu Guru Ji Yoon-soo menyadari bakat matematika yang disembunyikan anak ini. Dengan pendekatan-pendekatan yang Bu Guru Ji lakukan, perlahan, Baek Seung-yoo pun kembali pada cinta lamanya, matematika.

"Jika kamu terus tenggelam dalam kesedihan, pada akhirnya kamu akan mencapai titik terendah. Seperti keadaan kosong. Begitu melepaskan semuanya, kamu bisa memimpikan awal yang baru." (Ji Yoon So, Melancholia)


Sinopsis Drama Melancholia

Sinopsis Drama Melancholia

Karena memiliki ketertarikan yang sama pada matematika, hubungan guru dan murid ini pun semakin lama semakin dekat. Di episode 4, terlihat bahwa Baek Seung-yoo pun mulai merasakan benih-benih cinta. Nah, momen kedekatan mereka dimanfaatkan oleh pihak-pihak lain dengan menciptakan rumor skandal seksual antara guru dan murid itu. 

Bagaimana mereka melewati semua tuduhan itu? Apakah mereka juga bisa membuktikan tindak korupsi yang dilakukan Direktur Administrasi Sekolah Noh Jung Ah? Teman-teman harus menonton Melancholia untuk mendapatkan jawabannya.

~

Meski menuai kontroversi karena menghadirkan romansa cinta antara guru dan siswa SMA, tapi serial ini layak ditonton karena ada pesan moral yang bisa kita ambil.

Pemeran Melancholia:

Im Soo-jung --> Ji Yoon-soo, guru matematika

Lee Do-hyun --> Baek Seung-yoo, siswa yang jenius matematika

Jin Kyung --> Noh Jung-ah, Direktur Administrasi Sekolah yang korup

Woo Da-vi --> Seong Ye-rin, siswi SMA Asung yang selalu dituntut untuk bisa mengalahkan Baek Seung-yoo

Choi Dae-hoon --> Ryoo Seong-jae, tunangan Ji Yoon-soo

"Seorang Matematikawan akan jujur saat membuktikan sesuatu." (Ji Yoon-soo)

 

 

1 comment

  1. Wah, seru ini.
    Bu Guru Ji dan muridnya yang sama-sama memiliki kecerdasan luar biasa di bidang matematika.

    Berharap bisa melihat sesuatu dengan perspektif keilmuan yang dimiliki begini, rasanya dunia kok indaaaah~

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan. Komentar yang menyertakan link hidup, mohon maaf harus saya hapus. Semoga silaturrahminya membawa manfaat ya...